fbpx
promo toko buku online

7 Pengertian Filsafat Pendidikan Menurut Pakar

pengertian filsafat pendidikan
toko buku kuliah

Pengertian Filsafat Pendidikan Menurut Pakar – Pengertian filsafat Pendidikan dapat diartikan sebagai ilmu yang menalaah pertanyaan yang muncul, kemudian dicari jawabannya, solusi dan hikmah. Dipandang dari landasan filosofisnya, filsafat Pendidikan ilmu yang menjiwai landasan filosofis. Tidak semua orang memahami jika landasan dasar filosofis menelaah secara komprehensif, konseptual tentang religi sampai menelaah secara radikal

Itu sebabnya banyak masyarakat umum yang memandang pengertian filsafat Pendidikan sebagai ilmu yang menyesatkan. Menurut hemat saya bukan menyesatkan. Melainkan perspektif dan pemahaman yang berbeda. Sehingga, ketika membicarakan sebuah topik dan issu tertentu, perlu dilihat pemirsa yang menyaksikan. Apakah mereka masyarakat umum, atau akademisi yang memang jurusan filsafat. 

Filsafat Pendidikan memiliki tekanan pemahaman di dunia Pendidikan. Dimana bertujuan dalam mengembangkan potensi dan kemampuan peserta didik dalam banyak hal. Mulai dari mengembangkan potensi fisik, cipta dan karya. Tentu saja tujuan akhirnya membantu dalam mewujudkan pribadi yang seimbang dan mempu mewujudkan cita-cita yang dimiliki. 

Singkatnya, filsafat Pendidikan adalah ilmu yang akan mempelajari ilmu di dunia Pendidikan. Pada dasarnya filsafat Pendidikan memiliki tinjauan luas. tidak hanya meninjau mengenai realita, tetapi juga meninjau sudut pandang terhadap dunia dan sudut pandang hidup seseorang.

7 Pengertian Filsafat Pendidikan Menurut Pakar

1. TW Moore 

Pengertian filsafat pendidikan menurut TW Moore adalah sebuah teori pendidikan yang dikemas dalam sebuah sistem konsep. Dimana teori pendidikan itu sendiri dibagi menjadi dua kelompok. Pertama tentang teori umum pendidikan, kedua teori khusus pendidikan. 

TW Moore pun juga menegaskan bahwa dari segi tujuan penyajian, maka teori pendidikan pun juga dibagi enjadi dua kelompok. Mulai dari teori pendidikan preskriptif dan teori pendidikan deskritif. Ada satu hal yang menarik saat mempelajari filsafat pendidikan, tentu saja kamu akan diajak mengetahui tujuan mempelajari ilmu ini. 

Tidak lain dan tidak bukan bertujuan untuk mengemukan sistem konsep keseluruhan ihwal pendidikan. Nah, tentu saja di sana pun akan berkenalan banyak sekali aliran. Menariknya lagi, setiap cabang ilmu pun menyuguhkan kondisi, perspektif dan memiliki banyak aspek yang berbeda secara tersistematis dan cermat argumentatif.

2. Brubacher

Pengertian filsafat Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari sekaligus bisa melahirkan pengetahuan baru, sains dan melahirkan cabang ilmu baru. Dilihat dari proses kerjanya, filsafat Pendidikan sebagai proses berfikir manusia yang bertujuan untuk memperoleh kearifan dan kebijakan. 

Konteks filsafat Pendidikan menurut Brubacher adalah ilmu yang mencari hakikat ilmu dengan pertanyaan yang bersumber pada dunia Pendidikan. Secara singkat, pengertian filsafat Pendidikan sebagai penerapan Analisa filosofis di lapangan Pendidikan. 

3. Prof. Dr M. J. Langeveld 

Pengertian filsafat Pendidikan bersifat non-pragmentaris. Dimana diperlukan proses mencari makna dan berfikir secara mendalam. pencarian makna dan berfikir memiliki pengalaman yang diperoleh lewat instansi, ataupun lewat pengalaman oranglain maupun berdasarkan pengalaman sendiri. 

Baca juga : 5 Perspektif Pengertian Filsafat Ilmu Dari Para Ahli

Seperti yang disampaikan oleh Prof. Dr. M. J Langevelt filsafat Pendidikan pada hakikatnya bersumber pada pemikirn sarwa secara daikal dan menurut sistem. Sarwa inilah yang disebut-sebut sebagai dasar pemikiran seseorang dalam filsafat. Dilihat dari sudut pandangnya, sumber pemikiran filsafat juga dapat dilihat dari alat untuk memikirkan pokok dasarnya. 

4. Mulder 

Pengertian filsafat Pendidikan menurut Mr. D. C Mulder adalah proses berfikir tentang diri sendiri ataupun tentang masalah yang terjadi dan yang ditemui di dalam kehidupan sehari-hari, ataupun masalah yang dihadapi dunia. Kemudian kembangkan dan ditemukanlah formula jawaban kesimpulan hasil. Dari hasil inilah yang dapat berubah menjadi cabang ilmu baru atau menjadi tambahan ilmu lama menjadi ilmu baru. 

5. Louis Kattsof 

Pengertian filsafat Pendidikan menurut Louis kattsof mengartikan bahwa ilmu filsafat memiliki jangkau yang sangat luar biasa luas. seberapa luas? meliputi segala pengetahuan termasuk meliputi ilmu yang tidak diketahui oleh manusia. 

6. Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 

Menurut Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional meliputi kegiatan bimbingan, latihan dan pengajaran. Termasuk pula menyinggung tentang pengetahuan, keterampilan, nilai dan perasaan. Setidaknya di dalam undang-undang ini kamu pun akan mempelajari proses pendidikan yang meliputi dan mempelajari hubungan edukasi yang efektif antara guru dan peserta didik. 

Bagaimanapun juga filsafat pendidikan disampaikan tidak abstrak. Tetap disampaikan sesuai dengan syarat yang harus dipenuhi. Misalnya adanya metode pendidikan yang sesuai, adannya sarana termasuk perlengkapan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan yang mendukung pembelajaran.

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Filsafat Untuk Mahasiswa

7. Herbert Spencer 

Pengertian filsafat pendidikan menurut Herbert Spencer membagi menjadi tiga tingkat, yaitu tingkat pengetahuan umum, pengetahuan yang terstruktur dan pengetahuan yang komprehensif. Spencer adalah seorang filosof yang berpandangan pada naturalisme positivistik (naturalisme).

Pada dasarnya fungsi pendidikan mengulas tentang mengajar dan studi tentang metode dalam mengajar yang melihat psikologis peserta didik. Selain itu juga didasarkan pula pada cabang ilmu yang memiliki korelasi dengan ilmu tersebut. 

Baca juga : Pengertian Filsafat Islam Berdasarkan 5 Perspektif Tokoh Filsuf Islam

Ilmu Pendidikan dalam filsafat menurut pdari filsuf seperti Francis Bacon, Aristoteles, Herbert spencer, august comte dan horne ilmu Pendidikan memiliki klasifikasi ilmu. Sayangnya klasifikasi tersebut tidak tersurat. Secara tidak langsung menunjukan bahwa ilmu Pendidikan dalam filsafat itu sendiri pun sebenarnya juga kurang jelas, karena masih terus dikaji secara terus menerus. 

7. Rumusan Filsafat Pendidikan 

Pengertian filsafat Pendidikan dapat dilihat dari pengantar di paragraph di atas. Ternyata pengertian filsafat Pendidikan memiliki hubungan dengan filsafat itu sendiri. Lantas, apa saja rumusan filsafat Pendidikan? 

Pertama, filsafat memiliki objek yang menyeluruh, tidak hanya focus pada satu sudut pandang atau cabang ilmu saja. Dengan kata lain, filsafat bersivat universal. Sedangkan filsafat Pendidikan dari segi objeknya sudah terspesifikasi, dengan kata lain sudah ada batasan yang harus diulas. 

Kedua, filsafat memberikan ilmu pengetahuan sekaligus pemahaman secara mendalam. Termasuk menjelaskan sebab-sebabnya secara mendalam. Sedangkan filsafat Pendidikan pun juga demikian, hanya saja tetap dalam ranah dunia Pendidikan. Ketiga, filsafat memiliki sintesis pendidikah secara spesifik dan khusus, sekaligus mengkoordinasi dan mempersatukan.

Itulah pembahasan tentang pengertian filsafat Pendidikan yang sebenarnya tidak hanya mengupas dunia Pendidikan saja. Tetapi lebih pada latar belakang filsafat Pendidikan itu bisa lahir dan terbentuknya Pendidikan itu sendiri. Secara umum, pengertian filsafat Pendidikan memang sama seperti halnya makna filsafat. 

Hanya saja pada filsafat pendidikan fokusnya sebatas dunia Pendidikan. Ada banyak sekali cabang ilmu filsafat memang. Ada filsafat islam, filsafat pendidikan dan filsafat umum. Nah, ilmu ini hanya akan kamu pelajari secara menyeluruh ketika mengambil jurusan filsafat. Adapun jurusan yang mempelajari sedikit ilmu filsafat, misalnya cabang ilmu psikologi. 

Semoga sedikitnya paparan tentang pengertian filsafat pendidikan menurut para pakar ini bermanfaat dan terimakasih.

Pelajari filsafat pendidikan dengan baca buku filsafat terbitan deepublish berikut :

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah