Jl Rajawali G. Elang 6

Sleman, Yogyakarta

+62 812-8630-4188

Customer Support

Daftar Isi

Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia

Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia
Bagikan

Tertarik di bidang pengadaan barang dan jasa? Tenang buat kamu yang tertarik atau mungkin ingin mengadakan pengadaan barang jasa atau mungkin menjadi penyelenggara, kamu wajib bergabung ke Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI). 

Apa itu Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia

Mungkin ada diantara dari kamu yang masih belum mengenal asosiasi satu ini sebenarnya apa sih? Jadi Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) merupakan wadah yang berisi para professional. Tentu saja mereka bekerja secara profesional dalam pengadaan. Jadi buat kamu yang masih pemula di bidang pengadaan, bergabung ke asosiasi ini pilihan yang tepat. 

Setidaknya di tempat ini kamu bisa belajar langsung dari para professional. Sebagai asosiasi terpercaya, ternyata kamu pun bisa mendapatkan keuntungan bergabung di sini ada ruang lingkup yang akan kamu pelajari di sana.

Misalnya mengetahui proses pengadaaan terkait pemilihan penyedia barang/jasa, sebagai perencanaan kebutuhan, mengetahui tentang bagaimana penyimpanan atau warehouse dan inventory management. Termasuk pula mempelajari tentang pengiriman atau transportasi dan logistic. 

Adapun ruang lingkup lain yang akan kamu pelajari di asosiasi, yaitu penghapusan dan transfer aset ke instansi lain atau write off dan surplus materi.

Keuntungan ketika kamu bergabung di Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) tentu saja kamu akan bertemu oleh banyak sector. Mulai dari sektor pemerintah maupun swasta, karena pengadaan umumnya banyak diselenggarakan oleh dua hal ini. 

Buat kamu yang benar-benar awam dan pemula, pengadaan barang dan jasa yang berasal dari pemerintah dan swasta memang banyak badan atau lembaga. Misalnya ada yang dari Migas, BUMN maupun BUMD. Mungkin ada yang bertanya-tanya, sejauh apa sih pengadaan barang dan jasa dilakukan? Apakah pengadaan memiliki tujuan? 

Tentu saja, pengadaan barang dan jasa sebenarnya dilakukan untuk mencapai tujuan memberikan value for money yang tinggi dengan cara pengadaan secara efisien. Tidak hanya itu saja, pengadaan juga bertujuan untuk membuat perubahan di bidang peraturan, infrastruktur yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM Ahli dari pengadaan nasional. 

Satu hal yang mungkin tidak banyak diketahui orang, pengadaan barang dan jasa yang diselenggarakan lewat Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia bekerjasama dengan LKPP dan beberapa instansi lain. DImana kerjasama inilah yang diharapkan dapat untuk membangun kompetensi Sumber Daya Manusia agar lebih meningkat, sekaligus sebagai pengadaan nasional. 

Visi dan Misi IAPI

Adapun visi dan misi dari organisasi ini, seperti yang dilansir dari website resmi Lipi, menuliskan bahwa visinya ingin menjadi wahana dan wadah bagi Ahli Pengadaan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan dan pertukaran informasi serta kerjasama antara para anggota untuk memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat dalam bidang pengadaan barang dan jasa. 

Dari visi di atas memang secara harfiah, masyarakat merasakan manfaat itu. Tanpa pengadaan, sulit rasanya bisa memenuhi barang dan jasa bagi sebagian atau beberapa lembaga yang menjadi keterbatasan. 

Adapun misi dari Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) memiliki dua misi. Pertama, misi ingin meningkatkan kapasitas nasional melalui pengadaan barang dan jasa. Tidak dapat dipungkiri jika pengadaan barang dan jasa jika tidak di pantai dan diatur, akan semena-mena dan seenaknya, maka dari itu setiap pengadaan lewat jalur IAPI lebih terstruktur dan teratur. 

Adapun misi kedua dari Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) yaitu membangun sinergi dan hubungan kemitraan dengan semua stakeholder untuk menumbuhkan kembangkan profesi ahli pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Itu berarti, Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia sangat memperhatikan estafet regenerasi yang profesional dibidang pengadaan untuk regenerasi di masa yang akan datang. 

Karena memang tidak banyak professional muda, karena memang sedikit minat yang berkecimpung di dunia pengadaan seperti ini (jika dibandingkan dengan minat profesi pekerjaan yang lain). Bagaimanapun juga, estafet ahli pengadaan di Indonesia penting. Tidak heran jika dalam upaya memberikan penghargaan tersebut, pihak berwenang akan memberikan sertifikasi ahli. 

Ruang Lingkup IAPI

Setidaknya dari adanya sertifikasi ahli ini menunjukan bahwa Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia memberikan janji masa depan bagi pelaku yang tergabung di sana. Buat kamu yang tidak tahu apa saja ruang lingkup atau hal yang ada dalam IAPI, berikut ada beberapa poin singkatnya. 

Adanya Pengembangan Organisasi 

Jadi pengembangan organisasi Ikatan AHli Pengadaan Indonesia meliputi tiga hal, yaitu melanjutkan pembentukan IAPI Daerah (Provinsi) dimana ada banyak cabang IAPI setiap daerah.

Dengan kata lain, pusat IAPI tidak seluruhnya di kantor pusat. Pengemban Organisasi Iapi juga bertugas untuk membentuk institute pengadaan dan membentuk program pascasarjana pengadaan dan suplai juga loh. 

Program Kompetensi Ahli Pengadaan 

Seperti yang sudah disinggung sedikit, bahwa anggota organisasi IAPI juga memiliki program kompetensi yang meliputi meningkatkan kinerja LSP pengadaan Indonesia, melanjutkan program sertifikasi ahli pengadaan dan meningkatkan profesionalisme dan kompetensi ahli pengadaan.

Termasuk juga mengembangkan kompetensi pembinaan anggota melalui berbagai macam kegiatan juga loh, yang mana tetap harus memenuhi penerapan kode etik ahli yang sudah ada. 

Menyediakan Layanan Konsultasi dan Mediasi 

Memang tidak banyak orang yang tahu bahwa Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia pun memiliki layanan konsultasi mediasi. Peran dari layanan ini adalah melanjutkan program arbiter kontrak pengadaan, melanjutkan program arbitrase pengadaan dan melanjutkan program pendampingan. Termasuk juga untuk melanjutkan program saksi ahli dan menyiapkan program agen pengadaan. 

Menyediakan Program Kemitraan 

Meskipun fokus di bidang pengadaan, ternyata Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) menyediakan beberapa program kemitraan bagi pesertanya. Misalnya kerjasama dan kemitraan dengan lembaga dan institusi dalam negeri. Adapun kemitraan di dalam negeri yang digandeng, ada LKPP, kementerian, pemerintah daerah, kampus dan badan usaha. 

Adapun program kemitraan dengan lembaga pengadaan Internasional juga loh. Misalnya membangun kerjasama dan kemitraan dengan International Federation Procurement and Supply Management (IFPSM) dan PASIA dan yang lain-lain.

Sedangkan bentuk program kemitraan dengan lembaga pengawas masyarakat ICW dan IPW juga turut digandeng. Program kemitraan yang juda langsung berhubungan dengan pemerintahan adalah kemitraan dengan DPD atau DPR untuk melahirkan undang-undangan pengadaan. 

  1. Intensifikasi Keanggotaan IAPI

Setiap anggota IAPI memiliki intensifikasi keanggotaan yang meliputi penjaringan anggota IAPI melalui organisasi UKPBJ, mengaktifkan iuran anggota dan melanjutkan program kesejahteraan anggota.

Sedangkan terkait dengan layanan informasi bagi para peserta bisa dengan melanjutkan penerbitan majalah, news letter (termasuk pengadaan), atau bisa juga bisa mengakses layanan dengan menerbitkan website IAPI sekaligus membangun komunitas professional pengadaan. 

Belajar jualan online
  1. Program Semacam Pelatihan 

Membicarakan masalah program dari Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) ada banyak sekali program. Mulai dari pelatihan, seminar dan workshop bagi anggota yang ingin bergabung.

Misalnya adanya pelatihan sertifikasi ahli pengadaan, pelatihan manajemen pengadaan, workshop pengembangan strategi pengadaan, seminar procurement strategy, temu nasional pengadaan dan lokakarya solusi kasus hukum pengadaan BJ. Termasuk ada talk show nasional dan narasumber kegiatan diskusi pengadaan juga loh.

Baca artikel pengadaan lainnya

Belajar jualan online

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang