Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

Pengembangan Perpustakaan: Sekolah dan Digital

pengembangan perpustakaan sekolah dan digital
Bagikan

Pengertian pengembangan perpustakaan dapat dijelaskan secara sederhana sebagai upaya untuk mengembangkan perpustakaan dalam banyak hal. Seperti yang kamu tahu bahwa perpustakaan sebagai aktivitas yang memiliki peran dan tanggung jawab penting di bidang literasi Indonesia. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi perpustakaan yang mampu mengembangkan sumber daya manusia lewat literasi bukanlah perkara yang mudah. Tidak heran jika sumber daya manusia pekerja di perpustakaan itu pun tidak sekedar memenuhi kualifikasi, tetapi juga dituntut untuk mengetahui pengertian pengembangan perpustakaan secara esensial. 

Dimana saat mempelajari pengertian pengembangan perpustakaan baik untuk sekolah, perguruan tinggi dan digital, seorang pustakawan juga harus memahami poin-poin berikut.

Hakikat Pengembangan Perpustakaan

Pengertian Pengembangan Perpustakaan selama ini selalu diartikan paradoks bagi masyarakat pada umumnya. Dimana perpustakaan dianggap sebagai tempat penyimpanan buku-buku jadul hingga buku baru. Memang tidak ada yang salah dengan penilaian tersebut, tetapi tingkat kebermaknaannya terkesan kurang. 

Menurut saya, Pengertian Pengembangan Perpustakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan. Dimana hanya mereka yang memiliki kemampuan untuk mengolah ilmu pengetahuanlah yang mampu mengubah selembar kertas dan satu ide yang ada di dalam buku tersebut mampu mengubah nasib orang tersebut.

Jadi, menurut saya, gedung perpustakaan sebagai sarana dan fasilitator, sisanya tergantung dengan niat masing-masing orang. 

Jika niat belajar dan mencari ilmu pengetahuan, maka satu ilmu yang diperoleh dari perpustakaan, akan mengubah nasib kamu lebih mujur, berwawasan, lebih bijak, menjadi orang yang terampil dan profesional. Semua tergantung dari bagaimana masing-masing orang mengolah dan memaknai Pengertian Pengembangan Perpustakaan. 

Sepele, tetapi jika ditelaah lebih, sangat berperan besar. Tidak perlu jauh-jauh mencari contoh. Salah satu pengalaman saya, yang dulu tidak memiliki cita-cita, berkat satu judul buku yang tergeletak di perpustakaan mampu mengubah perspektif saya tentang masa depan

Disitulah awal perubahan hidup saya dimulai. 10 tahun kemudian, mimpi saya yang berawal dari membaca satu judul buku, mampu mengubah saya menjadi seorang penulis.

Menguasai Cara Mengembangkan Perpustakaan 

Selain paham secara harfiah pengertian pengembangan perpustakaan, syarat memajukan perpustakaan adalah menguasai cara mengembangkan perpustakaan itu sendiri.

Ada tiga cara yang bisa dicatat, pertama, karena perpustakaan sebagai organisasi dan lembaga, maka dibutuhkan koordinasi dan peran dari pihak pemerintah maupun lembaga penaung. Tujuannya jika terjadi permasalahan, ada pendampingan dan terlindungi. 

Kedua, perpustakaan dijalankan secara fokus dan ringan dengan cara melibatkan banyak stakeholder. Misalnya mengajak komunitas buku untuk menyelenggarakan event, bekerjasama dengan organisasi serupa dan masih banyak lagi. 

Terakhir, pembangunan perpustakaan haruslah nyata. Jadi segala program atau kegiatan yang diselenggarakan diharapkan memberikan dampak langsung kepada pengunjung, masyarakat maupun bagi orang-orang yang sering berhubungan dengan perpustakaan. 

Memahami Komponen Perpustakaan 

Hal penting lain yang harus dikuasai pustakawan agar perpustakaan semakin maju, yaitu menguasai komponen pokok pengembangan perpustakaan. Komponen tersebut adalah komponen sumber daya manusia, koleksi, sasaran pengembangan, sistem layanan, penetapan capaian, fasilitas dan pendukung dan marketing.

Beberapa sudah di ulas di artikel SYARAT PERPUSTAKAAN YANG BAIK.  Dimana di dalam artikel Syarat Perpustakaan Yang Baik juga menyinggung masalah sumber daya manusia yang kurang mendukung. Terutama sumber daya manusia yang memiliki daya tarik terhadap profesi sebagai pustakawan.

Dibandingkan profesi lain, ternyata menjadi pustakawan masih kurang mendapatkan daya tarik bagi calon pelamar. Penjelasan dari komponen tersebut, bisa langsung di simak di artikel.

Baca juga: Keuntungan Pengadaan Buku yang Benar dan Baik

Sasaran Pengembangan Perpustakaan 

Dilihat dari sasaran pengembangan perpustakaan didasarkan oleh beberapa poin sebagai berikut. 

1. Ukuran Kualitas dan Produktivitas 

Jadi berdasarkan dari ukuran dan produktivitas dilihat berdasarkan dari asalnya daerah yang ada di sana. Tentu saja perpustakaan yang berada di kampung di khususkan untuk masyarakat sekitar kampung saja, berlaku juga untuk perpustakaan perguruan tinggi, juga hanya diperuntukan oleh mahasiswanya.

Prinsipnya adalah, visi misi di daerah tersebut yang ditonjolkan. 

2. Skala Prioritas 

Komponen yang tidak kalah penting adalah memperhatikan skala prioritas. Prioritas mana yang akan diutamakan. Misal, akan memprioritaskan menjadikan perpustakaan menjadi perpustakaan yang berstandar sesuai dengan peraturan pemerintah. Bisa juga memprioritaskan output yang ingin dihasilkan. Misalnya melahirkan masyarakat desa suka dan sadar membaca. 

3. Kesepakatan dan Kompromi 

Komponen yang paling penting lainnya adalah masalah kesepakatan dan kompromi. Pastinya setiap perpustakaan mendapatkan surat edaran atau apapun itu, dimana perpustakaan satu dengan yang lain harusnya saling berkompromi dan membuat kesepakatan demi kepentingan bersama.

Bahkan jika perlu, mengadakan pertemuan antar perpustakaan untuk duduk bersama. Sekedar untuk diskusi untuk kemajuan perpustakaan secara nasional bersama-sama lewat persatuan perpustakaan.

Berprinsip Kebersamaan 

Memang tidak banyak orang yang tahu jika perpustakaan sebenarnya sebagai lembaga atau organisasi yang saling terintegrasi dengan perpustakaan satu dengan perpustakaan yang lain. Jadi, perpustakaan sebuah kumpulan lembaga perpustakaan dan psutakawan yang bekerja sama satu sama lain. Dari hasil kolaborasi itulah, diharapkan mampu memberikan warna yang baru. 

Belajar jualan online

Sayangnya, banyak juga yang menilai bahwa perpustakaan sebagai organisasi atau lembaga yang berjalan secara mandiri dan berjalan sendiri-sendiri.

Jikapun itu terjadi oleh beberapa perpustakaan, umumnya akan mengalami ketidaknyamanan seperti berat menjalankan program perpustakaan akibat kurangnya koleksi buku, memiliki arah pengembangan tidak fokus, energi yang dikeluarkan pustakawan terlalu besar dan pencapaian kurang disertai dengan kurangnya dukungan dari lembaga penaung. 

Adapun dampak yang akan dirasakan jika tidak memenuhi prinsip kebersamaan. Misalnya, terjadi duplikasi koleksi antar perpustakaan, tidak mendapatkan hibah pengadaan buku akibat kurangnya informasi dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, prinsip kebersamaan yang diadakan dalam dunia perpustakaan sebagai upaya meminimalisir terjadi ketimpangan seperti itu. Adapun alasan lain, yaitu menjalin konektivitas dengan perpustakaan yang lain sekaligus untuk mengupgrade informasi terbaru. 

Menariknya dari pengembangan perpustakaan ini adalah, ada keterlibatan dan kerjasama antar dinas, lembaga atau badan penaung yang tentunya akan memudahkan perpustakaan dan pustakawan dalam menyikapi permasalahan yang ada.

Sayangnya, informasi seperti ini masih saja belum dipahami oleh pengurus perpustakaan desa atau pegiat literasi yang jauh dari jangkauan. Bukan berarti mereka tidak ingin bergabung, lagi-lagi masalah keterbatasan akses dan ketidaktahuan jika ada informasi semacam ini.

Itulah lima Syarat Menjadi Pustakawan untuk memajukan perpustakaan. Meskipun sampai saat ini pengmbanagn perpsutakaan di Indonesia tidak sebaik dengan perpustakaan di Negara maju sana, setidaknya dunia literasi di Indonesia setiap tahun terus dievaluasi dan semakin baik lagi.

Baca juga: Tips dan Cara supaya Perpustakaan Ramai

Lagi-lagi semuanya butuh proses, karena proses inilah yang menjadi sumber pembelajaran dan upaya berbenah diri. Barangkali pula, kamulah satu penggerak perubahan di dunia literasi

Meskipun sedikit ulasan yang dibahas, semoga ulasan tentang Syarat Menjadi Pustakawan Menguasai Pengertian Pengembangan Perpustakaan! 5 Syarat Lain Wajib Kamu Pahami Juga. Salam Literasi Indonesia, semoga semakin jaya dan mendunia.

Penulis: Irukawa Elisa | Yusuf Abdhul Azis

Baca artikel terkait “Perpustakaan” lainnya

Belajar jualan online

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan