Deprecated: Metoda constructor yang dipanggil WP_Widget di EpekenCekResi sudah terdepresiasi sejak versi 4.3.0! Harap gunakan __construct() sebagai gantinya. in /var/www/html/penerbitbukudeepublish.com/wp-includes/functions.php on line 4866
Kenali 9 Manfaat Pengadaan Bahan Pustaka - Buku Deepublish

Jl Rajawali G. Elang 6

Sleman, Yogyakarta

+62 812-8630-4188

Customer Support

Daftar Isi

Kenali 9 Manfaat Pengadaan Bahan Pustaka

manfaat pengadaan bahan pustaka

Manfaat pengadaan bahan pustaka ternyata memiliki pengaruh yang menguntungkan. Dimana manfaat ini tidak semua orang biasa bisa merasakannya. Buat pustakawan atau karyawan yang berkecimpung di dunia perpustakaan pasti tahu dan wajib tahu terkait manfaat pengadaan bahan pustaka tersebut.

Tahukah kamu jika ditinjau dari tujuan manfaat pengadaan bahan pustaka menurut Persputakaan Nasional RI (2002:6) menyatakan bahwa program pengadaan bahan pustaka bertujuan untuk merancang, menetapkan metode, mengadakan pemeriksaan langsung pada pada bahan pustaka dan menetapkan skala prioritas bahan pustaka.

Termasuk juga mengadakan kerjasama dengan pihak atau lembaga lain dan melakukan evaluasi koleksi yang ada di perpustakaan. Nah, untuk lebih jelas dan detailnya dapat dilihat di uraian dibawah ini.

Kenali 9 Manfaat Pengadaan Bahan Pustaka

1. Membantu Dalam Menetapkan Kebijakan Rencana Pengadaan

Manfaat pengadaan bahan pustaka yang pertama, dari segi teknis tentu saja akan membantu tim pustakawan dalam menetapkan kebijakan dan membuat rencana pengadaan. Setidaknya dalam mengajukan pengadaan buku tidak bisa asal mengajukan tanpa ada diskusi dan kajian terlebih dahulu.

Maksud kajian dalam hal ini adalah kajian koleksi yang kurang di perpustakaan tersebut apa saja. Kemudian cek list juga daftar buku yang sudah tidak layak dan sudah tidak informative juga buku-buku apa saja. Dimana semua kegiatan tersebut dilakukan oleh pustakawan yang tahu seluk beluk secara detail. Dimana dari hasil penemuan pustakawan inilah yang bisa dijadikan acuan menetapkan kebijakan terhadap rencana pengadaan bahan pustaka.

2. Koleksi Buku Lebih Lengkap – Manfaat Pengadaan

Sudah pasti, manfaat pengadaan bahan pustaka yang akan terasa oleh pengunjung perpustakaan adalah, memiliki banyak koleksi dan variasi buku yang bisa dibaca. Semakin banyak buku yang ditawarkan, tentu saja semakin senang pembaca untuk datang.

Apalagi jika kelengkapan buku-buku disertai dengan koleksi buku pendididikan dari berbagai lintas jurusan. Pastinya akan semakin banyak mahasiswa akhir semester yang terbantu dan datang ke perpustakaan untuk melengkapi hasil skripsi, laporan atau hasil penelitian.

3. Membantu Menetapkan Metode Terbaik

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak masalah dalam perawatan koleksi perpustakaan. Selain buku-buku yang rusak, ada masalah lain seperti buku tidak dikembalikan, belum ditambah dengan masalah internal. Maka dari itu, manfaat dari pengadaaan bahan pustaka sebenarnya cukup efektif membantu dalam menetapkan metode yang terbaik, khususnya untuk masalah koleksi buku yang mungkin terbatas.

Dari pengalaman paragraph di atas, maka akan membantu dalam menyusun tata tertib bagi para pengunjung. Tujuan akhirnya jelas, agar pengunjung lebih lebih tertib dan disiplin. Ketika pengunjung tertip dan disiplin, maka pihak pustakawan pun tidak perlu lagi kerja lebih keras oleh kelakuan para pengunjung.  Dan masalah seperti ini hal yang wajar.

4. Membantu Menetapkan Skala Prioritas Pada Bahan Pustaka

Manfaat pengadaan bahan pustaka yang tidak kalah penting, dapat membantu dalam menetapkan skala prioritas bahan pustaka itu sendiri. Misalnya, koleksi kurang buku pendidikan, buku ajar dan buku-buku monograf. Maka dengan adannya pengadaan buku, akan memudahkan perpustakaan untuk melengkapi kekurangan buku-buku tersebut.

Atau bisa juga membantu dalam menetapkan skala prioritas pada bahan pustaka non buku pendidikan. misalnya memantau buku non fiksi, buku fiksi atau buku anak-anak. Dimana ketika jenis buku tersebut juga banyak dicari para pengunjung perpustakaan tanpa ketercuali.

5. Membukakan Peluang Menjalin Relasi dan Membuka Kerjasama Baru

Manfaat pengadaan bahan pustaka yang sebenarnya sangat menarik. tetapi tidak banyak disadari oleh pustakawan pada umumnya. Jadi dengan mengikuti pengadaan buku, maka secara tidak langsung akan membentuk jaringan relasi.

Dari relasi inilah, jika terjalin dengan baik, maka akan berlanjut dalam program kerjasama. Memang kerjasama ini tidak selalu dalam bentuk keuntungan uang. Tetapi mendapatkan branding dan jangkauan relasi yang lebih luas lagi. Bahkan ketika perpustakaan yang Anda kelola ingin mengadakan ivent, tidak perlu lagi khawatir dan pusing mencari partner dalam acara tersebut.

6. Membantu Evaluasi Perpustakaan Agar Lebih Maju

Setiap akhir bulan atau setiap waktu tertentu, pasti ada evaluasi. Meskipun evaluasi sering dilakukan secara berkala. Tidak menjamin setiap evaluasi berjalan lancar. Seringkali saat menjalankan evaluasi sering tidak mendapatkan pencerahan dan solusi yang efektif terkait dengan masalah koleksi. Setidaknya dengan adannya pengadaan bahan pustaka, efektif pula dimanfaatkan untuk mencari evaluasi loh.

7. Kinerja Lebih Terarah dan Terfokus

Manfaat pengadaan buku bahan pustaka menurut Massofa (2008) ternyata mampu dijadikan sebagai pedoman bagi para selector untuk bekerja lebih terarah. Terarah karena setiap selector tahu apa yang dikerjakan. Misalnya mendata buku yang tidak ada, mendata buku yang rusak, mendata buku yang harus minta diganti dan masih banyak lagi.

Hal itu wajar. Jika tidak ada pengadaan bahan pustaka, belum tentu pustakawan atau selector bisa bekerja lebih terarah. Bisa jadi mereka binggung ingin mengerjakan apa saja. Atau sekedar menunggu pengunjung datang dan melakukan pengarsiapan rutin saja yang sifatnya monoton.

8. Membangun Komunikasi  – Manfaat Pengadaan

Entah disadari atau tidak, salah satu manfaat pengadaan bahan pustaka yang paling terasa membangun sarana komunikasi. Makna dalam hal ini adalah membangun komunikasi dengan tim perpustakaan itu sendiri.

Sebagai lembaga organisasi, pasti di sana terdapat struktur kerja dan memiliki jobdesk kerjanya masing-masing bukan. Nah, tugas dari pengadaan bahan pustaka secara tidak langsung membangun konektivitas antar bagian atau struktur organisasi. Karena dalam mengajukan pengadaan bahan pustaka, sudah pasti melibatkan bagian lain di badan perpustakaan itu sendiri.

Misalnya membutuhkan sepengetahuan dewan Pembina, atau kepala pepuerptakaan. Pastinya juga pihak-pihak lain pun juga dilihat pula. Tidak mungkin bisa diajuakn secara individualis oleh salah satu pustakawan yang berkerja di sana tanpa persetuan pihak perpustakan itu sendiri.

9. Membantu Membuat Rencan Alokasi Dana

Sudah rahasia umum jika pengadaan buku membutuhkan alokasi dana yang tidak sedikit. Bagi perpustakaan dibawah naungan pemerintah, tentu saja dana tidak menjadi masalah. Tetapi bagi perpustakaan swasta dan perpustakaan pribadi  alokasi dana untuk pengadaan bahan pustaka menjadi kendala utama dan sandungan terbesar mereka.

Oleh sebab itu, dalam mewujudkan pengadaan bahan pustaka, dibutuhkan yang namannya transparansi dan diskusi semua pihak. Misalnya untuk perpustakaan swasta, karena tidak memilik alokasi dana yang cukup. Maka mereka memutuskan untuk mencari sponsor dan semacamnya. Maka, masalah alokasi dana pun kelas. Inilah manfaat pengadaan bahan pustaka yang sebenarnya tidak bisa dijalankan secara mandiri, tetapi harus dikerjakan secara tim.

Itulah Sembilan manfaat pengadaan bahan pustaka. Dimana kesembilan manfaat tersebut sebenarnya sederhana, tetapi dampak yang dihasilkan tidak biasa. Paling tidak lebih memudahkan kerja cerdas pustakawan.

Nah, semoga artikel tentang manfaat pengadaan bahan pustaka membantu Anda yang bercita-cita menjadi pustakawan. Setidaknya sebelum menyelam di dunia kerja pustakawan, ANda bisa tahu secara garis besar dunia perbukuan dan dunia perpustakaan. Sekian, dan salam Literasi.

Baca juga artikel yang lain berikut ini :

1. Pengolahan Bahan Pustaka : Pengertian, Proses dan Kegiatannya
2. 6 Ciri Fasilitas Perpustakaan Yang Baik
3. 5 Teknik Pengadaan Bahan Pustaka yang Sering Dipakai

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang