Pengertian Moderator: Tugas dan Cara Menjadi Moderator yang Baik

apa-itu-moderator
toko buku kuliah
Bagikan

Pengertian Moderator : Tugas dan Cara Menjadi Moderator yang Baik – Siapa di sini yang selalu terpukau dengan cara Najwa Shihab memandu jalannya acara? Atau mungkin ada di antara kalian yang bercita-cita nantinya bisa menjadi seperti Najwa Shihab? Mewawancarai hingga memandu diskusi antar tokoh-tokoh penting di negara ini?

Emang nggak bisa dipungkiri, popularitas Najwa Shihab, melalui acara di televisinya, belakangan ini sedang sangat meningkat apalagi di kalangan anak muda seperti mahasiswa. Melalui acara televisinya itu, Najwa seringkali menghadirkan narasumber untuk kemudian diajak berdiskusi mengenai suatu topik yang sedang ramai menjadi perbincangan.

Kemampuan Najwa memandu jalannya diskusi  memang  yang menjadi daya tarik utamanya. Ketepatannya dalam memberi pertanyaan juga caranya yang tegas dan lugas seolah mampu menyihir setiap orang yang menontonnya.

Ya, kemampuan Najwa Shihab yang bisa menyihir audiensnya itu adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh moderator. Orang biasa menganggap pengertian moderator itu sama dengan pembawa acara atau master of ceremony (MC) karena keduanya sama-sama memandu jalannya sebuah acara. Eh tapi ternyata keduanya berbeda lho.

Perbedaan keduanya secara umum dapat dilihat dari cakupan tugasnya. Untuk moderator cakupan tugasnya pada sebuah forum-forum yang melibatkan pertukaran gagasan antar anggota di dalamnya seperti diskusi, meeting, musyawarah, gelar wicara, debat, dan lain sebagainya. Sementara MC cakupan tugasnya lebih luas yakni pada sebuah acara secara keseluruhan, mulai dari membuka acara hingga menutup acara. 

Baca juga : 10 Cara Menjadi Moderator Presentasi Kuliah Yang Baik

Nah, artikel kali ini akan membahas serba-serbi tentang moderator. Mulai dari pengertian moderator, tugas serta fungsinya, hal yang harus dimiliki seorang moderator, hingga langkah-langkah saat nantinya mungkin ada dari kalian yang tiba-tiba ditunjuk untuk menjadi moderator. Penasaran? Simak baik-baik di bawah ini, ya!

Pengertian Moderator

Apa sih moderator itu? Kalau melihat dari bahasa asalnya ya, yaitu Bahasa Inggris, moderator berarti orang yang memoderasi atau penengah. Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, moderator mempunyai beberapa arti, yaitu:

  1. Orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit dan sebagainya)
  2. Pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi penengah pada acara pembicaraan atau pendiskusian masalah
  3. Alat pada mesin yang mengatur atau mengontrol aliran bahan bakar atau sumber tenaga.

Karena pada artikel ini konteksnya kita membahas moderator sebagai penengah jalannya sebuah acara, kalian bisa abaikan dulu arti moderator pada poin ketiga ya.

Nah, sekarang kita berhenti pada sebuah pertanyaan: kenapa kemudian jalannya sebuah diskusi memerlukan adanya moderator sebagai penengah?

Salah satu di antara banyaknya alasan adalah waktu. Moderator dibutuhkan sebagai penengah jalannya sebuah acara karena adanya batasan waktu bagi sebuah acara berlangsung. Bayangkan saja kalau waktu jalannya sebuah diskusi tidak dibatasi, kapan kira-kira diskusi itu akan selesai?

Moderator di sini memberikan batasan-batasan waktu tersebut. Kapan orang yang satu ini harus mulai bicara dan kapan harus berhenti dan berlanjut pada orang yang kedua, begitu seterusnya hingga diskusi berakhir.

Wah, tampaknya nggak mudah ya menjadi moderator itu. Eh, sebelum kalian punya kesimpulan ke sana alangkah lebih baik kalau kalian bisa mempelajari lebih lanjut apa saja tugas-tugas dan fungsi dari moderator.

Tugas-tugas Moderator

Dilansir dari berbagai sumber, pemahaman pengertian moderator, memiliki beberapa tugas diantaranya adalah:

  1. Mengawal dan mengawasi jalannya forum
  2. Memastikan pembicaraan pada forum berjalan sesuai dengan topik bahasannya
  3. Menciptakan ide atau topik baru agar forum dapat tetap hidup dan dinamis
  4. Memberi pengantar singkat dengan menjelaskan topik yang menjadi bahasan pada forum
  5. Memberi peringatan kepada anggota forum apabila pembicaraannya tidak relevan dengan topik yang dibahas
  6. Memberi peringatan kepada anggota forum yang menyalahi aturan atau dianggap berpotensi hingga mengganggu jalannya forum

Wah, cukup banyak juga ya tanggung jawab dari moderator itu. Tapi memang bagaimanapun semua tugas serta tanggung jawab ini penting untuk dilakukan oleh moderator agar forum dapat berjalan dengan baik dan lancar.  

Hal-hal yang Harus Dimiliki Moderator

Nah, sampai nih pada poin penting bagi kalian-kalian yang nantinya akan atau ingin menjadi moderator. Agar forum dapat berjalan dengan baik, apa saja sih kemampuan atau keahlian serta sikap yang harus dimiliki oleh seorang moderator?

1. Menguasai topik yang dibahas

Terdapat cukup banyak kekeliruan mengenai moderator. Di antaranya adalah anggapan tentang kemampuan utama dari seorang moderator adalah fasih berbicara. Tetapi ternyata fasih berbicara saja nggak cukup. Moderator juga harus berwawasan luas atau paling tidak menguasai lebih dulu topik yang dibahas.

baca juga : 7 Tips Menghadapi Seminar Proposal, Dijamin Presentasi Sempro Bakal Lancar

Kenapa? Moderator memang tidak berkapasitas untuk menyampaikan materi atau argumennya mengenai topik tertentu, tetapi ia tetap seseorang yang memegang kendali atas forum tersebut khususnya dalam hal memastikan argumen yang disampaikan oleh anggota forum relevan dengan topik yang dibahas.

2. Bersikap objektif dan netral

Moderator tidak boleh bersikap penuh prasangka hingga condong (bias) kepada pihak tertentu dalam forum. Moderator harus bisa tetap objektif dalam menjalankan tugasnya agar bisa menciptakan forum yang adil bagi setiap anggotanya.

3. Memiliki kemampuan mendengar dan observasi yang baik

Moderator dituntut untuk bisa perhatian terhadap segala macam respon baik itu respon verbal maupun non-verbal (bahasa tubuh). Hal ini untuk memastikan tidak ada yang terlewat dari setiap pembicaraan yang disampaikan oleh anggota dalam forum.

4. Bisa menempatkan dirinya

Moderator tidak memiliki kapasitas untuk menyampaikan materi atau argumen pribadinya. Ia memang menguasai topik dalam diskusi tetapi karena tugasnya bukan sebagai penyampai materi atau argumen ia tidak boleh mengambil alih tugas anggota forum lain dengan terlalu banyak berbicara tentang topik yang dibahas.  

5. Punya sikap tegas juga tenang

Perdebatan dalam sebuah forum diskusi pastinya tidak bisa dihindari. Terkadang ketika perdebatan menjadi sengit perkelahian berupa adu mulut pun bisa terjadi. Moderator di sini pun dituntut untuk memiliki sikap yang tegas terhadap anggota forum diskusi untuk melerai dan memastikan diskusi tetap berjalan tanpa adanya gangguan. Sikap tegas ini juga harus diimbangi dengan sikap tenang dan tidak mudah terpancing.

6. Mampu mencairkan suasana

Dalam beberapa forum akan sangat membantu apabila moderator memiliki kemampuan untuk membuat suasana lebih santai dan tidak tegang. Hal ini agar memudahkan anggota forum dalam menyampaikan argumennya karena suasana yang diciptakan bisa lebih rileks dan dekat. Tetapi hal ini tetap tidak boleh dilakukan berlebihan, cukup seperlunya saja. 

Cara Menjadi Moderator yang Baik

Nah, ada poin nggak kalah penting lainnya nih khususnya buat kalian yang sebentar lagi bakal ditunjuk menjadi moderator, yaitu langkah-langkah persiapan menjadi moderator, di antaranya adalah:

1. Pahami tugas dan fungsi moderator terlebih dahulu.

Kalian bisa pelajari tugas dan fungsi moderator dari poin yang sudah dibahas sebelumnya tadi, ya.

2. Pelajari dengan matang materi atau topik yang akan dibahas.

Belajar materi ini paling mudah kalian lakukan dengan melakukan riset-riset kecil melalui sumber bacaan di buku, internet, hingga bertanya langsung pada ahlinya.  

3. Pelajari susunan acara dengan seksama.

Nah, dalam hal ini kalian bisa bekerjasama dengan MC nih. Langkah ini memudahkan kalian untuk menetapkan batasan waktu di setiap sesi dalam forum kalian nantinya.

Baca juga : Divisi-divisi dalam Acara Kepanitiaan Beserta Jobdeksnya

Pondok Djawara Deepublish

4. Cari-cari informasi tentang narasumber.

Untuk forum-forum yang menghadirkan narasumber sebagai pembicaranya penting banget buat kalian bisa cari informasi terlebih dulu tentang narasumber yang akan diundang. Jangan sampai deh, kalian dibuat malu karena salah mengucapkan namanya.

5. Buat catatan kecil.

Nah kalau kalian termasuk orang yang susah menghafal, catatan kecil pada notes kalian bisa menjadi hal yang membantu banget. Kalian bisa mencatat apapun yang kalian merasa sulit untuk menghafalnya.

6. Terus berlatih.

Tentunya ini penting banget. Enggak ada hasil yang instan, semua yang terjadi di dunia ini ada melalui sebuah proses. Moderator memang punya tugas yang tampaknya nggak mudah tetapi dengan usaha dan kemauan yang keras untuk terus belajar dan berlatih tentunya tugas-tugas moderator tadi bisa kalian kuasai.

Kesimpulan

Gimana? Sudah siap untuk menjadi moderator?. Semoga dengan pemahaman mengenai moderator diatas, bisa membawa kamu menjadi seorang MC yang hebat.

Menjadi seorang moderator tentunya harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, oleh karena itu, kamu juga harus rajin membaca buku ya. Karena banyak manfaat yang akan kamu peroleh.

Berikut ini beberapa buku untuk membawa kamu menjadi seorang moderator yang hebat :

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang