VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

5 Rekomendasi Buku Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi

buku bahasa indonesia untuk perguruan tinggi
toko buku kuliah

Buku bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi negeri ternyata cukup diminati. Alasannya sederhana, selain karena tuntutan belajar, disebabkan pula karena ulasan dari buku ini lebih menarik dan memberikan manfaat yang besar.

Sayangnya tidak banyak buku bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi negeri yang terjual. Ada sih, hanya saja tidak semenjamur penjualan buku novel atau buku popular yang dimana-mana toko buku bisa ditemukan. Nah, mengingat akan hal tersebut, maka dikesempatan kali ini ada beberapa rekomendasi buku yang termasuk dalam buku bahasa dan sastra berikut ini.

Kenapa saya akan merekomendasikan buku bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi negeri? Karena sebenarnya ada banyak sekali buku bahasa Indonesia yang memiliki fokus penjabaran yang berbeda-beda. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

5 Rekomendasi Buku Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi

Buku Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi

Buku Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi

Rekomendasi yang pertama adalah buku karya Siti Ansoriyah. Buku yang dikemas menarik ini akan mengajak kamu berkenalan dengan sejarah dan kedudukan Bahasa Indonesia. Hayo, siapa yang belum tahun sejarah dan kedudukan Bahasa Indonesia? Kita tahu bahwa bahasa Indonesia adalah bahaya ibu, sekaligus sebagai bahasa pemersatu.

Bisa dibayangkan akan seperti apa jadinya Indonesia tanpa adannya Bahasa Indonesia? padahal kita tahu Indonesia negara kepulauan, setiap pulau bahkan setiap kota memiliki bahasa khasnya sendiri-sendiri. Ketika orang dari berbagai daerah berkumpul jadi satu, dan mereka menggunakan bahasa mereka masing-masing, bisa dibayangkan akan seperti apa jadinya? Pastinya akan banyak terjadi kesalah pahaman karena ketidakmengertian bahasa.

Berkat lahirnya bahasa Indonesia inilah sebagai jembatan sekaligus sebagai pemersatu. Di dalam buku ini pula akan dipaparkan tentang fungsi bahasa Indonesia itu sendiri. Termasuk juga akan membahas dan memperkenalkan terkait penalaran dan pemilihan diksi kata yang tepat juga loh.

Buku Morfologi Bahasa Indonesia

Buku Morfologi Bahasa
Morfologi Bahasa Indonesia

Buku bahasa indonesia untuk perguruan tinggi negeri yang kedua adalah buku morfologi bahasa Indonesia karya Jusrin Efendi Pohan. Buku setebal 127 halaman ini akan fokus pada pembahasan tentang bahasa dan filsafat, termasuk dibahas pula tentang terminologi dan konsep dasar morfologi.

Kok bisa bahasa indonesia dengan filsafat? Siapa yang mengira jika bahasa Indonesia pun diakui oleh ahli filsafat, keduannya memiliki keterkaitan yang rekat. Dimana bahasa digunakan untuk melakukan analisis konsep di dalam filsfat. Konsep inilah yang difungsikan untuk membantu dalam melakukan analisis filsafat untuk mempelajari istilah bahasa secara fundamental.

Menariknya buku satu ini, kamu juga akan diperkenalkan bagaimana makna apa itu bahasa, serta akan dipelajari pula bagaimana proses mengeluarkan bahasa? Padahal kita selama ini tidak pernah berfikir sejarah bahasa dan bunyi-bunyian yang lahir ini. Dan inilah yang menjadi daya tarik. Ternyata bahasa Indonesia pun memiliki arti fundamental.

Seperti pendapat hermoganes yang menyampaikan bahwa bahasa sebagai sistem tanda lingual, yang tidak lain sebagai paduan yang saling mengsyaratkan antara aspek, bentuk dan arti. Dengan kata lain, secara morfologi bahasa didasarkan pada korespondensi sistematis. Nah, pastinya ulasan lebih komprehensif, bisa kamu baca di sini.

Buku Bahasa Indonesia Terapan

Buku Bahasa Indonesia Terapan

Buku bahasa indonesia untuk perguruan tinggi negeri yang wajib kamu baca juga adalah buku bahasa indonesia terapan. Sinta Diana Martaulina sengaja menlis buku agar masyarakat bisa menggunakan Bahasa Indonesia lebih tepat sasaran. Di buku ini kamu akan mempelajari tentang keterampian berbahasa Indonesia, dan mempelajari juga tentang ejaan bahasa indonesia.

Fokus buku ini lebih mengulas bahasa Indonesia terapan. Sehingga terkesan teoritis dalam melakukan ejaan, kedudukan bahasa dan terkait pilihan kata. Tidak hanya itu, dalam penlisan kalimat pun juga ada aturan sendiri loh. Membicarakan tentang pembentukan kalimat, di bab ini pula kamu akan mempelajari kalimat yang efektif dan kalimat tidak efektif itu bagaimana.

Di bab akhir mungkin bab yang paling relevan oleh mahasiswa. Jadi di dalam Buku bahasa indonesia untuk perguruan tinggi negeri satu ini akan mengulas pula tentang karangan ilmiah. Nah, di bab akhir inilah yang sangat membantu kamu ketika menuliskan karya ilmiah, agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Buku Bahasa Indonesia Pengantar Dasar Menulis di Perguruan Tinggi

Buku Bahasa Indonesia

Berbeda dengan Buku bahasa indonesia untuk perguruan tinggi negeri karya Nina dan Ahyati Kurniamala Niswariyana. Buku satu ini akan mengulas banyak pembahasan. Diantarannya akan mengulas ragam bahasa Indonesia Indikator pembelajaran. Di sini pula kamu juga akan mempelajari hakikat menulis itu apa dan bagaimana. Jadi buku ini juga bisa memperkaya kamu mengasah keterampilan dalam menulis.

Di bab lain masih mengulas teknis tentang ejaan bahasa Indonesia. Dimana bahasa Indonesia saat ini memang sudah luntur akibat perubahan jaman dan masa. Seperti kebudayaan berbahasa menggunakan bahasa ‘loe’ dan ‘gue’ dan bahasa-bahasa yang sebenarnya entah itu bahasa tercipta dari apa. Belum lagi penulisan kata dalam bahasa yang menggunakan bahasa yang juga mulai aneh dan nyleneh.

Misalnya, kita lebih sering menemukan tulisan singkatan dan bahasa alay. Mungkin bahasa tersebut jika diaplikasikan ke teman sebaya masih bisa diterima dan bisa dipahami. Tetapi saat kita terapkan ke orang tua atau kakak kita, belum bentu mereka bisa membaca bahasa tulis yang kita gunakan loh.

Buku Bahasa Indonesia Profesi : Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik

Buku Bahasa Indonesia

Rekomendasi Buku bahasa indonesia untuk perguruan tinggi negeri wajib lainnya adalah karya Zainal Aqib dan Hendrix Irawan. Buku ini cocok buat kamu yang ingin mengambil profesi Bahasa Indonesia nih. Sebagai buku ajar, sudah pasti buku ini pun lebih teoritis karena disusun berdasarkan kurikulum yang telah berlaku.

Sebagai buku ajar yang memfokuskan diri pada profesi, maka fokus ulasan akan fokus pada aspek teknis. Dimana penggunaan bahasa Indonesia masih sangat rapat dengan hubungan tata tertib, adat istiadat, kesopanan dan perangai. Jadi hanya dengan penggunaan bahasa, bisa menunjukan karakter suatu daerah.

Salah satu contoh, penggunaan bahasa bagi masyarakat Yogyakarta. Mereka memang tidak menggunakan bahasa Indonesia, melainkan menggunakan bahasa kromo alus, yang mana pemilihan diksinya pun juga sangat halus, sangat kental nuansanya. Begitupun dengan penggunaan bahasa Indonesia.

Di buku ini kamu pun juga akan mempelajari kata asal yang sudah dan belum mengalami perubahan, termasuk penggunaan bahasa yang belum mengalami proses morfologis. Penggunaan bahasa jaman dulu dan jaman sekarang pun juga telah mengalami perubahan.

Baik perubahan secara lisan maupun secara tulis. Contoh, nama orang tua kita yang masih menggunakan ejaan lama, yang jika di ucapkan pun penulisannya berbeda. Nah, hal-hal ini juga akan kamu pelajari di dalam buku.

Itulah beberapa rekomendasi buku bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi negeri yang bisa kamu dapatkan, koleksi dan kamu baca. Sebenarnya masih banyak sudut pandang tentang bahasa Indonesia yang bisa kamu spoiler di toko buku online Deepublish.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang