VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Pengertian Mikrobiologi

pengertian-mikrobiologi
toko buku kuliah

Pengertian mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari mahluk hidup (organisme). Namannya organisme, pastinya memiliki ukuran yang lebih kecil. Karena ukurannya sangat kecil, tidak dapat dilihat menggunakan mata telanjang, hanya dapat dilihat menggunakan alat.

Menyinggung organisme pada pengertian mikrobiologi apakah kamu sudah tahu contohnya? Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kamu sering menemukan organisme, diantarannya adalah algae (ganggang), protozoa, jamur atau fungi, bakteri, lichenes dan virus. Membicarakan organisme tersebut, ternyata memiliki manfaat bagi manusia loh, meskipun beberapa kasus mereka menganggu dan menjadi hama.

Lalu apa manfaatnya? Salah satunya adalah bermanfaat untuk untuk petani. Karena mikroorganisme yang disebutkan tadi jika di olah dengan benar dan baik membantu meningkatkan penghasilan ekonomi petani. Misal jamur dapat dibudidayakan dan meningkatkan perekoneomian petani.

Memang ada plus minus terkait mikroorganisme terhadap dunia pertanian. Karena mikroorganisme dapat menyebabkan penyakit pada tanaman, namun mikroorganisme dapat meningkatkan sekaligus memeliharan kesehatan tanaman itu sendiri. Jadi kesimpulannya tergantung dari perlakuan petaninya masing-masing.

Tahukah kamu jika mikroorganisme inilah yang mampu mengembalikan kualitas tanah tetap baik. Dimana tanah yang baik adalah tanah yang mengandung beberapa unsur. Mulai dari unsur nitrogen, fosfor, sulfur, logam dan zat pemicu tumbuh lainnya.

Sejak Kapan Mikrobiologi Muncul? – Pengertian Mikrobiologi

Tahukah kamu, saat ingin belajar sesuatu memang tidak bermodal menguasai pengertian mikrobiologi dan teorinya saja loh. Jauh-jauh sebelumnya, ilmu mikrobiologi banyak hambatan dan keterbatasan. Terutama keterbatasan alat. Maklum, pada waktu dulu belum ada teknologi canggih seperti saat ini. Sampai akhirnya keluarkan alat yang disebut dengan mikroskop.

Siapa sih yang belum tahu alat satu ini? pasti sudah tahu dong ya mikroskop ini alat apa. Biasannya saat masih SMP sudah ada praktek menggunakan mikroskop. Kehadiran mikroskop menjadi bagian paling penting dalam ilmu mikrobiologi. Berkat kehadiran alat satu ini pula, ilmu mikrobiologi semakin berkembang pesat dan semakin banyak hasil temuan baru loh.

Pertamakali ilmu mikrobiologi diaplikan untuk kehidupan sehari-hari sejak abad ke-19. Paling tidak di abat ini sudah ada beberapa Negara yang menggunakan ilmu mikrobiologi. Bentuknya apakah itu? Yap, benar sekali masyarakat dulu sering melakukan pengawetan dan memfermentasi anggur dan membuat vaksin rabies atau sekedar digunakan untuk minum.

Zaman terus berputar. Pada abad ke-20 tidak sekedar tahu pengertian mikrobiologi. Tetapi mikrobiologi semakin berkembang dan memiliki cabang. Di sanalah ada istilah mikrobiologi modern. Ada dua cabang mikrobiologi yang saling terikat, pertama mikro biologi dasar (basic) dan mikrobiologi terapiklasi (applied).

Jadi segala sesuatu yang fokus ke penemuan-penemuan terbaru termasuk mikrobiologi dasar. Sedangkan segala sesuatu yang berorientasi atau bertujuan untuk problem solving, maka itu masuk dalam mikrobiologi teraplikasikan. Contoh mikrobiologi yang teraplikasikan terkait dengan DNA.

Perkembangan mikrobiologi Dari Masa ke masa – Pengertian Mikrobiologi

Jika di pengantar artikel sudah dikenalkan pengertian mikrobiologi. Maka di sub bab kali ini mencoba mengajak kamu melihat perkembangan dari masa-masa dahulu dalam mengembangkan mikrobiologi. Mengingat ilmu ini sangat memberikan manfaat dalam kehidupan. Nah, seperti apa sih perkembangan jaman dulu, langsung saja simak sebagai berikt.

1. Robert Hooke and Antonie van Leeuwenhoek – Pengertian Mikrobiologi

Adakah yang pernah mendengar tokoh berjasa Robert Hooke? Mungkin diantara kalian ada yang tidak tahu ya? Jadi Robert Hooke ini adalah seorang matematikawan sekaligus sejarawan alam.

Wah, dari sebutannya aja sudah kelihatan kalo beliau ini sangat keren ilmunya. Ternyata, jadi Roberat Hooke ini juga seorang ahli mikroskopi loh. Nama dan kiprahnya dikenal ditahun 1635 sampai 1703.

Lelaki dari Inggris ini pun juga pernah menulis sebuah buku yang cukup terkenal kala itu, di tahun 1665 berjudul Micrographia. DImana buku ini merupakan deskripsi pertamakalinya yang menguas tentang mikroorganisme loh.

2. Robert Koch

Jadi selain mengenal Robert Hooke, di abad ke-16 masuk eranya Robert Koch. Pada kala itu, muncul wabah penyakit menular. Dari penyebaran penyakit itu, singkat cerita berhasil ditemukan penyebabnya apa. Salah satunya di sebabkan adannya mikroorganisme, yang kala itu belum ada buktinya.

Kehadiran Robert Koch, yang tidak lain adalah seorang Dokterpun akhirnya menemukan problem solvingnya nih. Dokter yang berasal dari Jerman salah satu dokter pada waktu itu yang menemukan konsep hubungan antara penyakit menular dan mikroorganisme yang berhasil Robert Koch buktikan.

Tentu saja apa yang ditemukan ini penemuan fenomenal dan mendorong banyak calon peneliti yang sampai sekarang mengembangkan penemuan tentang mikrobiologi sampai bisa berkembang seperti sekarang. Dari apa yang telah ditemukan oleh Robert Koch, maka disebutlah postulat Koch. Hingga sampai sekarang, telah menjadi standar dalam setiap kali menentukan penyakit menulis.

3. Pasteur – Pengertian Mikrobiologi

Era selanjutnya adalah era Pasteur. Sesudah dua era tersebut, mulai banyak ilmu dan pengertian mikrobiologi yang dikembangkan dan diteliti lebih dalam. Semakin banyak peningkatan dan pemanfaatan mikroorganisme dalam kehidupan manusia. Meskipun terbilang lambat, tidak begitu ada yang menonjol dari observasi dan penelitian yang telah dilakukan.

Barulalh masuk di abad ke-19 setelah mikroskop diproduksi. Maka penelitian tentang mikrobiologi semakin berkembang pesat. Keingintahuan manusia terhadap mikroorganisme semakin berkembang lagi. Hingga sampai sekarang, mikrobiologi tidak hanya bermanfaat secara medis dan kesehatan saja. Tetapi untuk bidang pertanian pun bisa diterapkan. Tentu ini kabar mengembirakan dan bentuk kemajuan.

Dasar-Dasar Mikrobiologi

1. Mekanisme Kerja Zat Anti MIkroorganisme

Jadi saat kamu memutuskan masuk dan mendalami pengertian mikrobiologi. Sudah pasti kamu akan belajar tentang mikroorganisme. Dimana saat kamu mempelajari mikroorganisme kamu akan mempelajari banyak hal dan berbagai hal.

Salah satunya belajar tentang mekanisme kerja. Saya tidak akan menjelas secara spesifik karena keterbatasan tempat. Tapi saya hanya akan memberikan garis besar apa yang akan kamu pelajari di sana.

Jadi, mekanisme kerja yang akan kamu pelajari di sana adalah perusakan DNA, nah di sinilah kamu akan mempelajari seputar DNA. Tidak hanya itu, kamu pun juga akan mengenal lebih tentang denaturesi protein dan gangguan pada gugus sulfhidril itu seperti apa dan bagaimana. Tidak lupa juga, kamu pun akan bersinggungan tentang antagonism kimiawi perusakan pada dinding sel bakteri.

2. Resistensi Mikroorganisme Terhadap Antimikroorganisme

Jadi jika menyinggung tentang pengertian mikrobiologi itu hanya ilmu layer pertama. Ada ilmu layer sekian yang tidak kalah penting dan perlu kamu pahami dalam mempelajari mikrobiologi. Masih menyinggung tentang mikroorganisme, kamu pun akan belajar tentang resistensi mikroorganisme terhada antimikoorganisme itu seperti, dan unsur apa saja yang perlu diperhatikan.

Jadi, ketika ditemui resistensi mikroorganisme terhadap zat antimikroorganisme, setidaknya kamu harus memahami dua bentuk unsur. Pertama unsur fisik, yang termasuk unsur fisik adalah penyinaran sinar UV, panas dan peninginan pada suhu yang standar. Unsur yang kedua adalah unsur kimia yang dipengaruhi oleh alcohol, Ion logam berat, detergen dan oksidator.

Buku lain tentang Mikrobiologi :

  1. Buku Mikrobiologi-Parasitologi
  2. Buku Mikrobiologi Hasil Perikanan

Kesimpulan : 

Mempelajari pengertian mikrobiologi sampai paham sangatlah penting untuk mahasiswa biologi, terutama buat kamu yang ingin bekerja di tenaga medis spesialis, pasti nantinya juga akan bersinggungan dengan mikrobiologi tersebut.

Atau buat kamu nih yang sedang kuliah di jurusan biologi dan kimia, mungkin juga sudah tidak asing dengan singgungan ilmu-ilmu di atas tadi. Atau mungkin buat kamu yang sedang binggung ingin masuk kuliah di mana, galau antara ingin masuk jurusan biologi atau psikologi.

Nah, setidaknya dengan ulasan pengertian mikrobiologi ini memberikan gambaran mata pelajaran dan ilmu yang akan kamu pelajari selama kuliah itu seperti apa.  Jika merasa kurang sesuai dan tidak sesuai dengan passion. Kamu bisa loh mencari alternative pilihan jurusan lain, selain jurusan tersebut.

Lihat koleksi buku buku tentang biologi yang lain di : Buku Biologi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang