Logo Baru April

Perbedaan Pesan dan Kesan untuk Kampus dan Dosen

Pesan dan Kesan untuk Dosen
toko buku kuliah
Bagikan

Anda pasti sering membaca kesan dan pesan yang ditulis oleh seseorang dan ditujukan oleh sesuatu, baik itu hasil karya, bagi instansi tempatnya bekerja atau menuntut ilmu dan lain sebagainya. Akan tetapi meski sering membaca, kerap kali kita bingung membedakan yang mana kesan dan yang mana kesan.

Padahal, antara kesan dan pesan memiliki makna, pengertian, dan juga fungsi yang berbeda untuk disampaikan. Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan secara mendetail mengenai apa itu pengertian dari pesan, apa itu pengertian dari kesan, apa itu perbedaan antara kesan dan pesan, serta bagaimana contoh kesan dan pesan.

Baca Juga: 7 Fungsi Sebagai Mahasiswa

Pengertian Pesan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pesan adalah perintah, nasihat, permintaan, atau amanat yang disampaikan lewat orang lain. Pesan juga dapat diartikan sebagai suatu ungkapan mengenai kritikan atau saran kepada seseorang yang sengaja disampaikan dan sifatnya membangun.

Pesan juga dapat diartikan sebagai suatu nasihat, wasiat, atau perkataan lainnya yang diucapkan terakhir kali. Pesan juga memiliki makna sebagai pesan sehari-hari yang bisa bermakna pesanan, atau sesuatu yang dipesankan. 

Pengertian Kesan

Berbeda dengan pesan, pengertian dari kesan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah yang terasa atau yang terpikir sesudah melihat atau mendengar sesuatu. Kesan juga dapat diartikan sebagai bekas, artinya suatu hal yang dapat dirasakan oleh seseorang ketika sudah melihat sesuatu.

Sehingga, kesan ini dapat tercipta ketika seseorang telah memiliki suatu pengalaman yang sudah dialami. Oleh sebab itu, muncul istilah berkesan yang artinya berbekas atau meninggalkan bekas di dalam ingatan seseorang.

Perbedaan Kesan dan Pesan

Dari dua pengertian yaitu mengenai pesan dan kesan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa arti kesan dan pesan adalah suatu pernyataan yang isinya mengenai suatu hal yang membekas oleh seseorang karena sudah mengalami atau menjalaninya atau bahkan hanya mendengarnya saja dan disertai dengan nasihat atau amanat yang sifatnya membangun, baik itu untuk penulis atau pendengar.

Promo Skripsian

Dapat disimpulkan bahwa kesan dan pesan memiliki pengertian yang berbeda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kesan merupakan sesuatu yang berbekas atau sesuatu yang terasa ketika seseorang sudah melihat, mendengar, atau mengalami sesuatu yang akhirnya berbekas di dalam benaknya.

Sementara itu, pesan merupakan sesuatu yang keluar dari seseorang yang berisi tentang perintah, nasihat, permintaan, atau amanat yang disampaikan melalui perantara orang lain yang sifatnya membangun dan biasanya dapat dalam bentuk masukan atau kritikan yang membangun.

Baca Juga: Analisis SWOT untuk Diri Sendiri Mahasiswa

Contoh-contoh Kesan dan Pesan untuk Kampus dan Dosen

Daftar Reseller

Untuk lebih memahami apa itu kesan dan pesan dan bagaimana perbedaan antara kesan dan pesan, di bawah ini ada beberapa contoh kesan dan pesan yang bisa disampaikan untuk kampus atau dosen.

1. Kesan dan Pesan untuk Dosen

Kesan: Dosen di Universitas Mega Jaya ini sudah membimbing dan selalu ada membantu setiap saya mengalami kesulitan, sehingga saya bisa lulus dengan nilai memuaskan.

Pesan: Terima kasih kepada semua dosen yang telah membimbing dan juga memberi ilmu kepada saya. Mohon maaf apabila banyak salah dan keliru yang pernah saya perbuat. Semoga amal dan kebaikan bapak/ibu dosen selama ini berkah dan mendapat balasan mulia dari Allah.

2. Kesan dan Pesan untuk Universitas

Kesan: Universitas ini membantu saya untuk menjadi pribadi yang maju, berilmu, dan juga berkembang. Dari pengalaman yang saya dapatkan di universitas ini, saya dapat mengembangkannya ke jenjang yang lebih tinggi dan lebih baik lagi untuk meraih kesuksesan saya.

Pesan: Terima kasih kepada Universitas yang sudah menampung saya selama beberapa tahun sehingga saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat dan bisa dikembangkan untuk kedepannya. Semoga Universitas ini lebih maju dan juga bermanfaat bagi banyak orang.

3. Kesan dan Pesan untuk Dosen dan Universitas

Kesan: Selama kurang lebih 4 tahun saya belajar di Universitas Maju Jaya ini, saya mendapatkan ilmu dan pengalaman berharga. Dibantu dengan dukungan serta bimbingan para dosen yang baik dan juga profesional dalam membantu saya berhasil melalui perkuliahan dengan baik sehingga saya bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.

Pesan: Kepada Universitas dan para dosen yang telah membimbing saya, semoga kebaikan dan amal yang telah diberikan dan dicurahkan kepada mahasiswanya menjadi ladang pahala di kemudian hari.

Daftar Open Reseller

Baca juga: 7+ Kata-Kata Lucu untuk Persembahan Skripsi

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :