VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Apa Itu UKM? Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Macam UKM di Kampus

pengertian apa itu ukm
toko buku kuliah

Apa Itu UKM? Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Macam UKM di Kampus – Pertama kali mendengar singkatan UKM, apa yang terlintas di pikiranmu? Eits, ini bukan Usaha Kecil Menengah. Beda ya antara UKM (Usaha Kecil Menengah) dengan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Nah, yang dibahas kali ini adalah Unit Kegiatan Mahasiswa.

Memasuki dunia kuliah, kamu akan dihadapkan pada hal-hal baru termasuk UKM. Sewaktu awal saat pengenalan kehidupan kampus, biasanya mahasiswa baru dikenalkan dengan beragam UKM yang ada di kampus. Mahasiswa dianjurkan untuk memilih dan mengikuti UKM yang diminati.

Kamu penasaran nggak tentang unit kegiatan mahasiswa? Apa itu UKM? Coba deh intip penjelasannya di bawah ini dimulai dari pengertian, tujuan, manfaat dan macam ukm yang ada di kapus..

Apa itu UKM? Pengertian Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan wadah yang menjadi tempat berhimpunnya mahasiswa dengan kesamaan minat, hobi, kegiatan, dan kreativitas. Bisa dikatakan, UKM ini sama halnya dengan organisasi ekstrakurikuler di sekolah.

Jadi, semasa sekolah dulu kamu mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian saat di perguruan tinggi, UKM adalah tempat kamu mengasah bakat.

Melalui UKM, kamu dapat menambah wawasan dan pengetahuan di luar kegiatan belajar di kelas. Kamu bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti kegiatan UKM.

Terdapat beragam macam unit kegiatan mahasiswayang bisa kamu ikuti sesuai dengan keinginan. Setiap kampus memiliki UKM yang berbeda-beda, tak bisa disamakan. Namun pada dasarnya terdapat UKM yang secara umum dimiliki oleh seluruh kampus.

Baca juga : Apa Itu SKS? Ini Kepanjangan dan Yang Harus Diperhatikan saat KRS-an

Tujuan Dibentuk UKM

Tujuan dibentuknya UKM ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan diri. Mahasiswa diberikan tempat untuk menyalurkan hobi dan bakat di bidang seni, olahraga, penalaran, kewirausahaan, hingga keagamaan. Mahasiswa bebas menentukan UKM mana yang diinginkan dan berapapun jumlahnya asalkan mampu bertanggung jawab dengan pilihannya.

Mengikuti UKM memberikan manfaat tertentu untuk mahasiswa terutama dalam hal pengembangan kemampuan dan keterampilan yang tidak didapatkan dalam proses belajar di kelas.

Manfaat Mengikuti UKM

Inilah beberapa manfaat mengikuti UKM untuk mahasiswa adalah sebagai berikut.

  1. Melatih kemampuan dalam menjalin hubungan sosial
  2. Mengembangkan keterampilan dan kemampuan di bidang tertentu sesuai dengan ketertarikan dan bakat yang dimiliki
  3. Memperluas pertemanan
  4. Melatih kemampuan berkomunikasi
  5. Mengasah kemampuan berorganisasi
  6. Melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa
  7. Meningkatkan kemampuan dalam menangani dan memecahkan masalah, dan masih banyak lagi

Dengan banyaknya manfaat mengikuti UKM ini, mahasiswa diharapkan berperan aktif dalam UKM. Mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan belajar di luar kelas dengan baik melalui UKM. Apalagi pengalaman organisasi juga menjadi nilai tambah dalam proses pencarian kerja usai mahasiswa lulus nantinya. Tak sedikit loh, lulusan perguruan tinggi yang mendapatkan  pekerjaan karena pengalaman organisasinya selama kuliah.

Baca juga : Apa Itu IPK, IPS, KHS, dan Cumlaude – Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Macam-macam UKM di Kampus

Setelah tahu tentang pengertian, tujuan dan manfaat UKM. Kira-kira kamu udah punya gambaran belum mau ikut unit yang mana? Yang sudah punya, persiapkan diri dengan baik sebelum menjadi anggota UKM. Selain itu, jangan lupa memenuhi berkas persyaratannya. Yang belum punya pilihan, kamu bisa periksa daftar di bawah ini nih.

Perlu kamu tahu bahwa UKM itu banyak jenisnya. Jumlah unit kegiatan mahasiswa di tiap perguruan tinggi tentu saja berbeda-beda. Begitu pun dengan jenis UKM-nya apa saja. Namun, seperti disebutkan di atas, terdapat UKM yang umumnya pasti dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi. 

Nah, jenis-jenis UKM yang biasanya ada di di kampus meliputi:

  1. UKM Penalaran
  2. UKM Olaharga
  3. UKM Keagamaan
  4. UKM Seni
  5. UKM Kewirausahaan/Kesejahteraan

Jumlah keseluruhan organisasi di sebuah kampus bisa mencapai puluhan. Semua UKM tersebut membuka kesempatan untuk semua mahasiswa dari beragam fakultas yang ada di kampus untuk bergabung. Sebagai contoh, berikut ini UKM di Universitas Negeri Yogyakarta.

  1. Bidang Penalaran
  1. UKM Penelitian
  2. UKM Lembaga Pers Mahasiswa EKSPRESI
  3. UKM Radio Magenta FM
  4. UKM Bahasa Asing
  5. UKM Rekayasa Teknologi RESTEK
  1. Bidang Seni
  1. UKM Musik SICMA BAND
  2. UKM Unit Studi Sastra dan Teater (UNSTRAT)
  3. UKM Keluarga Mahasiswa Seni Tradisi (KAMASETRA)
  4. UKM Vokal/Paduan Suara Mahasiswa Suara Wardhana
  5. UKM Seni Rupa dan Fotografi
  1. Bidang Olahraga
  1. UKM Atletik
  2. UKM Bola Voli
  3. UKM Catur
  4. UKM Hockey
  5. UKM Judo
  6. UKM Karate
  7. UKM Pecinta Alam MADAWIRNA
  8. UKM Panahan
  9. UKM Pencak Silat
  10. UKM Renang
  11. UKM Sepak Bola
  12. UKM Softball & BaseBall
  13. UKM Tenis Lapangan
  14. UKM Tenis Meja
  15. UKM Tae Kwon Do
  16. UKM Marching Band CDB
  17. UKM Bola Basket
  18. UKM Bulu Tangkis
  19. UKM Sepak Takraw
  1. Bidang Kesejahteraan
  1. UKM Koperasi Mahasiswa Kopma UNY
  2. UKM Unit Kegiatan Kerohanian Islam UKKI
  3. UKM Ikatan Keluarga Mahasiswa Katholik IKMK
  4. UKM Persekutuan Mahasiswa Kristen PMK
  5. UKM Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma KMHD
  6. UKM Kewirausahaan KWU
  1. Bidang Khusus
  1. UKM Pramuka Racana W.R. Supratman dan Racan Fatmawati
  2. UKM Resimen Mahasiswa PASOPATI
  3. UKM Korps Suka Rela PM KSR-PMI
  4. UKM Kewirausahaan

Baca juga : Apa Itu IPK, IPS, KHS, dan Cumlaude – Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Tips Memilih UKM Yang Tepat

Setelah mengetahui pengertian dan macam UKM di atas, mungkin Anda tertarik dengan salah satu di atas? Sebelum kamu memilih UKM, kamu perlu mencari informasi UKM apa saja yang ada di kampusmu, ya. Bisa jadi UKM di kampusmu berbeda dengan UKM di UNY. 

Dalam memilih UKM, kamu tidak bisa secara sembarangan. Mengapa? Sebab kamu tidak memilih UKM dengan pertimbangan yang jelas dan besar kemungkinan tidak akan cocok dengan kamu.

Apabila tidak cocok, maka kamu pun akan menjalani kegiatan UKM dengan setengah hati. Tentunya hal ini berdampak buruk terhadap kamu maupun UKM. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini agar memilih UKM dengan tepat.

1. Ketahui UKM di Kampus

Telah disinggung berkali-kali bahwa pentin untuk mencari terlebih dahulu UKM di kampus tempatmu kuliah selama ini.

Kamu bisa mencari informasi melalui internet, bagian kemahasiswaan di rektorat, himpunan mahasiswa, atau kakak tingkat.

Dengan mencari informasi selengkap mungkin, kamu akan mendapatkan gambaran apakah UKM tersebut sesuai dengan minat kamu atau tidak.

2. Tentukan UKM Berdasarkan Minat dan Bakat

Sebelum memilih UKM, sebaiknya ajukan pertanyaan pada diri sendiri: Apa yang aku sukai selama ini? Apa saja yang aku minati? Apa saja bakatku? Apakah aku akan senang melakukan kegiatan-kegiatan di UKM ini? Apakah aku menyukai kegiatan UKM ini? Apakah kegiatan UKM ini sesuai dengan minat dan bakatku selama ini?

Apabila kamu bingung, tak ada salahnya bertukar pikiran dengan seseoang yang kamu percaya.

Sehingga kamu bisa mendapatkan sudut pandang yang berbeda dan membantumu menentukan UKM yang akan diikuti.

3. Pilih Jumlah UKM Secara Bijaksana

Salah satu yang kamu pertimbangkan adalah jumlah UKM yang akan diikuti. Sebagai mahasiswa, kamu memang dibebaskan untuk mengikuti lebih dari satu UKM. Namun bukan berarti kebebasan tersebut tanpa konsekuensi. 

Kalau kamu tidak bisa mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan UKM, bisa-bisa kamu tidak menjalani keduanya dengan maksimal. Jangan sampai kuliahmu terbengkalai.

Jangan sampai pula ya kamu justru tidak berperan maksimal dalam kegiatan UKM. Pilih dengan bijaksana yakni mempetimbangkan kemampuan diri. Udah tau ya pengertian apa itu UKM? Jika sudah, share artikel ini ke teman-teman kalian ya.

Untuk mendukung kegiatan perkuliahan, kami memiliki ribuan koleksi buku pegangan kuliah dengan harga terbaik dan pasti ORIGINAL. Beli di Toko Buku Deepublish.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang