fbpx
flash sale toko buku deepublish

6 Rekomendasi Buku Geografi Yang Wajib Dimiliki

rekomendasi buku geografi
toko buku kuliah

Sedang mencari rekomendasi buku geografi untuk koleksi buku kamu? Tentang, hari gini masih dipusingkan dengan hal-hal beginian?

Pada kesempatan kali ini, ada beberapa rekomendasi buku yang siapa tahu cocok dan sesuai dengan keinginan kamu nih. Penasaran buku-buku apa saja? Langsung saja simak ulasan berikut. 

6 Rekomendasi Buku Geografi Yang Wajib Dimiliki

1. Buku Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi Sig Pariwisata

Buku Sistem Informasi Geografi

Rekomendasi buku geografi yang pertama adalah buku karya Joni Karman. Buku setebal 163 halaman ini merupakan buku yang lebih banyak fokus pada sistem informasi geografis berbasis android. Cocok banget buat kamu yang mengambil teknologi informasi. Di sini kamu akan mempelajari tentang android sebagai sistem operasi perangkat mobile seperti middleware, aplikasi dan sistem operasi. 

Apa saja akan akan dipelajari di buku terbitan Deepublish kali ini, yaitu akan mempelajari tentang cupcake (1,5) eclair (2.0-2.1), Donut 1.6), Honeycomb (3.0-3.2.6) dan masih banyak lagi.

Kelebihan buku ini pembahasannya lengkap. Setidaknya disini kamu juga akan mempelajari tentang cara menjalankan kode pemrograman android hingga menjadi sebuah aplikasi yang mutakhir seperti sekarang. dari segi kemasan dan bahasa yang disampaikan pun juga lebih enak, mudah dipahami. 

2. Buku Strategi Belajar dan Mengajar Geografi

Buku Strategi Belajar

Berbeda dengan buku satu ini, jadi buku ini lebih cocok dibaca oleh tenaga pengajar cabang ilmu geografi. Karena perspektif yang dibagikan dari segi seorang guru atau pengajar.

Buku ini pun juga lebih cocok buat kamu calon guru geografi. Adapun poin yang akan dibahas di buku ini, yaitu mempelajari tentan belajar mengajar dan mendalami strategi belajar itu sendiri. 

Akan dibahas pula di bab lain tentang strategi belajar mengajar dan media sumber belajar dan media pembelajaran yang memudahkan dan lebih mengena. Karena dalam menjalankan dunia pendidikan pengajaran ada banyak permasalahan, maka dibutuhkan pendekatan mengajar untuk meminimalisir faktor risiko tersebut.

Kembali membicarakan strategi, tahukah kamu jika strategi mengajar ada empat cara yang bisa dilakukan oleh, diantaranya adalah melakukan identifikasi, memilih sistem pendekatan dan menetapkan norma yang akan diterapkan. Ulasan lebih lengkapnya, kamu bisa membaca buku rekomendasi ini. 

3. Buku Kajian Kurikulum dan Buku Teks Geografi (Kubotek Geografi)

Buku Kajian Kurikulum

Rekomendasi buku geografi khusus para tenaga guru. Buku ini akan membongkar tentang konsep dasar kurikulum dan akan diberitahu bagaimana cara mengembangkan kurikulum.

Tahukah kamu jika istilah kurikulum mulai santer di dengar dengan istilah Leer Plan yang berasal dari bahasa belanda yang berarti rencana pelajaran. Kemudian diterjemahkan dalam bahasa inggris dengan nama curriculum. Jadi dari pendidikan Belanda akhirnya diubah ke kepentingan nasional. 

mengacu pada pendidikan nasional, maka juga akan membahas tentang apa itu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau yang lebih akrab disapa dengan KTSP. Tentu saja KTSP ini ada poin-poin dasar dan penting yang wajib dikuasai oleh semua tenaga pendidik, seperti apa? Kamu bisa melihat langsung pembahasannya di buku terbitan Deepublish. Di bab Empat, akan dipaparkan pula tentang buku teks dan penyusunan buku teks itu bagaimana dan seperti apa. 

kelebihan buku ini sangat disajikan dalam bentuk lengkap. Sehingga pembaca akan menikmati setiap pembahasan yang dituliskan oleh penulis. Tentunya, jadi melek tentang Kubotek Geografi yang baik dan tepat. 

4. Buku Sistem Informasi Geografi dan Penginderaan Jauh

Buku Sistem Informasi Geografi

Barangkali kamu sekarang fokus pada studi kasus analisis keruangan menggunakan ArcGIS dan envi? Jika iya, buku satu inilah jawabannya. Memang menarik mempelajari sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, apalagi jika melihat wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan. Sebagai negara kepulauan, tentu saja memiliki masalah keruangan yang memerlukan cara khusus untuk menyikapinya. 

Maka dari itu, buku ini pun juga akan membahas dan menganalisis spasial dengan macam teknik yang tersedia dalam geografi. Misalnya akan mengulas cara menganalisis ruang advance, dengan sistem informasi Geografi (SIG) dan penginderaan jauh (Inderaja). 

Kelebihan buku ini adalah memberikan studi kasus yang cukup banyak, sehingga memberikan kemudahan pembaca untuk belajar secara langsung dan memahami betul tentang tema ini. Dari segi bahasa pun juga sangat renyah, enak dibaca dan mudah dipahami. Sangat rekomendasi deh pokoknya.

5. Buku Dasar Sistem Informasi Geografi dan Aplikasi

Buku Dasar Sistem Informasi

Rekomendasi buku geografi yang tidak kalah penting kamu baca adalah buku dasar sistem informasi geografi dan aplikasinya. Buku ini dibagi menjadi beberapa beb. Secara garis besar, buku ini pun mengulas tentang sistem informasi geografi menjadi dua sistem. Yaitu sistem manual (analog) dan sistem otomatis yang berbasis digital komputer. Tentu saja perbedaan dari keduanya dari segi pengelolaannya. 

Tahukah kamu jika ilmu geografi tidak banyak orang yang memahami, bahwasanya cabang ilmu geografi ini sangat berkontribusi terhadap banyak bidang, yang paling banyak dan besar dibidang teknologi pemetaan.

Nama geografi itu sendiri diambil dari kata dasar “geo” yang berarti hubungan dengan bumi. sedangkan kata ‘grafi” mengartikan proses penulisan. Jika dua suku kata tersebut disatukan menjadi kata geografi yang diartikan sebagai penulisan tentang bumi. 

Memang kata geografi itu sendiri bisa difokuskan pada ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan tanah, tetapi sekarang bisa lebih luas lagi. Dan kita tahu sekarang geografi pun juga dapat kembangkan sedemikian rupa dan bisa diakses lewat smartphone yang kita punya. 

Buku ini sangat direkomendasikan, karena di sini kamu juga akan belajar tentan sistem informasi geografi yang sekarang sudah semakin canggih dan maju. buku setebal 177 halaman ini pun bisa kamu dapatkan hanya dengan 76.000 saja loh.

6. Buku Geografi Lingkungan

Buku Ajar Geografi Lingkungan Berbasis Konstruktivis

Rekomendasi buku geografi yang terakhir adalah buku ajar berbasis konstruktivis. Buku ini ada sembilan bab. Secara garis besar, buku ini akan fokus mempelajari dan memahami konsep geografi lingkungan, permasalahan lingkungan dan mempelajari tentan ekologi dan lingkungan itu sendiri. 

Buku setebal 115 halaman ini juga akan menguraikan tentang hakikat homolog, mempelajari ekologi itu sendiri yang tidak hanya melingkupi dunia manusia dan hewan, tetapi juga tumbuh-tumbuhan. Di bab lain, kamu pun juga akan diajak menganalisis fenomena permukaan bumi membentuk lingkungan hidup dan mempengaruhi lingkungan. 

Kompetensi dasar yang akan ditekankan dari buku ini akan mendefinisikan lingkungan fisik, sosial dan biologi. termasuk pula akan mengidentifikasi faktor yang menyebabkan timbulnya perubahan lingkungan. Tidak kalah seru, buku ini pun juga akan membongkar faktor-faktor penyebab terjadinya bencana teknologi yang mampu memberikan dampak terhadap lingkungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan.

Itulah rekomendasi buku geografi yang bisa kamu jadikan teman membaca di rumah. Buat kamu yang tertarik, kamu bisa dapatkan bukunya di Toko Buku Online Deepublish, disana juga ada promo setiap bulannya loh.

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang