Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

perbedaan wirausaha dan wiraswasta
toko buku kuliah
Bagikan

Perbedaan wirausaha dan wiraswasta  – Profesi pekerjaan yang dilirik saat ini tidak melulu menjadi pegawai negeri. Salah satunya profesi menjadi seorang pengusaha. Tentu saja kamu akan mendapatkan banyak keuntungan saat menjalankan usaha bisnis ini. 

Buat kamu yang bingung ingin menjadi apa di masa yang akan datang, menjadi seorang wirausaha adalah jawaban yang tepat dan mulia. Kenapa mulia? Karena seorang wirausaha jika sukses, bisa memberikan lapangan kerja bagi orang lain. 

Untuk menghemat waktu, langsung saja kita intip pengertian dan Perbedaan wirausaha dan wiraswasta berikut ini.

Pengertian Wirausaha Secara Umum

Pengertian wirausaha secara umum dapat diartikan sebagai bentuk kesiapan dan keberanian seseorang untuk menanggung risiko terhadap pekerjaan yang ditekuni. Pekerjaan yang dimaksud adalah usaha seseorang menjalankan usaha dengan tenaga, sarana dan modal yang dimiliki sendiri. 

Pengertian kewirausahaan secara umum dapat pula diartikan sebagai bentuk kemampuan seseorang dalam mengelola kreativitas menjadi sebuah inovasi secara jeli. Dimana seseorang yang menjalankan mampu membentuk sebuah peluang untuk membangun usaha bisnis yang dijalankan. Salah satu agar usaha bisnis yang dijalankan berjalan lancar, maka dibutuhkan konsep kewirausahaan sosial.

Pengertian Wirausaha Menurut Ahli

Jika sebelumnya sudah mengintip pengertian wirausaha secara umum, berikut akan kita intip pengertian wirausaha menurut ahli. 

1. Lupiyoadi 

Menurut Lupiyoadi wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mewujudkan kreativitas dan kemampuan inovasi. Dimana dari kemampuan mewujudkan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan dapat mensejahterakan masyarakat dan lingkungan. 

2. Robbins dan Coulter 

Berbeda dengan pendapat Robbins dan Coulter yang mengartikan wirausaha adalah upaya seseorang ataupun kelompok orang untuk menjadikan usaha yang dijalankannya berjalan secara terorganisir. Tujuannya mencapai peluang, menciptakan value dan memenuhi permintaan pasar. 

3. Dewanti 

Pengertian wirausaha menurut Dewanti, wirausaha adalah seseorang yang memiliki peran tanggung jawab tantangan dan kemampuan untuk memanfaatkan peluang. 

4. Sjanbandhy 

Berbeda pandangan menurut Sjanbandhy, wirausaha adalah kemampuan seseorang dalam mengelola usaha yang dijalankannya sendiri.

Sjanbandy juga menyampaikan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seseorang mengambil keputusan kewirausahaan, yaitu melalui penilaian kepribadian khususnya pengalaman dan latar belakang yang dimilikinya. Jadi berhasil tidaknya wirausaha ditandai oleh keterampilan, kompetensi dan pengalaman yang dimiliki seseorang. 

5. Meng dan Liang 

Sementara Meng dan Liang mengartikan wirausaha adalah seorang inovator yang memiliki mental dan pemikiran berani mengambil risiko sekaligus memiliki visi dan misi yang jelas.

Itulah beberapa pendapat para ahli tentang wirausaha. Selain memahami pengertian wirausaha di atas, penting juga kamu memahami Perbedaan wirausaha dan wiraswasta. Namun sebelumnya, kita intip dulu ciri-ciri wirausaha.

Ciri-Ciri Wirausahawan

Berbicara tentang ciri-ciri wirausaha, setiap ahli memiliki pandangannya sendiri-sendiri. Jadi jika ada perbedaan pendapat tentang ciri wirausaha tidak perlu kaget, memang banyak perspektif. Berikut ciri-ciri wirausaha secara umum sebagai berikut. 

1. Mengejar Prestasi 

Tidak semua orang memiliki jiwa wirausaha. Salah satu ciri orang yang memiliki jiwa wirausaha adalah memiliki dorongan mengejar prestasi. Tentu saja bentuk prestasi yang dimaksud dalam hal ini adalah prestasi berbentuk karya, hasil inovasi yang mereka buat sendiri. Jadi bukan sekedar prestasi secara akademik, tetapi prestasi dalam bentuk aplikatif berupa tindakan dan hasil. 

2. Berani Mengambil Risiko 

Saya yakin jika kamu tahu jika salah satu ciri utama seorang wirausaha adalah kemampuan mental untuk mengambil risiko. Umumnya orang-orang yang berani mengambil risiko adalah mereka yang tidak memiliki rasa takut dengan hal apapun. Mereka tidak merasa takut karena mereka memiliki analisa, sudut pandang yang berbeda daripada orang pada umumnya.

Baca cara mengelola risiko yang baik dengan Manajemen Risiko

3. Mampu Memecahkan Masalah 

Ciri orang yang memiliki jiwa wirausaha adalah mampu memecahkan masalah yang terjadi tanpa harus menciptakan masalah baru. Setiap orang memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Solusi yang dibuat bergantung pada wawasan, pengetahuan, dan pengalaman orang. Jika seseorang tersebut memiliki pengalaman kurang, tentu saja hasil solusi yang dibuat juga setengah-setengah dan kurang tuntas. 

4. Rendah Hati 

Belakangan ini kita sering membaca berita di media sosial berseliweran tentang keramahan karyawan Bank BCA. Mulai dari Satpam hingga Atasan BCA yang memperlakukan nasabah tanpa memandang atribut yang mereka kenakan. Nasabah yang hanya menggunakan sendal jepit pun tetap melayani dengan rendah hati.

Tentu ini salah satu contoh nyata bahwa rendah hati yang ditanamkan perusahaan (pemilik) kepada seluruh karyawannya telah berhasil. Kerendah hatian ini pulalah yang menjadi sumber kenyamanan nasabah bertahan bekerjasama dengan mereka.

5. Bersemangat

Ciri orang yang memiliki jiwa wirausaha memiliki jiwa bersemangat sekalipun usaha yang dijalankan sesuatu yang sulit. Barangkali ada yang bertanya, apa rahasia wirausaha selalu bersemangat menjalankan usaha mereka? 

Jawabannya sederhana. Rata-rata orang yang menjalankan sebuah usaha karena mereka memiliki passion di sana. Kekuatan rasa senang terhadap apa yang dilakukan inilah yang menjadi kekuatan.

Seperti halnya ketika kita sedang jatuh cinta pada seseorang. ai ayam pun akan terasa seperti coklat. Itu menunjukan bahwa rasa senang dan cinta kita terhadap apa yang kita kerjakan juga demikian. Mampu menyamarkan berat karena masalah menjadi lebih ringan dan bisa dijalani lebih riang.

6. Percaya Diri 

Adapun ciri yang paling menonjol yang dimiliki oleh seorang wirausaha, yaitu memiliki keyakinan atau kepercayaan diri dan tidak mudah bergantung pada sesuatu hal. Setidaknya mereka memiliki kemandirian di banyak hal. Rasa kepercayaan diri inilah yang juga menjadi perbedaan wirausaha dan wiraswasta.

Belajar jualan online

7. Berorientasi Pada Tugas Dan Hasil 

Mengetahui perbedaan wirausaha dan wiraswasta saja tidak cukup. Penting banget kita juga mempelajari bagaimana bisa berorientasi pada tugas dan hasil. Kunci keberhasilan berwirausaha adalah fokus pada masa depan, bukan fokus pada masa lalu dan tidak mudah mengeluhkan apa yang menjadi hambatan saat ini. 

8. Memiliki Jiwa Kepemimpinan 

Ciri lain, memiliki jiwa kepemimpinan. Dimana orang yang memiliki jiwa pemimpin adalah mereka yang mampu merangkul semua tim mereka sekaligus membimbing tim mereka. Pemimpin yang baik mampu menerima saran dan kritik dari orang lain.

9. Keorisinilan 

Seorang wirausaha yang sejati, adalah mereka yang memiliki sifat orisinalitas. Ada tiga ciri orang yang memiliki orisinalitas yaitu inovatif, kreatif dan fleksibel. Keorisinilan inilah yang menjadi dasar Perbedaan wirausaha dan wiraswasta.

10. Berorientasi Pada Masa Depan

Orang yang berwirausaha tidak sekedar original, percaya diri dan memiliki jiwa pemimpin saja. Mereka juga memiliki orientasi pada masa depan. Mereka percaya di masa yang akan datang mereka bisa menjadi orang yang sukses dan menjadi orang besar. Mereka memiliki kemampuan untuk mengontrol emosi mereka dengan. 

11. Out of the box 

Kamu pernah mendengar Bob Sadino bukan? Dia adalah seorang pengusaha yang mengawali bisnisnya hanya menekuni dan coba-coba membudidayakan ayam. Siapa yang menyangka jika memelihara ayam dan menjual telur-telur ayam mampu membukakan peluang dan mengantarkan dirinya menjadi orang berduit. 

Salah satu rahasia kesuksesan Bob Sadino tidak lain karena memiliki pemikiran out of the box. Yaitu pemikiran yang tidak umum dipikirkan orang pada umumnya. Bagi orang lain pemikiran mereka dianggap aneh dan nyeleneh.

Justru karena pemikiran yang dianggap aneh dan mustahil inilah banyak orang yang tidak menyerobot peluang. Sehingga peluang tersebut hanya dapat dijangkau oleh mereka yang memiliki pemikiran-pemikiran secara out off the box. 

Itulah beberapa ciri-ciri wirausahawan. Sebenarnya ada satu ciri lagi, yaitu pandai mengatur manajemen. Seorang wirausaha akan menjadi pengusaha yang sukses jika mereka memiliki manajemen yang baik dan tepat. Apakah kamu memiliki salah satu ciri dari wirausaha di atas? Jika belum, mulai sekarang kamu bisa melatih diri kok.

Baca artikel 10 Ciri Peluang Usaha yang Sangat Potensial

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta 

Dalam kehidupan sehari-hari, selain sering mendengar istilah wirausaha, kita juga sering mendengar istilah wiraswasta. Banyak orang yang salah mengartikan diantara keduanya. Lantas, apa saja sih perbedaan wirausaha dan wiraswasta? 

Dikatakan orang yang memiliki jiwa wirausaha adalah mereka yang memiliki usaha yang dijalankannya sendiri. DImana usaha tersebut dibangun atau dirintis sendiri. Seorang wirausaha bisa sambil menjalankan usaha mereka sendiri, sekaligus sebagai owner. 

Sementara yang dimaksud dengan wiraswasta adalah seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan atau ditempat usaha orang lain. Dalam bahasa umum, wiraswasta adalah karyawan yang bekerja di sebuah organisasi atau perusahaan. 

Namun perbedaan wirausaha dan wiraswasta dapat ditilihat menjadi beberapa sudut pandang sebagai berikut. 

1. Lingkup Bisnis 

Ditinjau dari ruang lingkup bisnis, seorang wirausaha menjalankan usaha bisnis mereka lebih dari satu bidang saja. Jadi sangat memungkinkan membuka usaha bisnis dibidang lain, dan sebanyak mungkin sesuai keinginan mereka. Tentu saja alasan mereka pun beragam, ada yang memang karena passion, ada yang karena mengejar keuntungan. 

Sebaliknya dengan wiraswasta, ruang lingkup bisnis yang mereka jalanya sebatas pada satu bidang saja. Sulit membuka peluang di bidang lain, karena tuntutan dan kewajiban. Seperti yang disinggung sebelumnya, jika wiraswasta bekerja ditempat usaha orang lain. Jika dia bekerja menjadi pelayan di restoran, maka hanya itu yang bisa mereka kerjakan. 

2. Lingkup Mindset Berfikir 

Perbedaan wirausaha dan wiraswasta yang paling menonjol terletak pada mindset berfikir mereka. Mindset berfikir pada wirausaha memiliki karakter mandiri, berani mengambil resiko dan memiliki jiwa kepemimpinan. Dari segi mentalitas, mereka tahan banting. Dari segi pemikiran pun mereka memiliki pemikiran out off the box, sehingga banyak ide, kreativitas dan inovasi yang bisa mereka ciptakan. 

Sementara mindset berpikir wiraswasta seperti pada umumnya orang. Dari segi karakter, mereka ulet dan pekerja keras. Namun untuk kasus tertentu, mentalitas seorang wiraswasta tidak sekuat mental wirausaha. Seorang wirausaha berani mengambil keputusan, sementara orang wiraswasta umumnya menjadi zona aman. 

3. Ruang Lingkup Visi dan Misi 

Seorang wirausaha dari ruang lingkup visi memiliki business plan. Tidak hanya itu saja, seorang wirausaha selalu bersemangat untuk mewujudkan visi yang mereka buat agar dapat menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya. 

Sementara wirausaha cukup mengupgrade isu-isu terbaru yang terjadi, untuk mengembangkan bisnis tempat mereka bekerja. Dari segi visi, mereka cenderung pragmatis dengan apa yang sudah ada. Sehingga terkesan kurang menantang. 

Itulah beberapa perbedaan wirausaha. Jika ditinjau lebih dalam lagi, masih ada banyak yang membedakan diantaranya keduanya.

Keuntungan Menjadi Wirausaha

Perbedaan wirausaha dan wiraswasta sebenarnya menarik untuk dipelajari. Nah, buat kamu yang memang sudah ada gambaran ingin menjadi seorang wirausaha, berikut beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh. 

1. Mendapatkan penghasilan sendiri

Sudah jelas akan memperoleh hasil sendiri. Tentu saja hasil yang diperoleh tiap orang berbeda-beda. hasil yang akan diperoleh sesuai dengan pengorbanan dan tingkat risiko yang diambil. Semakin besar risiko yang diambil, semakin besar keuntungan atau penghasilan yang akan kamu peroleh. 

Namun jika risiko tersebut gagal, maka risiko kerugian juga besar. Itu sebabnya menjalan sebuah usaha hanya bisa dijalankan oleh mereka yang memiliki mentalitas yang besar juga. 

2. Melakukan pekerjaan sesuai yang ia sukai

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa menjalankan sebuah usaha bisnis itu susah. Atau bagi beberapa orang secara modal sudah ada, namun bingung ingin menjalankan bisnis yang seperti apa. Mereka kesulitan menemukan ide usaha. 

Padahal, menjalankan usaha bisnis cukup diawali dari rasa suka. Saya yakin setiap orang memiliki hobi dan kesukaannya masing-masing bukan? Banyak para praktisi dan pengusaha sukses, mereka mengawali usaha mereka dari rasa suka mereka terhadap sesuatu. Kemudian ditekuni selama bertahun-tahun, bertahan dan melawan hambatan, hingga puncaknya ia mendapatkan definisi kesuksesan. 

3. Membuka lapangan pekerjaan

Keuntungan menjadi wirausaha tidak hanya menguntungkan bagi owner, tetapi juga menguntungkan bagi orang lain. Misalnya, membukakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan. Setidaknya peluang lapangan yang diberikan kepada orang lain sangat mulia dan berkah bagi mereka. 

Tidak hanya itu saja, Negara juga merasa terbantu. Karena telah membantu mengurangi angka pengangguran yang terjadi di Negara. Dengan kata lain, kamu adalah pahlawan untuk Negara dan pahlawan untuk kepala rumah tangga yang membutuhkan pekerjaan.

4. Menjadi pemimpin

Orang yang menjalankan sebuah usaha dan bisnis, secara mental membangun jiwa kepemimpinan. dimana jiwa kepemimpinan inilah yang sangat dibutuhkan untuk membangun usaha bisnis yang kamu jalankan. Tanpa ketegasan seorang pemimpin, usaha hanya akan begitu-begitu saja. 

5. Bertambahnya wawasan dan pengetahuan

Entah disadari atau tidak, setidaknya ketika kamu memutuskan membuka usaha dari awal. Kamu tidak hanya mendapatkan keuntungan secara finansial maupun non finansial. Tetapi juga menambah wawasan dan pengetahuan kamu. 

Di Perjalanan merintis usaha, kamu akan memperoleh banyak sekali wawasan, ilmu dan pengalaman yang tidak dapat kita peroleh jika mempelajari lewat jalur pendidikan. Seperti pepatah bilang, guru terbaik adalah kegagalan. Kegagalan adalah proses yang bisa kita rasakan melalui proses. 

6. Percaya diri

Setelah mengetahui perbedaan wirausaha dan wiraswasta mengajarkan bagaimana membangun rasa percaya diri. Jadi buat kamu yang ragu-ragu apakah akan menjalankan usaha atau tidak, jawabannya cukup coba dulu. 

Tanpa kita coba, kita tidak tahu seberapa dalam kubangan air di sana. Bisa jadi yang kelihatan dalam ternyata dangkal. Atau yang kelihatan dangkal bisa jadi dalam. Setidaknya kita perlu mencoba untuk mengetahui, sebelum nantinya kita bisa memutuskan sebuah solusi yang tepat. 

Itulah beberapa keuntungan menjadi wirausaha yang akan kamu peroleh. Jika usaha yang kamu jalankan sukses, tentu saja ada banyak lagi keuntungan yang akan kamu dapatkan. Umumnya setiap masing-masing orang memiliki pengalaman dan keuntungan yang berbeda-beda.

Mengingat reaksi seseorang terhadap hasil juga berbeda-beda. Semoga sedikit ulasan tentang perbedaan wirausaha dan wiraswasta ini bermanfaat.

Baca juga artikel terkait Usaha dan wirausaha

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang