Rekomendasi Buku Ekonomi Mikro Bagi Mahasiswa

rekomendasi buku ekonomi mikro
toko buku kuliah

Rekomendasi Buku Ekonomi Mikro Bagi Mahasiswa – Binggung mencari beberapa buku yang membahas tentang buku ekonomi mikro untuk bahan penelitian atau sebagai sumber belajar? tenang, ada banyak buku yang membahas tentang ekonomi mikro dengan perspektif yang berbeda. Berikut beberapa rekomendasi buku yang wajib kamu baca. 

1. Buku Ekonomi MIkro Analisis dan Pendekatan Praktis

Ekonomi Mikro Analisi

Ekonomi mikro memang tidak bisa lepas dari yang namannya kebutuhan kehidupan seseorang sehari-hari. Ada banyak sekali permasalahan ekonomi yang terjadi. Mulai dari masalah kecil hingga masalah besar.

Misalnya, ada masalah krisis finansial global, pergerakan harga saham, perubahan kurs dollar terhadap rupiah, terjadinya gelombang PHK, kenaikan harga kebutuhan pokok, kesenjangan pendapatan, kesulitan mendapatkan pekerjaan hingga masalah kemiskinan yang paling terjadi dilingkungan kita. Ada juga masalah yang tidak bisa disebutkan satu persatu. 

Dari banyaknya permasalahan perekonomian di atas menunjukan bahwa penting sekali mengetahui dan menguasai ekonomi makro sebagai problem solving dari masalah-masalah di atas. Dimana dari masalah yang timbul dan masalah yang ada, haruslah bisa ditemukan jalan keluar.

Melihat dari hal tersebut, tidak heran jika buku terbitan Deepublish setebal 120 halaman ini akan memaparkan beberapa pendekatan praktis. Sebagai buku referensi, buku ini juga cocok dipelajari oleh mahasiswa, karena di sana akan membahas beberapa bab seperti teori permintaan dan penawaran, membahas tentang elastisitas dan akan membahas beberapa teori seperti teori produksi dan teori perilaku.

Karena berkecimpung di dunia perekonomian, maka di buku ini pun juga akan membahas pula tentang biaya produksi dan struktur pasar dan pasar input. Pokoknya pembahasan ini menarik untuk kamu baca untuk mengetahui strategi menjalankan ekonomi mikro. 

Adapun kelebihan jika kamu membaca buku satu ini, kamu juga akan mempelajari tentang teori produksi, penyempurnaan pada struktur pasar yang meliputi beberapa bentuk pasar.

Mulai dari pasar oligopoli, pasar persaingan, pasar monopoli, pasar monopsoni, dan pasar monopolistik, semuanya juga akan dibedah tuntas di buku ini. Buat kamu yang masih mahasiswa, tidak perlu khawatir, karena buku ini disusun berdasarkan dengan silabus mata kuliah pengantar ekonomi mikro.

Sehingga dari segi materi, dijamin sudah sesuai dengan kurikulum di perguruan tinggi dan pembahasannya pun dijamin tepat sasaran. Buat kamu yang tertarik mempelajari buku ekonomi mikro ini, kamu bisa dapatkan dengan harga Rp 91.000 saja. 

Baca juga : 9 Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi dan Jenis-jenisnya

2. Buku Edisi Belajar Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) Berbasis Karakter

Buku Edisi Belajar Teori Ekonomi

Masih mengulas tentang buku ekonomi mikro yang direkomendasikan adalah buku teori ekonomi mikro berbasis karakter. Menurut saya buku ini menarik, karena secara garis besar, buku ini tidak sekedar mengulas secara teoritis saja. Di dalam buku ini akan mengulas beberapa poin, selain mengulas teori ekonomi tentang pasar persaingan sempurna tentang kajian teoritik, juga akan mengulas beberapa pengertian dasar, termasuk pula mengulas ciri-ciri, keburukan, kebaikan dan hubungan antara pasar dan perusahaan. 

Buku ini juga cocok dipelajari buat Kamu yang ingin terjun di dunia bisnis. karena buku ini akan mengulas tuntas tentang bagaimana menghadapi persaingan, baik itu persaingan jangka pendek maupun jangka panjang. Akan mengulas pula tentang hubungan antara pasar dan hubungan perusahaan. Tidak berhenti disitu saja, buku ini sengaja penulis tulis dengan beberapa bab pembahasan, diantaranya akan membahas tentang pasar persaingan monopoli. 

Membicarakan monopoli memang sedikit menarik. Pasalnya, persaingan monopoli memiliki beberapa ciri, yang nantinya juga akan diulas tuntas di dalam buku ini. Termasuk akan mengulas tentang penyebab terjadinya monopoli, cara menyusun proyek pasar monopoli dan menginting apa saja sih baik buruk dari pasar monopoli itu sendiri. 

Sebenarnya buku ini juga hampir mirip dengan buku sebelumnya, dimana buku ini pun juga akan membahas tentang persaingan monopolistik. Buat kamu yang masih bingung dengan persaingan monopolistik, di bab ini akan dibahas tuntas tentang ciri-cirinya.

Buku setebal 178 halaman ini pun juga akan membahas tentang persaingan bukan harga pada pasar persaingan monopolistik, membahas pula tentang kurva keseimbangan dan kurva operasi jangka pendek dan jangka panjang.

Masuk di bab keempat, kamu juga akan dihadapkan pada pembahasan yang mengangkat pemikiran Bill Gates dalam memandang ekonomi mikro. Ada satu pesan menarik dari Bill Gates bahwa pelanggan yang tidak puas adalah guru bisnismu yang terbaik. Di bab ini yang menarik buat kamu, karena bisa belajar langsung dengan guru yang ekspert di bidangnya. 

Buat kamu yang memang tertarik di dunia pasar ekonomi mikro, buku ini menjadi wajib dibaca karena di sana juga akan memaparkan tentang bentuk pasar yang berada di posisi pasar input dan pasar faktor produksi. apakah itu? Tentu kamu bisa temukan jawabannya setelah membaca buku ini. 

Buku setebal 178 halaman ini akan membahas beberapa poin bab, diantaranya akan membahas tentang pasar oligopoli, di bab lain, juga akan menyuguhkan contoh-contoh aplikasi pasar input di ekowisata hutan mangrove dan masih banyak lagi deh pokoknya.

Baca juga : 5 Contoh Ekonomi Deskriptif Dalam Kehidupan Sehari Hari

3. Buku Fundamental Ekonomi Mikro dan Model Aplikasinya di Indonesia

Buku Fundamental Ekonomika Mikro

Buat kamu yang ingin membaca buku ekonomi mikro dengan perspektif berbeda, buku karya Mochtar Rasyid inilah jawabannya. Buku ini akan membahas tentang fundamental ekonomi.

Buku ini sangat direkomendasikan buat kamu yang mengambil ilmu ekonomi pembangunan dan bisnis, cocok juga buat kamu yang ingin menjadi seorang wirausaha. Sayangnya buku ini cocok dibaca buat kamu yang masih level pemula, karena apa yang akan disampaikan di level pengantar hingga menengah. 

Penulis sengaja menggunakan pendekatan grafis untuk menyampaikan pesan dari buku ini. Diharapkan dengan pendekatan grafis ini lebih mudah untuk dipahami. Setidaknya ada kurang lebih 10 bab yang akan dipaparkan di buku terbitan Deepublish satu ini. Diantaranya akan membongkar tentang perilaku konsumen, mekanisme pasar, perilaku produsen, monopoli dan oligopoli hingga regulasi pemerintah.

Untuk bab level menengah, akan dibahas tentang beberapa bab, diantaranya tentang model aplikasi ekonomi mikro di Indonesia. Kelebihan dari buku ini juga terdapat beberapa model aplikasi, mulai dari model transfer, model engel, model disinsentif dan model oligopoli otomotif dan masih banyak lagi. Buku ini sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin menguasai tentang ekonomi mikro dari dasar hingga banyak hal.

Itulah beberapa rekomendasi buku ekonomi mikro yang bisa kamu baca. Masih ada juga beberapa rekomendasi buku serupa seperti karya buku dari Jun Surjanti yang berjudul Teori Ekonomi pendekatan mikro) berbasis karakter) ada juga buku karya Christian herdianta Fransisca Desiana Pranatasi yang berjudul buku literasi keuangan berbasis fintech bagi usaha mikro kecil dan menengah. 

Lihat juga rekomendasi yang lainnya :
Rekomendasi Buku Ekonomi Pembangunan
9 Rekomendasi Buku Ekonomi Best Seller

Dari semua rekomendasi buku yang disebutkan di atas, bisa kamu dapatkan di www.penerbitbukudeepublish.com tentu saja dengan harga yang lebih ramah kantong kamu.

Kontributor : Irukawa Elisa

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang