fbpx
flash sale toko buku deepublish

Rekomendasi Buku Pancasila

rekomendasi buku tentang pancasila
toko buku kuliah

7 Rekomendasi Buku Pancasila Untuk Perguruan Tinggi – Mata kuliah Pendidikan Pancasila masuk ke dalam kurikulum wajib di kampus. Mahasiswa dari fakultas apa pun harus menempuh mata kuliah ini. Proses belajar pun tidak bisa lepas dari buku sebagai sumber pengetahuan.

Ketika mempelajari tentang Pancasila, pastinya kalian membutuhkan buku-buku dengan topik tersebut. Kalian tidak perlu bingung karena buku-buku di bawah ini dapat membantu kalian memahami tentang Pancasila.

Yuk, simak rekomendasi buku Pancasila ini!

7 Rekomendasi Buku Pancasila Untuk Perguruan Tinggi

1. Buku Pendidikan Pancasila dalam Praktik Pengajaran

Buku Pendidikan Pancasila

Buku yang ditulis oleh sekelompok dosen ini bagus dijadikan referensi. Berawal dari diskusi sederhana yang dilakukan oleh dosen dengan latar belakang pendidikan berbeda, buku ini lahir memperkaya sumber bacaan untuk pendidikan tinggi. 

Para penulis buku ini yakni Marlina Siregar, Junita, Panggih Nur Adi, Agus Anjar, Nila Nirmala, dan Toni awalnya mengkhususkan buku ini untuk mahasiswa Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan agar mereka belajar mengenai Pancasila dengan baik.

Nah, kalian yang bingung mencari buku kuliah tak perlu pusing-pusing lagi. Buku ini bisa dimasukkan ke dalam daftar bacaan.

Mengapa buku ini? Buku ini mengulas tentang cara mengelola pendidikan yang tepat guna dan tepat sasaran. Buku ini juga mengupas sejarah perkembangan PKn. Harapannya mahasiswa yang membaca ini mengetahui arah perkembangannya. 

Isi lain dari buku ini adalah gambaran sebagai tenaga pendidikan dalam praktik pengajaran mikro (micro teaching). Kalian yang menekuni bidang ilmu Pendidikan dan Pancasila akan terbantu dengan adanya buku ini. Memudahkan kalian saat menyelesaikan tugas, skripsi, dan lainnya.

2. Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Buku Pendidikan Pancasila

Rekomendasi buku Pancasila selanjutnya adalah buku berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karya Wahono dan Abdul Atsar. Keduanya adalah dosen Universitas Singaperbangsa Karawang. Buku ajar tentunya berguna untuk dosen maupun mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Buku ini cukup lengkap dalam membahas Pancasila sebagai falsafah hidup. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pun diulas dengan cukup jelas. Misalnya aktualisasi nilai spiritual dalam Pancasila dalam sila pertama yang berbunyi `Ketuhaan yang Maha Esa`.

Dalam buku ini dijelaskan praktik penyelenggaran pemerintahan tidak boleh dilepaskan dari prinsip keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Hal ini menggambarkan adanya keterkaitan antara manusia dengan Sang Pencipta. 

Kalian yang membutuhkan bacaan dengan ulasan Pancasila dapat membaca buku ini. Apalagi bila kalian masih kebingungan dengan Pancasila dan nilai-nilai di dalamnya. Belum lagi kaitan Pancasila dan pemerintahan. Buku ini bisa menjadi solusi atas permasalahan kalian saat belajar tentang Pancasila.

3. Buku Antropologi Budaya Pendekatan Habonaron Do Bona sebagai Falsafah Hidup Masyarakat Simalungun

Buku Antropologi Budaya

Buku ketiga ini tidak kalah menarik. Sekilas melalui judulnya, mungkin ada di antara kalian yang bertanya, “Apa benar buku ini tentang Pancasila? Ini `kan membahas Habonaron Do Bona.” 

Buku ini memang berfokus pada falsafah hidup masyarakat Simalungun tersebut. Namun tahukah kalian jika Habonaran Do Bona dalam konteks Antropologi Budaya merupakan penjabaran dari nilai-nilai sila kedua Pancasila?

Ya, Habonaran Do Bona ini dijadikan pedoman oleh masyarakat Simalungun dalam membangun hubungan dengan manusia lain. Falsafah ini dijadikan sebagai sumber sistem dan nilai. Di sisi lain, falsafah ini memberikan peranan penting karena masyarakat Indonesia yang majemuk dapat mengambil nilai-nilai Pancasila untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Buku ini memang dirancang untuk mahasiswa di perguruan tinggi baik mahasiswa Fakultas Sastra dan Budaya maupun Fakultas Hukum. Selain itu ditujukan kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Antropologi Budaya. Sehingga kalian mampu memahami falsafah Habonaron Do Bona dan menemukan hubungannya dengan nilai-nilai Pancasila.

4. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: Perjuangan Membentuk Karakter Bangsa

Buku Pendidikan Kewarganegaraan

Kalian ingin mempelajari membangun karakter berbangsa dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila? Tak salah lagi, buku ini yang kalian butuhkan. Buku karya Josef Mario Monteiro berjudul Pembelajaran Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa.

Buku ini menerangkan betapa pentingnya Pancasila dalam pengembangan karakter bangsa. Hal ini akan berpengaruh terhadap pondasi ideologi bangsa. Sehingga pendidikan Pancasila dinilai perlu dimasukkan ke dalam pendidikan karakter di level sekolah dasar, menengah, hingga perguruan tinggi.

5. Buku Keadilan Berdasarkan Pancasila

Buku Keadilan Berdasarkan Pancasila

Buku ini merupakan buah pemikiran dari Ferry Irawan Febriansyah, seorang dosen Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Apabila kalian mempunyai tugas kuliah atau mengambil skripsi bertema keadilan maka buku ini bisa menjadi salah satu referensinya. Buku ini menjelaskan tentang keadilan berdasarkan Pancasila.

Berbeda dengan konsep keadilan dari para pemikir Barat, Pancasila mempunyai konsep keadilan tersendiri. Berisi perbandingan teori-teori keadilan Barat dan teori keadilan berdasarkan Pancasila. Letak perbedaannya terlihat dalam sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. 

Hal inilah yang dirangkum dalam buku berjudul Keadilan Berdasarkan Pancasila ini. Kelima sila dalam Pancasila mengandung prinsip dan nilai yang digunakan untuk mencapai keadilan untuk seluruh rakyat.

Buku ini akan memberikan perspektif baru untuk kalian dalam melihat keadilan dan mengartikan konsep keadilan dalam Pancasila. Ini akan membantu kalian saat mengikuti mata kuliah bertemakan Pancasila dan mata kuliah lain yang serupa. Maka buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca.

6. Buku Hukum Berpancasila dalam Optik Pluralisme Masyarakat Indonesia

Buku Hukum Berpancasila

Buku yang ditulis oleh Teuku Saiful Bahri Johan ini terbilang kritis dalam melihat permasalahan hukum di Indonesia. Meskipun lebih bertemakan hukum ketimbang Pancasila, buku ini masih relevan dipakai oleh mahasiswa yang ingin memahami Pancasila dan keberagaman hukum di Indonesia.

Melalui buku ini kalian diajak untuk mempelajari bahwa hukum di Indonesia masih belum mengakomodir hak-hak masyarakat adat. Perlu adanya pluralisme hukum agar nilai-nilai Pancasila pun benar-benar diwujudkan dalam kehidupan bernegara. Padahal Pancasila mewadahi keberagaman masyarakat Indonesia. Akan tetapi sampai sekarang masyarakat adat dengan hukum adatnya seringkali tidak mendapatkan ruang.

Buku ini salah satu bacaan menarik dan memberikan wawasan baru untuk mahasiswa. Sehingga kemampuan mahasiswa dalam melihat masalah pun kian tajam analisisnya terutama dalam melihat masalah yang berhubungan dengan Pancasila. 

7. Buku Pendidikan Kewarganegaraan – Tantangan Warga Negara Milenial Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Buku Pendidikan Kewarganegaraan

Rekomendasi buku Pancasila terakhir adalah buku karya Laurensius Arliman Simbolon. Buku yang terbit tahun 2019 ini membahas pendidikan kewarganegaraan dalam Revolusi Industri 4.0 dapat memberikan masukan berupa:

  1. Memahami dan menguasai konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, ideologi, dan pandangan hidup
  2. Memahami secara langsung yang dimaksud konstitusi (UUD 1945) dan hukum yang berlaku di Indonesia
  3. Menghayati dan meyakini tatanan dalam konstitusi Indonesia
  4. Mengamalkannya dalam bersikap dan berperilaku

Buku ini penting dibaca oleh mahasiswa karena mahasiswa merupakan anak bangsa Indonesia. Kalian diharapkan mampu memahami pendidikan kewarganegaraan dan mempunyai komitmen kuat dalam mempertahankan negara Indonesia ini.

Untuk itu, buku direkomendasikan untuk kalian terutama yang serius mempelajari tentang Pancasila dan mempertahankan nilai-nilainya seiring perkembangan zaman termasuk era Revolusi Industri 4.0.

Demikian informasi rekomendasi buku tentang pancasila, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang