flash sale toko buku deepublish

Pengertian Presentasi dan Persiapan Yang Perlu Dilakukan Sebelum Presentasi

pengertian presentasi
toko buku kuliah

Pengertian Presentasi Menurut Para Ahli

Sebentar lagi kamu akan presentasi tugas kampus? Bingung karena selama ini tidak pernah melakukan presentasi? Daripada sibuk scroll cari pengertian presentasi sana sini, kamu cukup membaca artikel ini. karena di sini kamu kamu bisa mempelajari pengertian presentasi menurut para ahli. Penasaran, yuks, simak ulasannya. 

1. Menurut Titik Triwidodo dan Djoko Kristanto

Memang ketika membicarakan tentang presentasi para ahli, ada banyak sekali pandangan. Salah satunya pendapat Titik Triwidodo dan Djoko Kristanto, yang mengartikan presentasi adalah bentuk menuangkan laporan secara lisan.

Jika biasannya laporan ditulis dalam bentuk teks atau proposal, nah pada presentasi ini disampaikan dengan bahasa lisan disertai dengan bahasa tubuh (karena si presenter ngomong di depan penonton). 

2. Menurut Erwin Sutomo 

Tidak jauh berbeda dengan pendapat Erwin Sutomo, yang mana beliau mendefinisikan presentasi berbicara menyampaikan ide atau gagasannya secara lisan di depan audiens.

Karena disampaikan secara lisan, tidak heran jika proses penyampaian pun akan terlihat aktif di depan audience dan memang dituntut untuk aktif, agar audience tidak bosan saat mengikuti presentasi kamu. 

Maka dari itu seorang pembicara disebutkan Erwin Sutomo penting sekali memiliki keterampilan untuk berbicara di depan umum secara menarik, dan tidak membosankan. Bagaimana caranya pembicara menyampaikan materi tanpa harus membuat audiencenya ngantuk. Kamu bisa mempelajari di materi public speaking. 

3. Menurut Sutrisna Dewi 

Bagi pembicara pemula, mungkin akan bingung, gelisah dan tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Jangankan membuat orang tertarik dengan kehadiran kita, ngomong di depan orang saja belum tentu bisa diterima oleh orang. 

Tenang, semua orang pertama sekali akan merasakan hal yang sama seperti yang kamu rasakan. Perusahaan seperti itu ternyata perasaan yang wajar-wajar saja. Seperti pendapat Sutrisna Dewi, prinsip dari presentasi adalah lakukan dan sampaikan informasi yang kamu miliki dengan baik kepada pihak intern atau ekstern, tergantung konteks peserta yang mengikuti presentasi. 

Sekedar tambahan tips saja dari saya, buat kamu yang mau mengisi acara atau presentasi. Agar suasananya cair dan menyenangkan, pelajari dan ketahui latar belakang audiens. Misalnya, audience hanya teman seangkatan se jurusan, atau mereka kaum millennial dan masih banyak lagi deh. Intinya, pelajari siapa mereka. 

4. Menurut B. Curtis, James J. Floyd dan Jerry L. Winsor 

Beda konteks pengertian presentasi menurut B. Curtis, James J. Floyd dan Jerry L. Winsor. Dimana presentasi yang dimaksud diperuntukan untuk kepentingan bisnis, missal membuat proposal bisnis dan menawarkan kerjasama bisnis dengan klien. Jika kontaknya demikian, tentu saja presentasi benar-benar diperhatikan secara serius, tidak sekedar menyiapkan presentasi untuk pendadaran skripsi atau untuk ujian di kampus saja. 

Kehadiran presentasi dalam dunia bisnis menentukan nasib dan pemasukan loh. Dengan kata lain, presentasi dalam dunia bisnis bertujuan sebagai persuasi atau mempengaruhi klien agar menarik dan tertarik. Selain itu juga ternyata membantu dalam mengambil keputusan. 

5. Terra C. Triwahyuni dan Abdul Kadir 

Sedangkan menurut Terra C. Triwahyuni dan Abdul Kadir presentasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengkomunikasikan gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan. Jadi presentasi tidak melulu untuk pendadaran skripsi atau tugas kuliah saja. tetapi dapat dimanfaatkan untuk banyak hal lagi. 

Jika konteks presentasi untuk urusan kampus atau perkuliahan, mungkin tidak harus dan tidak selamanya menggunakan alat bantu dan fasilitas lain seperti audio video, LCD dan laptop. Tujuan perangkat alat dalam presentasi tidak lain untuk meningkatkan daya tarik penyampaian pesan. Karena audience tidak hanya fokus pada apa yang disampaikan pembicara, tetapi sesekali bisa fokus di layar. Sehingga audience sesekali fokus ke layar LCD yang sudah disiapkan. 

6. Djoko Purwanto 

Tidak melulu membahas pengertian presentasi ternyata, Djoko Purwanto misalnya, menurutnya presentasi itu tidak sekedar berbicara begitu saja, tetapi juga seharusnya seorang pembicara juga harus menyadari tujuan dari presentasi itu sendiri. 

Padahal dalam kehidupan sehari-hari sedikit ditemukan orang seperti ini. Lantas, apa sih tujuan dari presentasi? Pertama, tentu saja membantu dalam menginformasikan pesan-pesan bisnis kepada audiens, menghibur audience dan menyentuh emosi audience. Termasuk juga kamu akan memotivasi audiens untuk bertindak sesuatu. 

Baca juga : 10 Teknik Pembukaan Presentasi yang Efektif dan Mengesankan

Persiapan Sebelum Presentasi

Menurut Djoko Purwanto ada beberapa persiapan mendasar yang harus disiapkan oleh pembicara ketika akan presentasi. Diantaranya sebagai berikut. 

1. Kuasai bahan yang akan dipresentasikan 

Sebenarnya ada tujuan dari menguasai bahan yang akan dipresentasikan, yaitu agar pesan yang disampaikan mudah dipahami oleh audiens.  Adapun tujuan lain, misalnya penilaian audience terhadap terhadap pembicara memang menguasai dan tentu saja akan mendapat citra baik

2. Menguasai alat peraga atau alat bantu 

Kelihatan sepele, ternyata menurut Djoko Purwanto menguasai alat peraga atau alat bantu seperti monitor, LCD dsb itu sangat penting juga. Semakin mahir mengoperasikan alat bantu, menunjukan memang si pembicara tahu banyak hal dan bisa pula meningkatkan citra penilaian audience juga. 

3. Membaca Siapa Audiens 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penting bagi pembicara mengetahui siapa audiens. Tujuan agar ada gambaran atau persiapan.

Sekiranya mengetahui siapa audiens dan siapa lawan kita akan membantu kita dalam menyesuaikan diri dan mencairkan suasana. Ternyata tidak hanya itu, juga membantu pembicara mempersiapkan bahan presentasi, agar disesuaikan sesuai genre audience. 

4. Menguasai  Panggung dan LIngkungan 

Adapun persiapan yang harus diperhatikan pembicara, misalnya menguasai panggung dan membaca lingkungan tempat tersebut. Missal di outdoor atau di indoor, ini akan membantu dalam persiapan.

Missal ketika di outdoor terjadi kemungkinan hujan, maka pembicara bisa mempersiapkan print out presentasi dan lain sebagainya.

Selain itu, mengetahui panggung dan lingkungan akan memberikan gambaran lebih matang kepada pembicara agar lebih nyaman. Ketika sudah merasa nyaman, maka akan rileks saat presentasi. 

Nah itulah beberapa pengertian presentasi dan beberapa persiapan yang harus dimiliki oleh pembicara. Jadi memang tidak sekedar mempelajari pengertian presentasi saja. tetapi juga penting mempersiapkan aspek lain. Salah satunya mempersiapkan cara pembawaan atau saat presentasi di depan. 

Semoga dengan sedikit uraian di atas banyak memberi keberanian buat kamu yang akan melakukan presentasi. Satu pesan terakhir dari saya. Jangan takut apa yang terjadi di depan sebelum menjalaninya secara langsung. Karena apa yang kita pikirkan dan apa yang kita takutkan tidak seperti yang terjadi di depan sana.

Buku Seputar Presentasi dan Skill Komunikasi

Ingin mendapatkan literasi seputar presentasi dan pidato? Berikut ini buku yang bisa menjadi referensi :

Terimakasih sudah membaca artikel berjudul Pengertian Presentasi, selanjutnya baca juga artikel lain :

  1. 14 Rekomendasi Situs Tempat Download PPT untuk Mahasiswa
  2. 10 Cara Menjadi Moderator Presentasi Kuliah Yang Baik
  3. Kalimat Pembuka Sidang Skripsi dan Tips Agar Sidang Lancar

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang