fbpx
flash sale toko buku deepublish

7 Rekomendasi Buku Farmasi Untuk Mahasiswa

rekomendasi buku farmasi
toko buku kuliah

7 Rekomendasi Buku Farmasi Untuk Mahasiswa – Malas datang ke toko buku hanya membeli buku farmasi? Tenang, sekarang sudah tidak jamannya buang-buang waktu selama di perjalanan. Kini kamu bisa mendapatkan buku farmasi cukup hanya duduk manis sambil bersantai-santai. 

Nah, berikut beberapa rekomendasi buku farmasi yang bisa kamu jadikan sebagai buku pegangan kuliah kamu. Penasaran apa saja? Berikut spoilernya. 

7 Rekomendasi Buku Farmasi Untuk Mahasiswa

1. Farmasi Rumah Sakit 

Buku Farmasi Rumah Sakit

Rekomendasi buku farmasi berjudul farmasi rumah sakit berisi literatur yang diambil dari berbagai sumber terpercaya. Mulai dari artikel ilmiah dan buku terpercaya. Buku ini diperuntukan untuk mahasiswa yang mengambil farmasi dalam menjalankan tugas. Dimana isi buku ini akan mengulas semua hal tentang dunia farmasi rumah sakit dan pasien dalam melakukan pelayanan. 

Buku karya Setya Enti Rikomah salah satu buku farmasi yang tidak hanya menjelaskan tentang seputar rumah sakit. Tetapi juga akan mengulas tentang organisasi rumah sakit, tipe rumah sakit, klasifikasi rumah sakit dan instalasi farmasi rumah sakit. Sesuai dengan inti sebagai buku farmasi, tidak lupa akan dibahas pula tentang pengelolaan obat di rumah sakit serta central sterilisasi supply department. 

Sedikit menyinggung tentang rumah sakit, ternyata rumah sakit berdasarkan Undang-undang Tahun 20009 dan Peraturan Menteri Kesehatan tahun 2010 rumah sakit sebagai organisasi badan usaha di bidang kesehatan. DImana rumah sakit tersebut memiliki tanggung jawab dalam mensejahterakan masyarakat secara penuh. Nah, ada tiga tingkat pelayanan kesehatan yang umum dikenal oleh masyarakat. Yaitu klinik, puskesmas dan barulah masuk ke tingkat yang lebih lanjut, yaitu rumah sakit.

Rekomendasi buku farmasi setebal setebal 240 halaman ini wajib kamu miliki. Karena buku ini termasuk buku ajar yang tentunya dari segi isi sudah distandarisasi sesuai dengan kurikulum yang sudah ada. 

2. Farmasi Bahari

Buku Farmasi Bahari

Rekomendasi buku farmasi bahari karya Prof. Dr. Moelyono MW tidak sekedar mengulas potensi dan kekayaan bahari yang dimiliki Indonesia. Ternyata kekayaan bahari yang Indonesia miliki, dapat dimanfaatkan untuk sebagai sumber pembuatan obat. Jadi tidak hanya dijadikan sebagai bahan makanan dan kosmetik saja, tetapi kandungan yang dimiliki pun juga sangat baik untuk pembuatan obat. 

Salah satunya potensi makro dan mikro pada alga, mangrove dan tumbuhan pesisir. Tentu saja di buku ini nanti akan dijelaskan jenisnya apa saja dan bagaimana. Belum lagi dari hasil ikan yang juga baik untuk bahan obat juga. Sayangnya, buku ini bukan buku ajar, sehingga sifat buku ini hanya mengulas secara umum saja. Jadi masih perlu buku lain untuk mendalami lebih lanjut tentang dunia farmasi bahari. 

Meskipun demikian, buku ini tetap akan ilmu pengetahuan baru. Setidaknya di buku ini akan disentil potensi laut sebagai bahan obat. Mengingat selama ini bahari masih didominasi untuk konsumsi. Padahal masih banyak potensi yang bisa dimanfaatkan lebih optimal lagi.

3. Buku Farmasi Klinik 

buku farmasi klinik

Buat yang mencari buku ajar tentang farmasi klinik. Maka rekomendasi buku farmasi karya Setya Enti Rikomah adalah jawabannya. Buku setebal 241 halaman tidak hanya menjelaskan tentang pelayanan kegiatan farmasi oleh tenaga farmasi dan tujuannya saja. Tetapi bagaimana cara meningkatkan kualitas hidup pasien yang sakit agar lebih baik lagi dan kembali sehat seperti sebelumnya. 

Buku ini sangat mengedukatif, terutama bagi farmasis dalam meningkatkan pengetahuan dan bisa mengaplikasikan kegiatan pelayanan kefarmasian secara klinik. Buku ini juga cocok dibaca oleh apoteker, pekerja di puskesmas dan klinik serta yang bekerja di rumah sakit. Di dalam buku sangat penting sekali seorang farmasis dalam memberikan pelayanan kepada pasien. 

Jadi makna farmasi klinik sudah bergeser tidak sekedar pada obat dan obat saja. Tetapi sikap hangat dan kalimat positif dari perawat mampu meningkatkan semangat pasien cepat sembuh. Penting pula seorang farmasi memahami menguasai kerja obat.

Perawat penting sekali meningkatkan kerasionalitasan obat dan meningkatkan keamanan penggunaan obat bagi pasien. Pokoknya buku ini rekomendasi buku farmasi yang wajib kamu baca. Tentu saja dari segi harga lebih terjangkau dibandingkan dengan ulasan buku yang lain.

4. Buku Ajar Diploma III Farmasi Farmakologi “Nyeri Neuropatik dan Kualitas HIdup” 

Farmasi
BUKU AJAR DIPLOMA III FARMASI, FARMAKOLOGI “NYERI NEUROPATIK DAN KUALITAS HIDUP”

Rekomendasi buku farmasi yang yang cocok buat diploma III adalah karya Nurul Qiyam dan Baiq Leny Nopitasari. Buku berjudul farmasi farmakologi “nyeri Neuropatik dan kualitas hidup” ini tidak hanya sekedar mengulas tentang  nyeri.

Tetapi juga akan menjelaskan dampak dari nyeri satu ini. DImana nyeri neuropatik salah satu nyeri yang sulit untuk diterapkan dan tidak sekedar dapat lakukan pemeriksaan secara fisik saja. 

Buku setebal 49 halaman ini akan menyinggung bahwa penyakit ini memiliki penyerta yang sulit untuk diatasi. Seperti depresi dan kecemasan. Itu sebabnya, buku ini penting sekali perawat memberikan terapi untuk memperbaiki kualitas tidur pasien.

Serta tindakan apa saja yang harus dilakukan oleh perawat kepada pasien yang mengalami gangguan ini. Diperlukan pendekatan untuk memperkirakan efektivitas analgesik untuk terapi nyeri neuropati dengan menggunakan NNT atau number needed to treat. 

Sebenarnya ada banyak sekali poin yang akan kamu pelajari. Selain mempelajari tentang nyeri neuropatik, juga akan dijelaskan epidemiologi nyeri neuropatik dan etiologi nyeri neuropatik.

Termasuk pula akan dipaparkan tentang patofisiologi nyeri, tanda dan gejala nyeri neuropatik dan klasifikasi nyeri. Sebagai pekerja didunia media, maka akan dipaparkan pula tentang kriteria diagnostik, terapi farmakologi dan bagaimana membangun kualitas hidup bagi penderita.

5. Farmasi Komputasi

Buku Ajar Farmasi Komputasi

rekomendasi buku farmasi yang tidak jauh dari dunia komputer adalah farmasi komputasi. Nah, buat kamu yang mencari farmasi komputasi, buku karya Muhammad Arba adalah jawabannya. Jadi buku ini akan menjelaskan konsep dasar desain obat berbentuk komputer atau yang sering disebut dengan Computer aided drug design (CADD).

CADD ini adalah pendekatan dalam penemuan obat sekaligus untuk menghitung sifat -sifat molekul. Termasuk pula untuk melihat hubungan kuantitatif struktur aktivitas (HKSA) dan simulasi penambatan molekul. 

Memang ada banyak bab yang akan dibahas di dalam buku ini. Diantaranya adalah akan mengulas tentang pendekatan desain obat berbentukan komputer alam penemuan oabat dan emmbangun, visualisasi molekul dan optimis. Tidak hanya itu saja, buku ini pun juga akan mengajak kamu belajar lebih lanjut tentang hubungan kuantitatif strukturaktivitas dan pemodelan farmakofor.

Buku setebal 213 halaman ini bisa dikatakan buku yang berat, cocok bagi mahasiswa yang mengambil dunia farmasi. Di sana pun juga akan dijelaskan tentang bagaimana cara menguasai penambatan molekul dan bagaimana simulasi dinamika molekul. Semuanya akan dibahas dan dipaparkan secara lengkap dan gamblang hanya di buku ini.

6. Fisika dasar untuk Teknik dan Farmasi

Buku Ajar Fisika

Rekomendasi buku farmasi yang tidak kalah ketinggalan kamu baca adalah buku karya Islahudin. Buku ini akan mempelajari gejala-gejala dalam ilmu fisika, dimana dari ilmu fisika inilah yang akan ditemukan korelasi dengan dunia farmasi. Penasaran bukan? Kamu bisa membacanya hanya di buku terbitan Deepublish satu ini.

7. Farmasi Swamedikasi

Buku Ajar Diploma

Rekomendasi buku farmasi yang terakhir adalah buku ajar diploma III farmasi Swamedikasi. Buku yang diperuntukan untuk mahasiswa farmasi ini pun akan mempelajari tentang informasi umum obat, demam, maag dan masih banyak lagi. Buku ini ditulis oleh Nurul Qiyaam dan Baiq Leny Novitasari yang dikemas dalam bentuk buku ajar.

Tidak menemukan buku yang Anda butuhkan? Temukan buku lainnya dalam kategori Buku Farmasi.

Semoga dengan rekomendasi buku farmasi di atas dapat memberikan gambaran dan inspirasi ketika memilih buku sebagai pegangan kuliah untuk mahasiswa.(Irukawa Elisa).

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang