VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Pengertian Fakultas, Jurusan dan Program Studi (Prodi)

pengertian prodi fakultas
toko buku kuliah

Pengertian Fakultas, Jurusan dan Program Studi (Prodi) – Prodi adalah kepanjangan dari Program Studi. Ketika kamu memasuki bangku kuliah pasti tidak asing dengan kata ini. Bahkan kata ini sudah akan familiar di telinga kamu saat masih duduk dibangku SMA/SMK. Pertanyaan yang sering hadir, “kamu mau masuk jurusan apa? mau masuk prodi apa?”

Jika kita bandingkan dengan bangku sekolah, tentu berbeda. Prodi ini hanya akan kita temui di dalam bangku kuliah saja. Lantas apa sih sebenarnya Prodi itu? Lalu apa bedanya dengan jurusan dan fakultas? Jika kalian sedang menanyakan hal tersebut, maka artikel ini harus kalian baca sampai habis. 

Simak baik-baik, ya!

Pengertian Universitas

Supaya tidak membingungkan maka mudahnya kita mulai dari pembahasan universitas. Ketika kamu mau masuk kuliah, pasti kamu harus memilih universitas dulu kan. Ya, universitas adalah lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mengakomodir berbagai fakultas, jurusan, dan program studi. 

Universitas merupakan jenis perguruan tinggi yang terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik (fokus pada pengembangan ilmu), pendidikan vokasi (fokus pada keahlian bidang terapan), dan pendidikan profesi (gelar keahlian khusus) dalam berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. 

Universitas menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas. Misalnya, rumpun ilmu humaniora, rumpun ilmu sosial, rumpun ilmu alam, rumpun ilmu agama, dan sebagainya. Jadi, bisa dibilang universitas merupakan jenis perguruan tinggi dengan rumpun ilmu yang paling luas. 

Pengertian Fakultas 

Fakultas adalah bagian administratif dalam perguruan tinggi atau universitas yang menaungi beberapa bidang studi/jurusan. Dalam satu Universitas umumnya terdapat beberapa fakultas.

Pengertian Prodi

Sedangkan Prodi atau Program Studi merupakan kesatuan rencana belajar yang digunakan sebagai pedoman jalannya pendidikan akademik yang penyelenggaraannya berdasarkan suatu kurikulum. Adanya prodi bertujuan supaya mahasiswa bisa menguasai suatu pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan target kurikulum pendidikan yang digunakan.

Kalau di sekolah, mungkin kata “jurusan” identik dengan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Nah, kalau di universitas kamu mungkin banyak mendengar kata Prodi dan Jurusan sehingga kadang membuat kamu bingung, sebenarnya apa bedanya sih prodi dan jurusan itu?

Nah, sebenarnya Quipperian, prodi dan jurusan itu sama. Hanya saja, untuk di bangku perkuliahan, para akademis lebih suka menyebut pembagian divisi pendidikan ini dengan kata prodi, bukan jurusan.

Perbedaan Jurusan dan Program Studi

Jika kita membahas soal perbedaan antara jurusan dan prodi, kamu bisa mengibaratkan sebuah rumah yang memiliki kamar-kamar. Rumah ini adalah Fakultas, sedangkan kamar-kamar di dalam rumah itu adalah Prodi-nya. Jadi, sudah bisa mengerti kan apa itu bedanya Fakultas dan Prodi?

Dengan kata lain, Fakultas adalah divisi besarnya sedangkan Prodi adalah bagian-bagian kecil dari divisi besar tersebut. Misalnya, Fakultas Ilmu Komunikasi dibagi lagi menjadi tiga Prodi yakni Public Relation, Jurnalistik, dan Periklanan. 

Supaya semakin paham, mari kita ulas satu persatu dengan contoh. Anggap saja kalian ingin masuk ke Universitas Gadjah Mada. Nah ada fakultas, jurusan, dan prodi apa di sana? Mari kita ulas beberapa contohnya. 

1. Fakultas Kedokteran

Fakultas yang selalu menjadi rangking tertinggi di jurusan IPA ini bergerak dalam bidang kesehatan. Jika kamu ingin menjadi seorang dokter umum, dokter spesialis, perawat, ahli gizi, ahli kesehatan masyarakat, disinilah tempatnya. 

Di fakultas kedokteran UGM ada beragam prodi di dalamnya. Seperti contohnya:

a. Ilmu kedokteran

Mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit. 

b. Gizi kesehatan

Prodi ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan manusia, dan produktivitasnya, hubungan gizi dengan sektor pertanian, ekonomi dan sosial budaya, serta kualitas manusia. Di sini akan dipelajari zat gizi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh dan berapa takaran idealnya.

c. Kesehatan masyarakat

Prodi ini merupakan bidang ilmu yang mempelajari pencegahan dan pengobatan penyakit pada individu. Bidang ilmu ini juga bertujuan menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial dengan mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan dan metode pencegahan penyakit, kesehatan dalam suatu kawasan, maupun kesehatan di lingkungan kerja.

2. Fakultas Ekonomi & Bisnis

Seperti namanya fakultas ini fokus pada konsentrasi ekonomi dan bisnis. ? Jikalau kamu getol merencanakan dan mengelola suatu bisnis sejak usia muda, dan keranjingan memasarkan produk sembari memetik buah keuntungannya? Mungkin Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis adalah tempat kuliah yang bisa kamu ambil. Secara umum Fakultas Ekonomi & Bisnis memiliki jurusan/prodi seperti berikut ini: 

a. Ilmu Ekonomi

Pada prodi ini kamu akan diberi kesempatan untuk mendesah dan menelaah perekonomian dari sudut pandang makro, atau kebijakan-kebijakan yang diterapkan dalam lingkup regional, nasional, dan bahkan lintas-negara.

b. Akuntansi

Prodi akuntansi adalah jurusan yang mempelajari metode pencatatan, penggolongan, dan penyusunan dengan cara tertentu dalam laporan transaksi keuangan. 

c. Managemen

Prodi ini merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi, yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. 

3. Fakultas Teknik 

Fakultas Teknik adalah fakultas yang berfokus pada ilmu mengkombinasikan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. 

a. Teknik Sipil

Jurusan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang siap merancang, membangun, dan merawat fasilitas-fasilitas publik; jalan, bendungan, kanal, jembatan, dan perumahan rakyat.

b. Teknik Lingkungan

Prodi teknik lingkungan fokus dalam merancang, membangun, dan mengelola sistem terkait penyediaan air minum, penanganan limbah cair, limbah padat (non B3 dan B3), drainase, sanitasi lingkungan, sumber daya air, pencemaran udara, pencegahan pencemaran, analisis mengenai dampak lingkungan.

c. Teknik Elektro

Prodi yang fokus merancang dan menghasilkan alat-alat yang akan digunakan untuk antara lain; konversi energi, keamanan bangunan, produksi skala besar/massif dan terotomatisasi, berskala berat (kendaraan industri).

d. Teknik Arsitektur

Prodi ini fokus pada tata konstruksi, tata kelola, dan tata relasi bangunan, material pembangun, dan lingkungan sekitarnya sebagai ruang hidup bersama.

e. Teknik Kimia

Di prodi ini kamu harus siap bermain-main dengan dasar-dasar rekayasa seperti termodinamika, kinetika reaksi dan perancangan reaktor, proses pemisahan, serta peristiwa perpindahan (momentum, energi dan massa).

f. Teknik Industri

Pada prodi ini kamu akan belajar merancang, meningkatkan, mengoperasikan, dan memelihara sebuah sistem manufaktur dan jasa. 

g. Teknik Perkapalan

Prodi ini memberikan kesempatan kepada mahasiswi/nya untuk belajar tentang perancangan kapal, proses produksi Kapal, kegiatan perbaikan kapal, dan masih banyak lainnya.

h. Teknik Komputer

Prodi ini mempelajari pemrograman dasar dan perancangan aplikasi namun diterapkan untuk sistem-sistem berskala besar. Secara singkat peminatan ini menggabungkan materi kuliah Teknik Elektro dengan Ilmu Komputer.

4. Fakultas Hukum

Fakultas ilmu hukum mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan maupun kegiatan bisnis. Di fakultas ini kamu akan belajar mengenai perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas.

Terkait jurusan biasanya di fakultas ini hanya memiliki satu jurusan saja yaitu ilmu hukum. Namun nantinya akan ada peminatan atau konsentrasi studi sesuai dengan keinginan mahasiswa. 

a. Peminatan Hukum Perdata

Peminatan ini umumnya diminati oleh mahasiswa yang ingin menjadi Notaris. Bisa juga diminati oleh mahasiswa yang setelah lulus dapat menjadi Sarjana Hukum yang mengurus hal-hal terkait Perjanjian dan masalah Waris.

b. Peminatan Hukum Pidana

Peminatan ini biasanya akan diambil oleh mahasiswa yang berminat di bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan. Lulusan ini diharapkan dapat bekerja sebagai Hakim, Jaksa , Pengacara, Konsultan Hukum dan Profesi lain yang berkaitan dengan masalah Pidana.

c. Peminatan Hukum Tata Negara

Peminatan Hukum Tata Negara memfokuskan pada masalah kenegaraan dan administrasi Negara. Peminatan Hukum Tata Negara akan lebih cocok bagi mereka yang akan masuk dalam birokrasi pemerintahan dan lembaga Negara.

d. Peminatan Hukum Internasional

Peminatan Hukum Internasional biasanya diminati mahasiswa yang ingin meniti karir di Kementerian Luar Negeri atau meniti karir Diplomatik dan Konsuler atau bekerja pada lembaga-lembaga Organisasi Internasional maupun Regional.

e. Peminatan Hukum Ekonomi Bisnis

Peminat dari Hukum Ekonomi Bisnis dapat diharapkan meniti karier dalam menekuni pekerjaan menjadi Konsultan Hukum Perusahaan dan Pengacara terkait bidang bisnis

5. Fakultas Fisipol 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau disingkat Fisipol adalah Kelompok Fakultas Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora. Di fakultas Fisipol ini terdapat banyak program studi yang bisa dipilih. 

a. Ilmu Komunikasi

Prodi Ilmu Komunikasi adalah bidang studi yang mempelajari tentang komunikasi dari berbagai tingkat. Sebagai individu, komunikasi media, periklanan, siaran dan lain sebagainya. Jurusan ini diminati karena, banyak remaja saat ini yang memimpikan menjadi penyiar radio, pembawa berita, MC, jurnalis media massa hingga humas dan marketing periklanan.

b. Sosiologi

Prodi sosiologi merupakan bidang studi yang mempelajari tentang perilaku sosial antar individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. 

c. Hubungan Internasional

Seperti namanya, prodi ini mempelajari bagaimana hubungan antar negara. Jadi mempelajari bagaimana interaksi negara, Lembaga pemerintahan antar negara, dan juga non-pemerintah.

d. Psikologi

Prodi ilmu Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan mental manusia secara ilmiah. ah. Sebenarnya Psikologi ini masih masuk ke dalam ranah saintek, namun jika dikaji lebih dalam lagi, kebutuhan psikologi masih lebih umum masuk ke dalam soshum. Karena masih mempelajari perilaku manusia sebagai makhluk sosial tentunya.

e. Ilmu Politik

Prodi ilmu politik mempelajari tentang seluk beluk politik, tentang perebutan kekuasaan. Tapi, mempelajari dari sisi ilmu, seperti mengamati hingga mencari solusi tentang fenomena terjadinya perebutan kekuasaan antar individu maupun kepentingan bersama.

f. lmu Pemerintahan

Prodi  ilmu pemerintahan juga tidak jauh dari ilmu politik dan hubungan internasional. Di prodi ini kamu akan mempelajari tentang pemerintahan dengan fokus dalam negara dan kekuasaannya. Mengkaji tentang permasalahan manajemen, organisasi, administrasi juga lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif yang berada di bawah undang-undang.

Demikian ulasan 5 fakultas beserta program studinya. Sebenarnya masih ada banyak fakultas dan program studi yang bisa kita ulas. Namun tidak pada artikel ini semua, ya. Karena memang jumlahnya yang banyak dan setiap universitas memiliki aturan masing-masing untuk menamai dan memasukkan program studi di fakultas pilihan. 

Jadi sebaiknya Ketika kamu akan mendaftar universitas, pastikan kamu sudah memahami dimana fakultas dan program studi yang kamu inginkan. Dengan begitu kamu nggak akan bingung memilih prodi saat  mendaftar kuliah. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang