VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Pengertian Manfaat Penelitian : Fungsi, Jenis disertai Contoh

contohdan-pengertian-manfaat-penelitian-pada-karya-ilmiah
toko buku kuliah

Pengertian Manfaat Penelitian – Karya tulis ilmiah harus selalu disusun secara terstruktur. Setiap elemennya seperti manfaat penelitian perlu diperhatikan untuk menghasilkan satu karya tulis ilmiah yang baik.

Kalian yang sedang menempuh perkuliahan pasti sering dihadapkan oleh tugas membuat karya tulis ilmiah. Berkaitan dengan pengertian manfaat penelitian, apakah kalian sudah memahaminya dengan baik?

Memang tidak mudah mengerjakan karya tulis ilmiah meskipun tugas tersebut sudah diberikan berkali-kali. Makanya nggak sedikit mahasiswa yang kesulitan menulis karya tulis ilmiah, contohnya skripsi.

Baca juga : Apa itu Skripsi? Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Unsurnya

Sebagai syarat kelulusan, skripsi harus ditulis dengan cermat dan sesuai dengan kaidah penulisan karya tulis ilmiah. 

Pengertian Manfaat Penelitian pada Karya Ilmiah

Pengertian manfaat penelitian dalam skripsi atau karya ilmiah lain, biasanya tidak sepanjang latar belakang. Tetapi, tidak sependek rumusan masalah yang terkadang lebih membutuhkan waktu dalam pengerjaannya.

Umumnya sub bab manfaat penelitian ini diabaikan dan diisi seadanya oleh peneliti. Padahal sub bab ini juga penting dalam skripsi. 

Bab I dalam skripsi terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Pada bab pertama ini memiliki peran penting dan besar sebagai pondasi penelitian kalian.

Dalam latar belakang, kalian perlu menjelaskan gambaran umum tentang apa yang kalian teliti dan urgensi atau alasan pemilihan topik untuk skripsi. Kemudian rumusan masalah adalah pertanyaan yang mencakup keseluruhan pembahasan skripsi kalian.

Kedua sub bab ini perlu kalian rumuskan dan susun sebelum melakukan penelitian. 

Sementara kedua sub bab dalam Bab I tersebut merupakan yang cukup membutuhkan waktu untuk merumuskannya dengan baik, dua sub bab terakhir sering diabaikan. Banyak dari kalian yang mengabaikan perumusan manfaat penelitian dan tujuan penelitian. 

Jika latar belakang dan rumusan masalah disusun sebelum melakukan penelitian, maka tujuan penelitian disusun setelahnya. Sedangkan manfaat penelitian akan lebih baik jika disusun setelah kalian mendapatkan hasil penelitian.

Baca juga : Cara Mencari Judul Skripsi

Tujuan penelitian sendiri pun disusun sebelum manfaat penelitian juga. Pasalnya pengertian manfaat penelitian dapat diartikan sebagai potensi hasil penelitian setelah tujuan penelitian tercapai. Untuk itu, secara ideal kalian dapat merumuskan manfaat penelitian hanya setelah tujuan penelitian sudah tercapai.

Kalian dapat menemukan banyak contoh manfaat penelitian dari internet, arsip online skripsi dan perpustakaan kampus kalian.

Tetapi, apakah kalian tahu mengapa manfaat penelitian harus ada dalam karya tulis ilmiah?

Pada dasarnya, manfaat penelitian ada karena ketentuan struktur penulisan karya tulis ilmiah.

Penelitian sangat penting bagi perguruan tinggi.

Pertama, mengembangkan materi pengajaran.

Kedua, mendukung pengabdian masyarakat.

Ketiga, meningkatkan reputasi kampus melalui hasil dari penelitian yang berpengaruh terhadap masyarakat luas. Semakin luas pengaruh hasil penelitian, semakin baik reputasi kampus.

Ketiga hal tersebut berkaitan satu sama lain. Ketiganya mengarah pada agar perkembangan ilmu dan hasil penelitian dikembalikan pada kepentingan masyarakat.

Fungsi Penulisan Manfaat Penelitian

Berkaitan dengan pentingnya penelitian bagi perguruan tinggi untuk ketiga alasan tersebut, manfaat penelitian dalam skripsi berfungsi untuk menjelaskan dan menekankan secara jelas potensi dari hasil penelitian tersebut.

Ada tiga fungsi manfaat penelitian dalam skripsi:

  1. Menginspirasi penelitian lebih lanjut. Penelitian selanjutnya bisa menggunakan topik serupa dengan mencari celah dari penelitian sebelumnya yang dapat dikembangkan untuk penelitian lebih lanjut
  2. Menginspirasi penelitian lebih lanjut menggunakan satu atau sebagian komponen dari penelitian sebelumnya. Misalnya variabel penelitian, kasus, metode penelitian, dan lain-lain
  3. Menjadi pertimbangan dalam pembuatan kebijakan pemerintah

Penerapan Isi Pada Manfaat Peniliatan

Ada tiga isi pokok utama manfaat penelitian yang perlu diterapkan dalam skripsi, yakni: 

  1. Manfaat diuraikan secara jelas dan sistematis. Manfaat penelitian disusun setelah hasil penelitian tercapai. Sehingga uraian tentang manfaat penelitian didasarkan pada hasil penelitian tersebut, bukan semata-mata pendapat pribadi peneliti.  
  2. Rasional. Manfaat penelitian merupakan dampak rasional atas pemecahan masalah utama penelitian melalui tindakan yang dipilih. Uraian dalam manfaat penelitian diusahakan untuk sesuai dan berimbang dengan kenyataan hasil penelitian
  3. Bukan hipotesis. Memaparkan apapun yang didapat dari hasil penelitian. Hipotesis tidak diuraikan dalam manfaat penelitian karena letaknya ada di proposal penelitian, sedangkan pada skripsi harus bersifat dari hasil yang sudah diteliti
  4. Sisi pragmatis dari hasil penelitian. Uraian manfaat penelitian ditujukan agar dapat diaplikasikan secara nyata atau dikembangkan ke penelitian selanjutnya, sehingga penting agar maksud penelitian dapat tersampaikan secara efektif melalui manfaat penelitian.

Jenis Manfaat Penelitian

Selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah dua jenis manfaat penelitian dan penggunaannya (Soekidjo, 2010). Kedua jenis manfaat penelitian inilah yang perlu kalian cantumkan dalam skripsi kalian. 

1. Manfaat teoritis

Manfaat teoritis atau akademis merupakan manfaat penelitian bagi pengembangan ilmu. Sehingga manfaat teoritis ini dapat mengembangkan ilmu yang diteliti dari segi teoritis. Teori yang digunakan tentunya berdasarkan peneliti atau penulis sebelumnya.

Manfaat teoritis ini berfungsi untuk menjelaskan apabila teori yang digunakan masih relevan untuk penelitian penulis, relevan secara umum, atau tidak sama sekali.

Namun dapat juga untuk memperkuat atau menggugurkan teori tersebut setelah mengetahui hasil penelitian. 

2. Manfaat praktis

Penelitian dilakukan karena ada masalah yang ingin diselesaikan atau dipecahkan. Manfaat praktis menjelaskan manfaat yang berguna untuk memecahkan masalah secara tersebut secara praktis.

Tujuan manfaat praktis ini juga dapat diarahkan untuk lebih dari satu subjek. Misalnya manfaat untuk mahasiswa yang mengerjakan topik skripsi serupa, civitas akademika yang melakukan penelitian yang sama, dan lain-lain. Subjek ini disesuaikan dengan penelitian peneliti.

Baca juga : Sistematika Penulisan Skripsi Dari Bab 1 sampai Bab 5

Contoh Manfaat Penelitian Makalah, Proposal dan Skripsi

Setelah mengetahui dan memahami mulai dari pengertian, pentingnya, fungsi, dan jenis-jenis manfaat penelitian, perhatikan contoh manfaat penelitian berikut.

Contoh pertama diambil dari penelitian skripsi tentang pengaruh ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP), jenis opini audit, audit firm tenure, dan ukuran perusahaan  terhadap audit delay secara simultan tahun 2014.

Contoh kedua diambil dari penelitian tentang pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai model pembelajaran daring di Sekolah Dasar tahun 2019.

Contoh terakhir diambil dari penelitian tentang efektivitas metode active knowledge sharing sharing jika diterapkan dalam pembelajaran menanggapi siaran pada siswa SMA.

Contoh 1

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan, baik secara teoritis maupun praktis, diantaranya: 

 1) Manfaat teoritis 
 Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta juga diharapkan sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan yang secara teoritis dipelajari di bangku perkuliahan. 
 2) Manfaat praktis
 a. Bagi penulis Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sarana yang bermanfaat dalam mengimplementasikan pengetahuan penulis tentang auditing, laporan keuangan, dan audit delay. 
 b. Bagi peneliti selanjutnya Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan teori mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay, bagi yang ingin melanjutkan penelitian ini. 
 c. Bagi auditor 7 Penelitian ini diharapkan dapat membantu kerja auditor dalam menganalisis faktor-faktor penyebab audit delay. Sehingga auditor dalam proses pengauditan laporan keuangan perusahaan dapat bekerja lebih efektif lagi dalam mengurangi waktu keterlambatan penerbitan laporan keuangan hasil audit. 
 d. Bagi perusahaan keuangan Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi manajemen agar penyajian laporan keuangan hasil audit dapat diterbitkan tepat waktu, sehingga keputusan ekonomi yang dipilih lebih akurat lagi. 

Contoh 2

Manfaat dari penelitian ini yakni sebagai berikut :
 1. Manfaat Teoritis 
 Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan rujukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan Portal Rumah Belajar sebagai model pembelajaran daring di sekolah dasar. 
 2. Manfaat Praktis 
 a. Bagi Guru 
 1. Berkembangnya pembelajaran yang lebih inovatif dengan model pembelajaran daring yang memanfaatkan Portal Rumah Belajar sebagai media pembelajaran.
 2. Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk guru dalam menentukan media belajar yang sesuai minat peserta didik dan mengikuti arus perkembangan zaman. 
 3. Mampu menambahkan pengetahuan dan memberikan inspirasi tentang penggunaan Portal Rumah Belajar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. 
 b. Bagi Peserta didik 
 Memacu peserta didik agar lebih aktif dan termotivasi dalam pembelajaran. 
 2. Menambah sumber belajar bukan hanya dari buku dan guru. 
 c. Bagi Sekolah 
 1. Meningkatnya kualitas pelajaran dengan cara memanfaatkan Rumah Belajar sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. 
 2. Memberikan sumbangan yang positif terhadap kemajuan sekolah serta kondusifnya iklim pendidikan di sekolah. 

Contoh 3 

Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut.
 a. Bagi Penulis 
 Kegiatan penelitian ini dijadikan sebagai pengalaman yang berharga dalam upaya meningkatkan kemampuan penulis dalam mengembangkan ilmu dan dapat memberikan gambaran mengenai hasil pembelajaran menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik dengan menggunakan metode active knowledge sharing. 
 b. Bagi Sekolah 
 Dengan adanya penelitian ini, manfaat bagi sekolah adalah dapat menerapkan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik. 
 c. Bagi Peneliti Lanjutan 
 Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar penelitian lanjutan dan sebagai dalam pemikiran bagi pengembangan pembelajaran untuk melanjutkan penelitian dalam meningkatkan pembelajaran menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik dengan menggunakan metode active knowledge sharing.

Penutup

Karya tulis ilmiah harus selalu disusun secara terstruktur. Setiap elemennya perlu diperhatikan untuk menghasilkan satu karya tulis ilmiah yang terpadu dengan baik. Selain itu, proses pengerjaannya atau penelitiannya pun perlu dilakukan secara terstruktur. Kalian yang sedang menempuh perkuliahan pasti sering dihadapkan oleh tugas membuat karya tulis ilmiah.

Skripsi adalah syarat kelulusan. Melalui skripsi, pemahaman kalian akan materi perkuliahan diuji berdasarkan topik skripsi yang sudah kalian tentukan. Mungkin terlihat menyeramkan atau berat, tapi kalian diharapkan sudah terbiasa untuk berpikir kritis dan terstruktur dari tugas membuat makalah tersebut. Apalagi tugas ini biasanya diberikan tiap semester sejak semester pertama. Sehingga akan lebih baik jika kalian menggarap karya tulis ilmiah dengan sungguh-sungguh dan serius tugas yang diberikan selama kuliah.

Baca juga : 9 Rekomendasi Buku Metodologi Penelitian Terbaik

Setelah memahami ketiga contoh di atas, harapannya kalian bisa memahami pengertian manfaat penelitian dan mengaplikasikannya dalam menulis penulisan skripsi atau jenis karya tulis ilmiah lainnya.

Perlu diingat, pokok pengertian manfaat penelitian adalah uraian tentang hasil penelitian kalian sebagai peneliti dan apa yang ingin disampaikan sesuai dengan subjek yang kalian tentukan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian. Selamat mengerjakan karya tulis ilmiah.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang