fbpx
flash sale toko buku deepublish

9 Rekomendasi Buku Hubungan Internasional Yang Wajib Dibaca Mahasiswa

buku hubungan internasional
toko buku kuliah

9 Rekomendasi Buku Hubungan Internasional Yang Wajib Dibaca Mahasiswa – Hubungan internasional termasuk kajian ilmu yang multidisiplin. Artinya banyak menggabungkan disiplin ilmu lain. Tak ayal, mahasiswa Hubungan Internasional (HI) seringkali dituntut untuk mempertajam kemampuan analisis dengan membaca banyak literatur baik dari karya akademisi dalam negeri maupun luar negeri.

Mahasiswa HI tak perlu pusing memikirkan apa saja buku yang harus dibaca. Di bawah ini sudah tersedia 9 rekomendasi buku hubungan internasional yang bisa dijadikan acuan. Selama ini buku-buku ini menjadi asupan wajib mahasiswa HI. Pernah terdapat seloroh yang berbunyi `jangan ngaku anak HI kalau belum baca buku ini` Nah kira-kira apa saja buku-bukunya? 

9 Rekomendasi Buku Hubungan Internasional Yang Wajib Dibaca Mahasiswa

1. Ilmu Hubungan Internasional: Disiplin dan Metodologi (Mochtar Mas`oed)

Buku pertama sekaligus paling familiar di kalangan akademisi HI, karya Mochtar Mas`oed berjudul Ilmu Hubungan Internasional: Disiplin dan Metodologi. Buku ini literatur penting untuk mahasiswa HI karena memberikan pemahaman dasar tentang ilmu hubungan internasional.

Mochar Mas`oed sendiri dikenal sebagai sosok yang memberikan kontribusi besar dalam perkembangan kajian Ilmu Hubungan Internasional di Indonesia. Sebelum memasuki masa pensiun, ia aktif mengajar di Universitas Gadjah Mada.

Buku Ilmu Hubungan Internasional: Disiplin dan Metodologi ini cukup mudah dipahami isinya karena ditulis dalam Bahasa Indonesia. Kebanyakan literatur bertema hubungan internasional berbahasa Inggris dan ditulis oleh akademisi dari luar negeri. Faktor ini menjadi tantangan sekaligus hambatan tersendiri untuk mahasiswa HI di Indonesia.

2. Pengantar Ilmu Hubungan Internasional (Robert Jackson dan Georg Sorensen)

buku hubungan internasional
Source : https://pustakapelajar.co.id/

Buku kedua ini masih menjabarkan tentang dasar-dasar ilmu hubungan internasional. Buku Pengantar Ilmu Hubungan Internasional ini merupakan terjemahan dari karya asli Robert Jackson dan George Sorensen yang berjudul Introduction International Relations

Buku terjemahan ini cukup populer dan menjadi andalan mahasiswa HI dalam mempelajari ilmu hubungan internasional secara mendasar. Melalui buku ini, mahasiswa HI akan mengenal teori-teori dasar dalam hubungan internasional seperti realisme, marxisme, liberalisme, dan lainnya.

Selain buku Mochtar Mas`oed, buku Robert Jackson ini sering menjadi sumber bacaan untuk mahasiswa HI. Terbit pada tahun 1999 oleh Oxford University Press, buku ini bisa didapatkan dengan mudah oleh mahasiswa HI di Indonesia di toko buku online maupun offline.

3. Politik Antar Bangsa (Hans J. Morgenthau)

buku politik antar bangsa
Source : http://sibukmainbuku.blogspot.com/

Hans J. Morgentau adalah pemikir terkemuka Ilmu Sosial dan Politik. Karyanya yang dikenal adalah Politik Antar Bangsa atau Politic Among Nations, The Struggle for Power and Peace. Buku ini tersedia dalam bentuk terjemahan yang terbitkan oleh Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Buku ini direkomendasikan untuk mahasiswa HI sebagai bacaan wajib karena menjelaskan tentang politik internasional secara detail. Jika membaca buku ini maka mahasiswa HI dapat memahami apa yang dimaksud dengan politik dan bagaimana politik dalam ranah nasional maupun internasional. Mahasiswa HI dapat mempelajari tentang dinamika politik. Sehingga meningkatkan kemampuan analisisnya terhadap setiap peristiwa politik internasional.

4. International Organizations (Clive Archer)

buku international organizational
Source : books.google.com

Buku selanjutnya adalah tulisan Clive Archer. Buku ini menerangkan tentang organisasi internasional. Dalam hubungan internasional, organisasi internasional berperan sebagai aktor politik. Yang mana setiap keputusannya mempegarahi politik internasional. Sehingga pembahasan mengenai oganisasi internasional ini menjadi penting.

Apabila buku-buku sebelumnya lebih didasari oleh pemikiran realisme, buku Clive Archer ini menganut pemikiran strukturalisme. 

Buku ini dapat menambah wawasan mahasiswa HI sekaligus memperkaya sudut pandangnya. Hal ini menjadi nilai plus untuk mahasiswa HI karena pandangannya dalam melihat suatu permasalahan tidak lagi berorientasi negara/pemerintah tapi organisasi internasional seperti Non-Governmental Organization atau Lembaga Swadaya Masyarakat. Tentunya, ini akan semakin menarik. Untuk itu, buku ini direkomendasikan kepada mahasiswa HI.

5. Man, the State, and War: A Theoretical Analysis (Kenneth N. Waltz)

Rekomendasi selanjutnya, karya dari Kenneth N. Waltz. Nama  Waltz bisa dikatakan sering terdengar di telinga akademisi HI. Pemikiran-pemikiran Waltz berpengaruh besar terhadap kajian Hubungan Internasional. Dalam bukunya yang berjudul Man, the State, and War: A Theoretical Analysis, ia berhasil menuangkan gagasan tentang level analisis untuk menjelaskan konflik internasional.

Mahasiswa HI akan mendapatkan pengetahuan tentang tingkatan dalam proses analisis suatu kejadian atau peristiwa internasional saat membaca buku ini. Sayangnya, buku yang terbit pada tahun 1959 ini hanya tersedia versi Bahasa Inggris. Tapi tak apa, membaca buku berbahasa Inggris cukup menguntungkan karena dapat melatih kemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris.

6. Art of War (Tsun Tzu)

Buku ini merupakan karya penulis Asia yang berpengaruh dalam bidang Ilmu Politik maupun Ilmu Hubungan Internasional. Tak sedikit akademisi Ilmu Sosial dan Politik membaca buku ini untuk memahami strategi perang dan militer.

Mahasiswa HI harus membaca buku ini karena memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan karya penulis Barat. Buku ini memberikan kontribusi dalam studi strategi. Di sisi lain, memberikan banyak perspektif baru yang berbeda dari pemikiran Barat tentang perang dan militer. Buku ini memaparkan bagaimana perang tidak hanya tentang militer namun terdapat proses diplomasi, negosiasi, dan lobbying. Bagaimana, menarik bukan?

7. The Political Economy of International Relations (Robert Gilpin)

The Political Economy of International Relations
Source : goodreads.com

Ekonomi-politik merupakan dua hal yang tak bisa lepas dari pembahasan dalam dinamika hubungan internasional. Seringnya, semua peristiwa internasional dilandasi oleh faktor ekonomi-politik. Oleh sebab itu buku ini hadir. Karya Robert Gilpin ini menjadi buku dengan pembahasan ekonomi-politik yang disukai mahasiswa HI.

Sebagai mahasiswa HI, buku ini adalah makanan wajib. Apalagi mahasiswa HI yang mengambil konsentrasi politik dan ekonomi global. Buku ini harus masuk ke dalam daftar buku yang harus dibaca.

8. The Globalization of World Politics: An Introduction to International Relations (John Baylis dan Steve Smith)

Kali ini, buku hubungan internasional yang harus dibaca mahasiswa HI adalah buku dengan isu-isu baru. Usai Perang Dingin, bermunculan isu baru salah satunya globalisasi. Hingga sekarang topik ini masih relevan. Bahkan semakin banyak akademisi yang mendalami isu ini.

Mahasiswa HI harus belajar tentang globalisasi. Karya John Baylis dan Steve Smith berjudul The Globalization of World Politics: An Introduction to International Relations ini bisa menjadi rujukan. Buku ini menjelaskan pengaruh globalisasi dalam sistem internasional dan bagaimana globalisasi mengubah perilaku aktor-aktor internasional dalam mengambil keputusan.

9. Gendering World Politics: Issues and Approaches in the Post-Cold War Era (J. Ann Tickner)

Terakhir, buku yang menjelaskan isu gender dalam hubungan internasional. Isu ini tergolong kontemporer dan anti-mainstream. Isu gender memang menjadi bagian dalam sejarah perkembangan bidang Ilmu Hubungan Internasional. Maka tak mengherankan, terdapat mata kuliah tentang gender di dalamnya.  

Nah, saat mempelajari tentang gender maka mahasiswa HI tidak boleh melewatkan buku satu ini. Gendering World Politics: Issues and Approaches in the Post-Cold War Era karya J. Ann Tickner yang terbit tahun 2001 silam. Buku ini menjelaskan bagaimana isu gender sebagai isu baru dalam hubungan internasional setelah Perang Dingin selesai.

Buku Hubungan Internasional Terbitan Penerbit Deepublish Terbaik

Selain buku-buku di atas, Kamu dapat mendapatkan buku bertema hubungan internasional di Deepublish, merupakan toko buku pendidikan dengan pilihan buku terlengkap.

1. Buku Diskursus Soal Islam, Politik, dan Hubungan Internasional

Buku Diskursus

2. Buku Place Branding Dalam Hubungan Internasional

Buku Place Branding

3. Buku Pedoman Penulisan Skripsi Hubungan Internasional

Buku Pedoman Penulisan Skripsi

4. Buku Perdagangan Dan Bisnis Internasional: Teori Dan Analisis Empiris

Perdagangan dan Bisnis

Jadi dari 9 buku yang direkomendasikan di atas, manakah yang sudah kalian baca?

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang