fbpx
promo toko buku online

7 Rekomendasi Buku Manajemen Keuangan

rekomendasi buku manajemen keuangan
toko buku kuliah

7 Rekomendasi Buku Manajemen Keuangan – Mensoal tentang buku manajemen keuangan, sudah pasti mengulas seputar manajemen keuangan. Saat disebutkan tentang uang, apa sih yang terlintas di pikiran? Mungkin ingin menjadi menteri keuangan seperti Sri Mulyani? Itu boleh-boleh saja lo, mimpi adalah doa.

Hanya saja butuh usaha untuk mewujudkan mimpi menjadi menteri. Membincangkan tentang manajemen dan keuangan, ini sangat dekat sekali dengan buku-buku ekonomi dan manejemen. Nah, barangkali kamu salah satu yang sedang binggung mencari buku-buku referensi seputer dunia perekonomian.

7 Rekomendasi Buku Manajemen Keuangan

Jadi kesempatan kali ini akan berbagi buku manajemen keuangan dan seputar dunia ekonomi. Siapa tahu buku-buku yang direkomendasikan ini buku pendukung yang juga membantu kamu yang sibuk mencari sana ke sini. Langsung saja, kita simak daftar bukunya sebagai berikut.

1. Buku Manajemen Keuangan Fundamental

Buku Manajemen Keuangan Fundamental

Rekomendasi buku manajemen keuangan yang pertama adalah karya Bambang Sugeng. Buku ini diperuntukan mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen keuangan. Buku dikemas sedemikian ripa, karena tujuan penulis menuliskan buku ini adalah memberikan pemahaman yang integratif, dan pembaca memahami prinsip-prinsip fundamental manajemen keuangan. Buku setebal 562 halaman ini ditulis dengan peta konseptual yang komprehensif.

Buku Manajemen keuangan yang lain adalah buku berjudul manajemen perbankan. Buku ini lebih mengulas isi tentang pendekatan teoritis dan studi empiris dari manajemen perbankan. Buku karya Musdholifah, Ulil Hartoo dan Yulita Wulandari ini mengulas menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami dan enak di baca.

Dari segi isi, buku setebal 182 halaman dibagi menjadi banyak bab. Diantara bab tersebut mengulas tentang uang dan sistem moneter. Tentu saja di bab ini mengulas sistem monter itu bagaimana, mengingat Indonesia dulu juga pernah mengalami krisis moneter yang memberikan dampak yang cukup besar untuk banyak lapisan masyarakat.

Buku ini memang termasuk buku manajemen keuangan karena fokus pula membahas tentang bank Indonesia dan otoritas jasa keuangan itu seperti apa dan bagaimana. Dari segi ulasannya pun sudah jelas, buku ini diperuntukan kamu mahasiswa yang ingin bekerja dibagian keuangan. Siapa tahu, kamu salah satu menteri keuangan di masa yang akan datang.
Berbicara keuangan dan perbankan, di masyarakat Indonesia termasuk cukup melek dalam bidang ini.

Tapi sudahkah masyarakat memahami betul sistem kerja bank syariah? arsitektur berbankan di Indonesia dan masih banyak lagi. Ternyata ada cukup banyak masyarakat yang belum memahami dan menguasai akan hal-hal seperti itu. Itu sebabnya, buku ini juga menjelaskan dan mengulas secara detail.

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti selalu bergantung pada uang. Uang menjadi sumber transaksi sehari-hari. Uang ini pulalah yang mengerakan roda perekonomian suatu negara. Berbicara tentang kegiatan ekonomi, kegiatan ekonomi menjadi ukuran untuk melihat kecapaian kemakmuran seseorang.

Jadi, motif ekonomi dapat dimaknai sebagai dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi. Itu sebabnya, dunia perbankan menjadi salah satu pilihan untuk menyimpan uang dan semacamnya. Nah, buku ini pun tidak berhenti mengulas itu saja. Ada beberapa manajemen lain yang tidak cukup dituliskan semuanya di sini.

Beli bukunya sekarang >> Buku Manajemen Keuangan Fundamental

2. Buku pengelolaan Desa – Buku manajemen keuangan

Buku Pengelolaan Keuangan

Jika tadi di buku manajemen keuangan merekomendasikan buku perbankan, nah kali ini saya akan perkenalkan buku yang sifatnya kekoperasian dan merakyat. Yap, buku karya Hariawan Bihamding, dengan judul Pengelolaan Keuangan Desa. Buku ini masih mengulas seputar keuangan, manajemen dan perekonomian. Hanya saja, konteks pembahasan lebih fokus pada pengelolaan keuangan desa. Buku ini cocok buat kamu yang tinggal di desa dan di desa tersebut masih produktif masyarakatnya. Sehingga perlu dan dibutuhkan pengelolaan yang untuk meningkatkan sumber daya manusianya di sana.

Buku setebal 218 halaman ini mengulas tentang perencanaan keuangan desa dan mengulas pelaksanaan dan penatausahaan keuangan desa. Kita tahu bahwa pengelolaan keuangan desa menjadi rangkaian kegiatan yang paling penting dan utama. Kegiatan perencanaan ini juga membutuhkan pengetahuan bagaimana penyusunan anggaran yang tepat. Karena bagaimanapun juga, APB Desa juga harus dipertanggungjawabkan dan dikelola dengan baik dan benar. Di bab lain, buku ini juga mengulas pengelolaan keuangan desa serta membahas tentang bagaimana mempertanggungjawabakan atau membuat pelaporan keuangan desa.

Baca juga : Ciri-ciri Manajer Yang Baik dan Profesional

3. Pengantar Manajemen

Buku Pengantar Manajemen

Untuk melengkapi buku manajemen keuangan yang kamu miliki, ada buku pelengkap buat kamu nih. Yaitu buku Pengantar Manajemen. Buku ini karya Sarinah dan mardalena, buku yang fokus bagaimana memanajemen kegiatan agar lebih bermanfaat ini sebenarnya buku ajar.

Meskipun buku ajar, bukan berarti hanya dimiliki oleh mahasiswa saja. Orang umum yang memang tertarik dan ingin mempelajari buku ini bisa loh membacanya. Sang penulis mengemas buku ini lebih sederhana dan tepat. Jadi, penulis memberikan pengertian bahwa kita penting sekali memenajemen waktu untuk mengelola.

Nah, padahal dalam pengelolaan atau manejemen butuh yang namannya pengorganisasian, pembuatan rencana, koordinasi, mengelola motivasi dan masih banyak lagi. Hal-hal semacam inilah sepele tapi penting, dan disinggung di buku.

Jadi buku terbitan Deepbulish ini dibagi menjadi beberapa bab. Terlihat di dalam bukunya juga mengulas tentang manajemen sumber daya manusia, dimana kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya memperoleh SDM yang baik untuk menjalan program bisnis dan organisasi itu bagiamana dan seperti apa. Di sana ilmu marketing banyak dimasukan.

Di sana pun kamu juga akan belajar tentang ilmu manajemen operasional itu bagaimana menjelankan, kemudian bagaimana pula cara manajemen pemasaran hingga bagaimana manajemen keuangan. Semua diulas tuntas di sana.

Nah, daripada penasaran dan tidak tahu, kamu bisa langsung mendapat koleksi buku-bukunya di Toko Buku Online Deepublish. Di jamin, di sini kamu akan dapatkan banyak sekali koleksi buku-buku yang kamu inginkan. Mulai dari buku ajar, buku motivasi hingga buku fiksi. Hanya sekali sentuh pencet pesan, buku kamu langsung di kirimkan sampai lokasi tempat tinggal kamu.

Beli bukunya sekarang >> Buku Pengantar Manajemen

4. Buku Manajemen Dana bank – Buku manajemen keuangan

Buku Manajemen Dana Bank

Mempelajari buku manajemen keuangan saja tidak cukup jika ingin menjadi seorang ekonom handal. Kamu harus mempelajari pula buku-buku lain sebagai pengayaan dan tambahan ilmu.

Salah satunya adalah buku Manajemen Dana Bank. Buku karya Kamas Komarudin ini adalah buku yang ulasannya tidak jauh berbeda dengan buku manajemen keuangan. Sama-sama masih mengulas tentang keuangan dan di sektor perekonomian.

Kita tahu bahwa pertumbuhan ekonomi di tempat kita masih membutuhkan pengaturan dan pengelolaan sumber-smber ekonomi yang telah ada secara terpadu. Kemudian, sumber ekonomi terpadu dan terarah inilah yang sering diperkenalkan sebagai perbankan.

Memang bank memiliki kegiatan mengumpulkan dana sekaligus dapat pula berperan untuk menyalurkan ke masyarakat yang membutuhkan. Nah, buku ini pun juga demikian. Secara tidak langsung, buku inilah yang memperkenalkan kegiatan utama bank adalah mengumpulkan data sekaligus menyalur ke masyarakat yang membutuhkan.

Disamping itu, di dalam buku ini juga memaparkan peranan bank sebagai pembangunan manajemen dana bank dengan pola dasar, permodalan, likuiditas, perkreditan dan manajemen investasi. Adapun beberapa ulasan lain tentang buku ini, yang hanya bisa kamu baca lebih detail di dalam buku ini.

5. Buku Manajemen Keuangan Internasional

Manajemen Keuangan

Rekomendasi buku manajemen keuangan yang pertama adalah manajemen keuangan internasional. Secara garis besar, aka megulas tetag aktivitas ekonomi antar bangsa, dalam cakupan internasional. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam manajemen keuangan internasional juga memiliki permasalahan, salah satu di antarannya permasalahan interdependensi dan ekonomi global.

Tentu saja kedua masalah tersebut menuntut untuk saling terintegrasi antara ekonomi nasional dengan ekonomi dunia. Sehingga, dampak yang paling dirasakan adalah perekonomian makro di masing-masing negara. Mereka seolah tertekan tidak bisa berkembang lebih besar jika tidak memiliki modal besar.

Di dalam buku manajemen keuangan internasional tidak sekedar mengulas integrasi antar dua negara. Melainkan juga akan mempelajari tentang ketegangan hubungan negara-negara industri besar seperti AS dan China. DImana mereka memiliki risiko geopolitik yang mampu menekan perdagangan dan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian di dunia loh.

Kelebihan dari buku Terbitan Deepublish satu ini adalah, kamu akan mempelejari fenomene dan permasalahan  perekonomian dunia yang kompleks.

Kamu pun juga akan mempelejari beberapa ilmu lain seperti manajemen perusahaan multinasional, mempelajari pasar keuangan internasional, mempelajari arus dana internasional, derivative kurs mata uang, penentuan kurs mata uang, mempelajari pengaruh nilai tukar, paritas suku bunga internasonal dan eksposur transaksi hingga eksposur operasi, akuntansi dan masih banyak lagi.

Termasuk mempelajari pembiaayaan jangka pendek, portofolio internasional dan penganggaran modal internasional juga akan kamu pelajari.

6. Rekomendasi Buku Manajemen Keuangan dan Kewirausahaan

Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan dan Kewirausahaan Sukses

Jika sebelumnya kamu mempelejari tentang dunia manajemen internasional, kamu akan mempelajari tentang kewirausahaan dalam manajemen keuangan. BUku karya M. Shoffa Saifillah Alfaruq dan WInda Agustin ini akan mengajak kamu mempelajari pentingnya manajemen keuangan. Tanpa manajemen, sulit rasanya mencapai kehidupan yang tertata. Bagaimanapun juga, dengan adannya manajemen, akan memudahkan dari banyak hal.

DIantarannya memudahkan dalam urusan pekerjaan dari berbagai spesialisasi pekerjaa dan berkembangnya skala operasi. Tahukah kamu, ketika kamu mempelajari buku manajemen keuangan, kamu wajib mengetahui tiga alasan manajemen. Yaitu memahami tujuan dalam menjaa keseimbangan agar tercapainya tujuan yang saling bertentangan. Tahu bagaimana cara mengatasi atau mencapai efisiensi dan efektivitas, dan mencapai tujuan itu sendiri.

Fokus yang akan di tekankan di dalam buku ini, akan fokus pada bagaimana memanajemen uang perusahaan. Dalam pengaturan yang disuatu perusahaan, manajer keuanganlah yang memiliki beban moral dan tanggungjawab yang besar. karena manager keuangan yang mencari dan mengelola dana keuangan. Belum lagi masalah ketika purusahaan mengalami keterbatasan dalam dana dan keuangan. Belum tugas lain, yang bertanggungjawab untuk mengkoordinasi dan bekerjasama dengan departemen lainnya untuk menyelaraskan jalan.

Kelebihan dari buku terbitan Deepublish, kamu tidak sekedar belajar manajemen keuangan. Tetapi juga belajar ang namann ilmu kewirausahaan. Dimana ilmu kewirausahaan adalah ilmu yang mengembangkan dan mengidentifikasi sekalisu mewujudkan visi misi. Hal yang paling mendasar dari kewirausahaan adalah membantun mentalitas seseorang agar aktif, dan kreatif. Tanpa memiliki mentalitas inilah, sulit rasanya menjalankan sebuah bisnis atau menjalankan usaha, termasuk menjalankan dunia manajemen keuangan.

Adapun hal ang akan kamu pelajari di dalam buku ini. Diantarannya, akan belajar tentang manajemen kewirausahaan, Belajar hal yang menentukan keberhasilan di dalam perusahaan, bekerja cerdas menjadi wirausaha yang sukses, dan mempelajari tentang jenis badan usaha, strategi pemasaran dan masih banyak lagi deh pokoknya.

7. Buku Akuntansi Keuangan Intermediate

Akuntansi Keuangan

Rekomendasi buku keuangan intermediate juga salah satu buku yang perlu kamu baca. karena di dalam buku ini kamu akan belajar tentang internal control, atau pengendalian internal. Secara garis besar, akan berisi tentang perencanaan organisasi dan metode pengukuran bisnis dan manajemen. Termasuk pula akan mempelajari tentang perlindungan harga, peningkatan ketetapan dan kepercayaan catatan akuntansi.

Tahukah kamu jika di dalam buku keuangan intermediate ini akan memperkenalkan prinsip pengendalian internal. Setidaknya ada beberapa tanggungjawab yang harus dimiliki, diantarannya memiliki tanggungjawab, memiliki prinsip pemisahan tugas, prosedur dokumentasi, pengendalian fisik, mekanikal, elektronik, serta memiliki prinsip dalam melakukan verifikasi internal independen. Dimana dari poin-poin tersebut akan kamu dapatkan uraian lengkapnya ketika membaca bukunya secara langsung.

Baca juga : 5 Rekomendasi Buku Pegangan Mahasiswa Ekonomi 

Itulah beberapa rekemendasi buku manajemen keuangan yang bisa kamu jadikan tambahan buku pengayaan. Untuk pemesanan, bisa di peroleh ke toko buku deepublish berikut ini. Atau mungkin kamu kebetulan yang membaca artikel kali seorang dosen dan memiliki naskah buku serupa. Maka kamu bisa lo menerbitkan buku ke Deepublish. Cara mendaftar menjadi penulis juga bisa dilihat di link ini.

Nah, semoga rekomendasi buku manajemen keuangan tersebut bermanfaat. Kamu pun juga bisa melihat koleksi buku-buku lain diluar dunia pendidikan lo. Atau kebetulan kamu sedang mencari buku ajar lain selain buku manajemen keuangan, seperti buku statistic dan metodelogi penelitian, kamu juga bisa dapatkan di toko buku deepublish.

Dapatkan juga buku manajemen keuangan yang lain :

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah