fbpx
flash sale toko buku online deepublish

7 Rekomendasi Buku Pendidikan Untuk Para Calon Pendidik

rekomendasi buku pendidikan
toko buku kuliah

Rekomendasi buku pendidikan tidak hanya dibutuhkan oleh mahasiswa yang kuliah di fakultas pendidikan saja. Lebih jauh lagi, buku pendidikan bisa dibaca bagi Anda yang tertarik mengembangkan skill mengajar atau sedang memulai menjadi seorang pendidik. Lantas, rekomendasi buku pendidikan apa saja yang bisa Anda baca? Silakan simak ulasan berikut ini sampai habis. 

7 Rekomendasi Buku Pendidikan Untuk Para Calon Pendidik

NoJudulPenulisHarga
1Buku Pendidikan Karakter di Era MilenialAdi Suprayitno dan Wahid WahyudiRp 118.000
2Buku Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan InspiratifDr. Hj. Wiwin Winarni MM.PdRp 167.000
3Book Chapter Inovasi Pembelajaran Di Pendidikan TinggiDr. H. Muhammad Zaenuddin, S.Si., M.Sc.Rp 71.500
4Buku Memahami Potensi Otak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Dasar: Suatu PengantarNani Restati Siregar & Muhammad IlhamRp 79.000
5Buku Kewirausahaan PendidikanMuh. Saleh MalawatRp 75.500
6Buku Dasar-Dasar Penelitian Desain Untuk PendidikanM. Andy RudhitoRp 84.000
7Buku Psikologi PendidikanMahsup & Yunita Septriana AnwarRp 70.000

1. Buku Pendidikan Karakter di Era Milenial

Buku Pendidikan karakter

Bagi seorang pendidik di jaman sekarang, rekomendasi buku pendidikan yang kami sarankan pertama adalah “Buku Pendidikan Karakter di Era Milenial” karya dari Adi Suprayitno dan Wahid Wahyudi. Buku ini berisi 190 halaman dengan ulasan yang menarik untuk dibaca. 

Di dalam buku ini dijelaskan bahwa di era milenial seperti sekarang, pendidikan bukan lagi tentang moral dan karakter sebagai tumpuan utama untuk diajarkan kepada seorang anak.

Namun sayangnya, cara mendidik guru era milenial sangat jarang menggunakan pendekatan untuk mengetahui peserta didiknya sehingga kebanyakan murid memandang guru hanya sebatas menjalankan suatu kewajiban.

Murid datang ke kelas mendengarkan apa yang diterangkan lalu mereka pulang waktu jam pelajaran habis. Interaksi guru-siswa terbatas pada jam sekolah saja. Masyarakat sekarang lebih mengarah ke individualis masing-masing. 

Mereka lebih cenderung berinteraksi dengan orang jauh dibanding dengan orang di sekelilingnya. Padahal hal ini berdampak pada pendidikan karakter anak yang semestinya dapat melatih komunikasi kepada orang lain.

Bagaimana cara menghormati, cara memiliki rasa empati, dan lainnya. Selengkapnya tentang buku pentingnya Pendidikan Karater di Era Milenial dapat Anda beli di Penerbit Buku Deepublish dengan harga Rp 118.000. 

2. Buku Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif

Buku Seri Pembaharuan

Rekomendasi buku pendidikan bagi Anda yang ingin membangun kelas aktif dan inspiratif maka membaca Buku Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif adalah solusinya.

Di dalam buku dengan jumlah 262 halaman ini, Anda akan diingatkan lagi akan peranan dan kompetensi guru dalam pembelajaran meliputi banyak hal. Sebagai perannya yang dominan adalah meliputi guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator dan fasilitator serta guru sebagai evaluator.

Buku ini hadir untuk membantu Anda, para pendidik, menciptakan suasana belajar-mengajar yang baru.

Di dalam buku ini akan dibahas betapa pentingnya peran dari setiap aspek di sekolah, konsep tentang membangun kelas aktif dan inspiratif, bagaimana menjadi guru inspiratif dan menciptakan kelas aktif, menjelaskan strategi membangun kelas aktif dan inspiratif, dan hal apa saja yang harus ditingkatkan oleh pengajar dalam mengembangkan kemampuan kelas aktif inspiratif.

Dapatkan Buku Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif hanya dengan membayar Rp 167.00 saja. 

3. Book Chapter Inovasi Pembelajaran Di Pendidikan Tinggi

book chapter Inovasi Pembelajaran

Rekomendasi buku pendidikan ketiga yang tidak kalah kami rekomendasikan adalah Book Chapter Inovasi Pembelajaran Di Pendidikan Tinggi. Terbitnya book chapter ini dilandasi oleh kesadaran bahwa inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki atau dilakukan oleh guru.

Hal ini disebabkan pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Kemauan guru untuk mencoba, menemukan, menggali, dan mencari berbagai terobosan, pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran merupakan salah satu penunjang munculnya berbagai inovasi-inovasi baru.

Disusun oleh Muhammad Zaenuddin, dosen dari Politeknik Negeri Batam, buku yang terdiri dari 228 halaman ini juga mengulas tentang inovasi yang mutlak dilaksanakan terlebih di era digital yang semakin maju. Buku yang dijual dengan harga Rp 71.000 saja memberikan ulasan tentang inovasi pembelajaran menjadi sebuah jalan untuk menunjukkan profesionalitas guru. Berani menjadi guru harus berani berinovasi. 

4. Buku Memahami Potensi Otak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Dasar

Buku Memahami Potensi
EMAHAMI POTENSI OTAK PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR. Suatu Pengantar

Rekomendasi buku pendidikan ke empat yakni Buku bertajuk Memahami Potensi Otak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Dasar. Sesuai judulnya buku ini memang ditujukan bagi para guru maupun calon pendidik sekolah dasar untuk dapat lebuh memahami potensi otak siswa di jenjang pendidikan tersebut. 

Disusun oleh Nani Restati Siregar & Muhammad Ilham, buku yang terdiri dari 74 halaman dengan harga Rp 79.000 ini mengulas tentang  bagaimana memahami secara teoritis mengenai konsep kerja otak dan penerapannnya dalam proses belajar mengajar di kelas antara guru yang mentransfer ilmu dan peserta didik yang menerima informasi.

Dalam buku ini disajikan tentang struktur dan fungsi otak belajar, bagaimana keberfungsiannya dalam belajar, dan implikasinya pada pengajaran, serta bagaimana strategi meningkatkan fungsi eksekutif pada peserta didik.

Setalah membaca buku ini,  diharapkan dalam proses belajar mengajar  guru dapat memahami potensi otak manusia dan bagian-bagiannya, dan bagaimana kerja otak menciptakan atmosfer pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengekspresikan potensi yang ada pada dirinya. 

Baca juga : Rekomendasi Buku PAI Untuk Perguruan Tinggi

5. Buku Kewirausahaan Pendidikan

Buku Kewirausahaan Pendidikan
Kewirausahaan Pendidikan

Rekomendasi buku pendidikan kelima yaitu buku berjudul Kewirausahaan Pendidikan. Buku yang terdiri dari 63 halaman ini ditulis oleh Muh. Saleh Malawat. Buku ini disusun atas dasar keresahan akan mindset masyarakat Indonesia yang mana ketika lulus S1 hanya untuk mencari gaji bukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga dapat membantu pemerintah untuk memperkecil tingkat pengangguran. 

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama berisi tentang pendahuluan, bab dua membahas tentang kreativitas dan inovasi, bab tiga membahas tentang hakikat dan sikap kewirausahaan. Adapun bab empat membahas tentang manajemen koperasi dan ukm dan bab lima membahas tentang langkah-langkah memulai berwirausaha.

Berikutnya bab enam membahas tentang pemasaran dan strategi, bab tujuh membahas tentang pendidikan karakter mandiri. Bab selanjutnya yaitu bab delapan membahas tentang merancang dan melahirkan ide, bab sembilan membahas tentang kelayakan bisnis, dan bab sepuluh membahas tentang aspek umum dan legalitas.

Bab sebelas membahas tentang aspek ekonomi dan pemasaran dan bab terakhir yaitu bab duabelas membahas tentang aspek keuangan.

6. Buku Dasar-Dasar Penelitian Desain Untuk Pendidikan

Buku Dasar-Dasar

Sementara bagi Anda yang ingin mempelajari dasar penelitian untuk membuat sebuah metode pembelajaran, maka Buku Dasar-Dasar Penelitian Desain Untuk Pendidikan ini pilihan yang tepat.

Buku ini terdiri dari beberapa bab, Bab 1 Mengapa Penelitian Desain, Bab 2 Apa itu Penelitian Desain, Bab 3 Penelitian Desain untuk Pengembangan Kurikulum, Bab 4 Penelitian Desain untuk Desain Pengembangan Pembelajaran, Bab 5 Evaluasi Formatif Penelitian Desain, Bab 6 Penelitian Desain untuk Dampak Skala Besar, Bab 7 Penutup.

7. Buku Psikologi Pendidikan

Buku Psikologi Pendidikan

Rekomendasi buku pendidikan yang terakhir adalah buku tentang pentingnya mengenal psikologi dalam pendidikan. Dalam buku ini kita disadarkan kembali tentang tujuan pendidikan dasar adalah mempersiapkan generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pendidikan tinggi akhirnya dimaksudkan untuk mempersiapkan para mahasiswa untuk dapat memperoleh sukses dalam karier dan kehidupan pribadi, serta mampu berpartisipasi di dalam masyarakat.

Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama membahas tentang cara mengajar yang efektif, bab kedua tentang proses kognitif kompleks, bab ketiga tentang pelajar yang tidak biasa (exceptional, bab keempat tentang teori perkembangan anak, bab kelima tentang pendekatan behavioral dan kognitif sosial, bab keenam tentang variasi individual, bab ketujuh tentang perkembangan kognitif dan bahasa dan bab terakhir tentang pendekatan pemrosesan informasi.

Dapatkan buku pendidikan lainnya hanya di Toko Buku Online Deepublish. Semua buku pasti ada dan ready stock.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang