Logo Baru April

Apa itu Responsi? Pahami Pengertian dan Pelaksanan

pengertian responsi
toko buku kuliah
Bagikan

Dalam dunia perkuliahan, ada banyak sekali sebutan-sebutan yang baru dikenal dan kadang membingungkan juga. Apa itu responsi kuliah atau praktikum? Untuk mahasiswa baru pasti baru mengenal sebutan ini. Daripada salah, pahami pengertian responsi, tugasnya apa saja dan juga bagaimana sih contoh responsi itu sendiri? Yuk langusng saja.

Pengertian Responsi

Secara umum, responsi merupakan ujian yang dilakukan oleh dosen ataupun asisten dosen kepada para praktikan dalam hal ini mahasiswa baik secara tertulis ataupun secara liasan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam menjalan praktik yang telah dilakukan.

Jadi, mudahnya adalah responsi ini merupakan ujian khusus untuk yang memiliki mata kuliah praktikum ya. Kayak ujian praktikumlah intinya. Bagi yang kuliahnya tidak ada praktiknya maka responsi ini biasanya tidak akan ada.

Baca juga: Tugas Asisten Dosen dan Gajinya

Tujuan Responsi

Ada beberapa hal yang menjadi tujuan diadakannya responsi bagi jurusan yang memiliki praktikum. Namun, pada dasarnya tujuan utamanya adalah sebagai tambahan untuk melatih diri untuk memecahkan soal dan masalah teknis yang belum dikuasai oleh mahasiswa.

Jadi, banyak kan pelajaran-pelajaran yang hanya teori? Biar lebih pasti maka diperlukan yang namanya praktikum dan juga harus diuji benar salahnya biar sebagai validasi langsung oleh dosen kepada mahasiwanya.

Sistem Responsi

Sistem responsi di setiap kampus bahkan jurusan itu berbeda-beda tergantung kebijakan jurusan itu sendiri ataupun bahkan sesuai dengan kebijakan dosen pengampunya. Sistemnya biasanya ada dua macam, yaitu responsi lisan dan responsi tertulis.

  • Responsi lisan, biasanya dosen atau asisten langsung menanyakan soal-soal kepada mahasiswa yang mengikuti responsi, tujuannya apabila ada kesalahan atau ketidaksesuaian pemahaman bisa langsung dibenarkan. Bahkan ada juga yang diajak untuk langsung praktik dan diamati ya.
  • Responsi tertulis, banyak digunakan untuk praktik-praktik yang ringan dan materinya tidak banyak sehingga dengan tertulis saja sudah cukup untuk menguji pemahaman praktik oleh mahasiswa.

Soalnya apa saja sih? Yang pasti diambil dari sebagian kecil dari semua praktikum yang telah dilakukan.

Cara Membuat Responsi

Membuat responsi adalah tugas dosen ataupun asisten yang ditunjuk oleh dosen untuk membantunya. Cara membuat responsi ada banyak banyak tergantung sistem yang dipakai. Hal yang penting disini adalah sebagai berikut.

Daftar Open Reseller
  • Soal-soal disusun secara urut dan sistematis
  • Soal-soal diambil dari sebagian kecil masing-masing praktikum yang telah dilakukan
  • Sudah memenuhi kriteria masing-masing tujuan dalam masing-masing acara praktikum
  • Sudah sesuai dengan capaian pembelajaran
  • Pastikan praktikan tidak salah setelah melakukan responsi ya.

Nah, itu saja penjelasan singkat mengenai pengertian responsi, tujuan, sistem sampai cara membuatnya juga. Buat anak-anak SAINTEK, responsi ini pasti ada karena pasti ada kegiatan praktik baik di Lab maupun di Lapangan. Semangat semuanya. (Yusuf Abdhul).

Apabila butuh buku-buku kuliah, langsung saja kunjungi Toko Buku Online Kuliah, sedang ada promo khusus.

Baca artikel terkait lainnya.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :
Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022