VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Pentingnya Manajemen Waktu

Pentingnya Manajemen Waktu
toko buku kuliah

Pentingnya Manajemen Waktu – Setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama. Satu hari bernilai 24 jam. Setiap jam bernilai 60 menit, dan demikian seterusnya. Ukuran waktu itu akan selalu sama sepanjang hidup. Namun dalam usia-usia tertentu, setiap manusia memiliki pencapaian-pencapaian yang berbeda satu sama lain. Di usia 21 tahun, seseorang mampu menjadi seorang pemimpin dalam satu daerah yang besar dan penuh konflik.

Di belahan dunia lain, pada usia yang sama, seorang pemuda masih berkutat pada buku-buku perkuliahan dan masih dibersamai oleh orangtuanya untuk menopang kebutuhan di kesehariannya. Tidak ada yang salah dengan itu. Namun perlu dicermati bahwa seseorang dapat mencapai derajat yang lebih tinggi dengan usaha yang maksimal dan penggunaan waktu yang efisien untuk menyelesaikan semua tugasnya demi tercapainya cita-citanya.

Pentingnya Manajemen Waktu

Waktu yang terbatas menjadi salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan, karena waktu tidak dapat diputar kembali. Apa yang kita lakukan tidak dapat diulang dalam waktu yang sama. Terlalu banyak kisah orang gagal mencapai cita-cita karena tidak mempertimbangkan keterbatasan waktu yang dimiliki.

Waktu yang sedikit ini perlulah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pemanfaatan waktu yang cerdas ini dapat dilakukan dengan meningkatkan produktivitas kita sebagai pribadi yang ingin sukses pada segala bidang.

Dengan cara, satu, meneliti setiap waktu (evaluasi diri) yang telah kita gunakan. Dua, membuat daftar apa saja yang dapat digolongkan sebagai sebuah pemborosan waktu. Tiga, mencoba mengeliminir atas pemborosan waktu tersebut dengan meningkatkan produktivitas diri dengan efektif dan efisien dalam penggunaan waktu. Kita dapat mengidentifikasi setiap prioritas yang harus kita lakukan untuk mempercepat tercapainya cita-cita.

Untuk mengetahui prioritas yang harus dilakukan, maka kita perlu membuat catatan pekerjaan-pekerjaan yang harus kita selesaikan selama satu hari. Kemudian perkirakan alokasi waktu, dan mendahulukan pekerjaan-pekerjaan yang mendesak untuk diselesaikan terlebih dahulu.

Mencatat setiap pekerjaan yang kita lakukan dengan baik, penargetan, dan pengalokasian waktu merupakan tindakan yang baik untuk menjaga waktu. Melakukan hal ini terus-menerus adalah suatu pembiasaan yang baik agar kita dapat semakin cepat mencapai hal yang ingin kita raih sesuai dengan rencana hidup kita pada jangka waktu tertentu. Ini merupakan tindakan yang bijaksana untuk melancarkan perencanaan itu.

Pembiasaan itu dimulai dengan hal yang kecil yang kita rencanakan untuk kita lakukan berikut dengan pengalokasiannya. Dengan begitu, kita dapat meningkatkan kualitas diri dari hari ke hari.

Setiap akhir dari aktivitas selama sehari, terdapat kebiasaan untuk mengevaluasi diri apakah waktu berjalan selama seharian ini dapat kita manfaatkan secara bijak atau tidak. Maka terhindarlah kita dari kerugian, seandainya waktu yang digunakan masih banyak yang belum termaksimalkan alokasinya, masih banyak terbuang dengan hal-hal yang tidak mendukung cita-cita, dan tidak disertai dengan perbaikan pada hari selanjutnya.

Selamat mencoba manajemen waktu, selamat mengevaluasi diri, dan selamat menjadi pribadi yang semakin baik setiap harinya. Semoga waktu yang kita gunakan dapat dimaksimalkan pemanfaatannya, dan dapat kita pertanggungjawabkan di kehidupan mendatang.

Semoga artikel tentang pentingnya manajemen waktu di atas dapat menggugah motivasi kalian untuk lebih menghargai waktu ya. Jangan lupa juga untuk baca buku buku manajemen di toko online kami. Terimakasih. (Rizky Selvasari).

Baca juga artikel lainnya yang berkaitan dengan dunia “MANAJEMEN” :

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang