fbpx

10 Referensi Buku Untuk Mahasiswa Arsitektur

referensi-buku-untuk-mahasiswa-arsitektur
toko buku kuliah

6 Referensi Buku Untuk Mahasiswa Arsitektur – Kamu sedang mencari referensi buku untuk mahasiswa arsitektur? Tenang, karena kesempatan kali ini kita akan merekomendasikan judul-judul buku arsitektur bangunan. Baik itu bangunan gedung, hotel, hingga arsitek rumah tinggal. Ada banyak jenis arsitektur yang bisa dikembangkan.

Rerata mereka yang suka dengan jenis buku arsitektur adalah mahasiswa yang fokus akan menjadi arsitek, atau memang arsitek itu sendiri. Nah, mungkin salah satunya adalah kamu.

10 Referensi Buku Untuk Mahasiswa Arsitektur

Buat kamu nih yang memang sedang mencari referensi buku untuk mahasiswa arsitektur, Deepublish memiliki beberapa rekomendasi judul arsitek nih. Berikut ulasannya.

1. Buku Biaya Membangun Rumah Tinggal – Referensi Buku Untuk Mahasiswa Arsitektur

Buku Biaya Membangun

Menjadi arsitek bangunan itu memang ada fokusnya sendiri-sendiri. Ada yang fokus membangun rumah tinggal, gedung atau hotel. Nah, buat kamu yang masih pemula, buku biaya pembangunan rumah tinggal rekomendasi buku yang paling tepat. Setidaknya dengan buku ini, kamu akan memahami dan tahu ilmu bagaimana mengelola pembiaayaan uang saat membangun rumah tinggal. Setidaknya, ilmu dari buku ini bisa dipraktekan sendiri. Misalnya, saat kamu membuat rumah sendiri.

Buku setebal 124 halaman ditulis oleh Sukardi. Dari segi isi, buku ini akan mengulas dan membahas beberapa poin penting saat hendak membangun rumah. Misalnya, memperhitungkan ketersediaan lahan, model rumah, memperhitungan bahan bangunan hingga memperhitungkan tukang atau tenaga ahli yang akan membangun. Dari beberapa poin tersebut, ada hal dan poin penting yang patut kamu pahami. Apa saja? Langsung saja dapatkan bukunya hanya di Deepublish.

Beli bukunya sekarang >> Buku biaya membangun rumah tinggal

2. Buku Desain Rumah Aplikatif – Referensi Buku Untuk Mahasiswa Arsitektur

Buku Disain Rumah Aplikatif - referensi untuk mahasiswa arsitektur

Referensi buku untuk mahasiswa arsitektur yang kedua adalah karya Hanindya Kusuma Artati. Buku yang diterbitkan pada tahun 2018 ini cocok buat kamu yang ingin membuat rumah aplikatif. Kelebihan dan keunikan buku ini didesain secara 3D, disertai dengan teknis gambar.

Tentu saja ini akan membantu kamu lebih bisa memahami desain dan gambar secara tepat. Hanindya Kusuma Artati, sebagai penulis buku mengemas desain rumah tinggal aplikatif sesuai dengan standarisasi Nasional. Oleh sebab itu, buat kamu yang ingin mengulas lebih lengkap, terkait denah pun juga dipaparkan secara lengkap di sini. Termasuk juga mengulas tentang sanitasi yang terstandar.

Kini, pembangunan rumah sangat diperhatikan karena membuat rumah tidak membicarakan jumlah uang yang kita punya. Tetapi berbicara kenyamanan dan hemat kantong. Selain menjelaskan desain rumah secara aplikatif, kamu juga akan diajarkan bagaimana membuat rumah satu lantai, dua lantai atau tiga lantai.

Selain itu kamu juga akan diajak bagaimana membauat denah, trik melakukan potongan bangunan, dan bagaimana rencana dan detail pondasi, detail plafond dan detail pembesian. Untuk kamu yang teratarik ingin mempelajari lebih bisa di dapatkan di sini.

Beli bukunya sekarang >> Buku disain rumah aplikatif

3. Buku Konsep dan Desain Sistem Rangka Momen Khusus (SRMK) Beton Bertulang Tahan Gempa Berdasarkan SNI 2012 dan 2013

Buku Konsep Dan Desain
Konsep dan Desain Sistem Rangka Momen Khusus (SRMK) Beton Bertulang Tahan Gempa. Berdasarkan SNI 2847:2013 & SNI 1726:2012

Referensi buku untuk mahasiswa arsitektur yang ketiga adalah buku karya Yudha Lesmana. Buku ini menggunakan konsep dan desain sistem rangka momen khusus beton bertulang tahan gempa. Sebagai negara yang sangat sensitif terkena guncangan gempa, sudah sewajarnya jika seorang arstek menguasai teknik bangunan anti gempa. Sebenarnya mendesain bangunan anti gempa bukan sebagai alasan mempelajari dan menguasai ilmu ini.

Tetapi ilmu ini sebagai standar pembangunan tingkat internasional.
Membicarakan konstruksi bangunan tahan gempa, menggunakan konstruksi bangunan beton. Beton sebagai material utama yang digunakan oleh seluruh engineer di dunia dalam proses pembangunan. Baik itu untuk pembangunan bendungan, kontruksi gedung hingga pembangunan jembatan. Pembangunan menggunakan beton, ternyata juga sudah sering digunakan sejak jaman mesir kuno. Dulu, masa jaman kuno, memang tidak menggunakan istilah beton, tetapi bahan-bahannya mirip seperti beton. Yaitu menggunakan agregat dadn tanah liat sebagai bahan pengikat.

Di luar Yunani misalnya, memang tidak menggunakan beton, tetai menggunakan mirip beton, di sana disebut dengan Santorin Tofa.
Materi yang dikemas 249 halaman mengulas beberapa poin, misallnya mengulas tentang struktur bangunan gedung tahan gempa, analisa pembebanan struktur tahan gempa dan bagaimana desain balok SRMK. Adapun ulasan lain seperti desain hubungan balok kolom dan desain bangunan gedung dengan SRMK. Buat kamu yang tertarik, bisa mempelajari di sini.

>> Beli bukunya sekarang

4. Buku Perencanaan dan Perancangan Hotel – Referensi Buku Untuk Mahasiswa Arsitektur

Buku Perencanaan dan Perancangan Hotel

Buat kamu yang ingin menjadi seorang arsitek spesialis hotel, ada satu referensi buku untuk mahasiswa arsitektur buat nih. Yaitu buku karya I Made Trisna Semara, yang berjudul buku perencanaan dan perancangan hotel. Penulis sengaja mengemas buku secara menarik. Isinya mengupas tuntas tentang proses penyusunan program desain atau programan.

Di dapal buku ini juga akan mengulas beberapa tahap proses pengembangan hotel, diantarannya bagaimana trik dan proses penyusunan program, dan mengulas tentang faktor yang mempengaruhi penyusunan program itu bagaimana.

Buku setebal 147 halaman ini juga mengulas beberapa informasi spesifik yang berorientasi sesuai dengan persyaratan dari klien dan tugas arsitek yang akan menerjemahkan dalam desain fasilitas. Buku perencanaan dan perancangan hotel sebenarnya sebagai hasil karya rancangan arsitektur.

Dari karya para arsitektur inilah yang diharapkan mampu menjadi media pembelajaran. Nah, buat kamu nih, yang ingin mempelajari ulasan lebih detail. Tunggu apalagi, segera dapatkan bukunya, stok terbatas.

Beli bukunya sekarang >> Buku perencanaan dan perancangan hotel

5. Buku Sistem Utilitas Bangunan untuk Arsitek – Referensi Buku Untuk Mahasiswa Arsitektur

Buku Sistem Utilitas - referensi buku untuk mahasiswa arsitektur

Fokus kerja seorang arsitek tidak hanya fokus pada bentuknya saja, tetapi juga fokus bagaimana nilai artistik dari bangunan tersebut. Ada banyak yang harus dipertimbangkan oleh seorang arsitek. Salah satunya dengan cara merancang bangunan dengan cara sistem utilitas bangunan. Istilah utilitas bangunan adalah bangunan yang merupakan sistem yang berperan penting setiap membangun.

Tanpa utilitas bangunan yang proporsional, bangunan tersebut tidak akan beroperasi dan berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, Sugeng Triyadi dan Andi Harapan sebagai penulis buku mencoba untuk menuliskan secara lengkap, agar bisa dimanfaatkan untuk para mahasiswa jurusan arsitek.

Membicarakan tentang dunia arsitek, dibuku ini juga akan mengajakmu memahami dan menguasai bagian dan subsistem apa saja yang harus dikuasai oleh seorang calon arsitek. Misalnya, seorang calon arsitek harus mampu mengintegrasikan subsistem satu dengan yang lain.

Membicarakan tentang subsistem, ada empat subsistem, pertama struktur bangunan gedung, kedua kulit bangunan, tiga utilitas bangunan dan terakhir adalah interior bangunan. Keempat inilah yang akan diulas dan penting dikuasai oleh calon arsitek. Berminat? bisa dapatkan bukunya hanya di sini.

Beli sekarang >> Buku sistem utilitas bangunan

6. Buku Strategi Perencanaan dan Perancangan Perumahan Pada Era KOntemporer – Referensi Buku Untuk Mahasiswa Arsitektur

Buku Strategi Perencanaan Pembangunan

Proyek yang tidak kalah sekarang naik daun adalah proyek pembangunan perumahan. Nah, buku berjudul strategi perencanaan dan perancangan perumahan pada era kontemporer buku yang dan cocok. Buku karya Luciy Yosita., ST., MT cocok buat kamu yang ingin fokus di perencanaan kota.

Karena di dalam buku ini nanti kamu akan mempelajari tentang bagiamana cara melakukan perencanaan rumah sederhana dalam bentuk rusun. Tidak hanya itu, di sini juga akan diulas bagaimana seorang arsitektur membuat vernakular pada perumahan yang tetap hijau.

Buku setebal 200 halaman juga menyinggung permasalhan yang terjadi di masyarakat. Termasuk masalah tata kelola tatara ruang yang tidak ramah lingkungan. Sehingga menimbulkan banyak dampak. Tata ruang dalam hal ini tidak sekedar membicarakan pembangunan yang merusak penghijauan, tetapi masalah tentang bangunan cagar budaya yang seharusnya dilindungi dan semacamnya.

Permasalahan inilah yang mencoba untuk dikaji dan dicari solusi. Sehingga, buat calon arsitek yang ingin membangun rumah, tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sama.

Beli sekarang juga >> Buku perencanaan perumahan

7. Pendinginan Pasir Untuk Arsitektur Tropis Lembab

Buku Pendinginan Pasif

Rekomendasi buku untuk mahasiswa arsitektur yang selanjutnya adalah buku berjudul Pendinginan Pasif Untuk Arsitektur Tropis Lembab. Jadi buku karya Jefrey I. Kindangen ini lebih fokus pada arsitektur dalam penerapan bangunan atau rumah hunian yang bernuansa tropis dan rumah menjadi tetap sejuk. Kita tahu, pemanasan global sudah mulai kita rasakan. Saat panas, sinar bisa terik dan terasa sengatan langsung masuk ke kulit tanpa basa basi.

Udara semakin panas, tentu ketika ingin membuat desain rumah yang sejuk dan terhindar dari panas juga bukan. Padahal, kenyataan di lapangan pembangunan kian tidak terkendali, dan mengabaikan keberadaan penghijauan. Kini banyak orang yang mencari rumah dan kator yang mencari desain ruang yang nyaman, hemat energi dan tentunya memilih bangunan yang sejuk.

Rekomendasi buku untuk mahasiswa arsitektur ini cocok buat kamu miliki. Karena di sini akan memberikan pengetahuan baru saat kamu akan membangun dan mendesain sebuah bangunan kantor, gedung atau rumah yang baik seperti apa. Di sana juga kamu akan belajar mendesain ventilasi alamiah yang dapat digunakan untuk mengkondisikan ruang agar bisa mentransfer panas.

Jadi buku ini lebih akan mengulas strategi-strategi yang sifatnya potensial untuk bisa kamu aplikasikan. Nah, strategi apa saja, diantarannya strategi pendinginan ecaporatif, pendinginan oleh tanah, strategi proteksi sinar matahai hingga ruang luar dan mengulas juga tentang infiltrasi udara dan ventilasi alamiah. Untuk lebih jelasnya, bisa kamu baca dan beli disini ya.

Beli sekarang >> Buku Pendinginan Pasif Untuk Arsitektur Tropis

8. Teori N-Green: Mempertemukan Psikologi Hijau dan Arsitektur Hijau di Ruang Publik Perkotaan

Buku Teori Arsitektur N Green

Buku ini menarik, karena model konsep pembangunan yang berorientasi pada penghijauan. Jadi, bangunan yang dibangun tidak hanya bangunan yang minim tumbuh-tumbuhan. seperti yang kita tahu, bangunan yang tidak ada tumbuhan akan terasa sangat panas dan kurang nyaman.

Apalagi jika bangunan tersebut dibangun ditengah kota, yang notabennya tanah pun tidak ada. Padahal untuk menanam kita butuh tanah. Sekarang kita tahu bahwa tanah bisa diganti dengan sistem dan cara yang lain. Intinya, bangunan tersebut tetap ada penghijauan yang tentunya ramah lingkungan. Nah, untuk ulasan materi dan cakupan pembahasan yang dibahas apa saja, kamu bisa membelinya di sini, dijamin harga ramah kantong dompetmu.

Beli sekarang >> Buku Teori N-Green

9. Buku Struktur Pneumatik Dalam Arsitektur

Buku Struktur Pneumatik - referensi buku untuk mahasiswa arsitektur

Buku Struktur Pneumatik Dalam Arsitektur, buku karya Dr. Salmon Priaji Martana mengulas tentang struktur pneumatik yang merupakan bagian dari struktur alternatif non konvensional. Buat kamu yang mengambil arsitek pasti tahu. Jadi, struktur alternatif non konvensional ini digunakan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan kecepatan pembangunan.

Tidak hanya itu, terkadang juga digunakan untuk melihat kemampuan melihat biaya yang lebih rendah dalam rentang penggunaan struktur yang lebih panjang.

Buku setebal 101 halaman ini juga akan mengajak kamu mengenal tentang apa itu struktur air supported dan strktur air inflated. Dimana kedua jenis strukur pneumatik ini memiliki kelebihan di masing-masing bidang. Misalnya ada yang unggul dalam panjang bentang, ada pula yang memiliki fleksibilitas ruang dan bukaan. Jika ada yang belum paham, bisa langsung beli bukunya, orang teknik pasti paham maksudnya. Memang harus membeli bukunya biar paham.

Di dalam buku ini juga akan diulas proses produktif, metode ptransportasi, teknik penyimpanan, proses pembongkaran sampai ereksi pembongkaran. Buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan buku ini, hanya di bandrol dengan harta Rp 87.000, untuk pemesanan bisa pesan di sini.

Beli bukunya sekarang >> Buku Struktur Pneumatic Arsitektur

10. Buku Arsitektur Vernakular dan Tradisi Arsitektur Vernakular Austronesia di Gorontalo

Buku Arsitektur Vernakular

Rekomendasi buku untuk mahasiswa arsitektur yang terakhir adalah karya Nurningsih Nico Abdulah, S.T., M.T. Nah, apakah yang sekarang baca artikel ini ada yang berasal dari Gorontalo? Jadi buku ini mengulas desain arsitektur di Gorontalo. Menurut saya buku ini menarik, karena melihat dari segi sosiologi.

Sekarang desain interior dan eksterior bangunan, gedung, kantor dan rumah yang berkiblat ke luar. Jadi ada semacam modernisasi yang tidak terkendali, yang justru mendorong terjadi pergeseran nilai-nilai budaya, dan berpengaruh pada kehidupan masyarakan. Kearifan lokal yang dimiliki hingga arsitektur tradisional terasingkan dan terpinggirkan.

Padahal, arsitektur tradisional itulah yang harusnya dijaga karena mengandung historis (sejarah) sekaligus sebagai warisan budaya nenek moyang kita.

Buku yang satu ini mencoba untuk mengangkat arsitektur tradisionalnya. Sesuai namannya, arsitektur tradisonal selalu dikaitkan dengan dengan sesuatu yang sudah lampau. Dimana hidup bergantung pada alam, mulai dari mempertahankan hidup hingga cara membuat hunian yang arif terhadap lingkungan.

Di sana kita akan dikenalkan dengan arsitektur vernakular yang berhubungan dengan ketersediaan sumber dari lingkungan, sekaligus mengakomodasi budaya setempat.

Belajar dari masyarakat di Gorontalo. Meskipun masyarakatnya bukanlah lulusan arsitek atau lulusan Perguruan Tinggi. Mereka mampu memmpertahankan desain yang diwariskan dari orangtua jaman dulu. Tentu saja ini upaya baik di tengah modernisasi yang sekarang sedang marak.

Nah, buat kamu yang terketuk dan penasaran arsitektur vernakular di Indonesia seperti apa, kamu bisa membaca buku untuk mahasiswa arsitektur satu ini.

Beli sekarang >> Buku Arsitektur Vernakular

Lihat juga buku dengan tema arsitektur lainnya di >> Buku Arsitektur

Itulah 10 referensi buku untuk mahasiswa arsitektur yang bisa kamu dapatkan. Adapun referensi buku lain, yang bisa kamu dapatkan langsung ke website Deepublish. Semoga bermanfaat

(Kontributor : Irukawa Elisa)

jual buku arsitektur
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah