fbpx
flash sale toko buku deepublish

8 Pengertian Membaca Pemahaman Menurut Para Ahli

pengertian membaca pemahaman
toko buku kuliah

Pengertian Membaca Pemahaman Menurut Para Ahli – Bingung mencari pengertian membaca pemahaman itu seperti apa? saya yakin, sebenarnya kamu pun sering melakukan tanpa sadar. Pernahkah kamu mendengar istilah membaca pemahaman interpretif? Membaca interpretif adalah membaca yang membutuhkan daya konsentrasi tinggi. Dimana dari hasil membaca pemahaman ini dapat menghasilkan proses berpikir yang kritis, berbobot, mendapatkan informasi lengkap.

Pengertian membaca pemahaman interpretif bisa dibilang termasuk pemahaman literal. Dimana dibutuhkan keterampilan membaca untuk menyimpan informasi yang tertulis di dalam bacaan itu. Oh iya, membaca pemahaman ini juga menitikberatkan pada kemampuan menafsirkan bacaan.

Misalnya, pembaca bisa mengambil kesimpulan, mampu membuat generalisasi, mampu membuat perbandingan, mampu mencari hubungan sebab akibat, dan mampu menemukan koherensi dari isi pesan tersebut.

Pengertian Membaca Pemahaman Menurut Para Ahli 

Nah, karena pengertian membaca pemahaman ini memiliki makna yang luas. Maka pada kesempatan kali ini akan dijelaskan menurut beberapa ahli dibidangnya.

Tentu saja para ahli ini memiliki kajian dan landasan kenapa mereka berani mendefinisikan membaca pemahaman. Langsung saja, berikut pengertian membaca pemahaman menurut para pakar. 

1. Menurut Farida Rahim 

Secara garis besar, menurut Farida Rahim, pengertian membaca pemahaman salah satu aktivitas membaca untuk mendapatkan pemahaman konsep, memahami kata dan memahami ide yang ditulis dan disampaikan oleh penulis. 

Saya pun juga yakin, kamu sebenarnya juga sudah sering melakukannya. Terutama buat kamu yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas kuliah. Pastinya di situ kamu membaca tidak sekedar membaca agar khatam, melainkan membaca demi tujuan mendapatkan informasi dan mendapatkan maknanya, agar bisa mengerjakan tugas yang diberikan dosen bukan?

2. Menurut Marohaini 

Menurut Marohaini (1999:4) mengartikan membaca pemahaman sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh pelajar. Mulai dari pelajar usia dini hingga mahasiswa sekalipun. Karena kemampuan membaca inilah yang akan membantu dalam mendapatkan pemahaman. 

Dimana proses pemahaman saat membaca harus memiliki tiga hal pokok. Seperti pendapat Gillet dan Temple, ketiga pokok  tersebut meliputi pengetahuan, pemahaman terhadap struktur teks dan kegiatan untuk menemukan atau mencari makna. 

Itu sebabnya di sekolah dasar atau sekolah dini banyak pendidik yang mengajarkan membaca. Tujuan akhirnya agar tidak sekedar membaca cepat atau semacamnya. Tetapi dari membaca, mampu menemukan pengetahuan, teori dan ide yang baru. 

3. Menurut Nurhadi 

Menurut Nurhadi, membaca pemahaman adalah aktivitas membaca yang memfokuskan pada bahasa yang digunakan oleh penulis dan memahami simbol grafik tulisan. Dimana symbol-simbol itulah yang memiliki muatan informasi. Dengan kata lain, pembaca dituntut untuk memahami pesan dan kalimat yang disampaikan oleh penulis.

Memang simbol yang dimaksud bukanlah simbol dalam arti sebearya. Melainkan simbol kata atau bahasa yang digunakan oleh penulis. Jadi simbol yang dimaksud lebih ke bentuk metafora. Apalagi untuk bacaan novel, banyak simbol-simbol kalimat yang dipahami oleh pembaca. Sebenarnya tidak hanya dalam bentuk novel, buku bacaan seperti buku pelajaran atau buku motivasi pun juga banyak simbol-simbol kata juga. 

4. Menurut H. G. Tarigan 

Berbeda lagi dengan Tarigan, yang mengartikan membaca pemahaman sebagai upaya untuk memahami isi bacaan dengan baik. Salah satu cara bisa membaca dengan baik adalah memiliki kemampuan membaca dengan baik pula. Bagaimanapun juga, pemahaman sebagai aspek utama dalam memaca. 

Kemampuan pemahaman ini pula yang akan mengasah ketrampilan. Lewat keterampilan yang dimiliki itulah, nantinya akan menghasilkan pencapaian yang diinginkan. Jadi, hal yang perlu digaris bawahi, membaca tidak sekedar mengejar kecepatan, melainkan memahami isi dan pesan.

5. Menurut Webster Collegiate Dictionary 

Berbeda dengan pendapat Webster collegiate dictionary, yang mengartikan membaca pemahaman sebagai salah satu bentuk mengembangkan kapasitas pemikiran untuk memahami dan mengerti.

Jadi saat membaca pembaca dituntut untuk tahu maksud yang disampaikan oleh penulis. karena di dalam teks atau tulisan mungkin saja kalimat mengatakan A tetapi maksud dari si penulis adalah B. Hal-hal semacam inilah yang juga harus dipahami oleh pembaca.

Baca juga : Pengertian Membaca Sekilas (Skimming) Menurut Ahli

6. Membaca Pemahaman Menurut Rubin 

Menurut rubin, pengertian membaca pemahaman sebagai proses kognitif yang rumit. Dimana, saat seseorang membaca, tidak sekedar membaca secara lisan atau secara batin. Tetapi kemampuan kognitif pun juga berperan penting. Peran kognitif inilah yang nantinya akan mempengaruhi dalam proses penyimpanan informasi. Mempengaruhi pula dalam proses pembentukan pemahaman, analisa dan menentukan sudut pandang seseorang terhadap sesuatu hal. 

Membicarakan kemampuan, Rubin dan pun juga menyampaikan bahwa ada empat tingkat pemahaman. Yaitu pemahaman literal (Literal comprehension), pemahaman interpretatif (interpretative comprehension), pemahaman kritis (critical comprehension) dan pemahaman kreatif (Creative Comprehension). 

7. Menurut Syafi’ie 

Menurut Safi’ie mengatakan bahwa pemahaman literal sebagai kemampuan memahami apa yang ditulis dan disampaikan oleh si penulis di dalam buku atau tulisannya. Dimana pemahaman literal ini tidak hanya memahami dari segi teks bacaan, tetapi juga memahami arti per kata, per kalimat, memahami per paragraph ataupun memahami per konteks bacaan. 

Adapun cara untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal. Cukup dengan mengajukan pertanyaan seperti siapa, kapan, dimana, mengapa dan apa. masih menurut Syafi’ie, dalam membaca pemahaman juga terdapat yang namanya pemahaman interpretatif. Dimana membaca interpretatif didahului oleh pemahaman literal. 

Bentuk pemahaman literal itu sendiri berbentuk pengambilan kesimpulan, mampu memahami sebab akibat yang terjadi, mampu membuat generalisasi. Termasuk pula kemampuan untuk membuat perbandingan-perbandingan dan menemukan hubungan baru yang tertuang di dalam bacaan tersebut. 

Secara umum, syafi’ie juga mengartikan membaca pemahaman sebagai proses membaca untuk memahami dan menerima isi bacaan melalui bahasa tulis. Tentu saja konteks bacaannya adalah bacaan yang sifatnya informatif, yang lengkap akan fakta, pendapat, gagasan dan ungkapan subjektif atau objektif dari si penulis.

8. Menurut Burns 

Menurut burns, membaca pemahaman sebagai bentuk membaca kritis. Membaca kritis untuk melakukan evaluasi terhadap bacaan yang dibaca. Biasanya dilakukan dengan membandingkan gagasan yang terdapat di dalam materi. Tahukah kamu jika membaca kritis harus memiliki keterampilan untuk membaca aktif dan mampu meneliti fakta-fakta.

Dalam membaca pemahaman, selain membaca kritis, juga ada membaca kreatif. Membaca kreatif salah satu aktivitas yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis dan memiliki daya imajinasi. Setidakya dari kedua hal tersebut akan membatu dalam mengembagkan kemampuan emosioal sekaligus mengembagkan kemampuan itelektual. 

Jika kemampuan tersebut terbentuk, tentu saja akan membantu dalam memperkaya pengetahuan, wawasan dan interpretasi. Selain itu juga akan membantu pembaca lebih kritis dalam megkaji dan mengembagkan topic ataupun tema yang dihadapi.

Baca juga : 5 Tujuan Membaca Cepat

Itulah delapan pengertian membaca pemahaman. Setidaknya dari beberapa ulasan di atas lebih tahu pandagan dari banyak perspektif lain. Sehingga kognitif kita pun lebih kaya dan lebih beragam dalam memaknai dan menilai. Semoga artikel ini bermanfaat, dan tentu saja agar tetap semangat membaca.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang