VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

6 Rekomendasi Buku Hukum Terbaik

rekomendasi buku hukum
toko buku kuliah

6 Rekomendasi Buku Hukum Terbaik – Indonesia sebagai negara hukum, wajar jika buku hukum banyak dicari. Hal ini didukung karena setiap perguruan tinggi membuka jurusan hukum. Mengingat banyak sekali perguruan tinggi dan banyak pula mahasiswa yang mengambil jurusan hukum, tidak heran jika buku-buku hukum selalu dicari setiap tahunnya.

Sebagai Negara hukum, sayangnya semakin banyak kasus yang perlu dikaji. Nah, barangkali kamu salah satu yang ingin berkecimpung di dunia hukum, dan kamu yang sedang membaca artikel ini, sedang mencari buku hukum. Berikut saya rekomendasi buku hukum yang menarik. Langsung saja, berikut ulasannya.

Rekomendasi Buku Hukum Untuk Pegangan Kuliah

1. Buku Hukum Perdata

Buku Ajar Hukum Perdata

Rekomendasi buku hukum yang pertama adalah hukum perdata. Memang ada banyak sekali cabang ilmu, itu sebabnya ada banyak sekali buku hukum yang bermacam-macam. Salah satunya adalah buku ajar Hukum Perdata. Buku karya Ronald Saija dan Roger F.X.V. Letsoin menuliskan bahwa hukum perdata adalah hukum yang mengatur hubungan antara perorangan di dalam masyarakat.

Buku ini menarik, karena di sana kita akan belajar detail tentang hukum perdata. Misalnya, mempelajari tentang hukum privat materiil. Ada yang belum pernah dengar istilah ini? Jadi hukum privat materiil adalah hukum yang memuat peraturan hubungan antara perseorangan dengan masyarakat dan kepentingan dari masing-masing orang yang bersangkutan.

Di sini kita akan dikenalkan sejarah hukum perdata yang ternyata diawali dari sejarah hukum perdata yang ada di Eropa sana. Seperti apa sejarahnya? Tentu saja hanya bisa kamu ulik ketika membaca bukunya secara langsung.

Sebagai buku ajar, buku setebal 174 halaman ditulis dan dikemas sesuai standar kurikulum buku hukum di perguruan tinggi. Karena konteks buku ini buku ajar, maka setiap babnya akan menjelaskan lebih lengkap. Nah, apa saja sih isi dari bab-bab tersebut? Diantarannya mengulas tentang hukum perkawinan, mengupas pula hukum tentang hukum benda dan hukum jaminan.

Memang ada banyak sekali permasalahan perdata dalam kehidupan sehari-hari masyarakat kita. Salah satunya masalah soal warisan, nah di buku hukum ini juga akan mengulas hukum waris, hukum perikatan sampai menggulas transaksi e-commerce yang sekarang sering kita temukan.

Detail buku >>

PengarangRonald Saija dan Roger F.X.V. Letsoin
ISBN978-602-280-473-4
HargaRp 74.000

Beli Buku Hukum Perdata

2. Buku Hukum Perdata Internasional

Buku Ajar Hukum Perdata

Jika di paragraf atas mengulas buku hukum perdata, maka rekomendasi buku hukum yang kedua adalah buku perdata Internasional. Jadi Ronald Saija mengemas buku ini lebih mudah dipahami. Sebelum mengupas buku ini, kita sebentar menoleh ke belakang, bahwa dahulu Indonesia sebagai negara terjajah hingga 350 tahun lebih lamannya.

Tidak hanya belanda yang menjajah, tetapi Jepang pun pernah masuk melawan Indonesia. Dimana kedatangan mereka tentunya mereka memiliki hukum adat dari negara asal. Nah, di di dalam buku hukum satu ini mengulas hukum perdata yang seharusnya itu bagaimana? Tentu saja kamu penasaran bukan? Jika penasaran, langsung saja simak ulasannya di bukunya.

Buku terbitan Deepublish 2019 ini akan mengulas beberapa poin penting, diantarannya mengulas tentang pengantar hukum perdata internasional itu sendiri seperti apa dan bagaimana. Kamu juga akan belajar tentang sejarah hukum perdata Internasional dari masa awal hingga sekarang. Karena di sini sangat erat kaitannya dengan sejrah, kamu pun akan diajak mempelajari tentang penunjukan kembali (renvoi).

Kita tahu bahwa masalah utama yang sering kali kita temukan adalah terjadi ketidak tertiban di tempat umum, nah di buku ini juga akan mengupas hal tersebut. Sebenarnya ada banyak sekali poin yang akan disampaikan di dalam buku setebal 117 halaman ini. Mengulas tentang penyeludupan hukum, status sosial dan masih banyak lagi tentunya.

Detail Buku : 

PengarangRonald Saija
ISBN978-623-209-158-0
HargaRp 64.500
Tahun Terbit 2019

Beli Buku Hukum Perdata Internasional

3. Buku Hukum Perlindungan Konsumen

Buku Ajar Hukum

Dalam menjalankan bisnis jual beli, pasti kita akan menemukan banyak kasus. Salah satunya kasus ketidakadilan yang dirasakan oleh konsumen. Atau kamu termasuk mahasiswa hukum yang ada mata kuliah ini. Maka buku hukum tentang perlindungan konsumen ini menjadi salah satu rekomendasi buku hukum untuk menyikapi kasus-kasus tersebut. Abdul Atsar dan Rani Apriani sengaja mengajak kamu untuk mengenal lebih dekat permasalahan yang terjadi di industri dan gerak modal yang ternyata memiliki permasalahan yang kompleks.

Kita tahu bahwa proses industri menjadi faktor persaingan yang hangat bagi pelaku bisnis. Sedangkan para konsumen yang tidak tahu betul proses pembuatan dan semacamnya memiliki jangkauan yang terbatas. Sehingga ketika mekanisme dan transaksi pasar, tidak selalu adil sehingga sering merugikan konsumen. Sedangkan dari pihak pemerintah yang berperan sebagai wasit cenderung kurang perhatian. Oleh sebab itu, buku hukum perlindungan konsumen ini menjadi tujuan akhir bagi para konsumen untuk membantu menyelesaikan masalahnya.

Perkembangan ekonomi dan industrialisasi memang berkembang lebih cepat, sedangkan konsumen menjadi lemah. Oleh sebab itu, konsumen perlu digalang dengan kelembagaan yang kuat. Maka dari itu, produsen diharapkan akan lebih berhati-hati dalam memproduksi barang dan jasanya.

Nah, setidaknya di dalam buku ini kamu akan beljar tentangasas dan tujuan perlindungan konsumen, mengulas pula tentang pelaku usaha dan fungsi serta peran lembaga yang mengatur perundang-undangan untuk melindungi konsumen. Tentu saja, kamu juga akan diajak dan diperkenalkan dengan tema-tema lainnya.

Detail Buku >>

PengarangAbdul Atsar & Rani Apriani
ISBN978-623-209-346-1
HargaRp 91.000
Tahun 2019

Beli bukunya sekarang >> Beli Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen

4. Buku Hukum Tata negara

Buku Hukum Tata

Rekomendasi buku hukum yang selanjutnya adalah hukum tata negara. Hukum tata negara merupakan salah satu bentuk hukum yang sangat populer dikalangan mahasiswa hukum, hukum tata negara didefinisikan sebagai hubungan antara berbagai lembaga dalam suatu negara yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Dengan membaca buku hukum tata negara yang satu ini, Anda akan paham tentang konsep dasar hukum tata negara, hubungannya dengan ilmu negara, ilmu politik, lembaga-lembaga negara dalam UUD 1945 serta segala hal tentang hukum tata negara.

Tidak cukup sampai disitu, kamu juga akan dituntun agar mampu untuk menganalisis dinamika ketatanegaraan Republik Indonesia dari masa ke masa.

Detail Buku >>

PengarangMaemunah
ISBN978-623-7022-36-7
HargaRp.87.500
Tahun Terbit 2018

Beli bukunya sekarang >> Beli Buku Hukum Tata Negara

5. Buku Hukum Pengungsi Internasional

Buku Ajar Pengantar Hukum

Tidak dapat dipungkiri bahwa bencana alam datang tanpa permisi, pergi tanpa pamit. Sudah begitu, korban yang ditimbulkan selalu bergelimpungan. Rumah pun luluh lantak sehingga memaksa mereka untuk melakukan pengungsian. Akan beda kasus lagi jika yang terjadi adalah pengungsian internasional. Nah, menyikapi pengungsi internasional, buku Iin Karita Sakharina dan Kadarudin ini bisa kamu baca dan kamu dapatkan.

Konteks pengungsian dalam buku ini memang tidak hanya untuk pengungsian korban bencana alam, tetapi lebih secara keseluruhan. Jadi, buku ini lebih menyoroti pada definisi hukum pengungsi Internasional, dan mempelajari istilah dalam hukum pengungsi Internasional, suaka dan pencari suaaka. Setidaknya di sini akan mengenal mekanisme perlindungan Internasional terhadap pengungsi, sumber hukum pengungsi internasional dan masih banyak lagi.

Buku setebal 313 halaman menjelaskan bahwa pengungsi internasional merupakan turunan dari hukum internasional sebagai objek kajian baru. Namun, sebagian pakar yang lain juga mengatakan bahwa hukum pengungsian Internasional merupakan turunan dari kajian Hukum Humaniter atau hak asasi manusia internasional. Buku ini juga akan mengulas tentang konvensi yang terkait hak asasi manusia yang berlaku universal dan regional serta mempelajari prinsip-prinsip perlindungan bagi pengungsi dalam negeri. Nah, buat kamu nih yang tertarik ingin membaca lebih tuntas, bisa pesan langsung di Toko Buku Hukum Deepublish.

Detail Buku >>

PengarangIin Karita Sakharina dan Kadarudin
ISBN978-602-401-857-3
HargaRp 139.000
Tahun Terbit 2017

Beli bukunya sekarang >> Buku Hukum Pengungsi Internasional

6. Buku Ajar Hukum Adat

Buku Ajar Hukum Adat

Indonesia sebagai negara kepulauan. Terdiri dari berbagai etnis. Otomatis, semakin beragam pula adat dan budaya yang dimiliki setiap daerah. Sampai-sampai setiap daerah memiliki hukum adat sendiri, yang sifatnya tidak berlaku untuk hukum pemerintahan. Salah satunya adalah hukum adat tentang aturan pertanahan di Yogyakarta. Dimana pemerintah pusat pun tidak bisa ikut campur terkait hukum adat pembagian tanah.

Memang karya Rosdalina tidak fokus pada hukum adat di Indonesia, tetapi lebih fokus terhadap hukum adat di Manado. Penulis menggunakan pendekatan interdisipliner yang digunakan untuk memecahkan persoalan yang timbul di masyarakat. Maka, di sini pun juga akan membicarakan sistem. Sistem dapat disebutkan sebagai suatu keselurhan terangkai yang mencakup unsur-unsur, bagian-bagian konsistensi dan konsepsi. Sedangkan hukum adat itu sendiri terjadi melalui banyak pendekatan, lewat banyak pendekatan tentunya.

Sebagai negara yang beragam dan majemuk, hukum adat akan mengarahkan kita untuk mempelajari tentang antropologi, interaksi sosial. Nah, terkait pembahasan yang akan kita pelajari, adalah mengupas tentang sistem sosial dan kekebaraban. Kita juga akan belajar sejarah hukum adat, yang melatarbelakangi dan memberikan nalar kenapa hukum adat itu muncul dan menjadi aturan warga setempat.

Adapun di sana juga akan diulas tentang tata susunan masayarakt, sistem hukum adat dan masih banyak lagi tentunya. Kamu bisa dapatkan bukunya dengan harga 83.000.

Detail Buku >>

PengarangRosdalina
ISBN978-602-453-516-2
HargaRp 83000
 Tahun Terbit2017

Beli bukunya sekarang >> Beli Buku Ajar Hukum Adat

Kesimpulan :

Itulah 6 rekomendasi buku hukum yang barangkali kamu butuhkan. Buat kamu yang ingin mencari tahu daftar buku hukum yang lainnya, kamu bisa kunjungi website kami dalam kategori buku hukum. Di sini masih ada banyak ulasan lain terkait buku hukum.

Kontributor : Irukawa Elisa

beli buku hukum
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang