6 Pertanyaan Sulit yang Sering Muncul di Sidang Skripsi & Tips Mengatasinya

Pertanyaan yang Sering Muncul di Sidang Skripsi
toko buku kuliah
Bagikan

Pertanyaan yang Sering Muncul di Sidang Skripsi – Bagi mahasiswa tingkat akhir, masa pengerjaan skripsi adalah proses paling menantang.

Untuk menyelesaikan skripsi, mahasiswa membutuhkan kekuatan fisik, mental, dan tak jarang finansial.

Apalagi ada banyak tahapan yang perlu dilalui. Mulai dari penentuan judul dan topik, ujian seminar proposal, pengumpulan data, hingga sidang atau disebut juga ujian komprehensif.

Pada tahap akhir, mahasiswa akan mempresentasikan hasil penelitian di hadapan dosen penguji. Proses ini kerap ditakuti loh oleh mahasiswa.

Pasalnya mahasiswa akan dicecar dengan beragam pertanyaan untuk menguji keabsahan penelitian. Jadi nggak aneh kalau mahasiswa merasa gentar dan takut.

Namun ada satu tips yang bisa digunakan untuk mengatasi ketakutan: persiapkan ujian dengan maksimal dan perkirakan pertanyaan umum yang sering ditanyakan.

Tips ini cukup ampuh meredakan kekhawatiran. Di sisi lain mahasiswa jug lebih siap hadapi pertanyaan meski sebenarnya pertanyaan yang muncul tidak sama sepenuhnya dengan perkiraan.

Pertanyaan yang Sering Muncul di Sidang Skripsi Sempro

Nah, apa saja pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di sidang skripsi?

Berikut ini adalah kumpulan pertanyaannya. Kumpulan pertanyaan ini dapat dijadikan gambaran seperti apa nanti pertanyaan yang akan kamu temukan saat sidang skripsi. Simak dengan baik sebagai bentuk persiapan sidang skripsi atau bahasa kerennya biasa dibilang Thesis Defense.

1. Mengapa penelitian ini penting dilakukan?

Diperkirakan pertanyaan ini hampir selalu muncul dalam sidang skripsi. Misalnya tidak keluar di sidang skripsi, pertanyaan ini bakal diajukan dosen penguji saat seminar proposal. Pertanyaan tentang urgensi ini memang cukup ampuh mengorek dasar penelitian yang kamu lakukan.

Bagai pertanyaan dasar dan wajib, pertanyaan “mengapa penelitian ini penting dilakukan?” sangat besar persentasenya keluar di sidang skripsi.

Tips Mengatasinya :

Nah, bila kamu mendapatkan pertanyaan ini maka hal pertama yang harus kamu lakukan: jangan grogi dan panik. Tidak apa mengambil napas terlebih dahulu sebelum menjawab. Kemudian kamu ingat-ingat bagian latar belakang sidang skripsimu. Jawaban soal pentingnya penelitian ini dilakukan ada di bagian tersebut.

Selama kamu mengingat dengan benar dan jelas apa yang mendasari penelitian ini maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kamu pasti dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Jadi kunci agar sukses menjawab pertanyaan semacam itu, kamu harus benar-benar memahami bagian pendahuluan skripsi. Bagian itu sangat krusial dan kerap dipertanyakan oleh dosen penguji.

2. Mengapa kamu memilih judul penelitian ini?

Banyak mahasiswa yang tidak menduga pertanyaan sederhana bakal ditanyakan. Terdengar sepele dan mudah sekali menjawabnya bukan? Padahal pertanyaan ini sangat tricky. Sekali kamu salah menjawab maka bisa dikatakan keseluruhan penelitian skripsimu bermasalah. Apalagi selama ini mahasiswa cukup sering mengabaikan perkara judul ini.

Tips Mengatasinya :

Pemilihan kata dalam judul merupakan representasi dari keseluruhan isi skripsi. Kalau tidak hati-hati memilih judul maka tidak keselarasan antara judul dan isi skripsi. Makanya nggak jarang mahasiswa mendapatkan pertanyaan ini dalam sidang skripsi. Mahasiswa harus memahami dengan baik makna dari setiap kata yang ada di judul skripsi dan kaitanya dengan isi skripsi. Jadi mulai sekarang, perhatikan pula judul skirpsimu, ya. Apakah sudah benar?

3. Mengapa kamu menggunakan teori ini dibandingkan teori lain?

Pertanyaan soal teori yang dipakai dalam skirpsi juga sering muncul. Teori memang bagian dari skripsi yang krusial. PAsalnya teori digunakan sebagai pisau analisis. Kalau teori yang kamu pilih kurang tepat maka teori tersebut tidak bisa dipakai untuk menganalisis topik skripsi. Alhasil penelitian skripsi pun bermasalah karena alat untuk analisisnya saja kurang pas nih.

Tips Mengatasinya :

Makanya sebagai jaga-jaga, kamu harus mempersiapkan argumen yang kuat. Sehingga kamu bisa menjustifikasi kalau teori yang kamu gunakan memang tepat dan bisa dipakai untuk alat analisis. Perkuat argumenmu dengan data yang lengkap dan sumber literatur yang tepat juga, ya.

4. Bagaimana kamu mendapatkan data?

Nah, kalau pertanyaan ini berhubungan dengan bagaimana cara kamu mendapatkan data penelitian nih.

Tips Mengatasinya :

Pertanyaan ini berkaitan dengan bab 3 skripsi yakni tentang metodologi penelitian. Di sinilah kamu akan diuji pemahaman tentang metode penelitian yang kamu pilih. Biasanya pertanyaan ini diajukan oleh dosen penguji skripsi untuk memastikan kalau kamu paham dengan langkah-langkah pencarian data sesuai dengan metode penelitian.

Untuk itu kamu harus mempelajari dengan baik metode penelitian. Misalnya saja tentang metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Termasuk bagaimana kamu mendapatkan data penelitian. Apabila memilih pengumpulan data wawancara maka bagaimana kamu menyusun pertanyaan dan memilih narasumber? Hal-hal semacam inilah yang nantinya bakal ditanyakan saat sidang skripsi.

5. Jadi apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari penelitian ini?

Sementara itu, pertanyaan ini berhubungan bab pembahasan dan kesimpulan dalam skripsi, Kamu diminta untuk menjelaskan apa yang didapatkan dari penelitian. Kemudian kamu menjelaskan apa benang merah atau kesimpulan dari semua data yang kamu dapatkan. kemampuanmu dalam menganalisis akan diuji dalam pertanyaan ini.

Sehingga kamu bisa menjelaskan kaitan antar data penelitian. Apabila kamu dapat menemukan benang merah tersebut, maka kamu bisa menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah penelitian.

Tips Mengatasinya :

Nah, pertanyaan ini akan mengarahkanmu pada pertanyaan selanjutnya mungkin keluar dari dosen penguji: apakah hasil penelitianmu sesuai dengan hipotesis awal atau tidak? Jika iya, mengapa? Jika tidak pun, apa alasannya?

Jadi, persiapkan diri dengan baik, ya. Kemungkinan kamu akan mendapatkan pertanyaan seperti itu dalam sidang skripsi. Pertanyaan itu sering kali muncul soalnya.

Belajar jualan online

6. Mengapa kamu memilih sumber-sumber bacaan ini? Coba terangkan apa yang kamu baca?

Pertanyaan ini tergolong pertanyaan yang jarang diduga bakal keluar dalam sidang skripsi lo. Kamu pun bisa jadi tidak membayangkan sebelumnya. Tapi ada kok dosen penguji yang menanyakan perihal literatur yang dipakai mahasiswa di daftar pustaka. Kebanyakan mahasiswa tidak terpikirkan pertanyaan ini. Padahal pertanyaan bisa sewaktu-waktu ditanyakan.

Tips Mengatasinya :

Karena jarang terpikirkan, mahasiswa pun jarang mempersiapkan diri kalau menerima pertanyaan tentang daftar pustaka. Jadinya mereka kaget dan panik. Akibatnya mereka tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Pertanyaan ini sekaligus pengingat agar mahasiswa tidak asal mencomot sumber referensi. Apalagi kalau sampai tidak dibaca dengan baik. Ibaratnya bagaimana bisa kamu mencantumkan referensi yang tidak kamu pahami isinya?

Kalau kamu asal comot dan sembarangan memasukkan referensi, maka kamu tidak memahami isi yang terkandung di dalamnya. Nah, bakal runyam urusannya. Kamu pasti dicecar habis-habisan oleh dosen penguji karena tidak memahami referensi yang kamu gunakan. Jika kamu saja tidak paham isi referensi yang digunakan, maka dapat dipastikan kamu tidak tahu yang tulis.

Baca juga : 7 Tips Tugas Mahasiswa Agar Cepat Kelar

Agar kejadian ini terjadi, sudah seharusnya kamu membaca dan mempelajari referensi yang dipakai dalam skripsi. Semakin banyak wawasanmu maka semakin lihai pula kamu menjawab setiap pertanyaan saat menjalani sidang skripsi.

Perbanyak referensi skripsi Kamu dari buku-buku yang bagus, seperti yang ada di Toko Buku Online Deepublish.

Kesimpulan Pertanyaan yang Sering Muncul di Sidang Skripsi

6 pertanyaan di atas cuma segelintir contoh, ya. Masih banyak pertanyaan yang umumnya muncul dalam sidang skripsi. Agar gambaranmu tentang pertanyaan yang muncul di sidang skripsi bertambah, jangan sungkan bertanya kepada mahasiswa lain yang terlebih dahulu sidang skripsi, ya. Good luck!

Rekomendasi Buku tentang Skripsi

Baca juga artikel yang lain berikut :

Kontributor : Ana W

Editor : Ridwan Karim

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang