Logo Baru April

Perbedaan Diploma dan Sarjana [Lengkap D1 – S3]

perbedaan diploma dan sarjana
toko buku kuliah
Bagikan

Bisa kuliah merupakan salah satu impian semua orang. Nah, pilihan di dunia kuliah juga sangat banyak ya, yaitu ada Diploma dan Sarjana. Nah, apa sih pengertian diploma dan sarjana itu? Serta apa perbedaan keduanya supaya dalam memilih pendidikan tinggi bisa sesuai dengan keinginan dan tujuan masing-masing.

Dilansir dari katadata.co.id, jumlah perguruan tinggi di Indonesia (kampus) baik negeri dan swasta ada sebanyak 3.115 perguruan tinggi. Bayangkan, banyak sekali ternyata perguruan tinggi di Indonesia yang bisa memberikan akses untuk anak bangsa bisa kuliah dan menempuh pendidikan tinggi.

Manfaatkan kesempatan ini ya, karena pemerintah juga menyediakan banyak beasiswa mulai dari KIP Kuliah, beasiswa unggulan, beasiswa LPDP dan lain sebagainya. Oke, kembali ke pokok pembahasan utama membahas perbedaan diploma dan sarjana ya.

Apa itu Diploma?

Secara umum, Diploma atau yang disebut vokasi ini merupakan ruang pendidikan tinggi yang berfokus untuk menunjang kebutuhan kehalian khusus dan memang dipersiapkan untuk siap bekerja langsung setelah lulus menempuh pendidikan nanti.

Ada 4 jenis diploma, yaitu diploma 1 sampai dengan diploma 4. Apa perbedaanya? Pahami secara singkat disini ya.

D1 (Diploma 1)

D1 merupakan jenjang pendidikan tinggi yang paling singkat dan cepat, sebab hanya perlu menuntaskan masa kuliahnya selama 1 (satu) tahun saja. D1 ini memang sangat dikhususkan untuk orang yang mau kuliah cepat dan tujuannya adalah siap kerja langsung.

Jumlah SKS untuk D1 adalah sebanyak 32 SKS selama 2 semester (1 tahun). Lulusan D1 ini memiliki gelar A.P. atau Ahli Pratama. Apa itu SKS? Pahami pengenai SKS pada artikel: Apa itu SKS?

D2 (Diploma 2)

Diploma 2 merupakan jenjang perguruan tinggi yang lebih lama daripada D1. Biasanya jenjang D2 ini memang jarang ditemukan tetapi tetap ada. Lulusan D2 ini akan disebut dengan A.Ma. atau Ahli Muda. Untuk bisa lulus dari D2, mahasiswa harus menempuh 64 SKS untuk 4 semester atau 2 tahun.

D3 (Diploma 3)

Diploma 3 ini yang banyak sekali di Indonesia untuk yang menyediakan. Kenapa paling diminati? Sebab menurut yang menggunakan tenaga dari lulusan kuliah, banyak yang memberikan pendapat bahwa D3 ini memiliki pengetahuan teori yang cukup banyak dan juga praktik yang lebih banyak serta mendalam. Oleh karenanya, banyak yang membutuhkan lulusan D3 ini.

Daftar Open Reseller

Untuk menyelesaikan D3, mahasiswa diwajibkan menempuh 112 SKS selama 3 tahun. Lulusan D3 akan mendapatkan gelar A.Md. atau Ahli Madya.

D4 (Diploma 4)

Diploma yang terakhir adalah D4 (Diploma 4) dan sekarang banyak yang berubah dari D3 menjadi D4. D4 lebih banyak mempelajari ilmu praktik daripada ilmu teori. Program D4 memiliki masa pendidikan 4 tahun dan jumlah SKS sebanyak 144 SKS. Lulusan D4 ini akan memiliki gelar S.Tr. atau Sarjana Terapan.

Apa itu Sarjana?

Program pendidikan sarjana ini di Indonesia sangat banyak sekali. Fokus sarjana berbeda dengan diploma, dimana pada pendidikan dengan jenjang sarjana akan lebih banyak teori daripada praktik. Secara umum, persentasenya adalah 60% teori dan 40% ilmu praktik. Namun, hal ini juga menyesuaikan dengan masing-masing jenjang.

Ada 3 jenjang dalam sarjana, yaitu Strata 1, Strata 2 dan Strata 3. Semakin tinggi strata, maka semakin sedikit diajar dosennya. Jadi, mahasiswa harus bisa untuk menggali potensi diri masing-masing dan dosen sebagai fasilitator dan pembimbing saja.

JenjangJumlah SKSGelar
S1144Sarjana (S.)
S240-44 SKSMaster atau M.
S3Sekitar 59 SKSDoktor (Dr.)

Itu perbedaan antara diploma dan sarjana. Secara umum, perbedaannya adalah tujuan dan penguasaan teori yang dipelajari. Diploma lebih fokus ke keahlian yang bersifat praktik dan siap untuk kerja sedangkan untuk sarjana lebih fokus ke teori dan tujuannya untuk siap mengajar, meneliti dan di bidang akademis.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

[newsletter_signup_form id=1]
Baca Juga :