Rekomendasi Buku Ekonomi Pembangunan

rekomendasi buku ekonomi pembangunan
toko buku kuliah

Sedang mencari buku ekonomi pembangunan untuk bahan kuliah? Dibawah ini akan kami beri rekomendasi agar Anda memiliki gambaran tentang buku yang sesuai dengan jurusan ekonomi pembangunan.

Terlepas dari buku bahan ajar, buku tentang ekonomi pembangunan ternyata tidak hanya diterapkan dalam ilmu ekonomi saja loh. Tetapi juga dapat dikolaborasikan dengan cabang-cabang ilmu lain. Misalnya berkolaborasi dengan ilmu pertanian, ilmu penangkaran dan masih banyak lagi. 

Jadi buat kamu yang mengambil jurusan ini, jangan ragu. Karena ilmu ekonomi pembangunan dapat diterapkan dalam banyak bidang. Nah, berikut beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu miliki dan kami ambil dari beberapa mata kuliah ekonomi pembangunan.

Rekomendasi Buku Ekonomi Pembangunan

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku ekonomi pembangunan terbaik untuk mahasiswa ekonomi :

1. Pengantar Ekonomi Pembangunan

Buku Pengantar Ekonomi

Rekomendasi pertama adalah karya Aris Triyono. Dimana buku ini merupakan buku ajar yang diperuntukan untuk mahasiswa ekonomi.

Secara umum, buku setebal 132 halaman ini mengulas tentang analisis proses dan permasalahan pembangunan ekonomi. Setiap mahasiswa baru tentu saja akan mempelajari dasar-dasar ilmu pembangunan ekonomi demi memudahkan proses belajar. 

Memang ada banyak cabang ilmu pembangunan ekonomi. Maka dari itu, penting sekali mempelajari tujuan pengembangan ekonomi yang sangat berpengaruh terhadap masyarakat.

Salah satu tujuannya adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih makmur. Kemakmuran masyarakat ini pun dapat diukur lewat pendapatan per kapita dalam waktu yang lama.

Adapun beberapa materi yang akan kamu pelajari di dalam buku ini, selain mempelajari dasar ilmunya, akan mempelajari tentang indikator pembangunan ekonomi, teori pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, distribusi pendapatan dan kemiskinan, kependudukan dan tenaga kerja. Jika di total, jumlah buku ini ada 12 bab yang semuanya hanya bisa kamu baca secara langsung di sini 

2. Ekonomi Pembangunan Sebuah Kajian Teoritis dan Empiris

Buku Ekonomi Pembangunan

Rekomendasi yang kedua tentang buku ekonomi pembangunan adalah buku karya Christea Frisdiantara dan Imam Mukhlis.

Buku ini akan menonjolkan sisi metode analisis dan pendekatan ilmiah yang dalam menghadapi problem, tujuannya jelas, menyederhanakan memahami konsep ekonomi yang dapat diimplementasikan dalam pembangunan.

Sedikit berbeda dengan buku sebelumnya yang memang didedikasikan sebagai buku ajar. Buku ini merupakan sebuah kajian teoritis dan empiris ini lebih ke bentuk buku referensi. Sebagai buku referensi, tentu saja buku ini juga salah satu buku pegangan yang tidak kalah penting untuk kamu baca. 

Kamu bisa dapatkan buku setebal 174 halaman ini dengan harga yang murah. Cukup dengan 104.000 saja. Cara mendapatkannya pun mudah, kamu bisa mendapatkan di marketplace atau di website Deepublish di sini.

3. Buku Ajar Perekonomian Indonesia

Buku Ajar Perekonomian Indonesia
Buku ekonomi pembangunan

Buku ekonomi pembangunan yang selanjutnya adalah buku ajar perekonomian Indonesia. Dalam buku ini akan dipelajari berbagai BAB seperti :

  1. Sistem ekonomi Indonesia
  2. Sejarah ekonomi Indonesia
  3. Pertumbuhan Ekonomi
  4. Perubahan struktur ekonomi
  5. Pertanian
  6. Sektor Industri
  7. Kemiskinan dan Kesenjangan Pendapatan
  8. Pembangunan Ekonomi Daerah
  9. Usaha Kecil dan Menengah
  10. Perdagangan Luar Negeri
  11. Neraca Pembayaran dan Tingkat Ketergantungan pada Modal Asing

Baca juga : 6 Tujuan Dan Sasaran Kebijakan Ekonomi Makro

4. Buku Investasi Syariah Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Buku Investasi Syariah

Rekomendasi buku ekonomi pembangunan karya Iyah Faniyah ini lebih aplikatif. Karena buku ini lebih menyorot pada satu kasus di dunia investasi. Bisa dibilang, buku terbitan Deepublish ini pun juga buku referensi yang wajib kamu baca.

Penulis ingin menyampaikan kepada pembaca tentang beberapa tema, diantaranya akan menjelaskan tentang bagaimana cara berinvestasi pada surat berharga syariah negara (sukuk).

Ternyata cara seperti ini tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana caranya loh. Agar memudahkan pemahaman, penulis sengaja mengambil kasus yang pernah terjadi di Indonesia pada 2008 yang lalu. 

Di bab lain juga akan menjelaskan tentang kepastian hukum hak investor dalam berinvestasi pada surat berharga syariah negara di Indonesia. Di era sekarang, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya aturan agama. Sehingga sesuatu yang berbau Syariah selalu diminati.

Itu sebabnya buku ini hadir untuk menjawab dan membantu mengarahkan, siapa tahu bermanfaat untuk masa depan dunia pembangunan ekonomi di Indonesia.

Adapun dua bab lain yang akan dibahas di buku ini, diantaranya tentang hukum investasi dalam pembangunan ekonomi dikaitkan dengan tujuan negara kesejahteraan dan menjelaskan pula tentang investasi dalam ketentuan hukum di Indonesia. 

5. Buku Pembangunan Perekonomian Maluku

Buku Pembangunan Perekonomian Maluku

Rekomendasi buku ekonomi pembangunan satu ini lebih fokus di area perekonomian di Maluku. Dengan kata lain, buku ini adalah buku yang menonjolkan potensi dan peluang pembangunan perekonomian di Maluku.

Jadi buku ini memperlihatkan tentang sektor penggerak utama yang mampu mempengaruhi sektor-sektor lain.

Buku ini pun lebih menekankan tentang sektor keunggulan yang memiliki kontribusi yang ada di sana. Dimana di sana menjadi kawasan yang potensi karena di dukung oleh oleh geografis yang mampu menjadi saluran menggerakan ekonomi secara keseluruhan.

Baca juga : 5 Contoh Ekonomi Deskriptif Dalam Kehidupan Sehari Hari

6. Buku Pengelolaan Hutan Secara Partisipatif Menuju KPH HIjau Untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Pengelolaan Hutan Secara Partisipatif

Rekomendasi buku ekonomi pembangunan yang selanjutnya adalah karya Dona Octavia, S.Hut, M.Sc.

Jadi buku ini memang salah satu buku yang menggabungkan dua cabang ilmu, yaitu ilmu ekonomi pembangunan dan ilmu kehutanan.

Dimana dari dua ilmu ini mampu menghasilkan perspektif yang berbeda. Dimana hutan yang hanya sebatas tanaman dan pepohonan, jika mampu diolah bisa memiliki potensi sumber daya ekonomi pembangunan yang potensial. Di sinilah daya tarik dari buku ini. 

Penulis akan mengajak kamu untuk belajar tentang kegiatan dalam kerangka kerjasama antara AFoCO dan Regional Project Component.

Barangkali ada yang asing dan bertanya, kedua kerangka kerja tersebut seperti apa dan bagaimana? Kamu bisa langsung dapatkan buku dengan harga 144.000 saja. Kamu pun bisa dapatkan bukunya di marketplace ataupun di website Deepublish.

Baca juga : 9 Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi dan Jenis-jenisnya

7. Buku Bukan Kota Tanpa Masa Lalu : Dinamika Sosial Ekonomi Kebuman Era Arung Binang VII

Bukan Kota Tanpa Masa

Rekomendasi buku satu ini memang sedikit lebih unik dibandingkan rekomendasi buku-buku di atas. Kenapa ikut direkomendasikan karena buku ini juga melibatkan pembangunan ekonomi.

Meskipun buku ini masuk dalam bidang ilmu sosial budaya, tetap bisa dijadikan sebagai buku referensi. Bisa dibilang, buku ini sebagai buku yang menceritakan sejarah dari masa ke masa di kota Kebumen di Era Arungbinang VII.

Karena membicarakan sejarah dan perkembangan ekonomi pembangunan, buku ini dikemas lumayan tebal, yaitu setebal 195 halaman. Daripada penasaran, kamu bisa langsung mendapatkan buku ini.

Sebenarnya ada banyak rekomendasi buku ekonomi pembangunan yang bisa kamu pilih. Jika tidak ada buku yang sesuai dengan permintaan, kamu bisa langsung intip rekomendasi yang lain di Buku Ekonomi. Di sana ada banyak sekali buku-buku tentang ekonomi dari berbagai elemen, sector dan perspektif. 

Pondok Djawara Deepublish

Terlalu banyak rekomendasi buku yang bisa kamu pilih, bisa pusing memilih koleksi buku yang ada di sana. Itulah beberapa rekomendasi buku ekonomi pembangunan, semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. Jika kamu malas keluar rumah untuk mendapatkan buku tersebut. Kamu cukup tekan smartphone, kemudian pesan. Buku akan diproses dan akan datang ke alamat kamu. 

(Irukawa Elisa)

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang