fbpx
flash sale toko buku deepublish

Rekomendasi Buku Parenting Terbaik Versi Penerbit Deepublish

rekomendasi buku parenting
toko buku kuliah

Rekomendasi buku parenting tidak selalu identik dengan buku keluarga. Siapapun dapat membaca buku parenting untuk menambah wawasan di masa depan. Pun bagi kalian mahasiswa, buku parenting dapat memberikanmu ilmu terkait bagaimana kelak mendidik anak. 

Mengingat bahwa saat kelak kamu menjadi orangtua, itu berarti ayah dan ibu siap menjadi pembelajaran sepanjang hidup. Tidak ada sekolah menjadi orangtua yang baik, namun bukan berarti ibu dan ayah tidak memerlukan pengetahuan tentang pola asuh dan nutrisi anak. 

Kabar baiknya askes terhadap ilmu parenting di era milenial ini sudah banyak tersedia di media sosial. Nah, salah satu usaha yang bisa kita lakukan bagi calon orangtua adalah membaca rekomendasi buku parenting. 

Ratusan bahkan ribuan judul rekomendasi buku parenting semakin mudah didapatkan, mulai dari pilihan metode pola asuh, nutrisi yang tepat untuk anak, panduan detail merawat bayi, hingga buku yang membahas bagaimana menghadapi anak yang tantrum.

4 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik

Untuk memudahkan orang tua maupun calon orang tua dalam memilih buku, berikut 4 rekomendasi buku parenting terbaik yang telah Penerbit Buku Deepublish rangkum untuk menunjang upaya orangtua millennials dalam berproses untuk menjadi lebih baik bagi diri sendiri dan keluarga:

1. Buku Strategi Jitu Berkomunikasi Dengan Anak 

Strategi Jitu Berkomunikasi dengan Anak_Ben Suyat rev 3.0 Premiumbook Convert depan

Rekomendasi buku parenting yang bisa kamu baca pertama yaitu Buku Strategi Jitu Berkomunikasi dengan Anak. Buku ini cocok dibaca oleh para mahasiswa yang kelak akan menjadi calon orangtua. 

Buku karya Samsul Arifin Been Suyat ini mengulas tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan anak yang baik. Mulai dari cara hingga contoh real yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Buku ini terdiri dari 10 Bab dan 1 Bab review. Terdiri dari beberapa bab yang mengulas tentang: 

  • Bagaimana cara menentukan pola komunikasi dengan anak dengan cara mengetahui benang merah antara komunikasi dan edukasi?
  • Seperti apa cara-cara meningkatkan kembali kesadaran bahwa setiap kita adalah panutan anak?
  • 6 Langkah Jitu Melejitkan Perkembangan Anak: Gak Pake Ribet
  • Cara-cara berkolaborasi antara orang tua dan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak
  • Sekilas tentang Authentic Assessment; melihat akar permasalahan kegagalan komunikasi orang tua terhadap anak
  • 11 Kesalahan Fatal Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak
  • 7 Pondasi Utama Komunikasi
  • 2 Ikatan yang Tak Boleh Lepas
  • Menuju Digital Parenting
  • Menakar Porsi Kedekatan dan Pola Asuh yang Tepat

Buku Strategi Jitu Berkomunikasi Dengan Anak ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish. 

2. Buku Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islam

Buku Konsep Pendidikan

Rekomendasi buku parenting berikutnya berjudul Buku Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islam. Buku yang penulis beri judul Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islam ini memaparkan tentang konsep Islam mengenai pendidikan anak secara umum, kemudian diramu dalam sebuah kaidah yang berhubungan dengan konsep tumbuh kembang secara psikologis. 

Isi buku ini mengambarkan secara umum bagaimana Islam memberikan arahan dalam mendidik anak sejak usia dini dengan dasar-dasar ayat-ayat Alquran dan pengalaman Rasulullah SAW. yang termaktub dalam hadis yang penulis himpun dalam buku ini. Buku ini juga dapat digunakan sebagai pegangan untuk melakukan pendidikan keluarga atau parenting, khususnya untuk keluarga yang memiliki anak usia dini dan guru-guru PAUD sehingga mereka memiliki pengetahuan yang komprehensif dalam mendidik anak usia dini baik secara Islam atau psikologi.

Buku ini berisi tentang pengertian pendidikan Islam, landasan dan tujuan pendidikan Islam, anak dalam pandangan Islam, tahapan perkembangan anak, pendidikan anak usia dini, faktor-faktor penghambat pendidikan anak usia dini, dan tanggung jawab pendidikan anak usia dini.

3. Buku #SalamJariTanpaCincin Kumpulan Tulisan Inspiratif, Kisah Nyata Dan Kiat Para Single Parents Indonesia (SPINA)

Buku Salam Jari

Terkadang sebagai orangtua, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di depan. Kita tidak pernah tahu takdir apa yang akan terjadi. Termasuk jika ternyata akhirnya kita harus menjadi single parent untuk anak kita. Dalam buku karya Andina Adriana ia mengulas bagaimana kiat para single parent berjuang. 

Buku #SalamJariTanpaCincin ini adalah kumpulan kisah-kisah nyata, kiat yang dituliskan oleh para single parents Indonesia, anggota dari SPINMOTION (Single Parents Indonesia in Motion), ditambah Kumpulan Tips single parenting #katanengrisma dan dilengkapi dengan Kumpulan Tulisan Inspiratif @singledadwrites di Vemale Dotcom.

Buku ini adalah buku perdana yang diterbitkan oleh SPINMOTION (Single Parents Indonesia in Motion) bekerjasama dengan para mitra sponsor, RRI Pro 1 FM Jogja, Vemale Dotcom dan penerbit buku Deepublish Publisher Jogja, serta Rumahweb sebagai mitra sponsor, serta donator lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Buku ini merupakan kumpulan dari karya perdana dari para single parents pendiri, pengurus dan anggota SPIN MOTION (Single Parents Indonesia in Motion) yang semuanya adalah para single parents yang diakibatkan oleh perceraian.

Perceraian yang semakin hari terus semakin meningkat jumlahnya di Indonesia, dengan jumlah mencapai kurang lebih 1000 kasus perhari di seluruh pelosok negeri. Tidak terlalu mengherankan jika sedemikian banyaknya kasus perceraian di negeri ini, memunculkan berbagai versi dari banyak kisah yang terjadi.

Boleh jadi terdapat 1001 kisah yang tak akan habis untuk diceritakan untuk kepentingan berbagi pengalaman dan untuk menginspirasi setiap orang yang mendengar atau membacanya. Dan dengan tujuan berbagi dalam semangat solidaritas dan rasa empati inilah, para single parents menuliskan kisah mereka untuk sesama single parents di Indonesia dan juga untuk seluruh masyarakat pembaca pada umumnya.

Sebagai kelanjutan dari upaya untuk mensosialisasikan keberadaan SPINMOTION (Single Parents Indonesia in Motion) dan terus menyuarakan program – programnya juga sekaligus sebagai bentuk penguatan dan pemberdayaan (baca : empowerment) para anggotanya, maka disepakati bersama untuk menerbitkan buku berisi kumpulan kisah nyata, kiat single parenting dan beragam tulisan inspiratif lainnya. Terutama tulisan-tulisan inspiratif yang juga pernah diterbitkan di www.vemale.com, sebuah portal gaya hidup wanita di Indonesia yang memiliki banyak pembaca. 

Baca juga : Bekal Akhirat yang Tepat untuk Anak

4. Apa Namanya? – Kamus Perasaan Anak

buku kamus perasaan anak

Rekomendasi buku parenting kali ini merupakan buku terjemahan dari bahasa Korea yang ditulis oleh Park Sung-Woo. Secara garis besar, buku ini akan membantu para orangtua untuk lebih memahami perasaan anak.

Tidak jarang orang tua merasa sering tidak bisa memahami ekspresi perasaan anak dan menyebabkan kesalahpahaman. Sehingga tidak hanya anak yang merasa frustasi karena merasa orangtua tidak memahaminya, tapi juga orangtua ikut merasa stres dalam mengartikan perasaan si kecil.

Buku ini memuat sekitar 70 kosa-kata tentang jenis perasaan. Selain berisi definisi perasaan yang mungkin dirasakan anak, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi menarik dan contoh situasi yang mencerminkan perasaan anak. Bahkan jenis perasaan seperti “jemu”, “terpana”,  “terbebani”, “iba”, “bersemangat”, dan lain-lain yang selama ini jarang digunakan oleh anak-anak juga perlu dipahami agar orangtua bisa mengerti situasi yang dialami anak.

Jika orang dewasa memiliki kompleksitas perasaan yang beraneka ragam, maka sama halnya dengan anak-anak. Bedanya, mereka belum bisa mengungkap perasaannya dengan bahasa, sehingga memerlukan bantuan orang tua dalam mengidentifikasi jenis perasaan itu dan memahami diri mereka sendiri.

Dan buku ini, dengan penyampaian yang mudah dicerna dan sangat relevan dengan kejadian sehari-hari, bisa menjadi jembatan bagi orangtua agar lebih menghargai perasaan anak.

Lihat juga Buku Parenting yang lain :

1. Buku Pola Asuh Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Anak
2. Buku Program Latihan Koordinasi Sensomotorik Bagi Anak Usia Dini Dan Anak Berkebutuhan Khusus

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang