Motivasi : Punya Masalah Besar Tanpa Jalan Keluar? Baca Ini !

toko buku kuliah

Motivasi : Punya Masalah Besar Tanpa Jalan Keluar? Baca Ini ! – Pertama, perlu diingat bahwa hanya kita seorang yang memiliki masalah di dunia ini. Berjuta-juta orang yang lainnya pun memiliki masalah, dan sangat mungkin bahwa masalah jutaan orang yang lain lebih berat dari masalah yang sedang kita hadapi.

Motivasi : Punya Masalah Besar Tanpa Jalan Keluar? Baca Ini !

Kedua, perlu dicamkan bahwa Al-Qur’an juga menceritakan mengenai masalah-masalah yang dihadapi para Rasul. Masalah yang dihadapi para Rasul sekilas tampak tidak ada jalan keluar.

Contoh, saat Nabi Musa AS dan kaumnya dikejar oleh Firaun serta bala tentaranya hingga tersudut di pantai, Allah membuka jalan di Laut Merah bagi mereka. Hal yang sama sekali tidak mungkin pada awalnya, menjadi mungkin. Contoh kedua, saat Nabi Ibrahim AS diminta oleh Allah untuk menyembelih putranya sendiri, yaitu Ismail, Nabi Ibrahim pun juga buntu, tidak tahu solusi dari masalahnya.

Siti Hajar memberikan pelajaran pada kita, bahwa Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan hamba-hamba-Nya. Maka, keyakinan kuat kepada Allah akan memunculkan harapan, bahkan di situasi tersulit dalam hidup kita. Bagaimana dengan menyandarkan diri kepada selain Allah? Jangan. Karena hanya Allah, yang Maha Kuasa. Jangan pernah berpikir bahwa tanpa mendapatkan sesuatu, tanpa satu keberhasilan dalam satu cara, hal yang kita harapkan tidak mungkin tercapai.

Masalah ada dan dialami setiap orang untuk menguji dan membedakan pribadi-pribadi mana saja, yang menjaga kekuatan imannya, mengambil pelajaran dari masalah sehingga menjadi lebih dewasa, serta untuk membedakan siapa-siapa saja yang berjuang dan siapa yang tidak.

Situasi yang netral berubah menjadi masalah ketika sarana tidak lagi menjadi sarana, tetapi dijadikan sebagai tujuan. Apa-apa saja yang seharusnya menjadi sarana, bukan tujuan? Apa-apa saja yang bersifat duniawi, hal-hal yang bisa kita dapatkan di dunia. Sedangkan, sebaik-baiknya tujuan adalah Allah.

Pupuk keyakinan kita pada Allah, maka keyakinan kita pada diri sendiri akan terpupuk. Jangan menjadi pribadi yang mudah ragu dalam mengambil keputusan. Setelah menimbang manfaat dan mudharat, ambil keputusan, serahkan pada Allah, usahakan dan lepas. Keyakinan kita pada Allah akan membuat hidup menjadi lebih mudah, indah, dan melegakan.

Keyakinan pada Allah menjadikan orang yang beriman jauh lebih optimis. Sifat pesimis, bukanlah ciri pribadi yang yakin kepada Allah. Pribadi dengan iman yang kuat, yakin pada Allah, dan selalu punya harapan.

Semoga dengan membaca artikel berjudul Motivasi : Punya Masalah Besar Tanpa Jalan Keluar? masalahmu bisa cepat kelar ya, jangan lupa baca juga artikel yang lain sebagai berikut :

1. 5 Rekomendasi Buku Motivasi Yang Menginspirasi
2. 5 Manfaat Membaca Buku Motivasi Penambah Semangat Hidup
3. Fear of Success: Mengatasi Ketakutan Untuk Kesuksesan

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang