10 Rekomendasi Buku Kewirausahaan Terbaik

rekomendasi buku kewirausahaan
toko buku kuliah

10 Rekomendasi Buku Kewirausahaan – Mencari buku kewirausahaan untuk meningkatkan semangat wujudkan mimpi menjadi seorang entrepreneur? Memang sekarang sedang popular anak-anak muda membangun bisnis kecil-kecilan. Tidak tanggung-tanggung, masih duduk di bangku SMA/K/MA pun sudah banyak yang mencoba menjalankan wirausaha.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pelaku usaha yang merambah banyak bidang. Mulai jadi reseller, jual hasil kerajianan dan masakan mereka. Di dukung dengan kemudahan teknologi yang perkembangannya begitu pesat.

Pastinya, dapat digunakan untuk ajang promosi gratis tanpa harus nangis karena isi kantong habis. Semua bisa dilakukan dengan mudah tentunya.

Memang menjalankan usaha atau menjadi seorang entrepreneur itu tidak bisa instans. Ada usaha. Salah satunya dengan membaca buku kewirausahaan. Setidaknya di sinilah nanti kamu akan mendapatkan banyak tips dan trik yang bisa meningkatkan hasil penjualan kamu nih.

Biasanya rekomendasi buku kewirausahaan mengulas bagaimana tips dan trik membangun sebuah bisnis dari awal. Mengapa kamu harus membacanya? Sebagai mahasiswa yang masih mencoba menjalani bisnis, tentunya kamu perlu ilmu supaya tidak salah menentukan strategi. 

Menjadi seorang pengusaha muda tidak melulu sekadar belajar praktik saja, namun teori juga dibutuhkan jika ingin menjadi pengusaha muda yang sukses.  Ibaratnya sama seperti ketika kamu ingin bisa berenang, tentu kamu harus belajar terlebih dahulu teori tentang berenang seperti apa dan gaya apa saja yang ada ketika berenang.

Inilah mengapa membaca referensi buku kewirausahaan seperti buku bisnis sangat penting bagi kamu yang berniat untuk menjadi seorang pengusaha muda.

Nah, buat kamu nih yang binggung buku kewirausahaan seperti apa sih? Berikut adalah beberapa rekomendasi buku kewirausahaan yang bisa kamu baca. Cekidot langsung ya.

10 Rekomendasi Buku Kewirausahaan Terbaik

1. Buku Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan

Buku Kewirausahaan Dan Manajemen

Buat kamu yang memiliki tujuan muliah, yaitu ingin memberdayakan masyarakat desa yang masih belum terberdayakan. Maka kamu bisa mempelajari buku karya Ika Sari Dewi dan Sihombing. Jadi buku ini mengajak kamu memberdayakan masyarakat pedesaan lewat UKM Pedesaan. Tentu saja melalui banyak kegiatan yang menghasilkan.

Buku setebal 181 halaman juga menyampaikan tentang pemasaran. Seperti yang kita tahu selama ini jika pemasaran sebagai kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh wirausaha. Baik wirausaha yang berjalan dibidang jasa maupun barang. Hal yang menarik dari buku ini adalah, kamu akan belajar bagaimana cara melakukan analisis pasar, cara memulai usaha untuk masyarakat pedesaan dan masih banyak lagi.

Jadi masyarakat desa akan lebih terberdayakan dan bisa lebih potensial dan bisa menghasilkan pemasukan uang. Ternyata ada rahasia bagaimana mendapatkan uang dalam menjalankan wirausaha, salah satunya dengan membuat strategi pemasaran, melakukan manajemeen keuangan secara ketat dan melakukan studi kasus.

Detail Buku : 

PengarangIka Sari Dewi, S.S., M.Si. dan I.K. Sihombing, M.Si.
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuEkonomi
ISBN978-623-02-0076-2
Ukuran15.5×23 cm
Halamanxii, 181 hlm
Tahun 2019

Beli Sekarang

2. Buku kewirausahaan Pendidikan

Buku Kewirausahaan Pendidikan
Kewirausahaan Pendidikan

Jika ada buku kewirausahaan UMKM, maka ada juga kewirausahaan pendidikan. Salah satunya karya Muh. Saleh Malawa. Memang sedikit berbeda, buku ini menekankan pada pembangunan bangsa sebagai lulusan pencipta, bukan sebagai pengkonsumsi. Kita tahu jika selama ini sebagian besar masyarakt masih berorientasi pada mencari lapangan kerja dan menjadi karyawan. Melupakan jika hal terpenting adalah menciptakan lapangan pekerjaan.

Coba jika sebagian besar orang lebih tertarik menjadi seorang entreprenuer dan bisa menciptakan lapangan kerja. Maka angka pengangguran di Indonesia tidak akan sebesar sekarang. Satu sisi, inilah yang menjadi tantangan yang harus di hadapi saat ini. Maka dari itu, diperlukan yang namannya nyali besar. Ada upaya untuk mengurangi hal-hal tersebut, diantarannya seperti yang disampaikan di dalam buku kewirausahaan satu ini.

Di buku ini kamu akan diajarkan bagaimana menciptakan kreativitas dan inovasi. Kemudian ditambah dengan bekal sikap kewirausahaan yang tepat. Agar tidak gagap ketika dilapangan dalam menjalankan usaha, maka di buku ini pun juga dipandu manajemen koperasi UKM dan bagaimana cara memulai wirausaha. Jadi buku ini pun cocok buat kamu yang ingin hidup mandiri tidak bergantung. Nah, buat kamu yang tertarik, bisa dapatkan bukunya segera di sini.

Detail Buku : 

PengarangMuh. Saleh Malawat
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuPendidikan
ISBN978-623-209-750-6
Ukuran17.5×25 cm
Halamanviii, 63 hlm
Tahun 2019

Beli Sekarang

3. Manajemen Kewirausahaan Furnitur

Buku Manajemen Kewirausahaan
Manajemen Kewirausahaan Furnitur

Ada yang memiliki keterampilan dan hobi dibidang furnitur? Jika iya sebaiknya jangan diabaikan begitu saja. Karena keterampilan ini bisa menjadi peluang usaha. Kamu bisa membuat furnitur yang menarik dan bisa menjualnya. Tentu saja, setelah menjual akan mendapatkan uang. Maka dari itu, ada satu judul buku kewirausahaan yang patut kamu miliki. Buku ini adalah karya Nathanael Sitanggang dan Putri Lynna A. Luthan, dengan judul buku manajemen kewirausahaan furnitur.

Buku setebal 149 halaman mengupas banyak sekali bagaimana cara memulai bisnis furniture. Hal yang perlu digarisbawahi adalah, menjalankan binis furnitur dan makanan tentu saja berbeda. Lantas bagaimana? kamu bisa simak di dalam bukunya.

Di bab dua misalnya, kamu juga akan belajar proses kayu dan furnitur, ini akan menambah wawasan kamu tentunya. Hal terpenting saat menjalankan usaha bisnis furnitur terkait pembelian bahan baku dan kekuatan atau keawetan kayu, nah di bab inilah juga akan dibahas trik dan cara-caranya. Perlu diketahui pula, pembelian kayu untuk furnitur pun beda, tidak seperti kita membeli kayu untuk bangunan rumah.

Detail Buku : 

PengarangNathanael Sitanggang & Putri Lynna A. Luthan
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuManajemen
ISBN978-623-209-592-2
Ukuran17.5×25 cm
Halamanxii, 149 hlm
Tahun2019

Beli Sekarang

4. Buku manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan

Buku Manajemen Usaha Kecil

Buku Kewirausahaan yang patut kamu miliki, khususnya buat kamu yang sedang menjalankan usaha kecil UMKM nih. Yaitu buku manajemen usaha kecil dan kewirausahaan karya Dyanasari dan Asnah. Buku yang dibandrol ramah dompet Rp 59.000,- ini akan mengajak kamu bagaimana sih cara melihat demografi kewirausahaan. Barangkali di sini ada yang belum tahu trik dan cara demografi itu bagaimana? Nah kamu bisa cek dan lihat ulasannya di sini.

Hal terpenting dan bisa mempengaruhi hasil produk usaha kecil kamu apa lagi sih? Salah satunya kemampuan untuk mengamati perubahan dan fleksibel dengan perubahan jaman. Setidaknya di buku kewirausahaan ini mendorong kamu agar terus melakukan inovasi agar tidak ketinggalan jaman. Pastinya konsumen menyukai sesuai yang baru, tidak menyukai sesuatu yang sifatnya sudah ketinggalan jaman. Nah, di sini pun kamu akan diberitahu bagaimana caranya.

Baca juga : Ciri-ciri Entrepreneur Sukses dan Berhasil

Khusus buat kamu yang kebetulan juga menjalankan bisnis waralaba. Maka buku ini juga cocok kamu baca, kenapa? karena akan diulas bagaimana membangun merk dan bagaimana cara pemasaran yang tepat dan efektif.

Detail Buku : 

PengarangDyanasari dan Asnah
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuManajemen
ISBN978-602-475-495-2
Ukuran14×20 cm
Halamanx, 83 hlm
Tahun Terbit2018

Beli Sekarang

Pondok Djawara Deepublish

5. Buku kewirausahaan Industri

buku kewirausahaan industry

Ternyata ada banyak sekali buku kewirausahaan, seperti yang diulas sebelum-sebelumnya. Maka kali ini akan diulas buku kewirausahaan industri. Salah satunya adalah karya Edy Dwi Kurniati. Ada beberapa bb yang akan dipelajari di dalam buku ini. Diantarannya mempelajari buku pendidikan kewirausahaan, cara mengenali karakteristik dan pengembangan wirausaha dalam kewirausahaan industri dan masih banyak lagi.

Sedikit menyinggung tentang istilah kewirausahaan industri, sebenarnya jangkauannya adalah wirausaha tingkat mikro, meso dan makro. Dari ketiga tersebut pastinya kamu sudah sering mendengar, atau mungkin kamu salah satu pelaku usaha yang termasuk di antara ketiga tersebut.

Tahukah kamu jika setiap tingkat butu studi. Misalnya studi mikro memiliki fokus tanggungjawab dalam mengambil keputusan dan memberikan motivasi kepada calon atau pelaku wirausaha yang masih lesu.

Bagaimana dengan studi kewirausahaan tingkat meso? Pastinya studi ini lebih menekankan pada perspektif perusahaan. Setidaknya ada beberapa perspektif yang meliputi akses pasar, keuangan, teknologi, networking dan manajerial. Sedangkan perspektif makro lebih fokus bagaimana mmengembangkan pasar kewirausahaan, seperti melihat peluang, keuntungan, kesempatan dan melihat sektor industrinya.

Detail Buku : 

PengarangEdy Dwi Kurniati
InstitusiUniversitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman
KategoriBuku Ajar
Bidang IlmuEkonomi
ISBN978-602-401-096-6
Ukuran14×20 cm
Halamanxii, 353 hlm
 Tahun Terbit 2017

Beli Sekarang

6. Buku Kewirausahaan Solusi Cerdas Atasi Pengangguran

Buku Kewirausahaan Solusi

Buku kewirausahaan yang terakhir lebih menarik, yaitu buku solusi cerdas atasi pengangguran. BUku ini ditulis oleh Dr. H. Saban Echdar, S.E., M.Si. Disebutkan di dalam buku ini bahwa menjadi kewirausahaan adalah tindakan dan perbuatan baik dan dianjurkan oleh agama. Kenapa? Karena berawal dari sinilah kamu bisa membukakan lapangan pekerjaan. Bisa memberi nafkah untuk keluarga yang membutuhkan pemasukan. APalagi jika melihat fakta di Indonesia jumlah pengangguran dari tahun ke tahun tidak berkurang, tetapi semakin bertambah.

Setidaknya dengan buku kewirausahaan solusi cerdas atasi pengangguran ini bisa membantu pemerintah mengentaskan angka pengangguran. Jadi penulis menuliskan buku ini ke dalam 13 bab. Pastinya setiap bab membahas banyak poin. Diantarannya mengulas strategi memulai bisnis, stratei bersaing, cara memilih bidang usaha, dan masih banyak lagi. Jika tertarik ulasan lebih lengkap, bisa dipelajari langsung di bukunya. Kamu bisa dapatkan di sini.

Detail Buku : 

Pengarang Dr. H. Saban Echdar, S.E., M.Si.
InstitusiSTIE Nobel
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuEkonomi
ISBN978-602-280-290-7
UkuranUnesco

Beli Sekarang

7. Buku Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Menumbuhkan Jiwa

Referensi buku kewirausahaan yang ketujuh yaitu berjudul Buku Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan karya Rachmat Hidayat. Buku ini berisi panduan bagaimana menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Cocok tentunya dibaca bagi kalian yang ingin mencoba bisnis tapi masih bingung darimana. 

Apalagi tidak semua orang memiliki jiwa wiraswasta. Namun, jiwa itu dapat dilatih dan dipelajari sehingga jiwa kewiraswastaan seseorang dapat menjadi besar. Untuk memiliki jiwa itu haruslah memperkuat unsur-unsur wiraswasta. Wiraswasta mengenal 4 unsur yang keberadaannya saling berkaitan, yaitu unsur: pengetahuan, keterampilan, sikap mental, dan unsur kewaspadaan.

Di buku ini diulas juga bahwa modal bukan satu-satunya sumber wirausaha. Modal bagi wiraswastawan bukanlah uang atau benda berharga, melainkan gagasan yang didukung dengan pengetahuan, kesempatan, dan waktu. Anda dapat melatih diri menjadi wiraswastawan. Lihatlah sekitar Anda, buatlah gagasan yang nantinya mampu menghasilkan uang. 

Jika satu cara tidak menguntungkan, gunakan cara yang lain. Sebagai contoh, bila produksi jeruk di daerah Anda begitu melimpah namun rasanya kecut sehingga harganya anjlok maka janganlah berfikir berdagang jeruk, tetapi berpikirlah memanfaatkan jeruk rasa kecut tadi sehingga bernilai jual. Misalnya, dibuat sirup atau produk lainnya sehingga awet, laku dijual, dan bernilai tambah.

Detail Buku :

PenulisRachmat Hidayat, SKM., M.Kes.
InstitusiSTIE GENTIARAS Bandar Lampung
KategoriBuku Umum
Bidang IlmuBisnis
ISBN978-623-02-0220-9

Beli di : Buku Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

8. Buku Business Ethics And Entrepreneurship (Etika Bisnis Dan Kewirausahaan)

Buku Business Ethics

Rekomendasi buku kewirausahaan selanjutnya berjudul Buku Business Ethics And Entrepreneurship (Etika Bisnis Dan Kewirausahaan). Sesuai judulnya, di dalam karya Saban Echdar dan Maryadi ini dibahas pentingnya sebuah etika berbisnis. 

Etika bisnis merupakan patokan yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah terhadap perilaku bisnis.Etika bisnis tidak hanya mencakup tentang dunia bisnis saja, namun dapat dinilai dari perilaku etis pada individu didalam organisasi bisnis tersebut.

Karena dalam berperilaku bisnis, pelaku usaha harus mempunyai dan menerapkan sikap moral yang benar dalam menjalankan bisnis.

Pentingnya etika bisnis dalam berwirausaha agar para wirausaha dapat mewujudkan citra dan manajemen bisnis yang baik dan untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh yang memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi.

Etika merupakan cerminan pada tindakan kesopanan, kebiasaan dan tata krama dalam berbisnis. 

Etika, bukan sekadar mengumbar senyum pada klien atau ramah pada mitra kerja atau karyawan, tetapi etika sebagai koridor yang menjadikan tindak-tanduk seseorang dianggap sesuai dan pantas dalam kehidupan bersosialisasi.

Etika merupakan konsep dan aplikasi benar-salah atau baik-buruk yang disertai rasa tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat.

Detail Buku :

Tampilkan Pos

PenulisProf. Dr. H. Saban Echdar, S.E., M.Si.Dr. Maryadi, S.E., M.M.
InstitusiSTIE Nobel Indonesia Makassar
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuBisnis
ISBN978-623-02-0372-5

Beli di : Buku Business Ethics And Entrepreneurship

9. Buku Yuk Kita Berwirausaha: 60 Usaha Nyata Dan Terbukti Menghasilkan Uang

Buku Yuk Kita

Rekomendasi buku kewirausahaan berjudul Yuk Kita Berwirausaha: 60 Usaha Nyata Dan Terbukti Menghasilkan Uang ini cocok dibaca untuk kalian para mahasiswa yang masih mencari ide bisnis apa yang menghasilkan uang. Buku karya Fatkul Muin ini akan mengulas 60 ide usaha nyata dan terbukti menghasilkan uang. 

Di dalam buku ini, penulis ingin mengajak para pembaca yang belum mempunyai pekerjaan mempunyai semangat untuk berwirausaha. Bagi yang telah mempunyai pekerjaan bisa menambah penghasilan dengan berwirausaha. Buku ini ditulis hasil dari Ngeblog  penulis di www.for-mass.blogspot.com  selama tiga tahun. Dimaksudkan pula buku ini sebagai bahan bacaan atau referensi siapa saja yang akan berwirausaha untuk menambah atau meningkatkan penghasilan.

Didalam buku ini ditulis berbagai macam usaha yang terbukti telah mendatangkan penghasilan bagi pelakunya. Puluhan peluang usaha yang bisa dipilih sebagai alternatif untuk menentukan sebuah profesi atau pekerjaan. Dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan, jasa, peternakan dan juga perdagangan.

Detail Buku :

PengarangH. Fatkul Muin
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuMotivasi
ISBN978-602-280-848-0

Beli di : Buku Yuk Kita Berwirausaha: 60 Usaha Nyata Dan Terbukti Menghasilkan Uang

10. Buku Kewirausahaan: Untuk Mahasiswa Dan UMKM

Buku Kewirausahaan

Rekomendasi Buku Kewirausahaan: Untuk Mahasiswa dan UMKM ini juga patut kamu baca sebagai referensi memulai usaha saat kuliah.

Buku Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ditulis selama 3 tahun, ditulis berdasarkan pengalaman penulis saat menyusun disertasi dan penelitian-penelitian yang dibiayai dikti maupun penelitian yang dibiayai STIE St.Pignatelli.

Penulisan ini tidak lepas dari pengalaman penulis dalam melaksanakan program pembelajaran dalam mata kuliah Kewirausahaan, Akuntansi Manajemen dan Manajemen resiko.

Buku ini ditulis merupakan kepedulian penulis pada Mahasiswa, UMKM yang ingin mengembangkan usaha yang menekankan pada UMKM dan perkembangan global.

Harapan penulis buku ini dapat memenuhi kebutuhan Mahasiswa yang ingin mengembangkan Kewirausahaan dan UMKM yang ingin mengembangkan usahanya.

Penyajian buku ini dengan sengaja ditulis berbeda dengan buku buku lainnya. Perbedaannya terletak sumber dan materinya, Sumber buku ini yaitu journal yang relevan dan mutakhir. Materi buku ini penulisan bab-babnya disesuaikan dengan perkembangan ekonomi global.

Detail buku :

PengarangDarmanto
InstitusiSTIE St. Pignatelli Surakarta
KategoriBuku Ajar
Bidang IlmuEkonomi

Beli di : Buku Kewirausahaan: Untuk Mahasiswa Dan UMKM

Tidak menemukan buku yang kamu cari? Coba lihat buku yang lain dalam kategori : BUKU KEWIRAUSAHAAN.

Itulah beberapa rekomendasi buku kewirausahaan yang bisa kamu baca. Semoga dari beberapa saran tersebut semakin memantapkan kamu untuk menjalankan usaha bisnis kamu lebih percaya diri dan lebih laris manis. Tentu saja, kan sudah tahu cara dan triknya bagaimana.

Manfaat Membaca Buku Kewirausahaan

Sebelum membahas referensi buku kewirausahaan, ketahui dulu manfaat apa yang kamu dapatkan jika membaca buku bisnis. 

1. Meningkatkan Konsentrasi

Jika kamu seorang yang pelupa, entah itu lupa nama tempat, lupa nama ataupun alamat. Hal ini terjadi karena adanya konsentrasi yang menurun, kamu tentu dapat memperbaiki hal ini dengan cara membaca buku. Tentu saja kamu tidak ingin ketika memulai bisnis Anda sebagai seorang pengusaha lalu kamu mudah lupa akan suatu hal. 

Nah, kamu dapat melatihnya dengan cara membaca buku, buku apapun itu dan mungkin kamu dapat memulainya dengan membaca sebuah buku bisnis yang berkaitan dengan bisnis yang sedang kamu tekuni.

2. Bahan Motivasi

Keuntungan lain dari membaca sebuah referensi buku kewirausahaan adalah sebuah relaksasi. Mengapa relaksasi? Hal ini dikarenakan, membaca sebuah buku bisnis di waktu senggang akan membuat Anda lebih menyerap kata-kata  dari buku tersebut dan justru akan membuat kamu merasa tenang oleh isi-isi bukunya yang biasanya menceritakan biografi seorang pengusaha terkenal ataupun cara menjadi seorang pengusaha yang baik.

Inti dari membaca adalah meningkatkan kemampuan berpikir tidak hanya dari menghafal namun juga memahami sebuah masalah. Pastinya hal ini sangat penting bagi kamu yang akan memulai sebuah usaha.

Terutama daya pikir dalam memecahkan kasus ataupun masalah. Dengan membaca referensi buku kewirausahaan, masalah bisnis yang mungkin belum pernah kamu hadapi dapat terbantu dengan pengalaman orang lain yang sudah pernah mengalaminya. 

3. Memperluas Wawasan

Memperluas wawasan tentu saja banyak caranya. Kamu dapat mengikuti sebuah ceramah atau seminar. Namun tetap saja kamu perlu untuk menambah wawasan dengan membaca. Karena seperti yang kalian semua pahami dari kecil bahwa buku merupakan jendela dunia.

Itulah tadi 3 manfaat dari pentingnya membaca referensi buku kewirausahaan untuk kamu yang tertarik menjadi seorang pengusaha muda. 

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang