fbpx
flash sale toko buku deepublish

10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik Untuk Mahasiswa

rekomendasi buku psikologi
toko buku kuliah

10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik Untuk Mahasiswa – Buku psikologi adalah cabang ilmu yang fokus mempelajari tingkah laku manusia. Meskipun cabang ilmu satu ini mempelajari perilaku manusia, ternyata ada banya cabang ilmu atau fokus yang di ulas. Macamnya pun ada banyak sekali. Diantarannya adalah psikologi kognitif, psikologi pendidikan, analisa jabatan, dan masih banyak lagi tentunya.

Membicarakan tentang buku psikologi, barangkali beberapa rekomendasi buku berikut ini salah satu buku yang kamu butuhkan.

10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik Untuk Mahasiswa

1. Buku Psikologi Industri dan Organisasi

Buku Ajar Psikologi
Psikologi Industri dan Organisasi

Penulis : Hany Azza Umama, S.E., M.M.
Harga : Rp 87.000

Buku psikologi industri dan organisasi adalah buku yang cakupan fokusnya di dunia industri dan organisasi. Misalnya di perusahaan. Di bab ini ada banyak sekali pembahasan yang akan di paparkan selacara lugas. Nah, buku ini cocok buat kamu yang ingin menjadi seorang HRD nih. Karena segala sesuatu seperti perekrutan, manajemen dan terkait dengan cara penanganan karyawan, akan di ulas di cabang psikologi satu ini.

Termasuk pula di bab ini juga akan di ulas aturan seleksi dan penempatan tenaga kerja bagi karyawan. Mengingat tidak sembarangan menempatkan kerja karyawan semau kita kita loh. Harus ada SOP terlebih dahulu tentunya. Atau buat kamu yang penasaran dan binggung ingin meningkatkan potensi dan skill karyawan, di buku psikologi industri dan organisasi juga akan mengupas tentant pelatihan dan pengembangan juga loh.

Memang masalah di dunia organisasi dan industri tidak akan pernah habis. Di sana akan ada banyak permasalahan dan konflik. Atau masalah tentang kondisi kerja yang tidak kondusif. Tenang, ternyata di dalam ilmu psikoogi ada penanganan kondisi kerja yang carut marut.

Bagaimana caranya? Kamu bisa langsung mempelejari buku Hany Azza Umama satu ini. Di jamin buku terbitan Deepublish satu ini akan menjawab semua permasalahan yang kamu hadapi di tempat kerja.

2. Buku Warna-Warni Psikologi Untuk Negeri: Pemikiran Dan Aplikasinya

Buku Warna-Warni Psikologi
Buku warna-warni psikologi

Ditulis oleh Tim Pengajar Fakultas Psikologi Universitas Yarsi.
Harga : Rp 109.500

Buku yang ditulis oleh Tim pengajar Fakultas Psikologi YARSI ini diluncurkan pada tahun 2019 melalui Penerbit Deepublish. Secara garis besar, buku ini mencakup beberapa bahasan terkait dengan dunia psikologi seperti diri, pribadi, keluarga dan dinamikanya, pendidikan, masyarakat dan lingkup sosial.

Buku psikologi yang satu ini akan meningkatkan wawasanmu tentang psikologi, mengingat tidak hanya berfokus pada satu cabang saja tapi juga dari berbagai cabang yang lain.

Terlebih lagi buku ini tidak hanya ditulis oleh satu orang saja, melainkan dari tim pengajar di Fakultas Psikologi Yarsi yang masing-masing memiliki spesialisasi sendiri-sendiri.

Dan yang paling penting adalah, dari pembahasan tentang psikologi tersebut kemudian dibahas pula bagaimana pengimplementasian ilmu psikologi untuk negeri kita. Intinya, pemanfaatan ilmu psikologi untuk negeri kita tercinta.

3. Buku Bimbingan dan Konseling Belajar

Buku Bimbingan dan Konseling
Buku bimbingan dan konseling belajar

Penulis : Abdul Saman, Ph.D., Kons. dan Agustan Arifin M.Pd.
Harga : Rp 73.500

Buku psikologi yang fokusnya ke dunia belajar juga ada. Salah satunya buku bimbingan dan konseling belajar karya Abdul Saman dan Agustan Arifin. Di dalam bab ini, kamu pun akan belajar ilmu baru tentang konseling belajar. Nah, ini cocok buat kamu yang ingin menjadi seorang psikolog, khususnya menjadi psikolog anak yang mengalami kesulitan belajar.

Buku psikologi ini akan membagi isi kedalam beberapa bab. Mulai dari mempelajari dasar bimbingan konseling, kemudian barulah kamu akan berkenalan dengan hakikat belajar itu sendiri. Meskipun tampak sederhana dan sepele, ternyata tidak banyak orang yang tahu hakikat belajar dan bimibngan belajar loh. Barulah masuk ke beberapa macam kesulitan belajar.

Hal yang menarik dari psikologi belajar, ternyata setiap anak yang mengalami kesulitan belajar itu bukan karena anak itu bodoh. Melainkan karena ada faktor dan alasan. alasan dan faktor inilah yang seharusnya dipahami oleh orangtua dan pendidik.

Bagaimanapun juga, jika penyebab kesulitan belajar itu ditemukan, anak pun bisa belajar dan mudah belajar seperti halnya yang lain. Sekalipun dengna cara-cara khusus sekalipun. Nah, salah satu bentuk kesulitan belajar pada anak adalah karena anak mengalami ADHD. Dimana ADHD ini pun memiliki beberapa kategorisasi. Penasaran bukan kategorisasi tersebut apa saja? kamu bisa baca di bukunya.

4. Buku Psikologi Pedidikan

Buku Psikologi Pendidikan

Penulis : Mahsup, S,Pd., M.Pd dan Yunita Septriana Anwar, S.Pd., M.Sc.
Harga : Rp 70.000

Rekomendasi buku psikologi untuk pemula yang pertama ang wajib kamu miliki adalah Psikologi Pendidikan. Cabang ilmu psikologi pendidikan itu sendiri memiliki ruang lingkupnya masing-masing.

Secara inti, psikologi pendidikan akan mengulas tentang sifat-sifat umum aktivitas seorang manusia. Mulai mengulas tentang perhatian atau ketertarikan manusia, pengamatan, tanggapan, fantasi, ingata, erfikir, perasaa,motif da masih bayak lagi. Sebagai cabang ilmu dasar psikologi, akan mengulas pula tentang sifat khas kepribadian manusia. Tentu saja buku ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi para mahasiswa ketika di kelas.

Buku psikologi untuk pemula satu ini juga akan memaparkan beberapa teori psikologi kepribadian. Diantarannya ada teori dari beberapa tokoh besar yang sempat Berjaya pada masanya. Ada teori Hippocrates-galenus, teori Sheldon, dan psikoanalisis milik teori Sigmund Freud, teori Carl Gustav, Jung dan masih banyak lagi.

Salah satu alasan kenapa buku ini direkomendasikan untuk pemula adalah karena di sana kamu bisa mempelajari banyak sekali turunan ilmu. Diantarannya kamu juga akan belajar tentang intelegensia. Muali mempelajari sifat hakikat intelegensi yang terbentuk dari banyak faktor dan sifat. Kamu pun juga aka mempelajari cara megukur itelegesia orag.

Termasuk pula aka mempelajari tentang bakat seseorang. Setidaknya dari sini kamu akan menjadi orang yang lebih bermanfaat karena bisa melihat bakat oranglain dan mampu melihat bakat orang lain yang orang itu sendiri tidak tahu apa bakat mereka. termasuk pula mempelajari tentang proses belajar. Misalnya meningkatkan semangat belajar dan proses terjadinya belajar. 

5. Buku Psikologi Belajar

Buku Psikologi Belajar
Psikologi Belajar

Rekomendasi yang kelima adalah buku psikologi belajar. Buku yang satu ini terdiri dari beberapa bab yang akan membuatmu semakin paham tentang belajar dan psikologi. Beberapa materi yang dibahas dalam buku ini antara lain sebagai berikut :

  • Sifat dan hakikat jiwa manusia
  • Hereditas dan lingkungan
  • Pertumbuhan dan Perkembangan
  • Variasi belajar mengajar
  • Motivasi belajar
  • Teori-teori belajar
  • Kesulitan belajar siswa
  • Perbaikan Pengajaran
  • Evaluasi dan prestasi belajar

Dalam buku ini juga akan dijelaskan mengenai belajar, dimana belajar merupakan suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir dan lain-lain.

6. Buku Psikologi Komunikasi

Buku Psikologi Komunikasi

Dilansir dari Wikipedia, psikologi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari usaha untuk memprediksi, menguraikan, dan mengendalikan peristiwa mental dan behaviorial dalam komunikasi.

Melalui buku terbitan Deepublish ini kamu akan mempelajari tentang psikologi komunikasi, diantaranya akan membahas tentang :

  • Definisi komunikasi
  • Ruang lingkup psikologi komunikasi
  • Pendekatan psikologi tentang manusia
  • Faktor perilaku manusia
  • Sistem komunikasi

Jika Anda tertarik untuk mempelajari komunikasi dan psikologi, buku ini sangat cocok untuk Anda miliki. Apalagi hanya dengan 58.500 kamu sudah bisa membawa pulang buku ini.

Detail Buku :

PengarangMarkus Utomo Sukendar
Bidang IlmuPsikologi
ISBN978-602-453-397-7
Ukuran14×20 cm
Halamanviii, 76 hlm
HargaRp 58500
 Tahun Terbit 2017

7. Buku Manusia Dalam Pandangan Psikologi

Manusia dalam Pandangan

Rekomendasi buku psikologi yang ketujuh adalah buku yang ditulis oleh Pasiska, M.A dan Takdir Alisyahbana, M.Pd.I. Dengan diterbitkan di Deepublish pada tahun 2020 tentu saja buku ini sangat fresh dan sesuai dengan situasi peradaban saat ini.

Dengan buku ini, kamu akan diajak untuk mepelajari manusia dari pandangan psikologi secara sederhana sehingga akan lebih mudah untuk dipahami. Buku ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin mempelajari sisi manusia dilihat dari sudut pandang psikologi.

Selain dikemas dengan bahasa yang ringan dan simple, buku ini juga didukung dengan penelitian terupdate. Kamu bisa dapatkan buku ini melalui Toko Buku Deepublish dengan harga hanya Rp 59.500.

Detail Buku :

PenulisPasiska, M.A.Takdir Alisyahbana, M.Pd.I.
Bidang IlmuKeguruan dan Ilmu Pendidikan
ISBN978-623-02-0923-9
Ukuran14x20cm
Halamanx, 148 hlm
HargaRp 59.500
Tahun2020

3 Rekomendasi Buku Psikologi Untuk Pemula Wajib Untuk Mahasiswa!

Buku psikologi untuk pemula lebih sering dicari oleh mahasiswa psikologi semester awal dan orang awam yang tertarik dengan dunia psikolog. Mereka umumnya mencari buku-buku tersebut sebagai sumber belajar atau teman belajar di kelas. Nah, barangkali kamu salah satu mahasiswa yang mencari buku tersebut?

Pada dasarnya buku psikologi untuk pemula banyak tersebar di toko buku. Permasalahannya adalah, banyak mahasiswa yang tidak tahu mana saja buku yang paling recomended untuk dijadikan sebagai buku pegangan atau referensi.

8. Pengantar Psikologi

buku pengantar psikologi umum

*Maaf buku ini tidak tersedia di Deepublish.

Rekomendasi buku psikologi untuk pemula yang tidak kalah penting dan wajib dimiliki adalah pengantar psikologi.

Sesuai dengan judulnya, cakupan materi dalam buku ini fokus pada pengantar. Meskipun sebagai pengantar, jangan anggap dan jangan bayangkan jika buku ini tidak penting.

Setidaknya di poin inilah kamu tahu kedudukan dan pentingnya mempelajari ilmu psikologi dibandingkan mempelajari cabang ilmu yang lain. Secara garis besar dan inti, buku ini tidak hanya akan mempelajari perilaku manusia saja, tetapi juga mempelajari letak psikologi dalam sistematika ilmu. Termasuk pula mempelajari hubungan psikologi dengan cabang ilmu lain yang terkait satu sama lain. Misalnya masih ada kaitannya dengan cabang ilmu biologi, sosiologi, filsafat, ilmu pengetahuan alam.

Pentingnya bagi pemula belajar buk psikologi untuk pemula ini. kenapa? Karena kamu pun tidak hanya dibukakan fakta bahwa motif dan cara manusia menjalani hidup itu sengat unik. Ada unsur lain yang sangat kecil yang mempengaruhi setiap keputusan dan tindakan seseorang.

Diantarannya hanya karena persepsi, mampu mempengaruhi banyak sekali tindakan, cara berfikir, sipan, perilaku dan masih banyak lagi. Ada banyak sekali peritiwa kejiwaan pada diri manusia yang jika di ulas secara detail akan membuat kita terkejut Karena luasnya pengetahuan yang selama ini tidak terfikirkan, ternyata ada yang menulis dan menelitinya.

Tidak sekedar itu juga loh, buku yang memang dikhususkan untuk pemula ini juga akan mengulas beberapa fantasi, ingatan, belajar dan berfikir.

Itu sebabnya, berbahagialah yang belajar di jurusan psikologi. Selain kamu bisa lebih memahami perasaan orang lain. Kamu pun akan dianggap sakti oleh orang awam di luar sana. Banyak yang menganggap jurusan psikologi itu sakti dan bisa membaca pikiran orang lain. Meski pada kenyataannya tidak semuanya begitu.

9. Buku Dasar-Dasar Psikologi

Buku Dasar-Dasar

Penulis : Drs. Tukiyo, MPd
Harga : 73.000

Buku psikologi yang cocok buat mahasiswa baru adalah buku Dasar-dasar psikologi. Salah satunya karya Tukiyo. Sesuai dengan judul bukunya, buku ini akan mengantarkan kamu pada pemahaman dasar psikologi itu sendiri. Setidaknya di buku ini akan mempelajari pula cakupan psikologi secara garis besar. Ada tiga aspek yang perlu kamu perhatikan dan pahami. Yaitu aspek ilmu pengetahuan, aspek tingkah laku manusia dan aspek lingkungan.

Ketiga aspek tersebut saling berkaitan. Bagaimanapun juga, cabang ilmu psikologi sebagai ilmu pengetahuan, karena akan memapakarkan penemuan yang ditemukan dari tingkah laku manusianya itu sendiri. DImana tingkah laku manusia itulah yang akan dijadikan sebagai objek pengukuran untuk mendapatkan data-tata. Karena mempelajari kejiwaan seseorang yang bersifat dinamis inilah, butuh sampel dan upaya yang lebih banyak dan inilah yang menebabkan buku psikologi selalu menarik untuk dipelajari dan selalu ada hasil penemuan yang menarik pula.

Dari kelima buku psikologi yang direkomendasikan, sebenarnya masih ada banyak pilihan buku yang bisa kamu baca loh. Misalnya, masih ada beberapa jenis lain, seperti Dahsyatnya mindset afirmasi, konstruk pesan berdampak psikologis, kreativitas dan pengembangannya, Implementasi metode sentra dalam pengembangan kecerdasan majemuk anak usia dini dan masih banyak pilihan buku menarik lainnya.

Karena cabang ilmu psikologi ini sangat luas, beberapa judul buku yang disampaikan di atas hanya sebagian kecil saja. Sebagian besar buku psikologi lain, kamu bisa kepo langsung di sini.

10. Psikologi Kepribadian

rekomendasi buku psikologi kepribadian
Sumber : shopee.com

*Buku ini tidak tersedia di Deepublish.

Rekomendasi buku psikologi untuk pemula yang terakhir adalah psikologi kepribadian. Cabang ilmu psikologi kepribadian sebenarnya ada banyak sekali versi. Dari banyak versi, sebenarnya kamu bisa memilih terserah bebas. Meskipun berbeda penulis, penerbit dan beda judul, selama buku tersebut masuk dalam kategori buku ajar, inti yang disampaikan sama.

Inti materi yang akan disampaikan tidak jauh berbeda. Misalnya, kamu akan mempelajari teori psikologi kepribadian. Nah, buat kamu yang paling tidak suka dengan teori, mohon bersabar, ini salah satu step seorang mahasiswa belajar psikologi. Setidaknya dengan belajar teori, akan memudahkan kamu untuk memahami lebih mudah lagi.

Pada umumnya, buku psikologi untuk pemula satu ini akan menjelaskan tipologi tipologi atau teori psikologi kepribadian. Nah, adat ipologi mazhab Italia, Morfologi  konstitusional bermahzap perancis dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya ilmu psikologi kepribadian memiliki beberapa tipologi, ada yang namannya tipologi yang berdasarkan pada temperamen, berdasarkan nilai kebudaaan dan masih banyak lagi. Terkait teori psikologi kepribadian itu sendiri kamu akan belajar banyak sekali teori.

Mulai dari teori kepraibadian menurut Ludwig Klages, Sigmund Freud: Psiko-analisis, psikologi sigmun freund: Psiko analisis, psikologi analitis, psikologi individual dengan pendekatan psikologi sosial. Atau ada pula teori tokoh psikologi lain, seperti teori Allport tentang psikologi indivu, teori kurt lewin tentang psikologi medan. Termasuk juga ada teori organismic, teori faktor dan masih banyak lagi teori yang akan kamu pelajari di sana nanti.

Namannya juga buku ajar, sudah pasti secara isi sengaja dikemas demikian untuk memberikan dasar pengetahuan untuk mahasiswa agar lebih mudah dan lebih mahir memahami konstelasi ilmu pengetahuan psikologi. Tanpa dasar dan teori, sulit rasanya memahami secara keseluruhan.

Oh iya, pada umumnya pula, mahasiswa psikologi jenjang pertama (S1) memang memiliki cakupan ilmu lebih umum. Semuanya akan di ajarkan. Barulah ketika masuk ke jenjang strata S2, bisa di spesifikan pada cabang ilmu tertentu.

Kesimpulan :

Nah itulah 10 rekomendasi buku psikologi untuk pemula yang akan kamu pelajari. Tertarik atau tidak tertarik, ketiga buku tersebut tetap akan kamu pelajari. Buat kamu yang merasa jiwanya bukan di jurusan psikologi, sebenarnya tidak perlu risau.

Karena jurusan psikologi dari segi manapun, menurut saya menarik, karena kebetulan saya pun lulusan psikologi dan membukakan banyak sekali wawasan dan wacana baru dan menantang. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca artikel berjudul Rekomendasi Buku Psikologi, selanjutnya bisa baca artikel berikut ini :

1. Cara Menjadi Psikolog : Macam, Syarat dan Tahapannya
2. 14 Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli di Dunia
3. Konsep Dasar Psikologi : Definisi, Sejarah, Objek dan Manfaatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang