Public Speaking adalah: Pengertian dan Manfaat

public speaking adalah
toko buku kuliah
Bagikan

Pengertian public speaking – Komunikasi atau bicara didepan umum penting dikuasai. Terutama buat kamu yang memang ingin mendalami ilmu satu ini. Nah disini kamu tidak hanya akan mengetahui  pengertian dan metode public speaking saja, tetapi juga akan mengenali jenis, cara, manfaat dan tujuan serta cara membiasakan diri public speaking.

Agar tidak berlama-lama, langsung saja kita simak ulasannya sebagai berikut. 

Apa Itu Public Speaking

Pengertian dan metode public speaking secara umum dapat diartikan sebagai komunikasi lisan, baik yang dilakukan secara bertatap muka kepada umum ataupun terhadap sekelompok orang tertentu. Berbicara di depan umum itu sendiri tidak melulu dalam bentuk kita mengisi acara workshop atau seminar. Saat kita melakukan presentasi pun juga termasuk dalam berbicara di depan umum. 

Pengertian dan metode public speaking dapat pula diartikan sebagai seni berbicara atau seni berpidato. Public speaking itu sendiri sudah berkembang sejak abad sebelum masehi loh. 

Pengertian Public Speaking Menurut Para Ahli

Sementara jika kita pelajari dan intip pengertian menurut para ahli, public speaking memiliki beberapa versi makna. Seperti apa? Langsung saja kita simak ulasannya sebagai berikut. 

1. Kamus Merriam-Webster 

Pengertian public speaking menurut kamus Merriam-Webster dapat diartikan sebagai “the act or skill of speaking to a usuallu large group of people”.

Dari kutipan di atas menununjukan bahwa public speaking adalah keterampilan yang dimiliki seseorang dalam berbicara, baik dalam bentuk kelompok besar ataupun kelompok kecil. 

2. David Zarefsky 

Berbeda dengan pendapat David Zarefsky secara garis besar menyampaikan bahwa public speaking merupakan bentuk komunikasi berkelanjutan, lewat pesan maupun lewat lambang dengan cara interaksi dengan pembicara dan audience. 

3. KBBI

Menurut KBBI pengertian public speaking adalah retorika yang dapat diartikan sebagai keterampilan berbahasa. Public speaking juga dapat diartikan sebagai studi tentang pemakaian bahasa secara efektif dalam menyusun kata atau kalimat.

Perspektif yang lain, KBBI juga mengartikan public speaking sebagai seni berpidato yang bombastis dan muluk-muluk. 

Dari ulasan di atas, maka pengertian dan metode public speaking dapat diartikan sebagai keterampilan dan kemampuan dalam berbicara di depan banyak orang. dimana orang tersebut dapat menjelaskan atau mempresentasikan sesuatu secara mudah dipahami dan lancar. 

Pada dasarnya pengertian dan metode public speaking tidak sekedar ngomong seenaknya. Butuh banyak aspek. Mulai dari aspek ilmu pengetahuan, kemampuan berbahasa dan kemampuan analitis kritis.

Hal yang tidak kalah penting, public speaking juga butuh yang nama nya kemampuan persuasif positif. Agar audience tertarik, termotivasi dan merasa hidup saat mendengarkan apa yang disampaikan public speaking.

Metode Public Speaking

Pengertian dan metode public speaking ternyata memiliki beberapa metode umum. Penasaran apa saja sih metode yang dapat kamu terapkan? Simak ulasannya sebagai berikut. 

A. Metode Impromtu ( Spontanitas)

Pernah mendengar metode impromptu? Mungkin ada yang masih merasa asing. Jadi Metode Impromtu adalah metode public speaking yang dilakukan secara spontanitas. Namannya spontanitas, maka metode bicara di depan umum dilakukan tanpa perencanaan, tanpa naskah tertulis ataupun tanpa persiapan yang matang. Semua dilakukan secara langsung dan mendadak. 

Kelebihan metode impromptu 

  • Gagasan dan pesan yang disampaikan muncul secara spontan 
  • Mengungkapkan perasaan secara objektif 
  • Pembicara dituntut untuk berfikir 

Kelemahan metode impromptu 

  • Kesimpulan masih mentah, kurang maksimal 
  • Gagasan yang dihasilkan kurang runtun 
  • Bagi yang belum berpengalaman, penyampaian kurang lancar 

B. Reading Manuscript (Membaca Naskah)

Reading manuscript adalah metode public speaking yang dilakukan dengan cara membaca naskah yang sudah dipersiapkan sebelum-sebelumnya. Cara ini lebih sering digunakan oleh para pejabat Negara. Sering digunakan untuk menghindari kesalahan kata dan ucapan, karena disampaikan secara formal, resmi kepada masyarakat umum. 

Kelebihan metode Manuscript 

  • Tidak takut salah karena tinggal membaca manuscript 
  • Bisa menyusun kalimat dan kata-kata sebaik mungkin 
  • Menghemat pernyataan 
  • Berbicara lebih lancar 
  • Meminimalisir terselip lidah 
  • Naskah dapat diperbanyak 

Kelemahan Metode Manuscript 

  • Mengurangi interaksi dengan audience 
  • Terkesan kurang ahli 
  • Terlihat kaku 
  • Memakan waktu persiapan lebih lama 
  • Tanggapan audience sulit mempengaruhi pesan 
  • Kurangnya interaktif 

C. Memoriter 

Metode public speaking yang ketiga adalah memoriter atau metode dengan cara menghafalkan teks yang sudah disiapkan sebelumnya. Jadi dari segi penyampaian tetap tertata, tidak melantur kemana-mana dan tetap efektif. Cara ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan tantangan. 

Kelebihan metode public speaking memoriter 

  • Terlihat lebih berwibawa dan keren 
  • Terlihat lebih pintar dan cerdas 
  • Pesan tetap tersusun secara rapi 

Kelemahan metode public speaking memoriter 

  • Jika lupa, bisa hilang kendali saat berbicara 
  • Membutuhkan waktu persiapan lebih lama 
  • Otak akan bekerja lebih keras karena harus menghafal teks yang sudah disiapkan

D. Using Note (Membuat Catatan Kecil)

Using note adalah metode public speaking yang paling disarankan. Isi dari using note bukanlah isi ceramah secara keseluruhan. Tetapi sebagai kisi-kisi atau outline atau garis besarnya saja. Sisanya dikembangkan secara spontan di depan panggung. 

Dengan kata lain, metode ini dibutuhkan keterampilan berbicara dan berpikir kritis. Cara ini sangat direkomendasikan buat kamu yang sudah biasa mengisi seminar atau public speaking. Buat kamu yang masih belum cukup jam terbangnya, tidak apa-apa, pelan-pelan. Semua perlu dipelajari dan dibiasakan. 

Kelebihan using note 

  • Adanya interaksi dengan audience 
  • Pesan yang disampaikan sesuai kebutuhan audience 
  • Penyajian lebih spontan 
  • Terlihat profesional dan keren 

Kelemahan using note 

  • Jika persiapan terburu-buru hasilnya kurang maksimal 
  • Jika tidak biasa, diksi yang dipilih jadi kurang menarik 
  • Potensi terjadi penyimpangan pesanan awal sangat besar 

Cara Public Speaking Yang Baik

Setelah mengetahui pengertian dan metode public speaking, ada beberapa cara atau tips public speaking yang baik. Buat kamu yang ingin belajar berbicara di depan umum, bisa cek ulasannya sebagai berikut. 

Bagaimana cara public speaking yang baik?

1. Kenali terlebih dahulu siapa audience 

Cara public speaking yang baik adalah mengenali audience. apakah audience pelajar, mahasiswa, umum atau dosen. mengetahui siapa audience, akan menentukan isi yang akan kamu sampaikan.

Audience mahasiswa tentu saja pesan dan isi yang disampaikan berbeda dengan audiens yang dari kalangan masyarakat umum. 

2. Membuat kerangka yang akan disampaikan 

Cara public speaking penting banget membuat kerangka yang hendak disampaikan. Seperti yang sudah disinggung di metode public speaking, setiap orang memiliki cara dan seleranya sendiri-sendiri.

Dari pengalaman dan kenyamanan yang saya rasakan, saya lebih senang metode publik speaking using note. Alasannya sederhana, karena saya tidak perlu lagi menghafal sama persis.

Saya hanya perlu mengetahui referensi sebelumnya. Saya cukup membaca, memahami dan menghayatinya. Sisanya, saya sampaikan menggunakan bahasa sendiri. 

Jadi kerangka yang saya buat hanya membantu agar saya tidak keluar jalur utama yang akan saya presentasikan. Kerangka public speaking juga membantu saya mencatat data-data penting yang bersifat mutlak. Misal menulis data dari hasil survey atau dari hasil penelitian. 

3. Mempersiapkan alat bantu 

Ternyata pengertian dan metode public speaking tidak sekedar teori. Tetapi butuh kecakapan praktek di depan audience. salah satunya masalah teknis mempersiapkan alat bantu. Alat bantu yang dimaksud bisa materi yang kita tulis di power point, atau bisa juga alat bantu seperti OHP atau LCD.

Jadi tergantung konteks public speaking untuk keperluan apa dulu. 

Daftar Reseller Buku

Jika untuk pendadaran skripsi, penting banget buat kamu menguasai bagaimana cara menyambungkan LCD dengan laptop. Jika konteks public speaking ditempat umum, mengisi seminar atau semacamnya, kita cukup mempersiapkan materi powerpoint, sisanya biasanya akan diurus oleh panitia. 

4. Menguasai materi 

Menyambung pembahasan nomor tiga, penting banget nih buat kamu untuk menguasai materi. Menguasai tidak harus menghafal. CUkup pahami, cermati, pikirkan, renungkan dan hayati. Jangan berusaha dihafal. Karena menghafal justru akan merusak daya konsentrasi lain. 

Ups! Tunggu dulu, tiap orang berbeda-beda caranya. Bagi saya, menghafal justru menutup gagasan spontan. Ketika kita menguasai materi, maka saat saya spontan berbicara di depan umum, akan muncul gagasan lain dan ide brilian lain yang muncul. 

Agar kamu bisa melakukan cara tersebut, kamu hanya perlu rileks. Rileks dan biarkan ide kita melakukan eksplor. Tentu saja harus tetap fokus dan kritis. 

5. Memperhatikan aspek non verbal 

Kunci public speaking kamu menarik bagi audience karena adanya interaksi non verbal dari pembicara. Nah, karena berbicara di depan banyak orang itu rasanya nano-nano. Ada beberapa tips agar aspek non verbal tetap rileks dan nyaman. 

  1. Anggap mereka setara atau dibawah kamu dalam hal perspektif atau ke intelektualnya. 
  2. Tatap mereka tanpa persepsi macam-macam. Jika banyak persepsi macam-macam akan mempengaruhi kepercayaan diri kita di depan panggung. 
  3. Jangan berbicara diri sendiri, sesekali melontarkan pertanyaan basa basi. 
  4. Jangan berbicara terlalu teoritis, dan tidak berbicara tentan data melulu, karena mereka akan tidur
  5. Sampaikan sesuai apa yang didekat mereka
  6. Jika masih tidak percaya diri menatap mereka, tatap dahi mereka. saat kita menatap dahi, mereka akan melihat kita melihat mata mereka. bisa juga menatap ujung kepala mereka, agar tidak langsung bertatapan dengan audience. 

Itulah beberapa tips agar bahasa non verbal kamu tetap percaya diri, dan tidak goyah karena persepsi yang tidak jelas yang melemahkan semangat dan kepercayaan diri kamu.

Rekomendasi Buku

Manfaat Dan Tujuan Public Speaking

Tidak sekedar memahami pengertian dan metode public speaking, ternyata memiliki manfaat dan tujuan yang menguntungkan pada diri sendiri dan orang lain. Apa saja itu? Yuks simak ulasannya sebagai berikut. 

A. Manfaat public speaking 

Ditinjau dari manfaatnya, public speaking memiliki beberapa manfaat sebagai berikut. 

1. Meningkatkan Jenjang Karir 

Manfaat paling dirasakan adalah meningkatkan jenjang karir dan memperluas jaringan relasi. Semakin luas relasi, semakin besar peluang dan potensi yang akan kita peroleh. Tentu saja akan mempengaruhi hal-hal baik di masa yang akan datang. 

Jika public speaking kamu dapatkan diluar kemampuan pekerjaan kantoran, maka jika pihak kantor kamu memiliki potensi ini. Maka kamu pun akan direkomendasikan atau jenjang karir yang kamu miliki bisa dinaikan karena keterampilan tambahan yang kamu punya. 

2. Membangun Percaya Diri 

Manfaat memahami pengertian dan metode public speaking secara tidak langsung membangun rasa kepercayaan diri kamu loh. Setidaknya dari pengalaman berbicara di depan umum, sudah sebuah langkah hebat, karena bisa melawan rasa takut pada diri sendiri.

Tidak semua orang berani dan bisa berbicara di depan umum. Jadi jika ada kesempatan menjadi public speaking, lakukan. Karena kesempatan tersebut sebagai ajang membangun keberanian diri. 

3. Berfikir Cerdas 

Banyak orang yang pintar, tetapi sedikit orang yang cerdas. Orang pintar pintar dalam kemampuan otak. Sayangnya kekritisan dalam mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari tidaklah semua orang bisa melakukannya.

Orang yang cerdas adalah orang yang mampu mengolah dan memanajemen waktu yang ada sebaik mungkin. Bahkan dalam kondisi yang tidak terduga saat hendak berbicara di depan umum, orang cerdas mampu menutupi kekurangan dan mampu menemukan strategi spontan yang tetap keren. 

4. Pandai Berbicara 

Sedikit cerita tentang pengalaman saya. Awalnya saya mendapatkan tawaran berbicara di depan umum. Tidak begitu yakin saya menerima tawaran tersebut. Saat di depan panggung pun, rasanya campur aduk. Dari satu tawaran, muncul tawaran lain dan lainnya. 

Sejak awal, saya tipe orang yang mahir menulis dibandingkan berbicara. Karena memaksakan diri menerima tawaran menjadi public speaking tersebut, saya pun mulai berani berbicara di depan umum. Bisa dibilang, kemampuan berbicara saya daripada awal pertama kali lebih baik. Yah, jika dibandingkan dengan public speaking sejati, tentu masih jauh. 

Setidaknya dari sini saya menyadari, manfaat public speaking yang tidak sekedar memberikan melatih keberanian tetapi juga melatih kecakapan berbicara di depan umum. 

B. Tujuan public speaking 

Setelah mengetahui manfaat dari public speaking, kita intip tujuan dari public speaking itu di bawah ini. 

1. Memotivasi 

Tujuan dari public speaking adalah memberikan motivasi bagi para audience. Semantara bagi pembicara, memiliki kepuasan tersendiri ketika audiens antusias dan merasa bersemangat atas informasi yang kita sampaikan.

Coba bayangkan, satu kalimat yang berkesan, memotivasi mereka dan bermanfaat untuk mereka, jika dipraktekkan, kita akan mendapatkan tabungan amal di akhir kelak nanti. Tentu ini juga menjadi motivasi religius bagi pembicara. 

2. Menginformasikan sesuatu 

Tujuan yang tidak kalah penting dari public speaking adalah memberikan informasi yang belum mereka tahu. Bagi kamu informasi tersebut mungkin biasa saja, bahkan menganggap tidak penting.

Namun, bagi orang lain, informasi tersebut sangat penting bagi mereka. dahsyatnya, mampu mengubah nasib orang tersebut. 

3. Persuasif 

Apa yang kita sampaikan dalam public speaking adalah bentuk persuasive kepada audience. kemampuan menarik perhatian dan daya tarik audience adalah tujuan utama.

Sayangnya, untuk bisa mencapai di titik ini, dibutuhkan konsentrasi dan kepandaian dalam menyampaikan pesan secara lisan. 

4. Menghibur Audience 

Ada beberapa tujuan public speaking, tergantung dari sasaran audience nya dan tema. Ada public speaking yang sifatnya disampaikan ringan. Asal bisa menghibur para audience. oh iya, public speaking yang formal sekalipun juga perlu ada hiburan, agar mereka tidak dilanda rasa kantuk yang tak tertahan. 

Itulah beberapa ulasan tentang pengertian dan metode public speaking. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat dan memberi semangat.

Baca Artikel Terkait Public Speaking:

Penulis: Irukawa Elisa

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang