Pengertian Liaison Officer: Tugas dan Tanggung Jawab

pengertian liaison officer
toko buku kuliah
Bagikan

Pengertian Liaison Officer – Jika kamu sekarang masih pusing ingin mengikuti kegiatan apa yang memiliki pengalaman paling menjanjikan di masa datang, dan dapat mempengaruhi karir dimasa yang akan datang? Jawabannya adalah liaison officer. 

Saya yakin banyak orang yang tidak tahu apa itu liaison officer. Jadi liaison officer adalah profesi yang berperan menghubungkan orang satu dengan orang lain untuk keperluan organisasi atau event tertentu. meskipun kelihatan sepele dan sederhana, ternyata Liaison officer (LO) ini memiliki banyak keuntungan. 

Agar lebih bisa memahami apa itu Liaison officer, langsung saja kita intip pengertian, tugas, tanggungjawab, kriteria, keuntungan dan cara yang kita simak di bawah.

Pengertian dan Arti Liaison Officer (LO)

Pengertian Liaison Officer adalah profesi yang bertugas menjadi penengah hubungan antara perusahaan/organisasi satu dengan yang lain. Dapat pula berperan untuk mengorganisasi kegiatan dalam sebuah acara. Dengan kata lain, liaison officer bagian dari struktur kepanitiaan. 

Liaison officer familiar disingkat dengan LO. Meskipun bukan yang paling inti dari struktur organisasi, ternyata LO memiliki peran yang cukup menonjol. Pasalnya, dalam sebuah struktur organisasi itu baik atau tidak tergantung dari LO nya. 

Buat yang belum tahu apa itu LO, orang yang bertugas menyambut tamu, termasuk dalam liaison officer. Tidak hanya itu saja, Liaison officer adalah orang yang menanyakan keperluan dan kebutuhan tamu pembicara atau narasumber yang dibutuhkan, kemudian LO yang bertugas menyampaikan ke tim panitia.

Tugas dan tanggung jawab Liaison Officer

Tanggung jawab kerja seorang liaison officer sebenarnya menyenangkan, terutama bagi mereka yang memiliki passion di bidang tersebut. Lantas, apa saja sih tugas LO? Langsung saja kita simak ulasannya sebagai berikut. 

1. Menjembatani Sang Talent  Dengan Penyelenggara Acara 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tugas liaison officer adalah sebagai jembatan yang menghubungkan sang talent, narasumber, klayen (tergantung konteksnya untuk keperluan apa) demi mencapai kelancaran kegiatan atau dalam melakukan birokrasi. Jika dalam dunia event, ya berarti menjembatani sang talent (pembicara) dengan penyelenggara acara. 

2. Bertanggungjawab Terhadap Kebutuhan Artis Yang Akan Tampil 

Adapun tugas liaison officer adalah bertanggungjawab atas segala kebutuhan talent yang akan tampil. Pernah suatu ketika saya mendapatkan undangan mengisi talkshow seminar yang diselenggarakan oleh BI, kala itu memang liaison officer bekerja baik. 

Saya diperlakukan dan fasilitasi sehingga memudahkan saya sebagai pengisi acara. Memang seperti itulah tugas dari liaison officer. Ada juga pihak liaison officer hingga rela antar jemput talent, sampai mempersiapkan baju yang akan dikenakan, menyiapkan sarana demi kelancaran usaha, dan masih masih banyak lagi deh. 

3. Harus Tau Dan Kenal Talent 

Penting banget nih buat kamu yang ingin menjadi liaison officer, wajib tahu siapa talent mereka.  sangat disayangkan jika liaison officer tidak kenal siapa talentnya. Gimana bisa akrab dan nyaman jika tidak kenal siapa talent.

Jadi tidak ada salahnya sebelum berkomunikasi kamu sudah kepo tipis-tipis dan perkenalan terlebih dahulu. Ingat pepatah, tak kenal maka tak sayang. 

4. Antar Jemput 

Tugas dan tanggung jawab liaison officer adalah antar jemput talent. Meski tidak semua talent harus dijemput. Setidaknya untuk beberapa konteks memang ada keharusan untuk itu. Misalnya liaison officer pemain basket dalam ajang kejuaraan, maka tugas liaison officer wajib memperhatikan tim basket mereka, termasuk memperhatikan masalah transportasinya. 

5. Bertanggungjawab Agar Talent Datang Tepat Waktu 

Dari poin 1-4 di atas, secara tidak langsung liaison officer bertugas agar talent atau narasumber datang tepat waktu. Sekaligus membantu talent/narasumber bisa mempersiapkan segala sesuatu secara terstruktur dan tidak mengalami kesulitan. 

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab liaison officer. Tentu saja masih ada tanggungjawab lain, yang mana setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Jadi buat kamu yang pernah memiliki pengalaman sebagai liaison officer, boleh komentar di bawah ya.

Kriteria orang yang ingin menjadi Liaison Officer

Memang tidak mudah bagi pemula mengawali pekerjaan ini. Tenang, kamu tetap bisa kok. Kriteria menjadi liaison officer adalah kamu harus memiliki beberapa poin sebagai berikut. 

1. Giat 

Karena pekerjaan liaison officer adalah pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain. Maka kamu harus memiliki giat dalam bekerja. Jadi kamu harus aktif untuk melakukan koordinasi, aktif ke sana kemari untuk mengatur segala sesuatu yang dibutuhkan narasumber, talent, artis, perusahaan atau organisasi. 

2. Disiplin 

Adapun kriteria yang kedua jika ingin menjadi liaison officer, yaitu memiliki jiwa disiplin. Apa jadinya jika liaison officer tidak disiplin? Acara bisa gagal total. Tidak semua orang memiliki sikap disiplin. Istilah disiplin adalah kemampuan seseorang mengatur diri sendiri dan mengatur orang lain tanpa membuang-buang waktu. 

3. Cekatan 

Cekatan juga menjadi kriteria yang wajib kamu miliki juga. Tugas liaison officer adalah berhubungan dengan orang lain. Dimana liaison officer sebagai orang yang memanajemen atau mengatur narasumber/organisasi lain. Sehingga dibutuhkan kecekatan agar tidak lelet dan buang-buang waktu. 

4. Melayani Secara Maksimal 

Bisa dibilang, liaison officer adalah istilah lain dari asisten atau sekretaris. Hanya saja liaison officer hanya dibutuhkan saat acara itu terselenggara. Ya, untuk kasus tertentu memang bersifat event dan bersifat menetap seperti sekertarisnya. Prinsip kerja liaison officer adalah melayani secara maksimal demi kelancaran acara. 

5. Berwawasan 

Penting juga seorang liaison officer memiliki wawasan yang luas. Wawasan akan menentukan kamu dalam memecahkan masalah.

Wawasan luas juga membantu liaison officer saat ngobrol dan mencairkan suasana ketika berkomunikasi dengan narasumber/talent ataupun organisasi/perusahaan. Sehingga terjadi impresi dan emosi yang nyaman satu sama lain. 

6. Mudah Bergaul Dan Menciptakan Rasa Nyaman

Yap, kriteria liaison officer adalah mampu menciptakan rasa nyaman dan mudah bergaul. Sulit rasanya jika liaison officer adalah pribadi yang kaku dan anti sosial. Bukannya tidak bisa, hanya saja terkesan memaksakan diri. 

Itulah beberapa kriteria orang yang ingin menjadi liaison officer. Dari keenam kriteria tersebut, apakah kamu memiliki kemampuan semuanya? Atau hanya beberapa saja?

Belajar jualan online

Keuntungan atau Manfaat Liaison Officer

Barangkali ada yang menanyakan, apa saja sih keuntungan liaison officer? Yap, istilah liaison officer memang tidak begitu familiar, termasuk keuntungan dan manfaatnya. Langsung saja, kita simak beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika menekuni  liaison officer. 

1. Membangun Networking 

Keuntungan menekuni liaison officer adalah membangun networking. Semakin banyak networking yang kita bangun, maka semakin banyak pula peluang pekerjaan dan peluang lain. Siapa tahu dari networking yang dibangun lewat liaison officer bisa mengantarkan kamu ke gerbang kesuksesan dan ketajiran, haha. 

2. Mengasah Kemampuan Komunikasi 

Disadari atau tidak, secara kemampuan komunikasi juga akan terasah. Karena tanggung jawab liaison officer adalah berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, maka kamu pun sudah tau celah, peluang dan cara berkomunikasi yang baik dan menyenangkan untuk klien. Oh iya, kamu pun juga belajar tentang kepribadian dan karakter orang secara tidak langsung juga loh. 

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Keuntungan menjalani pekerjaan liaison officer adalah mampu meningkatkan rasa percaya diri kamu. Tentu saja ada banyak bentuk rasa kepercayaan diri yang bisa kita bangun. Misalnya rasa percaya diri tampil, percaya diri setiap kali berinteraksi dengan orang lain dan masih banyak lagi. 

4. Membentuk Citra Diri Positif 

Manfaat menjadi liaison officer adalah memiliki citra positif. Tentu saja jika kinerja kamu juga baik. Jika kinerja buruk, ya citra orang lain juga negative. Jadi tergantung dari apa yang sudah kita lakukan. 

5. Belajar Menghargai Orang Lain 

Ternyata tidak mudah menghargai orang lain. Apalagi jika orang tersebut memiliki karakter yang tidak baik. Nah, setidaknya menjadi liaison officer akan memberikan pelajaran untuk diri kita untuk bisa menghargai orang lain, sekalipun orang lain tersebut kadang juga menjengkelkan dan sombong. 

6. Menghargai Waktu

Keuntungan yang sebenarnya juga menguntungkan diri kamu, yaitu lebih menghargai waktu. Tidak banyak orang yang menyadari pentingnya menghargai waktu. Tidak banyak orang pula yang tahu betapa menghargai waktu itu mampu mengubah nasib kita 5-10 tahun yang akan datang.

Itulah pengertian liaison officer dan beberapa keuntungan dan manfaat saat berkecimpung di liaison officer. Pekerjaan ini sebenarnya sangat menarik dan menantang. Karena akan membawa kamu ke hal-hal yang baru. Jadi buat kamu yang masih ragu, setelah membaca ulasan ini bisa mantab dan percaya diri. 

Penulis: Irukawa Elisa

Baca Artikel Terkait

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang