fbpx
flash sale toko buku online deepublish

Pengertian Buku Digital : Fungsi, Format, Kelebihan dan Kekurangannya

pengertian buku digital
toko buku kuliah

Pengertian Buku Digital Secara Umum Dan Fungsinya – Ternyata banyak juga orang yang mencari definisi digital book, terutama bagi kaum millennial yang sudah bergantung pada kemutakhiran teknologi. Apalagi dengan dukungan kehadiran internet. Internet menjadi sarana untuk melintasi batas dan menjelah ruang dan waktu.

Pengertian buku digital pun sekarang tidak sekedar menjelaskan secara teoritis dan harfiah. Mungkin dulu buku yang diakses melalui aplikasi smartphone ini sebagai sesuatu yang asing dan hal baru. Tetapi sekarang sudah menjadi bagian dari hidup yang tidak terpisahkan.

Tahukah kamu jika ebook itu sendiri memiliki beberapa format loh. Selain berbentuk PDF dan Doc ada juga yang berbentuk JPEG dan ePub. Bahkan sekarang juga masih banyak variasi bentuk lainnya.

Buku digital lebih akrabnya disebut dengan ebook. Ebook juga dapat di artikan sebagai buku elektronik, dimana buku-buku tersebut dapat Anda dapatkan secara online.

Pengertian Buku Digital Secara Umum

Buku digital atau e book adalah buku yang disuguhkan dalam bentuk elektronik. Seperti yang telah disinggung sebelumnya. Buku yang bukan dalam bentuk fisik ini dikemas dalam bentuk video, gambar, teks maupun audio visual pun bisa.

Ebook ini hanya dapat diakses menggunakan perangkat elektronik seperti handphone, laptop ataupun PC. Nah, karena ebook (electronic book) ini dikemas dalam bentuk file dan tersimpan di ponsel, atau di momory laptop/ponsel, kelemahannya jika elektronik tersebut rusak, maka file pun juga bisa hilang.

Nah, akan beda cerita lagi jika ebook tersebut diposting di website ataupun di aplikasi. maka ketika laptop atau smarphone kamu rusak, asal masih ingat password dan kata sandinya, file bisa kamu download kembali. Jadi, sebenarnya antara ebook dan

Pengertian Ebook Menurut Para Tokoh

Jika secara umum sudah kita lihat, pastinya ada pengertian buku digital menurub beberapa sumber. Seperti yang diartikan oleh beberapa pendapat berikut.

1. Danang (2009)

Menurut Danang, ebook adalah buku elektronik dari sebuah buku cetak untuk dibaca di perangkat komputer maupun di perangkat lain. DImana ebook tersebut di desain secara khusus (2009).

2. Putu Laxman

Menurut Putu Laxman, mengartikan buku digital sebagai buku cetak yang kemudian diubah ke dalam bentuk elektronik. Tentu saja buku elektronik tersebut diperuntukan untuk dibaca di layar monitor (2008).

3. Oxford (Kamus Bahasa Inggris)

Menurut Oxford Kamus Bahasa Inggris, buku digital sebenarnya berawal dari buku cetak, kemudian buku cetak tersebut ubah dalam perangkat ebook yang dapat dibaca melalui komputer maupun pada ponsel genggam pribadi.

4. Situs Whalts

Berbeda lagi dengan menurut situs Whalts, pengertian buku digital adalah  bacaan buku versi elektronik yang dapat dibaca secara personal menggunakan komputer masing-masing secara langsung. pembaca pun bisa membaca buku elektronik ini menggunakan e-book reader.

Alasan Ebook Banyak DIminati

Di era teknologi seperti sekarang, segala sesuatunya harus serba cepat, dan serba mudah hanya sekali tekan. Tentu saja semua orang senang akan situasi sekarang. Itu sebabnya buku digital semakin hari semakin banyak orang yang menyenanginya. Selain dianggap leibh praktis, tentu saja dari segi segi fisik lebih efisien.

Karena buku digital tidak harus bersusah payah membawa tas berisi buku-buku bacaan. Hanya cukup membawa smartphone kamu, berbagai macam judul file ebook tertampung di dalam memory.

Selain memiliki beberapa kelebihan tersebut, bentuk ebook pun juga bervariasi bentuknya. Bisa ada gambar audio visualnya, sehingga dalam membaca pun tidak bosan. Tentu saja ada daya tarik berbeda ketika membaca secara online dan secara offline.

Meskipun secara harfiah pengertian buku digital berbeda dibandingkan dengan buku konvensional. Keduanya juga masih memiliki kesamaan loh. Yaitu kesamaan keduannya sama-sama memberikan informasi atau sebagai jembatan untuk mentransformasi ilmu pengetahuan. Perbedaannya jelas, dari fitur yang di tawarkan.

Jika buku konvensional tidak ada fitur yang akan memudahkan pembaca. segala bentuknya dilakukan secara manual, sedangkan buku digital juga terdapat fitur pencarian dan dapat dicari dengan secara otomatis.

Baca juga : 5 Tujuan Resensi Buku Yang Perlu Diketahui

Fungsi dan Manfaat Buku Digital

Meskipun ada macam judul buku, namun kesemuannya memiliki fungsi yang besar loh. Jadi selain berfungsi sebagai media informasi, dimana buku digital memberikan banyak pesan dan ilmu pengetahuan bagi pembacanya. Sebagai media informasi, sudah pasti jika buku ini pun secara tidak langsung sebagai media pembelajaran.

Bukusebagai media pembelajaran yang bertanggungjawab untuk membukakan cakrawala dan menambah pengetahuan baru bagi para pembacannya. Terutama buku-buku pendidikan. Khusus buku digital bergenre buku pendidikan, buku ini pun menjadi acuan utama dalam pembelajaran di kelas.

Karena ada banyak jenis buku dan judul. Buku digital tidak hanya berbentuk buku pembelajaran atau buku pendidikan saja. Tetapi banyak juga ebook yang fokus pembahasannya dibidang dunia bisnis. Nah, buku dengan tema-tema bisnis semacam inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai media bisnis dan meningkatkan kualitas dalam menjalan usaha bisnis apapun.

Macam-macam Format Buku Digital

Pernahkah kamu mengamati e-book? Selain berbentuk pdf dan word, pernahkah kamu menemukan ebook dalam format yang lain?

Seringkali ketika kita mempelajari pengertian buku digital, melupakan bentuk formatnya. Karena ketidaktahuan format-format tersebut, akhirnya beberapa file ebook yang tidak support pun akhirnya tidak jadi di download atau tidak bisa di baca karena tidak tahu format.

Berikut adalah beberapa format yang sering dipakai :

1. Amazon Worl (AZW)

Format AZW adalah format yang mirip dengan MOBI. Rerata buku digital format ini pun menambahkan Digital Right Management yang merupakan kode unik untuk kindle amazon.

2. Electronik publication (EPUB)

Format ini berdasal dari International Digital Publishing Forum (IDPF) yang menggunakan XMHTML dan  XML yang merupakan standar ePUB.

3. MOBI (MobiPocket)

MOBI atau kepanjangan dari MobiPocket, yang merupakan format yang juga sering digunakan untuk PDA yang cocok utuk smartphone.

4. Palm Database File (PDB)

Keempat, Palm Database File (PDB) adalah format yang merupakan format yang dikhususkan untuk buku digital. Dimana format ini memang diperuntukan untuk perangkat yang berbasis sistem operasi Palm atau PalmDOC.

Baca juga : Apakah Beli Ebook dapat Versi PDF?

Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital

Dibandingkan dengan buku cetak atau fisik, ebook memiliki berbagai macam kelebihan namun juga tetap memiliki kekurangan, sehingga kamu tetap bisa mempertimbangkan bagus mana antara buku fisik ataupun ebook.

KelebihanKekurangan
1. Awet dan tahan lama
2. Mudah dibawa kemanapun, karena terinstal di aplikasi (praktis)
3. Mudah untuk dibagikan
4. Tanpa perawatan
5. Lebih murah
6. Desain menarik
7. Ramah lingkungan (hemat kertas)
8. Tanpa perlu ruang penyimpanan
9. Penampilan yang menarik
10. Fitur yang memudahkan
11. Mudah dialih bahasakan
1. Membuat mata cepat lelah karena melihat layar monitor/hp
2. Jika di aplikasi tidak mudah untuk dibagikan.
3. Tidak dapat dipegang
4. Belum terbiasa bagi sebagian orang.
5. Membutuhkan daya listrik, Jika baterai handphone habis?
6. Resiko hilang, terhapus, terkena virus.

Kesimpulan

Jika disimpulkan, buku digital adalah sebagai buku yang memiliki kemutakiran, kemudahan agar pembaca bisa membaca dimana saja dan dimana saja. Tanpa harus kemana-mana membawa buku teks book. Cukup menggunakan smartphone, kita bisa membaca berbagai macam buku yang bermanfaat.

Selain itu di waktu luang yang membosankan, kita bisa gunakan untuk membaca buku melalui gawai yang kita miliki.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah lebih senang membaca Ebook? Atau tetap setia membaca buku secara konvensional.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang