fbpx
flash sale toko buku online deepublish

4 Rekomendasi Buku Elektro Untuk Mahasiswa Teknik

rekomendasi buku elektro
toko buku kuliah

Kamu mahasiswa teknik elektro? Beberapa rekomendasi buku elektro ini wajib kamu miliki untuk mendukung kuliahmu. Apa saja bukunya?

Mencari rekomendasi buku elektro mahasiswa di era digital saat ini memang mudah. Kamu cukup ketik di papan layar google, sekali enter langsung keluar banyak sekali variasi dan pilihannya. Nah, dari sekian banyak pencarian yang sudah kamu lakukan, masih belum menemukan buku elektro yang pas?

Tenang, pada kesempatan kali ini ada beberapa rekomendasi buku elektro mahasiswa yang spesial. Kenapa spesial? karena buku-buku yang akan disebut di bawah tidak akan kamu temukan di toko buku offline, hanya kamu dapatkan secara online. Meskipun demikian, jangan khawatir buku tidak berkredibilitas dan illegal. Karena buku ini sudah dijamin terdaftar dan memiliki ISBN, serta di tulis oleh penulis berkompeten dibidang teknik listrik.

Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Teknik Elektro

Penasaran bukan bukan? Rekomendasi buku elektro mahasiswa tersebut apa saja? Berikut adalah pembahasannya :

1. Buku Elektroda Superkapasitor Dari Material Magnetik Pasir Besi

Buku Elektroda Superkapasitor

Rekomendasi buku elektro mahasiswa yang mungkin pas buat kamu adalah karya Ricka Prasdiantika dkk. Buku teknik yang berjudul elektroda superkapasitor dari material magnetik pasir besi ini pas dan cocok kamu miliki. Selain karena harga ramah kantong, dari segi pembahasannya pun juga menguntungkan.

Sesuai dengan judulnya, cakupan materi tidak jauh-jauh dari dunia elektroda. Menurut Hisham (2009) elektronda adalah konduktor arus listrik meninggalkan/memasuki larutan elektrolit pada perangkat listrik. Tahukah kamu jika perangkat listri yang dapat digunakan bisa sel IC elektrolit, tabung elektron (batrai). Di bab inilah kamu akan diperkenalkan tuntas tentang konduktor arus listrik.

Secara garis besar, buku ini akan membahas pemanfaatan material magnetik yang bersumber pada pasir besi alam loh. Untuk memperjalas cakupan materi, tentu saja kamu akan belajar pengantar elektroda superkapisator terlebih dahulu, sebelum masuk ke materi klasifikasi, karakteristik, komponen dan kinerja superkapisator. Setelah semua tuntas, barulah kamu akan belajar tentang pasir besi sebagai material elektroda superkapisator.

Pernah mendengar istilah Nanomaterial Magnetik pasir besi untuk elektroda superkapisator? Jika belum, di bab 4 kamu akan tahu bagaimana cara pembuatan ananomaterial magnetik pasir besi sebagai elektroda superkapasitor pada skala laboratorium. Jadi kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di laboratorium tersebut. Karena di lab, maka kamu pun pastinya juga akan melakukan pengujian material dan akan menemukan hasil pengujian material.

Detail Buku :

Penulis Ricka Prasdiantika, Abdul Rohman, Niyar Candra Agustin
Bidang Ilmu Sain dan Teknologi
ISBN 978-623-02-0385-5
Ukuran 17.5×25 cm
Harga Rp 89.000
Tahun 2019

2. Buku Elektronika Analog

Buku Elektronika Analog
Elektronika analog

Rekomendasi buku elektro mahasiswa yang masih ada aroma elektro adalah mempelajari elektronika analog. Buku karya Rachmad Almi Putra, berjudul elektronika analog ini wajib kamu pelajari. Fenomena keberadaan muatan listrik yang dipertemukan dengan benda lain akan menghasilkan energi yang berbeda. Misalnya muatan listrik yang digosokan ke batang plastik dengan wol, ternyata dapat menimbulkan muatan sejenis. Membicarakan tentang muatan, ada dua muatan loh, yaitu muatan positif dan muatan negatif.

Jika terdapat muatan sejenis dan didekatkan akan menghasikan interaksi toal menolak. Berlaku pula sebaliknya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena medan listrik sebagai medan potensial. Maka dari itu, muatan tertentu tidak bergantung pada jalur geraknya, melainya hanya bergatung pada tempat awal dan akhir gerakannya saja.

Nah, buat kamu yang penasaran ingin mempelajari ilmu ini. kamu akan mempelajari dasar induktor. Selain itu kamu juga akan belajar teori semikonduktor, mempelajari diode, dan transistor. Tidak berhenti disitu saja, di bab sepuluh kamu akan berkenalan pula dengan transformator dan dasar penguat operasional.

Detail Buku :

Pengarang Rachmad Almi Putra
Bidang Ilmu Teknik
ISBN 978-602-453-882-8
Ukuran 14×20 cm
Halaman xii, 160 hlm
Harga 72000
 Tahun  2018

3. Buku Elektronika : Pendekatan Praktis dan Aplikasi

Buku Elektronika

Jika sebelumnya kamu mempelajari tentang elektronik analog. Maka rekomendasi buku elektro mahasiswa yang tidak kalah penting adalah mempelajari elektronika karya Budi Herdiana yang berjuduk Elektronika: Pendekatan praktis dan aplikasi. Setidaknya di bab inilah kamu akan belajar secara praktek, tidak sekedar teori-teori saja. Lantas apa saja yang akan kamu pelajari? Setidaknya di sini kamu akan mempelajari pengetahuan dasar bahan semikondukter yang merupakan bahan dasar untuk menyusun devais dan komponen elektronika.

Jika di bab analog tadi sekedar teori, maka di buku kali ini tidak hanya teori praktis saja, tetapi kamu juga akan belajar aplikasi komponen diode yang paling sering digunakan untuk peangkat elektronik. Setelah itu, barulah kamu akan belajar tentang transistor bipolar atau BJT melalui pendekatan teori praktis. Tentu saja kelebihan buku ini selalu disertai dengan contoh simulasi, sehingga membantu kamu dalam memahaminya.

Kelebihan pembahasan rekomendasi buku elektro mahasiswa ini, diulas secara berkelanjutan. Hal ini tampak dari kesinambungan pembahasan yang dikemas penulis. Jdi setelah mahasiswa belajar tentang transistor bipolar, mahasiswa juga akan diajak mempelajari kelanjutan transistor yang fokusnya ke efek medan (unipolar) sebagaimana karakteristik kerjanya. Terkahir, barulah akan dibahas tentang penguat operasional dalam mempelajari karakteristik kerja dari penguat operasional ideal. Disertai pula penerapan secara umum.

Detail Buku :

Pengarang Budi Herdiana
Bidang Ilmu Sains dan Teknologi
ISBN 978-602-401-483-4
Halaman xiv, 140 hlm
Harga 96.000
Tahun 2017

4. Buku Elektroanalitik Dasar dan Aplikasi

Buku Elektroanalitik

Rekomendasi buku elektro mahasiswa yang barangkali sesuai dengan minat kamu adalah elektroanalitik dasar dan aplikasi. Buku karya Ani Mulyasuryani yang berjudul Elektroanalitik : Dasar dan aplikasi buku yang pas dan tepat. Nah, membicarakan elektroanalitik merupakan metode analisis kimia yang berdasarkan pada reaksi elektrokimia. Elektroanalitik ini sering digunakan sebagai alat sensor atau biosensor secara kimia.

Penasaran poin pokok yang akan kamu pelajari di terbitan Deepublish satu ini apa saja sih? Pertama-tama, sebagai dasar pengenalan, kamu akan belajar konsep dasar dari elektroanalitik itu apa, serta belajar aplikasi yang penulis sampaikan bagiaimana. Nah, di sini pula, kamu juga akan bersinggungan dengan pengukuran kondktansi larutan, yang merupakan teknik klasik elektroanlitik yang secara aplikasinya ditemukan di dalam bahan kimia dan studi biokimia.

Masih seputar konduktansi, kamu juga akan berpapasan dengan pengurusan larutan konduktansi yang tepat. pengukuran konduktansi larutan ini sebenarnya teknik klasik elektroanalitik yang juga menemukan aplikasi diberbagai studi biokimia loh. Misalnya kamu akan tahu konduktansi yang dapat digunakan untuk menilai kemurniah pelarut dan masih banyak lagi deh pokoknya.

Selain dari rekomendasi buku elektro mahasiswa di atas, adapula beberapa rekomendasi buku lain. Seperti buku Isu hukum kesehatan elektronik (mengacu pada peraturan negara-negara Uni eropa) catatan konerensi trianing e-health.

Dimana buku ini juga sangat cocok buat kamu yang ingin mengembangkan wawasan lebih luas lagi. Selain itu, ada pula buku ajar elektronika dasar lanjutan, yang pas dan cocok buat kamu mahasiswa baru. Jadi sebelum mempelajari ilmu lain yang lebih dalam, kamu wajib membaca elektronika dasar terlebih dahulu.

Detail Buku :

Pengarang Budi Herdiana
Bidang Ilmu Sains dan Teknologi
ISBN 978-602-401-483-4
Halaman xiv, 140 hlm
Harga 96.000
Tahun 2017

Tidak hanya berhenti di situ saja, masih banyak rekomendasi buku elektro mahasiswa yang bisa kamu dapatkan di Deepublish. Diantarannya buku mahir dan terampil belajar elektronika untuk pemula, karya Udik Wahyudi dan karya Ratih Listiyarini, yang berjudul Dasar Listrik dan Elektronika.

Jika rekomendasi di atas masih ada yang belum ada yang pas, kamu bisa langsung spoiler di toko buku online Deepublish.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang