VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Perubahan Organisasi dan Gunung Es yang Mencair

toko buku kuliah

Our Iceberg is Melting merupakan buku motivasi yang menjelaskan perihal cara-cara menghadapi perubahan dengan baik dan bagaimana mencapai kesuksesan dalam menghadapi perubahan tersebut. Jika perubahan tidak ditangani dengan baik maka kita dapat mengalami situasi yang membahayakan. Seringkali orang-orang dan berbagai organisasi tidak melihat perlunya perubahan, padahal perubahan itu sesuatu yang pasti.

Buku ini ditulis dari pengalaman-pengalaman dan pengamatan terhadap perubahan selama beberapa dekade dan ditunjukkan perangkap-perangkap yang bisa menjatuhkan kita, juga langkah-langkah yang dapat menjamin kesuksesan kelompok menghadapi perubahan.

Buku ini menggunakan metode dongeng dalam menjelaskannya supaya lebih mudah dimengerti bagi para pembacanya. Dongeng dapat menjadi sangat berpengaruh karena membuat masalah yang serius, membingungkan, dan mengancam menjadi jelas dan mudah dipahami. Dengan dongeng, informasi penting dapat menjadi lebih mudah diingat dibanding teori-teori saja. Dongeng dalam buku ini menceritakan tentang kelompok penguin di Antartika menghadapi bencana Gunung Es tempat tinggal kelompok penguin tersebut yang akan mencair.

Buku ini menjelaskan tentang bagaimana sebuah organisasi dalam menghadapi perubahan, pertama-tama adalah dengan melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Pengamatan berguna sebagai data awal dalam mengambil keputusan, apakah organisas perlu berubah menyesuaikan perubahan lingkungan atau tidak, serta sebagai dasar dalam mengambil tindakan dan kebijakan. Karena semakin banyak data pengamatan, maka semakin jelas dan tidak membuat gelisah.

Dalam menghadapi perubahan sebuah organisasi tidak bisa digerakkan hanya oleh seorang saja. Perlu adanya kerjasama antara orang-orang dalam organisasi tersebut. Mebentuk tim tim penanganan perubahan sekiranya dapat menemukan solusi-solusi dalam memnghadapi perubahan.

Proses Delapan langkah Perubahan yang Berhasil:

Atur Tingkatannya

  1. Ciptakan Perasaan Mendesak. Bantu orang lain melihat perlunya perubahan dan pentingnya segera bertindak
  2. Tetapkan Tim Pemandu bersama-sama. Pastikan ada kelompok kuat yang memandu perubahan, yang memiliki kemampuan memimpin, kredibilitas, kemampuan berkomunikasi, kekuasaan, kemampuan analisis, dam perasaan mendesak.

Putuskan Apa yang Akan Dilakukan

  1. Kembangkan Visi dan Strategi perubahan. Perjelas bagaimna masa depan akan berada dari masa lalu, dan bagaimana kita dapat membuat masa depan itu menjadi kenyataan.

Wujudkan

  1. Komunikasikan untuk Mencapai Pemahaman dan Mengalah untuk Menang. Yakinkan sebanyak mungkin orang untuk dapat memahami dan menerima visi dan strategi.
  2. Berikan Wewenang kepada Orang Lain untuk Bertindak. Lenyapkan sebanyak mungkin penghalang sehingga mereka yang membuat visi menjadi kenyataan dapat melakukannya.
  3. Hasilkan kemenangan jangka Pendek. Cipatakan beberapa kesuksesan yang dapat dilihat dan tampak jelas sesegera mungkin.
  4. Jangan Mudah Berhenti. Buat tekanan yang lebih keras dan lebih cepat setelah keberhasilan pertama. Ajukan perubahan demi perubahan hingga visi menjadi kenyataan.

Canangkan

  1. Ciptakan Budaya Baru. Tahan cara-cara baru yang menunjukkan reaksi dan pastikan dapat berhasil, hingga cara-cara itu cukup kuat untuk menggantikan tradisi lama.

Buku ini menjadi buku manajemen nomor satu dan paling laris untuk kriteria perubahan dalam organisasi. Dibanding metodologi lain, buku ini sering digunakan para pemimpin menggunakan kerangka kerja: menciptakan pertumbuhan lebih banyak, membatasi ketidakefektifan, meningkatkan kualitas produk atau jasa, atau memperbaiki siapa yang melakukan apa dan bagaimana caranya.

Buku ini menghadirkan senyum dengan cerita-cerita yang logis dan dapat dipraktikkan karena masalah-masalah yang diangkat sering kita jumpai di organisasi-organisasi dimanapun. Selain itu buku ini juga menstimulasi pembaca untuk berdiskusi dan membicarakan masalah nyata yang sedang dihadapi pembacanya. [Gustraprasaja Galih Jatisantosa]

 

Sumber: Kotter, John. Our Iceberg is Melting. Perubahan dan Kesuksesan dalam Berbagai Kondisi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang