fbpx
flash sale toko buku deepublish

Ebook adalah – Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

pengertian ebook adalah
toko buku kuliah

Ebook adalah – Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya – Sebagai mahasiswa pastinya membutuhkan buku untuk menunjang proses belajar di kampus. Dalam satu mata kuliah biasanya terdapat buku-buku bacaan yang harus dibaca oleh mahasiswa. Untuk memahami mata kuliah, mahasiswa memang perlu membaca buku.

Bisa dikatakan kehidupan mahasiswa sangat dekat dengan buku. Hampir di seluruh aktivitas perkuliahannya seperti membuat laporan, menulis esai, diskusi, hingga mengerjakan skripsi. Buku menjadi sumber bacaan utama mahasiswa selain jurnal, koran, tesis, dan lain-lain. Apakah kalian juga begitu?

Di era digital seperti sekarang ini, jika kalian perhatikan maka akan menemukan fenomena baru yakni penggunaan ebook. Di kalangan mahasiswa, ebook sudah menjadi hal lumrah karena tidak semua sumber bacaan terutama buku dapat diakses dalam bentuk fisik. Biasanya mahasiswa mendapatkan buku tersebut dalam bentuk digital. Sejauh ini buku digital merupakan pilihan alternatif sebagai sumber referensi.

Sebenarnya apa yang dimaksud ebook ini? Pengertian Ebook Adalah..

Sederhananya, pengertian ebook adalah buku dalam versi digital. Ebook atau elektronik book disebut juga digital book. buku digital menyajikan informasi berupa teks, gambar, video, audio, maupun bentuk multimedia lain yang bisa dibuka melalui laptop, komputer, dan smartphone.

Hingga kini penemu ebook masih menjadi perdebatan. Sejumlah nama disebutkan namun tidak pernah benar-benar diakui. Nama yang muncul adalah Robertus Busa, Angela Luiz Robles, Doug Engelbart dan Andries van Dam, dan Michael S. Hart. Tahun ditemukannya ebook pun belum jelas sampai detik ini.

Yang pasti, kehadiran buku digital teah mengubah kebiasaan membaca terutama dalam dunia pendidikan. Adanya buku digital tidak untuk menggantikan buku konvensional. Ebook menjadi alternatif yang memudahkan seseorang untuk membaca buku.

Sesuai dengan penjelasan dalam prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang tahun 2019, fungsi ebook yakni sebagai alternatif media belajar. Buku digital memberikan informasi secara menarik dan interaktif. Selain itu Buku digital adalah media berbagi informasi yang mudah disebarluaskan.

Baca juga : Apakah Beli Ebook dapat Versi PDF?

Kelebihan dan Kekurangan Ebook

Setelah kita membahas tentang pengertian ebook, selanjutnya adalah kelebihan dan kekurangan buku digital yaitu sebagai berikut :

Seperti pepatah lama, tidak ada gading yang tak retak. Sebagai sumber bacaan, ebook pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Di satu sisi, ebook memberikan kemudahan penggunanya namun di sisi lain juga menyulitkan. Bila kalian pernah menggunakan ebook, kira-kira kelebihan dan kekurangan apa yang kalian rasakan?

Kelebihan Ebook dibandingkan Buku Cetak

Jadi dibandingkan dengan buku konvensional, secara umum buku digital lebih unggul dalam hal kepraktisan. Selain itu, kelebihan ebook di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Paperless sehingga ramah lingkungan

Ebook tidak menggunakan kertas karena penyajiannya dalam bentuk elektronik. Poin ini jelas berdampak positif terhadap lingkungan. Ebook tidak seperti buku konvensional yang tersusun dari berlembar-lembar kertas. Bahan dasar kertas yang terbuat dari kayu mengakibatkan konsumsi kayu secara terus-menerus untuk proses produksi buku. Kemungkinan pohon yang ditebang semakin banyak. 

Belum lagi masalah sampah yang dihasilkan. Penggunaan kertas dalam buku kovensional juga menimbulkan permasalahan sampah  bila tidak dikelola dengan tepat. Untuk itu, ebook adalah bahan bacaan yang paperless, artinya tidak menggunakan atau mengurangi penggunaan kertas. Ebook lebih ramah lingkungan dibandingkan buku konvensional.

2. Tampilan dinamis

Telah dijelaskan sebelumnya, bentuk buku digital bisa bermacam-macam. Tidak hanya berupa teks tapi juga bisa gambar, ilustrasi, audio, dan video. Tampilan ebook biasanya interaktif dan menarik. Hal ini menjadi kelebihan ebook.

Tidak semua buku konvensional mempunyai tampilan menarik dan interaktif. Semisal berkaitan dengan warna, terdapat buku konvensional yang berwarna dan tidak. Sedangkan ebook lebih banyak menawarkan tampilan berwarna sehingga lebih menarik di pandang mata.

3. Praktis dan mudah dibawa

Nah, kelebihan ini juga paling dirasakan oleh pengguna buku digital. Buku konvensional cukup memakan ruang di dalam tas apabila dibawa kemana-mana. Buku konvensional juga berat apalagi bila jumlah yang dibawa lebih dari satu. Sementara itu ebook cukup ringkas.

Kalian hanya perlu menyimpan buku digital dalam laptop atau smartphone.  Kalian bisa menyimpan sebanyak mungkin buku digital yang dibutuhkan dalam satu laptop atau smartphone tersebut. Kemudahan dibawa ini membuat ebook disenangi.

4. Tahan lama

Satu lagi kelebihan ebook yaitu tahan lama. Buku konvensional yang berbahan kertas lebih mudah rusak bila tidak dirawat dengan baik. Kemungkinannya bisa robek, basah, dimakan rayap, warnanya usang. Dalam beberapa tahun setelah pembelian, buku konvensional terkadang tidak bertahan lama karena gampang rusak.

Ebook justru sebaliknya. Selama kalian menyimpannya, kemungkinan rusak tidak ada. Permasalahan yang muncul biasanya adalah data buku digital hilang misal tidak sengaja atau tempat penyimpan ebook diserang virus.

Baca juga : Jadi Pilih Buku Atau Ebook? Pertimbangkan Beberapa Poin Berikut

Kekurangan Ebook

Setelah membahas kelebihannya, sekarang kita akan membahas apa saja kekurangan ebook. Tidak ada yang sempurna. Setiap hal membawa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kekurangan buku digital diantaranya:

1. Membutuhkan perangkat elektronik

Apabila kalian tidak mempunyai perangkat elektronik maka tidak bisa mengakses ebook. Penggunaan buku digital perlu ditunjang perangkat elektronik. Kemudian diperlukan pula kemampuan mengoperasikan perangkat elektronik tersebut. Jadi kesimpulannya, kalian perlu memastikan adanya faktor-faktor pendukung tersebut.

Kekurangan ini bisa menimbulkan masalah. Alih-alih menyelesaikan masalah kesulitan mendapatkan bacaan justru ebook kian menyulitkan masyarakat mendapatkan pengetahuan karena tidak semua lapisan masyarakat memiliki perangkat elektronik. Makanya penting untuk memenuhi ketersediaan perangkat elektronik sebelum menggunakan ebook.

2. Mengancam kesehatan mata

Teknologi bagai pisau bermata dua. Satu sisi bisa bermanfaat, sisi lainnya bisa mengganggu kesehatan. Saat membaca ebook kalian dituntut untuk terus menatap layar smartphone atau laptop. Berlama-lama di depan layar ini berdampak buruk terhadap kesehatan mata.

Disarankan pengguna ebook untuk memberi jeda agar tidak terus-menerus melihat layar perangkat elektroniknya. Idealnya kalian harus beristirahat 30 menit setiap tiga jam Ketika menggunakan perangkat elekronik. Gangguan kesehatan mata ini menjadi momok tersendiri untuk mereka yang aktif menggunakan perangkat elektronik termasuk untuk membaca ebook.

3. Membutuhkan aplikasi atau perangkat lunak tertentu

Perangkat elektronik saja tidak cukup. Kalian juga harus memastikan perangkat alat elektronik kalian mengandung aplikasi untuk membuka buku digital. Faktor-faktor pendukung ebook ini sebenarnya membuat penggunaan buku digital jauh lebih rumit dibandingkan buku konvensional.

Fungsi Ebook Sangat Menunjang Kebutuhan Mahasiswa

Banyaknya buku bacaan untuk mahasiswa terkadang menjadi masalah tersendiri. Bila tidak mempunyai buku yang dibutuhkan maka akan tertinggal dalam proses pembelajaran, tapi membeli buku terkadang cukup memeras kantong. Apalagi jika bukunya diterbitkan oleh penerbit luar negeri. Kalau pun meminjam, tak semua buku ada di perpustakaan dan belum tentu teman memilikinya.

Masalah yang sering dialami mahasiswa ini bisa diselamatkan dengan adanya ebook. Meskipun buku digital ada yang berbayar atau pun gratis, yang berarti kalian tetap harus merogoh kantong untuk mendapatknya namun buku digital dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perkuliahan. 

Kalian bisa membacanya di mana pun dan kapan pun. Tanpa perlu repot-report membawa banyak buku konvensional. Ebook cukup sesuai dengan kehidupan mahasiswa yang dituntut untuk aktif bergerak.

Maka tidak berlebihan jika ada yang menyebut buku digital bisa menjadi pilihan alternatif yang bisa digunakan mahasiswa. Buku digital memang menunjang kebutuhan mahasiswa dalam perkuliahan. Kalian bisa membuka ebook saat mengikuti pembelajaran di kelas, diskusi dengan teman sekelompok, dan sebagainya.

Demikian artikel yang berjudul tentang Ebook adalah – Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian ya.

Baca juga : Ebook Vs Buku Cetak? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang