fbpx

5 Rekomendasi Buku Pegangan Mahasiswa Ekonomi

5 Rekomendasi Buku Pegangan Mahasiswa Ekonomi – Binggung mencari buku pegangan mahasiswa ekonomi? Era sekarang bukan jamannya mencemaskan dan membinggungkan mencari buku pegangan ekonomi. Mengingat sekarang buku teori harganya juga selangit.

Meskipun demikian, tetap masih banyak lo buku ekonomi yang pas untuk kantong mahasiswa.

Buku pegangan mahasiswa ekonomi setiap universitas memang berbeda-beda. Ada yang menggunakan buku pegangan A, B dan C.

Kenapa bisa beda? Karena memang ada banyak sekali jenis dan cabang ilmu ekonomi. Setidaknya ada banyak sekali cabang ilmu. Nah, karena banyaknya cabang ilmu ekonomi, ada banyak disiplin ilmu ekonomi juga yang pastinya kamu cari.

Pada ulasan artikel berikut ini, ada beberapa rekomendasi buku pegangan mahasiswa ekonomi yang mungkin pas dan cocok sesuai cabang buku yang kamu cari. Berikut rekomendasi buku ekonomi tersebut.

1. Ekonomi Internasional

 

Buku Ajar Ekonomi Internasional

Rekomendasi buku pegangan mahasiswa ekonomi yang pertama adalah buku ekonomi Internasional. Buku karya Sattar akan menggajak kamu mengenal lebih jauh tentang gambaran umum ekonomi internasional itu seperti apa.

Di sana juga kamu akan dijelaskan pengaruh ekonomi Internasional yang ternyata mempengaruhi keseimbangan ekonomi.

Buku ini menarik, karena cakupan materinya sangat meluas. Jadi tidak hanya mengulas tentang teori perdagangan internasional. Teori yang digunakan adalah teori teori Merkantilisme klasik, teori modern.

Buat kamu juga yang mencintai dunia perekonomian dan kelak akan menjadi menteri keuangan seperti Sri Mulyani, kamu perlu juga membaca buku ekonomi internasional. Kenapa? Karena di sini kamu akan berkenalan tentang kebijaksanaan ekonomi dan perdagangan Internasional itu seperti apa dan bagaimana.

Memang materi ini setingkat lebih tinggi dibandingkan buku ekonomi yang lain, karena kamu akan diperkenalkan dengan hal-hal yang baru dan menarik.

Misalnya, kamu akan tahu bagaimana lintas pembayaran internasional, sistem keuangan internasional, neraca pembayaran internasional dan neraca perdagangan pendekatan pendapatan Nasional.

Apalagi jika mengingat sekarang terjadi liberalisasi perdagangan dan globalisasi, tentu saja akan mempengaruhi ekonomi internasional dan akan mempengaruhi kerjasama ekonomi internasional. Jika kamu menginginkan buku terbitan Deepublish satu ini, bisa di dapatkan melalui ini.

Beli bukunya disini >> Buku Ekonomi Internasional

2. Ekonomi Koperasi

Buku Ajar Ekonomi Koperasi

Buku pegangan mahasiswa ekonomi yang kedua adalah buku ekonomi koperasi. Buku ini masih ditulis oleh Sattar. Fokus ulasan buku ekonomi keperasi lebih menekankan pada konsep koperasi berat.

Dikatakan koperasi berat karena koperasi ini dijalankan oleh organisasi swasta. Seperti yang kita tahu selama ini, bahwa koporasi dibentuk secara sukarela dan dibentuk karena demi kepentingan bersama. Orientasi pembangunan koperasi untuk saling memberikan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi.

Penulis mengemas buku menjadi setebal 324 halaman menggunakan ulasan pembahasan menarik. Di sana juga dijelaskan konsep koperasi sosialis itu seperti apa. Jadi kosep koperasi sosialis adalah koperasi yang sebenarnya direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah, serta dibentuk dengan tujuan untuk menunjang perencanaan nasional.

Usut punya usut, ternyata koperasi juga dapat dijadikan sebagai alat pelaksana dari perencanaan yang telah ditetapkan secara sentral. Jadi memang secara administratif, koperasi dibuat secara menyuluruh sekaligus membantu menentukan kebijakan publik.

Buku terbitan Deepublish ini juga menyampaikan bahwa koperasi sebenarnya berdiri dari sistem sosialisme yang berorientasi pada sistem sosialis-komunis. Nah, apa saja itu pembahasan lengkapnya, hanya bisa kamu dapatkan bukunya di sini.

Beli bukunya disini >> Buku Ekonomi Koperasi

3. Ekonomi Manajerial

Buku Ajar Ekonomi Manajerial

Rekomendasi buku pegangan mahasiswa ekonomi yang ketika adalah buku karya Usep Sudrajat dan Suwaji yang berjudul Ekonomi Manajerial.

Secara garis besar, buku manajerial fokus mengupas tentang konsep dasar dan ketetapan dalam pengambilan keputusan manajerial.

Jadi, lebih fokus pada teori ekonomi mikro, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, analisis pengambilan keputusan dan manajemen risiko itu seperti apa.

Buku ini memang dikonsep semenarik mungkin agar mahasiswa tidak mudah bosan serta mudah dipahami. Hal ini terlihat dari penyampaian materi di bab pertama.

Di bab pertama, penulis ingin memulainya dengan konsep dasar dan ruang lingkup ekonomi manajerial itu seperti apa dan bagaimana, agar pembaca memahami alur dasarnya terlebih dahulu.

Barulah penulis memaparkan di bab selanjutnya tentang optimasi ekonomi itu seperti apa saja sih. Barulah akan diperkenalkan dengan teori permintaan dan penawaran.

Buku manajerial setebal 154 halaman ini juga menjelaskan tentang teori perilaku konsumen, melihat estimasi permintaan pasar guna membantu keberhasilan ekonomi manajerial.

Termasuk juga akan mengulas terkait teori produksi, biaya produksi hingga dijelaskan pengambilan keputusan dalam risiko. Ada banyak sekali poin-poin yang tentu saja tidak disebutkan di dalam paparan ini. Jadi buat kamu yang tertarik mendapatkan buku ini, bisa langsung dapatkan di sini.

Beli bukunya disini >> Buku ekonomi manajerial

4. Makro Ekonomi

Buku Ajar Makro Ekonomi

Rekomendasi buku pegangan mahasiswa ekonomi yang keempat adalah makro ekonomi. Jadi buku ini sebenarnya masuk dalam program studi agribisnis, fakultas Perikanan.

Buku karya Nursalam S.P, M.Si akan mengulas beberapa cakupan pembahasan seperti aspek ekonomi nasional dan internasional. Pendekatan yang digunakan adalah center learning. Diharapkan mahasiswa mampu menikmati buku ini melalui buku teks dan bisa juga dibaca secara online.

Buku setebal 170 halaman menjelaskan ada dua bentuk ilmu ekonomi. Salah satunya makroekonomi dan mikroekonomi. Dari kedua bentuk inilah yang nantinya akan dianalisis dari banyak sudut dan segi teori.

Mengingat, di Indonesia banyak sekali masalah pokok perekonomian yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran dan catatan. Misal masalah pertumbuhan ekonomi, masalah ketisakstabilan kegiatan ekonomi, masalah inflasi hingga masalah pengangguran.

Bahkan masalah lain seperti masalah neraca pedagangan dan neraca pembayaran juga menjadi masalah utama. Jadi di dalam buku ini kamu bisa mempelajari permasalahan yang timbul dan solusi yang bisa kita terapkan seperti apa. Untuk pemesanan buku makro ekonomi karya Nursalam, bisa pesan di sini.

Beli bukunya disini >> Buku ajar makro ekonomi

5. Teori Ekonomi Makro

Buku Ajar Teori

Rekomendasi buku pegangan mahasiswa ekonomi yang kelima masih seputar ekonomi makro, hanya saja ditulis beda penulis. Teori ekonomi makro kali ini ditulis oleh Silvana Kardinar Wijayanti dan Sattar.

Membicarakan tentang ekonomi makro, sebenarnya perkembangan perekonomian sudah berproses panjang. Setidaknya ilmu ekonomi itu sendiri sudah ada sejak 1776 yang lalu, kala itu Adam Smith sebagai ahli ekonomi yang populer pada masanya.

Padahal, menurut kajian yang lain, ilmu ekonomi sudah ada sejak masa Aristoteles (350 SM). Intinya dari tahun-tahun lalu, ilmu ekonomi mengalami perubahan hingga di titik sekarang, ilmu ekonomi lebih bisa dimaknai dari beberapa sudut pandang dan lebih menarik tentunya.

Nah, buku setebal 248 halaman ini juga menyuguhkan demikian. Jadi kamu nanti akan dikenalkan tentang struktur dasar ekonomi makro itu seperti apa, siapa tahu kamu belu tahu struktur dasarnya.

Kemudian di bab lain kita juga akan dikenalkan tentang pendapatan nasional, berkenalan dengan seputar investasi, dan bagaimana cara melakukan analisis perhitungan pendapatan nasional. beberapa poin tersebut hanya sebagian kecilnya saja, belum secara keseluruhannya. Jadi, buat kamu yang ingin mempelajari lebih detail, bisa langsung dipesan di sini.

Beli bukunya disini >> Buku ajar teori ekonomi makro

Kelima rekomendasi buku pegangan mahasiswa ekonomi di atas apakah ada yang cocok dengan yang kamu cari? Jika kamu belum menemukan buku yang dicari, sebenarnya masih ada daftar rekomendasi buku ekonomi yang lain. Kamu bisa lihat dan memilihnya sendiri di Toko Buku Online Deepublish. Di jamin di sini kamu akan temukan buku-buku, karena banyak sekali pilihan judul dan sudut pandang tentang dunia ekonomi.

Semoga kelima rekomendasi buku pegangan mahasiswa ekonomi bermanfaat. Semoga link daftar pilihan buku ekonomi memudahkan kamu ya. Karena jaman sekarang banyak sekali fitur yang memudahkan kita untuk mendapatkan buku tanpa harus datang ke toko buku. Cukup klik, scrool bawah dan ke atas. Cocok, tinggal tekan dan klik, dan buku akan segera diantarkan ke rumah kita masing-masing.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga :