VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Apa Itu Siakad? Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

pengertian siakad
toko buku kuliah

Pengertian Siakad

Apa pengertian siakad? Pernahkah kamu mendengar Siakad? Atau mungkin kamu bertanya-tanya apa itu siakad? Siakad kepanjangan dari Sistem Informasi Akademik.

Dimana sistem inilah yang digunakan oleh pihak perguruan tinggi atau akademik untuk merancang dan mengelola data-data akademik seraya memanfaatkan teknologi komputer yang sudah ada. 

Teknologi komputer itu sendiri memiliki dua bentuk yaitu hardware dan software. Kedua proses inilah yang sering digunakan untuk yang mendukung tercapainya mengelola informasi sekaligus mengelola manajemen perguruan tinggi.

Sering juga Siakad ini membantu dalam hal pengambilan keputusan bagi top manajemen di perguruan tinggi.

Pada kesempatan kali ini, kita tidak hanya mengulas apa itu siakad? Tetapi juga akan mengulas beberapa fakta lain yang seringkali diabaikan. Penasaran seperti apa dan apa saja? Simak ulasan berikut. 

Fungsi Siakad 

Jadi apa itu siakad juga memiliki fungsi utama loh. Selain sebagai pusat informasi, siakad juga dapat difungsikan untuk beberapa hal penting, misalnya sebagai sistem integrasi data, media komunitas pengguna, rekam kegiatan kampus, memudahkan proses pengelolaan data akademik dan non akademik.

Tentu saja dari semua fungsi di atas memberikan manfaat banyak. Tidak hanya bermanfaat untuk perguruan tinggi dan dosen, tetapi juga bermanfaat untuk mahasiswa. 

Salah satu manfaat untuk mahasiswa adalah mahasiswa lebih praktis dalam mengisi KRS, mudah pula setiap kali mahasiswa melakukan registrasi maupun pembayaran.

Adapun manfaat lain, seperti mudah mengetahui data IP per semester, mudah melihat jadwal kuliah, mudah mengetahui nilai dari hasil ujian dan masih banyak lagi sebenarnya. 

Tujuan Siakad 

Sebagai sistem, maka sistem informasi ini pun sebenarnya memiliki peran dan tanggung jawab yang besar di ranah pendidikan.

Salah satunya membantu dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan agar fasilitas dan pelayanan informasi memadai, efektif dan lebih baik.

Siapa sih yang tidak ingin memperbaiki pelayanan dan sistem informasi? Pastinya setiap organisasi ingin mewujudkan pelayanan yang terbaik. Tidak terbatas baik di area untuk perguruan tinggi, tetapi juga luar perguruan tinggi juga. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dibutuhkan penegakan aturan. Peraturan inilah yang sebenarnya dapat berperan besar sebagai pengawas, agar tercapai siakad yang tepat sasaran. 

Baca juga : Apa Itu IPK, IPS, KHS, dan Cumlaude – Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Permasalahan Umum Siakad

Siapa sih yang tidak mendapatkan masalah? Pasti setiap organisasi lembaga, termasuk lembaga pendidikan pasti memiliki masalah. Bagaimanapun juga, masalah tidak pandang bulu, semuanya sama.

Jadi apa itu siakad tidak melulu membahas pengertian saja, tetapi juga membahas permasalahan yang muncul, dan menuntut kita untuk menemukan solusi yang tepat atas segala permasalahan yang datang. 

Salah satu bentuk permasalahan yang sering ditemukan adalah masalah tentang keterbatasan pengolahan data di perguruan tinggi, yang sangat mempengaruhi pengolahan data setiap kali terjadi arus mahasiswa masuk mendaftarkan diri.

Banyak pula yang merasa kesulitan ketika mengadakan proses seleksi dan mengharuskan memberikan pengumuman ke calon mahasiswa tersebut.

Setidaknya permasalah siakad ini betul-betul dibutuhkan kecekatan namun tetap sesuai prosedur yang berlaku. Padahal, peran atau sistem kerja sikad sendiri sebagai pengolahan data antara user dengan bagian sistem akademik.

Jadi, apa itu siakad sebagai penerima input dari transaksi ataupun dari mahasiswa. Tentunya, segala aktivitas keluar masuk harus dilakukan pencatatan untuk kepentingan administratif di perguruan tinggi, agar tetap berlangsung baik. 

Salah satu permasalahan yang cukup membuat pusing bagi pekerja ketika dalam pengolahan data, seperti ketika mahasiswa menginput mata kuliah dan kelas atau jadwa dosen mengalami masalah, tentu saja permasalahan seperti harus segera ditangani secara cepat. Maka dari itu, admin atau user adalah orang yang memiliki penguasaan teknologi informasi yang baik. Belum lagi masalah menginput biaya semester mahasiswa, mengurus transkrip nilai, absensi dosen dan masih banyak lagi. 

Jadi, Apa itu Siakad Dalam Perguruan Tinggi?

Dari ulasan di atas kita bisa mengetahui sekaligus bisa mengukur siakad di perguruan tinggi seberapa penting bukan?

Pada dasarnya sistem informasi akademik tidak sekedar sistem yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan akademik saja, yang sebatas pelayanan pendidikan yang bersifat komputerisasi saja.

Ternyata secara tidak langsung mampu memaksimalkan kualitas pelayanan, meningkatkan kerja, meningkat kualitas hasil dan daya saing. 

Baca juga : Apa itu KKN Mahasiswa? Pengertian, Tujuan, Jenis dan Waktunya

Manfaat Siakad

Jika tadi selain menjelaskan pengertian siakad dan tujuannya, maka pada kesempatan kali ini akan memaparkan beberapa poin manfaat dari siakad itu sendiri bagi perguruan Tinggi. 

1. Memudahkan proses input data akademik maupun non akademik 

Manfaat yang paling menonjol tentu saja siakad ini hadir untuk memudahkan proses pengelolaan data akademik maupun non akademik loh. Dari segi waktu, tentu saja menghemat tenaga.

Bentuk pengolahan data di sini bisa pengelolaan data nilai mahasiswa, administrasi jurusan ataupun pengelolaan fakultas, data staf pengajar/dosen dan masih banyak lagi

2. Integrasi Data 

Namanya juga system, tentu saja kerja system untuk menyimpan, dan memproses data yang diperintahkan kepada user. Tidak heran jika siakad ini juga sebagai integrasi data, dimana di sana juga akan memainkan aplikasi dan system yang dapat digunakan untuk menghindari duplikasi data. 

3. Sebagai Pusat Informasi 

Sebagai tempat pencatatan informasi dari banyak hal (tentang dunia perguruan tinggi) maka tidak heran jika siakad ini termasuk sebagai pusat informasi. Peran dan tanggung-jawab dari pusat informasi adalah memberikan kemudahan bagi dosen, mahasiswa atau karyawan disana untuk mengakses data. 

4. Rekam Jejak 

Tidak melulu memahami apa itu siakad, ternyata siakad ini memiliki manfaat lain, yaitu sebagai alat perekam segala kegiatan kampus. 

Terutama di perguruan tinggi besar negeri, maka Siakad dimanfaatkan sebagai alat perekam segala kegiatan yang dilakukan di kampus tersebut. 

Mulai dari kegiatan kampus yang diselenggarakan mahasiswa sampai digunakan untuk melakukan pencatatan dosen dan mahasiswa. Itu sebabnya, siakad ini pun juga dapat digunakan untuk melaporkan perkembangan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. 

5. Mengontrol Ke-Up to Date – tan Perguruan Tinggi

Tentu saja era semakin maju bukan. Tidak heran dan tidak salah jika hal yang paling penting adalah update hal-hal yang baru. Nah, kehadiran siakad inilah yang akan memberikan akses agar pihak perguruan tinggi bisa update informasi.

Jadi ya, tidak jadul-jadul amat lah. Adapun manfaat lain, ternyata siakad ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan citra kampus juga loh.

6. Memudahkan dalam Pelaporan Ke PDPT DIkti 

Apa itu si akad ternyata dapat digunakan untuk pelaporan PDPT atau Pembuatan laporan untuk pelaporan data ke pihak DIKTI yang terstandarisasi nasional. Disamping itu, ternyata siakad juga memudahkan petugas akademik dalam melaksanakan tugas juga loh. 

Dari ulasan apa itu siakad diatas, kamu jadi tahu peran dan fungsinya bukan? Semoga sedikit olesan ini banyak memberikan gagasan, wawasan dan pemahaman baru di dunia sistem informasi yang ternyata sangat luas, dan tidak akan pernah habis dibahas satu persatu.

Baca juga : Apa itu Skripsi? Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Unsurnya

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang