Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

pengertian sosiologi menurut para ahli
toko buku kuliah
Bagikan

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli – Sosiologi sendiri berasal dari kata “sosial” yang memiliki arti “teman”, serta “logos” yang berarti “pengetahuan”. Jadi, secara singkat, Sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang sosial dan pertemanan. Teman disini adalah adanya interkasi didalamnya.

Dalam membahas dan mengkaji sosiologi, harus mengetahui dahulu tentang ciri-ciri ilmu sosiologi, antara lain.

  • Empiris: Ilmu sosiologi dikaji berdasarkan observasi secara langsung dan nyata (tidak hanya bayangan atau spekulasi seseorang).
  • Teoritis: Bahasan disusun secara logis berdasarkan fakta-fakta dan temuan yang ditemukan dengan adanya sebab akibat.
  • Kumulatif: Selalu dinamis dan memperbaiki penemuan dan penelitian sebelumnya. Artinya, ilmu sosiologi selalu berkembang sesuai perkembangan zaman.
  • Non-etis: lebih membahas tentang mengapa masalah dalam masyarakat tersebut muncul dan terjadi.

Setelah memahami 4 hal diatas, lanjut dalam memahami pengertian sosiologi menurut para ahli sebagai berikut ini.

Auguste Comte

Sosiologi merupakan studi yang khusus membahas tentang hukum dasar yang muncul dari adanya gejala sosial di dalam sebuah masyarakat (kumpulan orang). Studi Sosiologi dapat dibedakan menjadi sosiologi statis dan dinamis menurutnya.

 Nah, pengertian sosiologi statis sendiri adalah ilmu di dalam ilmu sosiologi yang membahas dan mengkaji khusus adanya perhatian pada pusat-pusat hukum statis yang menjadi dasar adanya dinamika dan munculnya sebuah masyarakat. 

Terkadang di benak banyak orang muncul pertanyaan seperti ini.

  • Mngapa masyarakat ada?
  • perkumpulan seperti apa yang ada di masyarakat?
  • Apa yang melatarbelakangi terciptanya kehidupan bermasyarakat. 

Nah, sosiologi statis akan membahas pertanyaan-pertanyaan di atas dan bagaimana menemukan jawabannya. 

Sedangkan pengertian sosiologi dinamis adalah cabang ilmu sosiologi yang memahami dan mengkaji lebih dalam terhadap pusat perkembangan masyarakat dalam arti luas yaitu  pembangunan.

Apa saja yang akan dipelajari di sosiologi dinamis? yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kehidupan masyarakat, produk atau karya yang diciptakan masyarakat dan apa saja yang telah dijalani dan dilewati oleh masyarakat itu sendiri.

Max Weber 

Menurut Weber, definisi dan pengertian sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang gejala dan tindakan yang ada di sosial. Tindakan sosial sendiri disini didefinisikan sangat subjektif bagi individu dan tertuju pada perilaku orang lain yang diamati. 

Emile Durkheim 

Pengertian ketiga yaitu menurut Ahli bernama Emile Durkheim. Menurutnya, sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta yang muncul di dunia sosial masyarakat.

Fakta sosial yang dimaksud disini adalah bagaimana cara orang dalam bertindak, berpikir, dan berperasaan di luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa yang mengendalikannya.

Maksudnya gimana? contoh mengenai fakta sosial menurut Emile Durkheim seperti moral, hukum, tata cara berpakaian, kepercayaan, adat istiadat, dan kaidah ekonomi. Dimana fakta-fakta sosial tersebut mengendalikan dan dapat memaksa individu yang ada dan akan diberikan sanksi apabila melanggar aturan yang telah ada dan tumbuh tersebut.

Soelaeman Soemardi dan Selo Soemardjan

Menurut Soemardi dan Soemardjan, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial dalam sebuah masyarakat. 

Menurut mereka, struktur sosial yang dimaksud adalah semua jalinan antar unsur sosial yang pokok pembentuk, seperti kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga- lembaga sosial, kelompok sosial, serta lapisan sosial. Sedangkan proses

Astrid S. Susanto

Sosiologi yaitu ilmu yang memperlajari semua hal yang muncul gejala-gejala dalam masyarakat dan yang terjadi berulang-ulang. Jadi, ilmu sosiologi tidak hanya mempelajari berbagai hubungan yang terjadi dalam masyarakat saja tetapi lebih luas lagi.

Soerjono Soekanto

Sosiologi adalah ilmu yang memfokuskan untuk memperhatikan masyarakat yang bersifat umum dan berusahan mendapatkan dan memahami pola-pola umum yang terjadi dan muncul dalam kehidupan masyarakat.

Anthony Giddens

Giddens menerangkan pengertian sosiologi adalah suatu studi yang membahas masalah kehidupan baik sosial manusia, kelompok, dan juga masyarakat.

Pengertian sosiologi dari ilmuwan sosial lain, Mayor Polak (1979), menjelaskan bahwa sosiologi antara lain

  1. Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari seluk beluk perilaku masyarakat.
  2. Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
  3. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan.
  4. Sosiologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakini antar-hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik formal maupun material, baik statis maupun dinamis.

Baca Artikel Terkait:

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang