VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

6 Rekomendasi Buku Manajemen SDM Terbaik

buku manajemen sdm
toko buku kuliah

Menyinggung tentang rekomendasi buku manajemen SDM, ternyata banyak buku yang mengulas tema ini. Kenapa? Ya karena memang Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci keberhasilan dalam menjalankan usaha bisnis hingga ogranisasi. Tanpa SDM yang berkualitas, maka tidak mungkin bisa menciptakan hal ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberi rekomendasi  buku manajemen SDM terbitan Deepublish yang paling sering dicari dan laris manis . Barangkali buku-buku tersebut sesuai dengan tema untuk keperluan bahan pembuatan skripsi atau sebagai pegangan mata kuliah MSDM. Buku-buku ini juga bisa digunakan sebagai panduan dalam manajemen SDM di sebuah organisasi. Nah, rekomendasi tersebut apa saja sih? Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

6 Rekomendasi Buku Manajemen SDM Terbaik

1. Manajemen SDM Berbasis Technopreneurship

Buku Manajemen Sumber
Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis Technopreneurship

Rekomendasi buku manajemen SDM yang pertama adalah karya Charles Soetyono Iskandar dkk. Menariknya buku ini menekankan pada manajemen berbasis technopreneurship. Kita tahu bahwa awal dekade kemerdekaan Indonesia fokus mengembangkan pembangunan bangsa dan pembangunan karakter bangsa. Dimana Indonesia mulai mandiri dan berani. Hal ini tampak dari kebangkitan rakyat yang terjajah dan berani melawan penjajah. Itu sebabnya semasa pemerintah Soekarno Indonesia sebagai Macan Asia dan di takuti oleh negara-negara besar.

Hal menarik dari buku ini, penulis mengantarkan pembaca tentang falsafah bangsa terlebih dahulu. Hal ini sengaja penulis sampaikan karena inilah benang merah yang nantinya berkolerasi dengan isi pemaparan materi. Nah, barangkali kamu masih penasaran, mengulas apa saja sih buku ini?

Di sini kamu akan mempelajari tentang karakter cerdas dalam kegiatan pebmelajaran. Karena ini masih membicarakan tentang manajemen sumber daya manusia (SDM) maka kamu pun juga akan diperkenalkan bagaimana menjalankan manajemen operasional. Termasuk juga kamu nantinya juga akan membahas teknolodi produksi dan pendidikan kejuruan.

2. Buku MSDM: Kumpulan Teori MSDM

Buku Manajemen Sumber Daya

Rekomendasi buku manajemen SDM yang kedua adalah karya dari Dr. Emed Taryaman., S.E., M.M. buku setebal 241 halaman ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis. Secara garis besar, buku ini lebih menekankan pada teori manajemen sumber daya manusianya.

Era globalisasi pastinya membutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, agar organisasi atau perusahaan tetap melejit dan bersaing dengan cara sehat. Namun semua itu butuh persiapan yang panjang dan tidaklah mudah. Salah satunya perlu mempersiapkan SDM yang berkualitas itu bukanlah hal yang mudah. Bagaimanapun juga, SDM berkualitas sebagai sentral pengelolaan sekaligus sebagai penyedia sumber daya manusia untuk berkembang maju pesat.

Baca juga : Ciri-ciri Manajer Yang Baik dan Profesional

Buku hasil penelitian tentang manajemen Sumber Daya Manusia fokus pada pengertian secara teoritis. Diharapkan buku ini pun bisa melahirkan dan menciptakan manajemen SDM yang dapat diperdayakan. Ini pulalah yang menjadi alasan penulis menerbitkan buku. Jadi penulis sangat berharap Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) sebagai ilmu yang mengatur hubungan dan tanggung-jawab yang efisien dan efektif untuk mencapai tujuan.

3. Buku manajemen Sumber Daya Manusia

Buku Manajemen Sumber Daya

Rekomendasi buku manajemen SDM yang ketiga karya Sri Larasati. Buku ini dibandrol dengan harga 123.000 dengan ketebalan naskah 245 halaman. Apa saja ilmu yang akan kamu dapatkan di buku ini? Tentu saja banyak. Di sini kamu tidak hanya mempelajari pendahuluan manajemen sumber daya alam, tetapi juga akan mempelajari bagaimana sih cara merencanaan SDM.

Banyak loh yang tidak tahu bagaimana cara merancang SDM yang efektif dan efisien untuk perusahaan. Agar perusahaan tetap maju. Khususnya diperusahaan dna organisasi, SDM menjadi sentral. Bagaimanapun juga manusia sebagai faktor strategis untuk mencapai tujuan perusahaan dan organisasi paling terbaik dibandingkan robot. Tidak dapat dipungkiri peran penting SDM membantu dalam mengerahkan seluruh sumber daya dan kemampuan internal perusahaan ataupun organisasi.

Di bidang bisnis, SDM yang strategi disebut-sebut sebagai tolak ukur keberhasilan. hal ini menunjukan memang benar bahwa SDM itu penting. Lalu apa lagi ilmu yang akan kamu pelajari di sini? Nah kamu di sini juga akan mempelajari bagaimana cara menempatkan orientasi tenaga kerja dan aturan pemberian kompensasi kepada karyawan. tidak hanya itu, di sini juga akan dipaparkan bagaimana sih melakukan penilaian kerja, keselamatan kerja dan masih banyak lagi tentunya.

4. Buku Manajemen Sumber Daya Manusia: Dalam Perspektif Managerial Dan Sosial

Buku Manajemen Sumber Daya

Rekomendasi buku manajemen SDM adalah karya Afri Erisman. Buku yang diterbitkan pada 2015 lalu ini akan meninjau dari perspektif managerial dan sosial. Cocok buat kamu nih yang sedang menjalankan skripsi di bidang ini. Meskipun buku ini diterbitkan sudah agak lama, buku ini tetap masih relevan dengan masa sekarang.

Buku setebal 336 halaman ini tidak hanya mengulas SDM secara harafiah. Tetapi sudah mengarah pada istilah personalia, pastinya kamu sudah tidak asing dengan istilah ini bukan. Dimana personalia atau HRD inilah yang berperan penting untuk meningkatkan dan mengelola sumber daya alam yang ada di perusahaan. Jika ternyata ditemukan sumber daya manusianya yang buruk, maka tugas seorang personalia/HRD untuk membuat manajemen sumber daya manusia.

Tentu saja sebuah perusahaan dan organisasi menginginkan berkembang maju bukan berkembang kebelakang. Maka salah satu carannya jika mengalami kemunduran adalah membangun dan meningkatkan kualitas karyawannya.

Baca juga : 6 Buku Manajemen Terpopuler di Deepublish

Ternyata ada banyak faktor yang harus disiapkan jika ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Misal materi, trainer, pelayanan dan pemberian service bagi karyawan yang memang berprestasi untuk perusahaan. Jadi tidak hanya trik dan cara saja, masih banyak hal lainnya yang pastinya hanya bisa kamu baca di bukunya langsung.

5. Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

Rekomendasi buku manajemen SDM yang berikutnya adalah karya Muh. Saleh Malawat. Buku setebal 59 halaman ini memang mengulas secara singkat. Meskipun singkat, buku ini sangat bermanfaat. Secara garis besar, buku terbitan 2017 mengupas lebih ke manajemen dalam mengelola perusahaan. Jadi buku ini juga cocok buat kamu yang memiliki cita-cita ingin menjadi seorang pengusaha nih.

Jadi kamu akan tahu bagaimana sih cara mengelola perusahaan dan cara menciptakan job deskripsi hingga bagaimana cara membuat job spesification dalam menjalankan tugas. Membicarakan tentang manajemen, pastinya kita akan bersinggungan dengan personality. Maka dari itu, penulis juga mengupasnya di dalam bukunya tentang pendekatan personality. Buku ini bisa kamu dapatkan dan pesan di toko buku online Deepublish.

6. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia

Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia

Rekomendasi buku manajemen SDM yang terakhir adalah karya Dr. Ir. Waseso Segoro, MM. Dosen yang dari Universitas Gunadarma ini menulis manajemen SDM yang lebih komplek dan komprehensif. Ada 14 bab yang akan kamu pelajari di sana. Tentu aja 14 bab tersebut di jabarkan secara tuntas dan lengkap.

Lalu poin pembahasannya apa saja sih? Tentu saja selain mengulas pengertian manajemen SDM, penulis menyampaikan cara membuat perencanaan. Kita tahu bahwa perencanaan atau planning sesuatu yang penting yang agar pencapaian tujuan perusahaan tercapai. Tidak hanya itu saja, di bab lain juga dijelaskan cara menyeleksi dan mengembangkan karier bagi SDM yang ada di perusahaan tersebut loh.

Karena konteksnya adalah bekarja di perusahaan dan organisasi. Maka buku ini pun juga menjelaskan kepuasan kertja, kompensasi, prestasi karyawan, hingga mengupas juga audit SDM juga. Dilihat dari poin yang dipelajari, buku ini lebih tepat di rekomendasikan untuk para HRD atau personalia. Karena buku setebal 153 halaman ini akan mengupas semua rahasia yang selama ini banyak ditemui permasalahan.

Lihat buku Manajemen SDM yang lain di sini.

Sebenarnya rekomendasi buku manajemen SDM di atas hanya sebagian kecil saja. Masih ada koleksi atau saran buku manajemen lain. Buat kamu yang ingin mencari tahu koleksi manajemen SDM, kamu bisa dapatkan di dalam kategori Buku Manajemen. Dijamin lebih banyak pilihan, tentunya kamu bisa memilih sesuai dengan tema yang kamu cari. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang