VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Persiapan Menjadi Orang Tua dan Pendidik yang Sukses

toko buku kuliah

Persiapan Menjadi Orang Tua dan Pendidik yang Sukses – “Anak adalah amanah Allah kepada orang tua,” tutur Al-Ghazali dalam Ihyanya. Ia siap dibentuk untuk dijadikan apa saja tergantung keinginan pembentuknya.Jika dibiasakan dan dibina untuk menjadi baik maka ia akan menjadi baik.

Kedua orang tua, para guru dan pendidiknya pun akan menuai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sebaliknya, bila dibiasakan terhadap keburukan dan diabaikan pembinaannya laksana binatang ternak, maka buruklah jadinya dan ia pun akan merugi . Orang tua dan para pendidikpun akan menganggung dosanya.

Rasulullah SAW bersabda : Setiap anak yang baru dilahirkan itu lahir dengan membawa fitrah. Orangtuanyalah yang menjadikan Yahudi, Majusi atau Nasrani.

Rasulullah SAW telah meletakkan kaidah dasar yang intinya bahwa seorang anak akan tumbuh dewasa sesuai dengan agama orang tuanya.

Persiapan Menjadi Orang Tua dan Pendidik yang Sukses

1. Tanggung Jawab Pendidikan

Rasulullah SAW membebankan tanggung jawab pendidikan anak itu sepenuhnya di pundak orang tua. Dari Ibnu Umar Rasulullah SAW bersabda :

Masing-masing kalian adalah pemimpin. Masing-masing akan diminta pertanggung-jawaban atas kepemimpinannya. Kepala negara adalah pemimpin yang akan dimintai petanggungjawabannya terhadap kepemimpinanannya, seorang lelaki adalah pemimpin dalam keluarganya dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap kepemimpinannya, wanita adalah pemimpin dalam rumah suaminya dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap kepemimpinannya, begitu pula pelayan adalah pemimpin terhadap harta tuannya dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap kepemimpinannya.

Masing-masing kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap kepemimpinannya. (Muttafaq Alaih)

Allah SWT berfirman : Wahai Orang-oarang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka (yang) bahan bakarnya adalah manusia dan batu; dijaga oleh malaikat yang keras dan kasar, tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan (Q. S. At-tahrim:6).

Baca juga : Melatih Cara Berpikir dalam Berbisnis

2. Sifat-sifat Pendidik Sukses

Sifat-sifat pendidik sukses:

  • Penyabar dan tidak emosional
  • Lamah lembut dan menghindari kekerasan
  • Hatiya penuh rasa kasih sayang
  • Memilih yang termudah dari dua perkara selama tidak berdosa
  • Fleksibel
  • Bersikap moderat dan seimbang
  • Ada senjang waktu dalam memberi nasihat

Baca juga : Cara Agar Sukses Karir

(Cinthia Morris Sartono)

Sumber: Suwaid, Muhammad Ibnu Abdul. Cara Nabi Mendidik Anak

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang