Penulis

Nama Sarbudin Panjaitan

Keterangan

RIWAYAT HIDUP

Nama : Dr. Sarbudin Panjaitan, S.H.,M.H.
Tempat/Tgl Lahir : Buluduri/15 April 1963
Agama : Islam
Pekerjaan : Dosen dan Advokat
Alamat Kampus : Jalan Merdeka No. 209 Pematangsiantar, Sumatera Utara
Alamat Kantor Advokat : Jl. Merdeka No.112 Pematangsiantar, Sumatera Utara
Alamat Rumah : Jl. Nusa Indah No. 44 A Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Pendidikan :
– Sekolah Dasar (SD) Negeri Buluduri, Dairi (Tamat), Sekolah Menegah Pertama (SMP) Dairi (Tamat), dan Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 225 Sidikalang, Dairi (Tamat tahun 1983)
– Sekolah Calon Bintara Polri (SECABA MILSUK POLRI) tahun 1983/1984 – Lulus.
– S.1 (Sarjana Hukum) dari Sekolah Tinggi Hukum Yayasan Nasional Indonesia (STH-YNI) Pematangsiantar, Tamat Tahun 1992.
– S.2 (Magister Hukum) dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan, Tamat Tahun 2008.
– S.3 (Doktor Ilmu Hukum) dari Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, Tamat Januari 2017


Pengalaman Kerja :
– Tahun 1984 s/d Januari 2000 Anggota Polri Polres Simalungun (POLDASU) di Pematangsiantar, Pensiun dini tahun 2000.
– Pernah menjabat sebagai Penyidik Pembantu dalam perkara tindak pidana Korupsi, Perbankan, Ekonomi, Kehutanan dan tindak pidana umum di Polres Simalungun/Poldasu.
– Pernah menjabat sebagai Kepala Unit (Kanit) Kecelakaan Lalu Lintas, Kanit Tindak Pidana Korupsi dan Ekonomi di Polres Simalungun/Poldasu.
– Pernah mengajar di Balai Kehutanan Pematangsiantar Sumatera Utara.
– Pernah mengajar Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota dan Kabupaten Se Propinsi Sumatera Utara, bertempat di Rindam-I/BB Pematangsiantar Sumatera Utara.
– Advokat sejak Tahun 1997 sampai sekarang
– Dosen tetap di Sekolah Tinggi Hukum Yayasan Nasional Indonesia (STH- YNI) Pematangsiantar Sumatera Utara, sejak Tahun 2008 sampai sekarang.
– Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Sumut, 2014-2017
– Pendiri dan Ketua Lembaga Bantuan Hukum Sekolah Tinggi Hukum Yayasan Nasional Indonsia (LBH-STH.YNI) Pematangsiantar, Sumatera Utara dari Tahun 2016 sampai dengan sekarang

Seminar :
– Tahun 1992 pernah mengikuti Seminar Keaslian Uang Rupiah, yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) Cabang Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sertifikat).
– Tahun 1995, pernah mengikuti Seminar Nasional Hukum Pidana dalam Dunia Perbankan dan Perdagangan Internasional, yang diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara (USU) Medan dan Asosiasi Pengajar Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (ASPEHUPIKI) Pusat Jakarta, bertempat di Villa Sibolangit ,Sumatera Utara (Sertifikat).
– Maret 2009, pernah mengikuti Seminar “ Prospek Perekonomian Nasional dan Regional ” yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (S.T.I.E) Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sertifikat).
– Tahun 2003, pernah sebagai Narasumber pada acara seminar yang diselenggarakan Masyarakat Studi Pembangunan Sumatera Utara bekerjasama dengan Dirjen Kesbangpol Kemendagri RI, bertempat di Kampus STH YNI Pematangsiantar, Sumatera Utara (Setifikat)
– Tahun 2015, pernah sebagai speaker dalam seminar Internasional yang diselenggarakan oleh Perguruan Asy-Syafi’iyah Internasional Medan, Sumatera Utara dengan Kolej Universiti Insaniah Kedah-Malaysia, (Sertifikat).
– Tahun 2016, pernah sebagai Narasumber pada acara seminar penyusunan buku jurnal Kalitbang Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sertifkat).
– Tahun 2017, pernah sebagai Narasumber dalam Acara Focus Group Discussion yang diselenggarakan oleh MPR RI bekerjasama dengan Universitas HKBP Nomensen Medan, di Medan, Sumut, (Sertifikat)
– Tahun 2017, pernah sebagai Narasumber dalam Acara Focus Group Discussion yang diselenggarakan oleh MPR RI bekerjasama dengan Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, di Pematangsiantar, Sumut, ( Sertifikat)

Buku yang ditulis :
Terbitan Pertama, Judul Buku “Pertanggungjawaban Pidana Dalam Perkara Korupsi Atas Perintah Jabatan, Penerbit CV. Mitra, Medan, 2015