Penulis

Nama Zahra Chairani & Indah Budiarti

Keterangan

Dr. Zahra Chairani M.Pd. adalah dosen tetap Yayasan pada Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ia lahir di Jakarta pada tanggal 28 April tahun 1950 dan memulai karirnya sebagai guru setelah menyelesaikan pendidikan sebagai sarjana muda pendidikan Ilmu Pasti tahun 1975 dan menyelesaikan sarjana pendidikan Matematika pada tahun 1981 di Universitas Negeri Lambung Mangkurat (UNLAM) Banjarmasin. Pendidikan pasca sarjana S2 diperoleh di Universitas Negeri Malang (UM) Malang pada tahun 2002, dan pendidikan pasca sarjana S3 Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Surabaya diselesaikannya pada tahun 2015.
Ia pernah mengikuti short course program Of Mathematics Teacher Training Di Recsam, SEAMEO, Penang Malaysia tahun 1982, di Dundee College, Scotland tahun 1983 dan di King College, London England tahun 1987, dan pada tahun 2005 ja mendapat kesempatan kembali ke SEAMEO, Recsam Penang Malaysia dalam program tentang Technology of Computer.
Zahra memulai kariernya dengan mengajar matematika di SMP Negeri 6 Banjarmasin sejak tahun 1969 sampai dengan 1975, dan setelah itu ia dipindah mengajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin sampai tahun 1993, selanjutnya ia dipindah tugaskan menjadi Widyaiswara di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Selatan sampai pensiun di usia 60 tahun. Zahra adalah salah satu dari Instruktor Nasional yang diberi tugas untuk mendampingi guru di Kalimantan Selatan dalam Program Kerja Guru (PKG) sejak tahun 1982 sampai dengan 1995. Ia juga pernah diberi tugas sebagai konsultan Inovasi Pendidikan Matematika di Provinsi Kalimantan Selatan pada 2005–2007.
Pada tahun 2003 ia menerima penghargaan lencana Karya Satya untuk pengabdian 30 tahun dari Presiden Republik Indonesia, dan pada tahun 2010, Zahra pensiun sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ia sudah mulai mengajar sejak 1987 di STKIP PGRI Banjarmasin sebagai dosen luar biasa dan setelah pensiun pada tahun 2010 ia diangkat menjadi dosen tetap yayasan STKIP PGRI sampai sekarang. Mata kuliah yang diampu antara lain; Dasar –dasar dan Proses Pembelajaran Matematika, Telaah Kurikulum, Matematika Pendidikan Dasar dan Menengah, Trigonometri, Teori Himpunan,Teori Peluang , English for Mathematics Education, dan Penelitian Tindakan Kelas.
Beberapa artikel yang ditulisnya pernah dimuat di Majalah pendidikan P4TK Yogyakarta, Buletin LPMP Kal-SEL, Math Edu STKIP PGRI Banjarmasin, dan Mathematics in the Moslem World yang diterbitkan oleh University Columbia Press. Hasil presentasi dalam berbagai seminar dimuat dalam prosiding Seminar National Matematika di Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Negeri Malang, P4TK Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, and STKIP PGRI Banjarmasin. Penelitiannya tentang pembelajaran matematika dengan pendekatan PAKEM mendapatkan penghargaan sebagai 20 terbaik dari Kementrian Pendidikan Nasional di Jakarta pada lomba penelitian Widyaiswara se-Indonesia tahun 2008. Bekerjasama dengan seorang rekan dan penerbit buku Erlangga menerbitkan buku penunjang matematika SMA jilid 1- 6 yang diterbitkan sejak 1995 s.d 2006. Buku tentang Metakognisi diterbitkan pada tahun 2016 oleh Deep Published. Para pembaca yang ingin memberikan kritik, saran maupun berkomunikasi langsung dengan penulis dapat melalui email: [email protected] atau HP. 0812 510 96682

Hj. Indah Budiarti, M.Pd. dosen Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin, Kalimantan selatan. Lahir di Banjarmasin pada tanggal 18 April 1987. Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) diperoleh dari FKIP Universitas Lambung Mangkurat program studi Pendidikan Matematika pada tahun 2008 dan gelar magister Pendidikan (M.Pd) diperoleh dari beasiswa program IMPOME (International Master Program of Mathematics Education) batch 1dari Pascasajana Universitas Negeri Surabaya program studi Pendidikan Matematika pada tahun 2012. Penulis mulai mengajar di universitas Lambung mangkurat program studi Pendidikan matematika sebagai asisten dosen pada tahun 2012, kemudian diangkat sebagai dosen tetap di STKIP PGRI Banjarmasin Pendidikan matematika pada tahun 2013 dan mengampu matakuliah analisis real, English for mathematics education dan fungsi kompleks.