fbpx
flash sale toko buku online deepublish

10+ Perlengkapan Kuliah Mahasiswa Baru Saat Pandemi

perlengkapan kuliah saat pandemi
toko buku kuliah

Perlengkapan kuliah mahasiswa baru saat pandemi – Pindah dari sekolah menengah ke perguruan tinggi dapat menjadi transisi besar bagi siswa. Apalagi mahasiswa baru yang masuk tahun ini menghadapi tantangan baru karena pandemi virus corona sehingga mendorong banyak perguruan tinggi untuk sepenuhnya melakukan pembelajaran dalam jaringan atau pembelajaran online. 

Bagi kalian yang sedang mengalami perubahan kehidupan baru ini dan ketidakpastian hari ini, ada cara untuk mempersiapkan diri sebelum memulai kelas pertama tersebut. Dari meneliti dukungan akademis hingga mengembangkan keterampilan interpersonal yang kuat, tips berikut dapat membantu kamu sebagai mahasiswa baru untuk mengatur dan membangun pondasi untuk kesuksesan perguruan tinggi. Ikuti langkah-langkah ini agar kalian siap ketika kelas dimulai.

10 Perlengkapan Kuliah Mahasiswa Baru Saat Pandemi

1. Bersiaplah untuk Kelas Online

Pengalaman mahasiswa baru tahun ini kemungkinan akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.  Perlengkapan kuliah mahasiswa baru saat pandemi dapat mempersiapkan lebih banyak kelas online dan tindakan jarak sosial baru dengan sering memeriksa situs web perguruan tinggi untuk informasi terbaru.

Sebelum kelas dimulai, kamu harus memperoleh semua teknologi yang diperlukan untuk menunjang pembelajaran online.  

2. Mulai Biasakan Membaca untuk Referensi Jurusan

Perlengkapan kuliah mahasiswa baru terdiri dari lebih banyak membaca daripada yang dibutuhkan di sekolah menengah. Kamu harus mulai membiasakan diri dengan beban pelajaran yang meningkat, sehingga persiapkan diri dengan membaca buku sebelum kuliah.

Apa yang kamu baca bukan seberapa banyak buku tapi lebih ke tujuan untuk memilih jurusan. Carilah referensi jurusan yang sesuai dengan minatmu. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang tidak sesuai denganmu. 

3. Mantapkan Pilihan Jurusan Perguruan Tinggi

Di sebagian besar perguruan tinggi, siswa tidak perlu mengetahui dengan pasti jurusan mana yang akan mereka tempuh di hari pertama tahun pertama. Tetapi siswa harus mulai berpikir tentang apa yang ingin mereka pelajari dalam persiapan untuk memilih mata pelajaran.

Mereka yang tertarik dengan pre law dan premed, misalnya, harus mempelajari lebih lanjut tentang trek tersebut jika perguruan tinggi mereka menawarkannya. “Luangkan waktu untuk mengeksplorasi jenis program bimbingan akademik di universitas Anda,

4. Asah Soft Skill

Memasuki perguruan tinggi kamu akan didorong menjadi siswa yang mampu mengembangkan keterampilan komunikasi yang kuat. Dari proyek kelompok hingga berkomunikasi dengan profesor, kemampuan menyampaikan ide dengan jelas dan bekerja secara kolaboratif akan bermanfaat bagi siswa.

Itu termasuk menangani masalah sosial; banyak siswa akan menemukan diri mereka bekerja sama dengan orang-orang dari latar belakang dan pengalaman hidup yang berbeda, jadi mereka harus mempertimbangkan untuk mengambil keuntungan dari kelas atau buku keberagaman dan inklusi. 

Selain itu, keterampilan kepemimpinan dan pemecahan masalah akan menjadi kualitas penting saat melamar pekerjaan dan magang selama sekolah maupun setelah lulus. Dengan pemikiran tersebut, kamu harus mempertimbangkan untuk mendaftar di kursus yang mengajarkan soft skill begitu perkuliahan dimulai.

5. Gunakan manajemen waktu dengan bijak.

Menyeimbangkan tuntutan akademis dan sosial perguruan tinggi dapat menjadi tantangan bahkan bagi siswa yang paling rajin sekalipun. Tetapi ada banyak alat digital yang dirancang untuk siswa, dan sedikit organisasi dapat membantu memastikan waktu digunakan dengan bijak.

Aplikasi dan alat smartphone dapat membantu siswa membatasi waktu pada hiburan dan media sosial, dan dapat membantu menjaga jadwal belajar tetap pada jalurnya.

Baca juga : Arti Mahasiswa Yang Sesungguhnya, Pantaskah Kamu?

6. Pertimbangkan Jika Ingin Melakukan Side Job

Perguruan tinggi itu mahal, dan biayanya melampaui uang sekolah. Pengeluaran sehari-hari merupakan bagian yang signifikan dari anggaran mahasiswa. Pekerjaan paruh waktu dapat mengurangi tekanan anggaran, tetapi juga menyita waktu untuk fokus yang terbelah antara kuliah dan kerja.

Beberapa siswa mungkin juga memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan beasiswa dari perguruan tinggi maupun instansi lainnya, tapi ada pula yang belum beruntung sehingga harus kuliah sambil kerja.

Sebelum membuat keputusan untuk bekerja sebagai mahasiswa baru, maka kamu harus melakukan komunikasi dengan keluargamu mereka tentang finansial untuk kuliah.

7. Hubungi Dosen Sebelum Kelas Dimulai

Memupuk hubungan yang kuat dengan dosen dapat membantumu meraih kesuksesan. Setelah kamu memilih kelas mereka, mereka akan menghubungi kamu untuk mengirim email ke beberapa instruktur atau melihat apakah mereka dapat berbicara melalui konferensi video atau panggilan telepon. Pastikan untuk bersikap hormat dan dewasa dalam semua komunikasi dengan dosen dan staf akademik lainnya.

8. Manfaatkan Sepenuhnya Kegiatan Orientasi

Orientasi biasanya dimulai dalam beberapa minggu dan terkadang berbulan-bulan sebelum kelas dimulai, tetapi tahun ini, mungkin ditunda atau diadakan sepenuhnya secara online. Tetap saja, ini cara yang bagus bagi mahasiswa baru untuk menyesuaikan diri dan menanyakan banyak pertanyaan.

Sadarilah bahwa setiap orang berusaha untuk berteman dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, jadi jangan malu. Setelah orientasi, banyak sekolah menawarkan pengalaman tahun pertama yang unik yang membantu siswa terhubung lebih jauh dengan teman sekelas dan komunitas kampus mereka.

Baca juga : 7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Paling Mudah Dilakukan

9. Siapkan Mental

Kalau anda bertekad penuh menjadi mahasiswa maka anda harus menyiapkan mental dalam diri anda untuk beranjak dari mental SMA dan menyiapkan dengan sangat baik untuk menyambut kehidupan kampus yang menuntut untuk bisa berorganisasi dan menyelesaikan tugas dari dosen.

Yang bahkan tersemat kata “Dosen Killer” yang membuat mahasiswa kadang kepayahan melayani dosen tersebut yang biasanya memberi tugas sulit atau bahkan terkenal galak dan juga suka menghukum mahasiswa dengan tugas yang membuat hati kebanyakan mahasiswa sangat kesal dengan ulahnya.

10. Cari Cara untuk Jadi Mahasiswa Aktif

Perguruan tinggi memberikan sejumlah kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengeksplorasi minat yang ada atau memulai hobi baru. Baik itu bergabung dengan ansambel musik atau terlibat dalam masalah sosial, banyak sekolah mempermudah untuk terlibat.

Memiliki rencana tindakan sebelum tiba akan membantu siswa memilih kegiatan yang bermakna dan memastikan mereka tidak melewatkan tanggal pendaftaran atau pertemuan penting setelah kuliah dimulai.

Biasanya ada beragam UKM, organisasi, dan komunitas yang bisa kamu pilih saat kuliah. Perlengkapan kuliah mahasiswa baru adalah kamu harus mencari apa passionmu. Salah satu caranya yakni dengan aktif berorganisasi. Ikutilah kegiatan-kegiatan yang kamu sukai, harapannya saat kamu sudah lulus, kamu memiliki soft skill yang mumpuni. 

11. Ketahui Peraturan Kampus

Dimanapun kamu berada, tentu kamu akan menemukan adanya peraturan bukan? Begitu juga di kampus. Karena status kamu masih sebagai mahasiswa baru, tentu kamu masih cukup awam bukan dengan peraturan-peraturan yang ada di kampus baik itu peraturan yang dikeluarkan oleh fakultas, maupun universitas. Banyak peraturan-peraturan yang harus kamu ketahui supaya kamu bisa menjalani masa perkuliahan dengan lancar.

Baca juga : 7 Hal Yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Saat Kuliah Dirumah

Biasanya peraturan-peraturan ini mencakup cara berpakaian, peraturan absensi perkuliahan, peraturan meminjam kelas untuk kegiatan, peraturan parkir kendaraan, dan masih banyak lagi. Jadi kamu dituntut untuk cermat memperhatikannya, agar tak ada satupun pelanggaran yang kamu langgar.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang