Penulis

Nama Gazali Salim & Sutrisno Anggoro

Keterangan

PROFIL PENULIS

Penulis Utama bernama lengkap Gazali Salim, S.Kel., M.Si lahir di Kota Tegal pada tanggal 23 Januari 1984 dan telah menikahi seorang wanita sholehah bernama lengkap Kun Retno Handayani, S.H (Ombudsman Republik Indonesia) dengan di karuniai 2 (dua) anak bernama Almeera Zaskia Gazali dan Arfa Fawwaz Gazali. Penulis Utama merupakan Dosen tetap PNS di Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan TInggi (Kemristek DIKTI) dengan penempatan pada Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Borneo Tarakan, Propinsi Kalimantan Utara.
Saat ini penulis telah menyelesaian studi Strata satu (S-1) di Program Studi Ilmu Kelautan pada Bulan Februari Tahun 2006 (Angkatan 2001), Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang dan Strata dua (S-2) di Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Pantai (MSDP), Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang dengan predikat Cumlaude.
Penulis memiliki pengalaman penelitian dari penelitian mandiri, penelitian skala lokal (Penelitian Hibah Bantuan Sosial Pemkot Tarakan, Penelitian berasal dari dana DIPA Universitas Borneo Tarakan) dan penelitian skala nasional (Penelitin Hibah Dosen Pemula, Penelitian Hibah Bersaing dan Penelitian Fundamental), baik menjadi ketua peneliti ataupun sebagai anggota peneliti.
Penulis memiliki pengalaman pengabdian kepada masyarakat dalam skala lokal (Pengabdian kepada masyarakat dari DIPA Universitas Borneo Tarakan) baik sebagai ketua tim ataupun sebagai anggota tim peneliti.
Penulis telah menghasilkan karya ilmiah berupa jurnal yang di terbitkan secara Nasional (Jurnal Harpodon Borneo (23), Jurnal Saintek UBT (2), Jurnal Akuatika UNPAD (1), Jurnal Omni-Akuatika UNSOED (1), Jurnal Pengabdian Masyarakat UBT(3) ataupun secara Internasional (1). Selain itu pula penulis sering mengikuti kegiatan Seminar Nasional dan Seminar Internasional dengan mempublikasikan karya ilmiah yang di terbitkan dalam Prosiding (9).
Penulis pernah menjadi pembimbing yang meloloskan karya ilmiah mahasiswa ke tingkat nasional dalam bentuk PKM-P (Program Kreatifitas Mahasiswa-Penelitian) (7) bahkan Penulis mendapatkan penghargaan sebagai Dosen pembimbing atas peran serta dalam dalam rangka mengikuti “PEKAN ILMIAH NASIONAL (PIMNAS) XXV di Yogyakarta yng di berikan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta- Indonesia.
Penulis juga mengikuti organisasi ilmiah (Masyarakat Akuakultur Indonesia, Masyarakat Nano Teknologi Indonesia, ADRI (Ahli Dosen Republik Indonesia) ataupun non ilmiah (Gerakan Nasional Anti Narkotika / GRANAT).
Pengalaman amanah jabatan struktural penulis sebagai Koordinator OJS Jurnal Harpodon Borneo, Sekertaris Jurnal Harpodon Borneo, Ketua Jurnal Harpodon Borneo, Kepala Laboratorium GIS (Geografis Infornasi Sistem), Kepala Laboratorium Mangrove dan Bekantan, Kepala Unit Pelaksana MKWU UBT. Saatini penulis diberikan amanah menjadi Kepala Laboratorium Lingkungan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Borneo Tarakan.


Sutrisno Anggoro dilahirkan di Klaten pada tanggal 11 Desember 1952. Penulis merupakan anak pertama dari enam bersaudara pasangan Bapak H. Palil Koesnoprawoto (alm) dan Ibu Hj Rr Soekati (Alm). Jenjang pendidikan penulis adalah SD Negeri Tarubasan Klaten (1999); SLTP Negeri Karanganom Klaten, (lulus tahun 1968); SMA Negeri Jatinom Klaten (lulus tahun 1970); Jurusan Perikanan, Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Diponegoro berafiliasi dengan Institut Pertanian Bogor (lulus tahun 1977). Pendidikan S2 dan S3 diperoleh di Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam bidang Ilmu Perairan, lulus masing-masing pada tahun 1988 dan 1992 dengan predikat Cumlaude. Pendidikan tambahan dalam bidang Pengelolaan Sumberdaya Agromarin diperoleh dari SEARCA-UPLB Los Banos tahun 1986 dan Kagoshima University pada tahun 1996. Jabatan akademik selaku Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip dikukuhkan pada tahun 2001. Jabatan struktural yang pernah diemban di Undip, antara lain pernah menjabat sebagai: Sekretaris Jurusan Perikanan, Pembantu Dekan di Fakultas Peternakan dan Perikanan, Dekan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan, Ketua Program S2 dan S3 Manajemen Sumberdaya Pantai, dan saat ini menjabat Ketua Laboratorium Pengelolaan Sumberdaya Perikanan. Selama bertugas sebagai dosen di Universitas Diponegoro, penulis mengajar di jenjang S1, S2 dan S3, serta menekuni bidang pengelolaan pesisir dengan konsentrasi: ekofisiologi, tataruang, pemodelan ekosistem, domestikasi biota liar, hidro-oseanografi dan manajemen sumberdaya akuatik. Karya ilmiahnya banyak dipublikasikan di Jurnal Nasional serta Jurnal Internasional Bereputasi.

Tap untuk Chat Otomatis