Logo Baru April

Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan: Review Buku

Buku Pengantar Ilmu Kelautan Dan Perikanan
toko buku kuliah
Bagikan

Pengantar ilmu kelautan dan perikanan – Jumlah laut dan dataran dari Sabang sampai Merauke lebih banyak jumlah lautan daripada daratan. Apalagi jika dilihat dari peta dunia, Indonesia sebagai Negara kepulauan. Laut menutupi lebih dari 2/3 atau 70% permukaan bumi. 

Luas keseluruhan wilayah laut yang menutupi bumi 3,61 x 108 km2. Kedalaman rata-rata 3.800m dan menyediakan sekitar 97% dari keseluruhan ruang kehidupan di bumi. Melihat luas keseluruhan wilayah laut di atas, tentu saja ada banyak potensi yang dapat dimanfaatkan.

Buat kamu yang mencoba ingin mengetahui tentang pengantar ilmu kelautan dan perikanan, buku berjudul Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan karya Andi Iqbal Burhanuddin dan H. M. Natsir Nessa ini adalah buku yang tepat.

Materi Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan

Secara garis besar, buku Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan ini akan mengulas seputar dunia perikanan dan kelautan. Seperti yang kamu tahu, potensi sumber daya alam, seperti perikanan dan potensi kelautan itu sangat luar biasa. 

Karena buku ini dikemas sebagai buku pengantar, belum afdol rasanya jika penulis tidak mengajak kamu mengenal lebih dekat perkembangan ilmu kelautan dan perikanan itu sendiri. Sayang bukan jika potensi yang ada hanya dibiarkan dan tidak kita manfaatkan. 

Di bab selanjutnya, kamu baru akan diajak menjajaki ilmu lebih spesifik dan lebih serius. Jadi kamu akan belajar pembagian wilayah laut dan pesisir. Terutama buat kamu nih yang suka bermain di pantai, kamu wajib tahu apa yang disebut dengan wilayah laut dan apa yang dimaksud dengan pesisir. Meskipun kelihatannya sepele, ternyata banyak orang yang salah memahami lo. 

Secara umum, wilayah  perairan laut dapat dikelompokan menjadi samudra pasifik, samudera atlantik, samudra india, laut selatan, dan laut artika. Jika kelima samudra di gabungkan, sudah tidak bisa dihitung lagi seberapa tinggi kontribusi ekonomi dibidang kelautan dan perikanan, khususnya untuk pertumbuhan ekonomi. 

Buku ini sangat penting kamu miliki, terutama buat kamu yang ngaku sebagai orang Indonesia. Wilayah kedaulatan dan yuridiksi Indonesia membentang luas dari cakrawala khatulistiwa dari 940 sampai 1410 bujur timur dan 60 Lintang Utara sampai 110 Lintang selatan.

Promo Skripsian

Dari sini Indonesia sebagai Negara kepulauan memiliki peran sangat besar dari segi geopolitik dan geoekonomi. 

Buku terbitan Deepublish, secara tidak langsung menyadarkan kita bahwa Indonesia sebagai sumber menggali ilmu pengetahuan. Asia Tenggara, termasuk Indonesia dijadikan ilmu pengetahuan karena memiliki sumber daya hati dan nir-hayati. Tidak berhenti disitu saja ternyata, di dalamnya terdapat fenomena fisika, kimia, dan biologi yang luar biasa untuk dikaji dan membuka pengetahuan manusia. 

Buku ini sangat direkomendasikan, karena disini kamu tidak melulu mempelajari ilmu perikanan saja, tetapi juga mempelajari ilmu laut. Di sini kamu pun juga akan diajak berkenalan dengan yang namanya fisika oseanografi. 

Daftar Reseller

Fisika oseanografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika fisik yang terjadi di laut. Dimana di laut ada banyak hal yang bisa kita pelajari, diantaranya tentang arus, gelombang, proses upwelling, pasang-surut dan teknologi energi laut.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pemanfaatan perbedaan suhu air permukaan dan suhu air kedalaman di laut dalam yang dapat dikonversi menghasilkan energi listrik loh. 

Ada juga yang disebut dengan istilah kimia laut, yaitu ilmu yang mempelajari unsur kimia di laut dan reaksi pembentukan senyawa untuk kepentingan kehidupan hayati dan pembentukan kimia anorganik di laut.

Termasuk farmasetika, atau ilmu yang berkaitan dengan ekstraksi senyawa bioaktif dari bahan hayati di laut, seperti rumput laut, karang lunak, bakteri laut yang mengandung bahan bioaktif dan masih banyak.

Detail Buku

Dari pembahasan di atas, sudah dapat gambaran isi buku pengantar ilmu kelautan dan perikanan tidak sekedar buku pegangan. Tetapi sebagai buku yang kaya akan ilmu pengetahuan. Pokoknya buku setebal 250 halaman ini akan kamu khatamkan membaca secara menyenangkan. Karena buku dikemas menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

PengarangAndi Iqbal Burhanuddin & H. M. Natsir Nessa
InstitusiUniversitas Hasanuddin
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuPerikanan dan Kelautan
ISBN978-602-475-589-8
Ukuran14×20 cm
Halamanviii, 250 hlm
KetersediaanPesan Dulu
Tahun Terbit 2018

Buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan buku Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan bisa dapatkan bukunya langsung di Toko Buku Online Deepublish atau bisa juga di marketplace kesayangan kamu. (Irukawa Elisa)

Daftar Open Reseller
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :