Deprecated: Metoda constructor yang dipanggil WP_Widget di EpekenCekResi sudah terdepresiasi sejak versi 4.3.0! Harap gunakan __construct() sebagai gantinya. in /var/www/html/penerbitbukudeepublish.com/wp-includes/functions.php on line 4866
11 Pengertian Literasi Menurut Para Ahli dan Organisasi Dunia

Jl Rajawali G. Elang 6

Sleman, Yogyakarta

+62 812-8630-4188

Customer Support

Daftar Isi

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli dan Organisasi Dunia

pengertian literasi menurut para ahli

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli – Pengertian literasi dapat diartikan menjadi literasi secara umum dan literasi digital. Agar menyingkat pembahasan dan uraian, maka pada kesempatan kali ini akan di ulas pengertian literasi secara umum terlebih duhulu.

Secara umum, pengertian literasi diambil dari bahasa serapan Inggris, yaitu literacy. Dimana dapat diartikan sarana untuk sumber belajar. Ternyata pengertian literasi itu sendiri tidak hanya diartikan dalam satu sudut pandang saja loh. Ada banyak pengertian literasi menurut para ahli. Tentu saja setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing.

Bahkan, kamu sendiri pun juga bisa mengartikan literasi sesuai dengan apa yang kamu rasakan dan kamu pahaami. Atau mungkin, kamu memiliki definisi lain tentang literasi. Sayangnya ktia sebagai orang biasa yang tidak banyak dikenal. Akan beda cerita jika pendapat dan pengertian ini disampaikan oleh orang orang yang berpengaruh dan orang besar.

Berikut adalah pengertian literasi menurut beberapa ahli. Semoga dengan pengertian ini pun mampu menyentil kesadaran diri akan pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari. pentingya literasi untuk meningkatkan kualitas hidup, mematangkan keterampilan dan memperlancar dalam membangun komunikasi dengan dunia sosial dan semacamnya. Langsung saja, berikut pendapat para ahli dan organisasi terpercaya.

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli dan Organisasi Dunia

literasi dan membaca buku
Ilustrasi ketika membaca buku

1. Menurut Elizabeth Sulzby

Literasi menurut Elizabeth Sulzby adalah kemampuan seseorang dalam berbahasa dan berkomunikasi. Dimana orang tersebut tidak hanya memiliki kemampuan membaca saja. Tetapi juga memiliki kemampuan menyimak, berbicara serta menulis.

Dari apa yang disampaikan oleh Elizabeth di atas menunjukan bahwa literasi sebagai faktor utama agar seseorang bisa berkembang dan melek ilmu pengetahuan lewat membaca. Setidaknya pula, lewat membaca mengantarkan individu tersebut memiliki keterampilan lain selain pengetahuan. Misalnya memiliki keterampilan lain dibidang yang telah mereka baca atau semacamnya.

2. Menurut Harvey J. Graff

Sependapat dengan pendapat Harvey J. Graff, yang mengartikan bahwa literasi adalah kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Setidaknya dengan dua hal ini masyarakat menjadi lebih melek ilmu pengetahuan.

Pengetahuan yang didapatkan dari membaca inilah yang juga bisa mengasah keterampilan berkomunikasi dengan baik. Serta meningkatkan mutu kehidupan karena memiliki keterampilan tambahan lain. Misalnya terampil menulis buku dan mendapatkan royalty atau semacamnya.

3. Pengertian Literasi Menurut Jack Goody

Sebenarnya pendapat Jack goody pun juga sama inti dari pengertian literasi. Yaitu kemampuan individu dalam membaca dan menulis. Namun hemat saya, memang literasi itu sangat penting. Karena pentingnya peranan literasi inilah mampu menentukan kredit point sebuah Negara.

Sebut saja Negara-negara seperti Jepang, Eropa dan Amerika. Masyarakatnya memiliki kesadaran tinggi akan literasi. Jauh berbeda dengan Indonesia yang kesadaran literasi masih sangat rendah. Secara umum, disini kita bisa melihat bahwa Negara yang memiliki kesadaran dan pengertian literasi dengan baik lebih mudah diajak untuk memajukan negaranya. Terbukti Negara-negara tersebut pun juga berkembang pesat dari banyak sektor.

4. Menurut Kamus Online Merriam –  Webster

Menurut kamu online marriam Webster literasi adalah kemampuan melek aksara pada individu. Dimana melek aksara ini tidak hanya diartikan sebagai melek aksara dalam arti sebenarnya, misalnya membaca buku dan semacamnya. Tetapi termasuk juga kemampuan membaca dan memahami ide-ide secara visual.

Termasuk ketika melihat iklan reklame atau melihat iklan baliho maupun poster. Karena tidak semua orang mampu menerjemahkan dan memahami pesan visual yang ditampilkan. Itu sebabnya banyak reklame dan baliho sering disertai dengan pesan kalimat singkat untuk memudahkan dalam pemahaman dan membaca pesan.

5. Menurut UNESCO

Lembaga satu ini pasti kamu sudah akrab dengan UNESCO atau the united nations educational, scientific and cultural organization ini adalah kemampuan untuk membaca dan menulis. Memang bagi sebagian orang, membaca sesuatu yang membosankan.

Karena rasa bosan inilah yang menyebabkan sebagian besar akhirnya malas untuk membaca. Jangankan membaca, menulis pun juga malas. Oleh sebab itu, banyak pejuang literasi memperjuangkan kesadaran masyarakat terhadap dunia membaca.

6. Menurut Alberta

Berbeda pendapat dengan Alberta. Ia mendefiniskan lebih kritis terhadap dunia literasi. Dimana ketika seseorang membaca dan menulis, selain mendapatkan pengetahuan, juga mengasah ketrampilan, berfikir kritis terhadap masalah yang ada.

Karena bagaimanapun juga, memiliki kemampuan literasi juga akan memberikan banyak keuntungan bagi individu sendiri. Misalnya memiliki wawasan lebih luas. Semakin luas wawasan, tentu saja semakin terbuka dalam mengahdapi masalah, konflik ataupun dalam menyikapi masalah kehidupan.

7. Menurut National Institute for Literacy

Jika pendapat di atas pengertian literasi diartkan sebagai kemampuan membaca dan menulis. Menurut national institute for literarcy juga termasuk dalam kemampuan menghitung dan memecahkan permasalahan. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa kemampuan menghitung termasuk ke dalam kemampuan literasi. Karena secara umum, kemampuan literasi hanya diartikan untuk membaca dan menulis saja.

8. Menurut Cardon

Mengartikan sebagai sumber ilmu yang sifatnya membangun imajinasi individu tersebut. Tidak hanya itu saja, literasi juga diartikan oleh Cordon sebagai sarana untuk menjelajahi dan mencari ilmu pengetahuan. Tentu saja ilmu pengetahuan yang akan mempengaruhi banyak hal dan mengubah hal baru dari individu tersebut.

9. Menurut Goody dan Kern

Goody mengartikan literasi sebagai kemampuan membaca dan menulis. Beda dengan Kern yang mendefinisikan literasi memiliki 7 prinsip pendidikan. Dimana ketujuh prinsip tersebut meliputi interpretasi, kolaborasi, konvensi, pengetahuan kultural, pemecahan masalah, refleksi diri dan penggunaan bahasa. Dimana ketujuah prinsip tersebut saling berpengaruh.

10. Menurut NAEYC

Tidak dapat dipungkiri jika pengertian literasi sebenarnya sebagai kegiatan atau aktivitas yang mampu mengerakan masyarakat untuk lebih berkembang. Salah satu bentuk perkembangan dengan cara membaca, menulis hingga membangun komunikasi dan interaksi dengan individu yang lain.

Dengan kata lain, literasi tidak hanya mendorong untuk membaca, tetapi juga mendorong individu tersebut bisa menciptakaan bahan bacaan lewat tulisan dan semacamnya. Sehingga ada timbal balik dan perubahan dari efek membaca buku.

11. Menurut Education Development Center (EDC)

Literasi adalah kemampuan seseorang memaksimalkan potensi dan keterampilan yang ada di dalam dirinya. Cakupannya keterampilan yang dimaksud tidak sekedar baca tulis saja, tetapi juga meliputi skill keterampilan yang dimiliki individu tersebut.

Itulah beberapa pegnertian literasi menurut beberapa ahli dan lembaga. Dari banyak pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar, artinya sama. yaitu kemampuan untuk membaca, menulis dan membangun komunikasi.

Selain memahami pengertian literasi, ada beberapa hal penting yang sering diabaikan oleh pengiat literasi. Yaitu bagaimana mengemas dan mengajak masyarakat sadar akan pentingnya literasi untuk membangun peradaban dan meningkatkan kemajuan dari berbagai sektor.

Terutama untuk sektor pendidikan, perekonomian dan intelektual. Nah, dari pengertian literasi di atas, diharapkan semakin banyak pejuang literasi atau masyarakat yang sadar akan pentingnya literasi.

Baca juga : Tips Agar Gerakan Literasi Sekolah Sukses dan Tepat Sasaran!

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang