Ensiklopedia Adalah: Pengertian, Jenis dan Contoh

ensiklopedia adalah
toko buku kuliah
Bagikan

Bagi seorang akademisi pasti tak asing dengan istilah ensiklopedia. Ensiklopedia seolah selalu jadi jembatan universal antara manusia dan juga berbagai ilmu pengetahuan di luar sana. Banyak yang mencari pengertian, makna, dan berbagai maksud lainnya mengenai hal yang ingin mereka ketahui di ensiklopedia.

Meski demikian, banyak yang belum memahami apa arti ensiklopedia. Pada dasarnya, ensiklopedia ini dikenal di kalangan akademisi, baik pelajar, mahasiswa, dosen, dan lain sebagainya untuk mendapatkan informasi mengenai topik tertentu yang ingin diketahui. Zaman dahulu, ensiklopedia bentuk cetak bisa dibeli di pasaran berupa buku, majalah, atlas, kamus, dan lain sebagainya.

Saat ini, ensiklopedia cetak tersebut masih tetap ada di pasaran, namun minat pembeli membeli ensiklopedia cetak menurun karena kemudahan teknologi yakni manusia bisa mengakses ensiklopedia tersebut melalui laman-laman di internet. Di zaman yang maju seperti saat ini, ensiklopedia yang populer di internet atau online adalah Wikipedia.

Meski demikian, rupanya tak banyak yang tahu mengenai pengertian ensiklopedia. Sebenarnya apa pengertian dari ensiklopedia?

Pengertian Ensiklopedia

Kata ensiklopedia berasal dari bahasa Yunani enkyklios yang memiliki arti ‘umum’, ‘menyeluruh’, ‘lengkap’, atau ‘sempurna’, an dari kata paideia yang memiliki arti ‘pendidikan atau ‘pemiaraan anak-anak’. Oleh sebab itu, dalam bentuk aslinya, enkyliospaideia memiliki makna pendidikan umum lengkap atau kursus pendidikan yang komprehensif.

Kemudian dibakukan menjadi istilah untuk menunjukkan konsep rangkuman karya kecendekiaan yang bersifat universal. Selain itu, kata ensiklopedia juga kerap disingkat menjadi ‘siklopedia’ atau cyclopedia dengan memiliki makna atau arti cakupan makna yang sama.

Pengertian ensiklopedia secara umum merupakan suatu karya acuan yang disajikan dalam sebuah (atau beberapa jilid) buku yang berisi mengenai keterangan tentang semua caban pengetahuan, ilmu, dan teknologi, atau yang merangkum secara komprehensif suatu cabang ilmu dalam serangkaian artikel yang tajik dan subjeknya disusun berdasarkan abjad.

Tujuan pemanfaatan ensiklopedia terlihat bahwa dari bentuknya menyerupai kamus. Artinya, ensiklopedia juga menjadi acuan yang disusun berdasarkan abjad yang disertai keterangan mengenai maknanya, tergantung pada bidang-bidang tertentu.

Belajar jualan online

Oleh sebab itu, dalam kamus yang biasa dijumpai lema menjelaskan mengenai biografi seorang tokoh, kronologi pengembangan, dan lain sebagainya.

Meski demikian, ada perbedaan mencolok antara kamus dan ensiklopedia terletak pada dimuatnya istilah dan metodologi dalam kamus ensiklopedia serta sifat keterangannya yang lebih ringkas dan biasanya bersifat teknis.

Pengertian Ensiklopedia Menurut Para Ahli

Jika tadi sudah dijelaskan mengenai pengertian ensiklopedia secara umum, kini saatnya memahami berbagai pengertian ensiklopedia berdasarkan pandangan para ahli yang berbeda. Tentu saja para ahli, budayawan, atau ilmuwan memiliki beragam pandangan yang berbeda mengenai ensiklopedia seperti di bawah ini.

1. Denis Diderot

Menurut Denis Diderot, tujuan suatu ensiklopedia adalah untuk menghimpun bersama semua pengetahuan yang tersebar di seluruh muka bumi, menyajikan kerangka umumnya kepada semua orang yang hidup semasa dengan kita dan meneruskannya kepada orang yang bakal datang sesudah kita.

Dengan demikian, segala jerih payah manusia selama berabad-abad yang telah silam tidak akan menjadi sia-sia.

2. Basyir (Prihartanta, 2015)

Basyir menjelaskan bahwa (/énsiklopédia/) adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori, atau volume terbitan.

Promo Belanja Buku

Pada umumnya, dicetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.

3. Schopflin (2014)

Schopflin menyebutkan bahwa ensiklopedia adalah buku atau kumpulan buku bernomor yang berisi informasi ringkasan tentang berbagai informasi, biasanya disusun berdasarkan abjad atau diklasifikasikan dalam beberapa kelompok.

Isi ensiklopedia dapat dengan atau tanpa ilustrasi, terdapat daftar isi dan indeks terletak pada akhir buku. Ensiklopedia terbagi menjadi dua, yaitu umum dan khusus.

4. Wright (Schopflin, 2014)

Menurut Wright, ensiklopedia berbeda dari buku referensi lainnya seperti kamus. Ensiklopedia mengungkap lebih banyak informasi dibandingkan dengan kamus, karena isi ensiklopedia cenderung lebih panjang daripada kamus, menggunakan rangkaian kalimat, menjadi diskursif dalam membahas informasi, lebih daripada hanya mendefinisikan sebuah kata.

5. Tantriadi (2015)

Tantriadi berpendapat bahwa ensiklopedia mampu memberikan visualisasi yang dapat menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran.

6. Suwarno (2015)

Suwarno mengungkapkan pendapatnya bahwa ensiklopedia adalah suatu daftar subjek yang disertai keterangan-keterangan tentang definisi, latar belakang, dan data bibliografisnya disusun secara alfabetis dan sistematis.

Jenis-jenis Ensiklopedia

Pada dasarnya, ensiklopedia terdiri atas ensiklopedia khusus dan umum. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, kini ada ensiklopedia digital yang juga mulai dikenal dan bahkan digunakan oleh mayoritas orang. Tentu saja, jenis-jenis tersebut dibagi berdasarkan tujuan, keluasan, dan corak intensitas penyusunannya.

Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis ensiklopedia dan perbedaannya, sehingga bisa mengetahui dan menganalisis termasuk jenis apakah ensiklopedia yang saat ini digunakan.

1. Khusus

Ensiklopedia khusus atau yang juga kerap disebut ensiklopedia subjek adalah ensiklopedia yang membatasi cakupan isinya pada masalah atau mengenai subjek tertentu.

Artinya, informasi yang terdapat di dalamnya lebih khusus dan juga membahas mengenai satu subjek dengan cara lebih terperinci, misalnya mengenai kesehatan, tanaman, binatang, agama, sastra, dan pembahasan khusus lainnya.

Contoh ensiklopedia khusus misalnya:

  • Ensiklopedia Tari Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Mother’s Encyclopedia: for Care and Raising Children. New York: Book Enterprises.
  • Ensiklopedia Tumbuh-tumbuhan Berkhasiat Obat yang Ada di Bumi Nusantara. Surabaya: Karya Anda.

2. Umum

Sementara itu, ensiklopedia umum adalah ensiklopedia yang berisi mengenai informasi dasar tentang hal-hal, abstraksi, konsep, atau kejadian-kejadian umum. Umumnya, tidak ada batasan khusus dalam cakupannya, akan tetapi ensiklopedia jenis ini biasanya diterbitkan di suatu negara dengan memberi penekanan tertentu pada negara tempat terbitnya ensiklopedia tersebut.

Ensiklopedia umum kebanyakan diterbitkan untuk dapat digunakan di dalam suatu negara, sehingga judulnya sering menyebut kata ‘nasional’ atau nama suatu negara tertentu yang isinya menekankan mengenai informasi negara yang bersangkutan, meski beberapa juga memuat informasi penting dari negara lain.

Contoh ensiklopedia umum, misalnya:

  • ENSIKLOPEDIA INDONESIA. Jakarta: Ichtiar Baru.
  • Ensiklopedia Nasional Indonesia. Jakarta: Kanisius.
  • The Ensyclpedia Britannica a New Survey of Universal Knowledge. London.
  • Incyclopaedia Americana International Edition. New York, Chicago: American Coproration.

3. Digital

Jika ensiklopedia cetak merupakan bahan rujukan yang menyediakan berbagai informasi tentang berbagai ilmu pengetahuan atau cabang ilmu pengetahuan yang berisi mengenai ilmu mendasar sampai dengan berbagai keterangan yang disusun secara sistematis agar pengguna lebih mudah memahami isi dari ensiklopedia tersebut, berbeda dengan digital atau online.

Ensiklopedia digital atau online artinya ensiklopedia yang terhubung, terkoneksi, aktif, dan siap untuk dioperasikan kapan saja dengan cara dikontrol melalui komunikasi oleh komputer. Artinya, ensiklopedia online atau digital ini membutuhkan alat atau device yaitu komputer yang terhubung dengan internet, baik modem atau jaringan internet lain.

Dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia digital atau online adalah kondisi di mana ensiklopedia ini bisa diakses secara digital atau online melalui laman website tertentu yang terkoneksi oleh internet.

Manfaat Ensiklopedia

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenisnya, perlu diketahui juga bahwa diciptakan atau dibuatnya ensiklopedia ini memiliki manfaat tersendiri. Suwarno (2011) menyebutkan bahwa pada dasarnya ada tiga tujuan atau manfaat secara umum.

1. Source of Answer to Fact Question

Artinya, ensiklopedia ini memiliki manfaat yakni dapat berperan sebagai sumber atas jawaban dari berbagai pertanyaan yang memerlukan data fakta serta kenyataan. Ensiklopedia disusun untuk menyajikan beragam materi berdasarkan pengetahuan atau kejadian yang benar-benar terjadi dan bisa diketahui oleh pembaca ketika ia mencarinya.

2. Source of Background Service

Selain itu, ensiklopedia juga jadi sumber informasi yang memuat topik dan pengetahuan dasar yang memiliki hubungan dengan suatu subjek dan berguna menelusuri lebih lanjut pertanyaan-pertanyaannya. Artinya, ensiklopedia ini akan membahas berbagai hal dan fenomena sebagai subjek bahasan yang disajikan dalam bentuk cetakan.

3. Direction Service

Ensiklopedia juga bisa menjadi layanan yang mengarahkan pembaca terhadap bahan-bahan atau topik yang dibahas dan dituangkan dengan referensi mengenai materi-materi.

Contoh Ensiklopedia

Berikut ini beberapa contoh ensiklopedia yang bisa dijadikan rujukan.

  • Ensiklopedia Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru-Van Hoeve.
  • Ensiklopedia Gamelan Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Website Wikipedia.com.

Baca artikel penting lainnya di Toko Buku Online Deepublish, berikut.

Download Ebook Gratis!

Panduan Jualan dan Bisnis dengan Omset Ratusan Juta Rupiah. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang